Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Variasi Menggiring Bola?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Variasi Menggiring Bola
1. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam – Cara melakukan dribbling dengan kaki bagian dalam adalah:

  • Posisi berdiri menghadap arah gerakan dan pandangan ke depan.
  • Posisi kaki penumpu di samping bola dan kaki yang akan digunakan menendang menghadap keluar.
  • Doronglah bola maju dengan menggunakan kaki bagian dalam dan ikuti arah bola dengan berlari kecil.
  • Ketika sudah mendekati bola, lakukan ulang gerakan tadi secara terus menerus.
  • Untuk menghentikan bola dilakukan dengan cara meletakkan telapak kaki di bagian atas bola.

Baca juga: Mengenal Formasi W-M dalam Sepak Bola

Apa yang dimaksud dengan variasi menggiring bola?

Variasi Menggiring, Mengumpan, Menembak, dan Menghentikan Bola dalam Permainan Sepak Bola Permainan sepak bola memiliki teknik-teknik utama yang harus dikuasai agar menjadi pemain yang baik, selain itu untuk menerapkannya diperlukan variasi-variasi tertentu sehingga permainan yang ditampilkan membuat permainan lebih hidup dan dapat memenangkan pertandingan.

  • Berikut adalah variasi-variasi dalam permainan sepak bola yang dapat diterapkan: 1.
  • Variasi Menggiring Bola Menggiring bola adalah salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau digriring mendekati gawang lawan agar bola tidak direbut lawan.

Prinsip menggiring bola adalah bola selalu dekat dengan penggiring bola dan jauh dari lawan. Untuk mempelajari cara menggiring bola dapat di lakukan kegiatan-kegiatan bermain secara sederhana atau latihan sebagai berikut : a. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam: 1) Posisi awal menggiring bola dengan kaki bagian dalam:

Diawali sikap berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan. Sikap kedua lengan di samping badan rileks, pergelangan kaki diputar ke luar dan dikunci.

2) Gerakan menggiring bola dengan kaki bagian dalam:

Dorong bola dengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki agak dibuka ke depan bersamaan kaki tumpu ikut bergerak. Bola bergerak ke depan bergulir di tanah.

Hentikan bola dengan telapak kaki pada bagian atas bola. Tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola. Pandangan ke depan.

b. Menggiring bola dengan kaki bagian luar Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar pada dasarnya sama dengan gerak dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam, yang membedakannya adalah titik perkenaan kaki dengan bola.1) Posisi awal menggiring bola dengan kaki bagian luar:

Diawali sikap berdiri menghadap arah gerakan, pandangan ke depan. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang. Pergelangan kaki diputar ke dalam dan dikunci.

2) Gerakan menggiring bola dengan kaki bagian luar:

Dorong bola dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi kaki agak terangkat dari tanah bersamaan kaki tumpu ikut bergerak. Tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola. Bola bergerak ke depan tidak jauh dari kaki dipermukaan tanah.

3) Akhir gerakan menggiring bola dengan kaki bagian luar:

Hentikan bola dengan telapak kaki pada bagian atas bola. Tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola. Pandangan ke depan.

2. Variasi Mengumpan Bola a. Mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam Mengumpan dengan kaki bagian dalam, banyak dimanfaatkan untuk memberikan bola kepada teman seregu pada jarak pendek. passing adalah memberikan bola ke teman se regu dan mudah diterima.

Diawali dengan sikap berdiri menghadap arah gerakan. Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap arah gerakan. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang. Pergelangan kaki yang akan digunakan menendang diputar ke luar dan dikunci. Pandangan terpusat pada bola.

2) Gerakan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam:

Perhatian kesiapan teman pasangan/patner sudah siap atau belum untuk menerima umpan bola. Tarik tungkai yang akan digunakan menendang ke belakang lalu ayun ke depan ke arah bola. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.

3) Akhir gerakan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam:

Pindahkan berat badan ke kaki tumpu depan bersamaan kaki yang digunakan menendang diletakan didepan. Pandangan ke arah bola. Lakukan diulang beberapa kali

b. Mengumpan menggunakan kaki bagian luar 1) Posisi awal mengumpan bola dengan kaki bagian luar:

Diawali dengan sikap berdiri menghadap arah gerakan bola. Letakkan kaki tumpu di samping bola. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang. Pergelangan kaki yang akan digunakan menendang diputar ke dalam dan dikunci. Pandangan terpusat pada bola.

2) Gerakan mengumpan bola dengan kaki bagian luar:

Perhatian kesiapan teman pasangan/patner sudah siap atau belum untuk menerima umpan bola. Tarik kaki yang akan digunakan mengumpan ke belakang, lalu ayunkan ke depan ke arah bola bersamaan kaki diputar ke arah dalam. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.

3) Akhir gerakan mengumpan bola dengan kaki bagian luar:

Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang digunakan menendang diletakan didepan. Pandangan ke arah bola.

c. Mengumpan menggunakan punggung kaki Menghentikan bola adalah cara menerima bola yang datang dan bola langsung dalam pengendaliannya. Prinsip menghentikan bola adalah menempatkan posisi badan segaris dengan arah datangnya bola. Dalam menerima bola ada dua macam cara, yaitu dengan cara bola yang langsung dihentikan (stopping) dan dengan cara menerima dalam arti menguasai bola (controlling) dalam hal ini setelah dihentikan terus dimainkan dibawah bergerak atau diberikan teman.

Berdasarkan ciri atau karakteristik bola yang datang, bagian badan yang dapat digunakan untuk menghentikan bola dibagi menjadi dua: 1) Untuk menghentikan Bola datar (menggulir di atas tanah), bagian kaki untuk menerima bola datar adalah dengan : telapak kaki atau sol, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.2) Untuk menghentikan Bola melambung, adalah dengan untuk menerima bola adalah dengan: kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar, dan anggota badan lain seperti paha, dada, kepala.

You might be interested:  Panitia Sembilan Menghasilkan Rancangan Hukum Dasar Yang Disebut?

Untuk mempelajari cara-cara menghentikan bola ini, lakukan kegiatan –kegiatan sebagai berikut: 1) Posisi awal mengumpan bola dengan punggung kaki:

Diawali dengan sikap berdiri menghadap arah gerakan. Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang. Pergelangan kaki yang akan digunakan menendang ditarik kebelakang dan dikunci. Pandangan terpusat pada bola.

2) Gerakan mengumpan bola dengan punggung kaki:

Perhatian kesiapan teman pasangan/patner sudah siap atau belum untuk menerima umpan bola. Tarik tungkai yang akan digunakan menendang ke belakang lalu ayun ke depan ke arah bola. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.

3) Akhir gerakan mengumpan bola dengan punggung kaki:

Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang digunakan menendang diletakan didepan. Pandangan ke depan.

3. Variasi Menembak Bola ke Gawang Menembakkan bola ke gawang (shooting) dapat dilakukan dengan beberapa macam, diantaranya: a. Menembak bola dengan kaki bagian dalam Banyak dimanfaatkan untuk menembakkan bola ke gawang dari jarak dekat dan menembakkan bola dengan memutar bola b.

  1. Menembakkan bola menggunakan punggung kaki Banyak digunakan dalam menembakkan bola dari jarak jauh dan bola mendatar.
  2. Menembakkan bola dengan menggunakan punggung kaki dapat dilakukan dengan punggung kaki bagian dalam dan punggung kaki bagian luar, hal ini dilakukan untuk menghasilkan bola putar.
  3. Perkenaan kaki dengan bola saat menembakkan bola dengan punggung kaki.4.

Variasi Menghentikan Bola Dalam menerima bola ada dua macam, yaitu bola yang langsung dihentikan (stopping) dan menerima dalam arti menguasai bola (controlling) dalam hal ini setelah dihentikan terus dimainkan dibawah bergerak atau diberikan teman. Menghentikan bola dibagi menjadi dua: 1) Bola datar (menggulir di atas tanah), bagian kaki untuk menerima bola datar adalah dengan: telapak kaki atau sol, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.2) Bola melambung, bagian badan untuk menerima bola adalah dengan: kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar, dan anggota badan lain seperti paha, dada, kepala.a.

Diawali dengan sikap menghadap arah datangnnya bola dan pusatkan pandangan ke arah gerakan bola. Putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci.

2) Gerakan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam:

Julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola. Tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola saat bola mengenai kaki bagian dalam, hingga gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan.

3) Akhir gerakan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam:

Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan menahan bola dijadikan tumpuan berat badan. Pandangan ke depan.

b. Teknik dasar menghentikan bola dengan kaki bagian luar 1) Posisi awal menghentikan bola dengan kaki bagian luar:

Berdiri menghadap arah gerakan bola. Letakkan kaki tumpu di samping bola. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang. Pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci. Pandangan terpusat pada bola.

2) Gerakan menghentikan bola dengan kaki bagian luar:

Tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang, saat bola menyentuh kaki bagian luar Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola

3) Akhir gerakan menghentikan bola dengan kaki bagian luar:

Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan menahan bola dijadikan tumpuan berat badan Pandangan ke depan

: Variasi Menggiring, Mengumpan, Menembak, dan Menghentikan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Bagaimana cara menggiring bola?

KOMPAS.com – Dribbling atau yang dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai teknik menggiring bola, merupakan salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh pemain sepak bola. Menggiring bola merupakan salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau digiring mendekati gawang lawan.

  • Prinsip menggiring bola adalah bola selalu dekat dengan penggiring dan jauh dari lawan.
  • Teknik menggiring bola mengharuskan para pesepak bola untuk menguasai serta menggiring bola sambil berlari atau berpindah posisi.
  • Baca juga: Variasi Menghentikan Bola dalam Permainan Sepak Bola Jika melakukan teknik dribbling dengan baik, pemain akan lebih mudah mencetak gol dan membuat konsentrasi pemain lawan buyar.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan teknik menggiring bola. Apa sajakah itu dan bagaimana cara melakukannya? Berikut penjelasannya yang mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) :

Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam

Ada empat cara untuk melakukan teknik dribbling dengan kaki bagian dalam, yakni: Baca juga: Sifat yang Ditanamkan Generasi Muda Agar Berprestasi di Sepak Bola

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dan arahkan pandangan mata melihat ke arah datangnya bola.
  2. Letakkan salah satu kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola, menghadap ke arah luar. Sedangkan kaki satunya berada di samping bola.
  3. Doronglah bola dengan menggunakan kaki bagian dalam sambil berlari kecil mengikuti arah bola.
  4. Agar bisa menghentikan bola, letakkan salah satu telapak kaki di atas bola.

Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar

Ada empat cara untuk melakukan teknik dribbling dengan kaki bagian luar, yakni: Baca juga: Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Populer di Dunia

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dan arahkan pandangan mata melihat ke arah datangnya bola.
  2. Letakkan salah satu kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola, menghadap ke arah dalam. Sedangkan kaki satunya berada di samping bola.
  3. Doronglah bola dengan menggunakan kaki bagian luar sambil berlari kecil mengikuti arah bola.
  4. Agar bisa menghentikan bola, letakkan salah satu telapak kaki di atas bola.
You might be interested:  Pejabat Negara Yang Mempunyai Hak Untuk Membuat Rancangan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana posisi tubuh untuk menggiring bola?

KOMPAS.com – Dribbling atau yang dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai teknik menggiring bola, merupakan salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai oleh pemain sepak bola. Menggiring bola merupakan salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau digiring mendekati gawang lawan.

Prinsip menggiring bola adalah bola selalu dekat dengan penggiring dan jauh dari lawan. Teknik menggiring bola mengharuskan para pesepak bola untuk menguasai serta menggiring bola sambil berlari atau berpindah posisi. Baca juga: Variasi Menghentikan Bola dalam Permainan Sepak Bola Jika melakukan teknik dribbling dengan baik, pemain akan lebih mudah mencetak gol dan membuat konsentrasi pemain lawan buyar.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan teknik menggiring bola. Apa sajakah itu dan bagaimana cara melakukannya? Berikut penjelasannya yang mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) :

Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam

Ada empat cara untuk melakukan teknik dribbling dengan kaki bagian dalam, yakni: Baca juga: Sifat yang Ditanamkan Generasi Muda Agar Berprestasi di Sepak Bola

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dan arahkan pandangan mata melihat ke arah datangnya bola.
  2. Letakkan salah satu kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola, menghadap ke arah luar. Sedangkan kaki satunya berada di samping bola.
  3. Doronglah bola dengan menggunakan kaki bagian dalam sambil berlari kecil mengikuti arah bola.
  4. Agar bisa menghentikan bola, letakkan salah satu telapak kaki di atas bola.

Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar

Ada empat cara untuk melakukan teknik dribbling dengan kaki bagian luar, yakni: Baca juga: Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Populer di Dunia

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dan arahkan pandangan mata melihat ke arah datangnya bola.
  2. Letakkan salah satu kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola, menghadap ke arah dalam. Sedangkan kaki satunya berada di samping bola.
  3. Doronglah bola dengan menggunakan kaki bagian luar sambil berlari kecil mengikuti arah bola.
  4. Agar bisa menghentikan bola, letakkan salah satu telapak kaki di atas bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melatih teknik menggiring bola?

Menggiring bola sudah tentu adalah salah satu teknik dasar permainan sepak bola yang perlu dikuasai oleh setiap pemain sepak bola. Khususnya pada permainan sepak bola yang modern, ketika pertarungan dilakukan satu lawan satu, maka pemain perlu menjadi mahir dalam membawa bola.

  1. Menggiring bola merupakan suatu gerakan membawa bola dengan cepat ke depan yang kita sering lihat menggunakan kedua kaki berganti-gantian.
  2. Selain mengenal teknik dasar menendang bola dalam sepak bola, menggiring bola lebih mendasar lagi dan tujuannya tentu adalah supaya bisa mendekati jarak sasaran.

Tak hanya untuk bisa sampai ke area sasaran, menggiring bola juga perlu dilakukan dengan baik supaya mampu melewati lawan dan bahkan menghambat permainan. Menggiring bola ada beberapa teknik terlepas dari posisi pemain sepak bola atau formasi sepak bola yang dijalankan.

Menggiring Bola Menggunakan Kaki Luar

Sama halnya ketika Anda menendang bola, ada teknik menggiring bola yang menggunakan bagian atau sisi luar kaki. Gerakan dalam menggiring bola sepak menggunakan kaki bagian luar sebetulnya juga tak jauh beda dengan penggunaan bagian kaki dalam. Namun, tetap saja keduanya berbeda dan titik perkenaan kaki pada bola-lah yang menjadi pembeda.

  • Posisi awal dari menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah dengan mengawalinya menggunakan sikap berdiri dengan tubuh menghadap arah gerakan dan pandangan tetap fokuskan ke depan.
  • Sikapkan kedua lengan pada sisi tubuh tapi juga dibuat terentang sedikit.
  • Jangan lupa untuk memutar kaki ke dalam, lalu menguncinya.
  • Pada proses menggiring bolanya, Anda perlu mendorong bola menggunakan bagian luar kaki ke arah depan.
  • Posisi kaki bisa sedikit diangkat dari permukaan tanah sambil kaki tumpu juga ikut digerakkan.
  • Pastikan bahwa Anda menumpukan berat badan pada kaki yang tak dipakai untuk menggiring bola.
  • Pergerakan bola dengan gerakan menggiring tadi akan menuju depan tak jauh dari kaki di permukaan tanah.
  • Sebagai akhir gerakan, Anda bisa menghentikan bola memakai telapak kaki di bagian atas bola.
  • Berat badan ditumpukan jelas pada sisi kaki yang tak Anda pakai untuk menggiring.
  • Pandangan harus tetap fokus ke arah depan sambil melakukan gerakan tadi.

Ada kalanya bagi pemula, menggiring bola sambil berfokus ke arah depan agak sulit, namun membiasakannya dengan banyak berlatih juga akan membantu nantinya. (Baca juga: cara memilih raket tenis – tugas wasit sepak bola )

Menggiring Bola Menggunakan Kaki Dalam

Sama halnya dengan penggunaan teknik menggiring memakai kaki bagian luar, pada teknik dengan kaki bagian dalam ada juga posisi awal, tengah dan akhir yang perlu untuk dilatih dan dikuasai, seperti:

  • Awalilah dengan membawa sikap berdiri yang menghadap ke arah gerakan sambil memfokuskan pandangan terus ke depan.
  • Rilekskan kedua lengan di mana sikap kedua lengan tersebut dapat berada di sisi tubuh.
  • Sementara itu, untuk pergelangan kaki bisa Anda putar ke luar dan kuncilah di sana.
  • Pada proses menggiring bola, yang perlu dilakukan adalah mendorong bola memakai bagian dalam kaki ke arah depan sambil posisi kaki sedikit dibuka ke depan bersama-sama dnegan kaki tumpu yang turut digerakkan.
  • Gerakan bola nantinya akan meluncur ke depan bergulir di permukaan tanah dan sebaiknya juga bergulir secara lurus karena itulah gerakan bola yang benar dan sempurna.
  • Sebagai akhir gerakan, Anda dapat menghentikan bola menggunakan telapak kaki tepat di bagian atas bola.
  • Berat badan dapat ditumpukan di bagian atau sisi kaki yang tak Anda pakai untuk menggiring.
  • Pandangan tetap harus lurus ke depan selama melakukan gerakan tersebut.
You might be interested:  Proses Penyiapan Rancangan Undang-Undang Yang Dilakukan Oleh Pemerintah?

Melatih gerakan menggiring bola dalam sepak bola baik itu dengan kaki bagian luar pun harus dilakukan secara intensif agar bola saat digiring tak melenceng ke mana-mana sementara pandangan mata pemain tetap fokus ke depan. (Baca juga: teknik lempar cakram – cara memegang raket bulu tangkis )

Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki

Cara menggiring bola di sini memang hampir sama dengan teknik menendang bola di mana penggiringan bola dengan punggung kaki bisa dilakukan dengan langkah:

  • Dari awal, sikap yang diambil adalah sikap berdiri dengan arah menghadap gerakan sambil pandangan terus difokuskan ke depan.
  • Pastikan kedua lengan dalam posisi yang rileks di sisi tubuh sambil agak direntangkan.
  • Untuk pergelangan kaki, silakan putar ke bawah dan kunci di sana.
  • Pada prosesnya, Anda dapat mendorong bola menggunakan bagian punggung kaki ke arah depan di mana kaki juga akan sedikit diangkat dari permukaan tanah sambil berat badan juga dibawa ke depan.
  • Bola pastikan bergerak secara lurus ke arah depan dan tidak melenceng ke sana-sini.
  • Berat badan tumpukan pada kaki yang tak dipakai untuk menggiring.
  • Pandangan sampai akhir tetap harus fokus ke depan.

(Baca juga: cara merawat sarung tangan kiper – teknik renang gaya punggung ) Jarak Bola dengan Kaki ketika Digiring Ketika menggiring bola pastikan untuk menjaga supaya bola tak terlalu jauh bergulir dari kaki Anda dan harus tetap dekat. Hanya saja, memang ketika menggiring ada kalanya sentuhan panjang diperlukan, terutama ketika memang Anda sedang tak terkepung oleh tim lawan sehingga Anda bisa bebas berlenggang.

Saat sudah didekati oleh tim lawan, tentunya menggiring bola dan menjaga bola supaya dekat adalah kunci agar bola tak gampang direbut oleh tim lawan. Ketika jarak menggiring bola pendek-pendek, otomatis tim lawan pun akan sulit merebut dan Anda juga bisa menjaga guliran bola tetap stabil. Namun jika ingin melakukan sentuhan panjang, Anda perlu lebih cepat daripada bola yang digiring.

Ketika bola digiring lebih jauh, Anda harus meningkatkan juga kecepatan berlari untuk menyusul bola dan menendangnya lagi untuk digiring ke depan. Pada sentuhan panjang ini, ruang Anda harus terbuka dan jangan sembarang melakukan teknik ini karena bisa-bisa tim lawan akan menyerobot bola.

  • Melatih teknik menggiring bola tak hanya bisa dilakukan 1-2 jam, melainkan latihan bisa sampai berjam-jam supaya cepat mahir.
  • Untuk berlatih menggiring bola, salah satu cara paling baik adalah membawa bola ke tempat terbuka alias berlatih di lapangan berumput. Di tempat terbuka berumput inilah Anda dapat berlatih menggiring bola ke depan dan ke belakang.
  • Ketika sudah merasa nyaman dengan gerakan menggiring yang telah dilatih, maka Anda dapat secara perlahan menaikkan kecepatan dalam menggiring. Kalau sebelumnya dilakukan secara perlahan supaya menguasai tekniknya lebih dulu dan mencari kenyamanan, maka Anda bisa naik ke level berikutnya dengan kecepatan lebih, tapi harus tetap mengendalikan guliran bola saat menggiring.
  • Ketika sudah bergerak lebih cepat dengan bola yang digiring tetap stabil dan terkendali, maka Anda pun nantinya bakal dapa melakukan penggiringan bola sambil berlari dengan kecepatan yang tinggi. Pada tahap ini, bola akan mampu tetap dijaga selalu dekat dengan kaki Anda.
  • Jangan lupa untuk melatih kaki secara bergantian saat menggiring bola; jangan hanya yang kanan saja atau yang kiri saja karena keduanya perlu memiliki kemampuan seimbang. Ketika kemampuan menggiring bola menggunakan kedua kaki telah dikuasai dan stabil, ini otomatis akan membuat performa Anda di lapangan lebih efektif dan mampu bergerak secara maksimal.
  • Ketika melatih teknik menggiring bola, bagian lengan pun juga perlu digunakan dengan benar. Saat kecepatan Anda tinggi dalam menggiring bola, pastikan untuk menggerakkan lengan seperti yang biasa Anda lakukan ketika berlari tanpa adanya bola. Dan jauhkan lengan setiap kali penggiringan bola dilakukan pada area bek tim lawan.
  • Kedua lengan tersebut bisa digunakan khususnya untuk menyingkirkan pemain-pemain lawan sebelumnya sambil terus menjaga keseimbangan dalam menggiring bola dan menjaga supaya pemain lawan tak mendekati Anda. Namun tetap waspada supaya gerakan tidak berujung pada pelanggaran akibat merugikan pemain dari tim lawan.
  • Karena menggiring bola bisa sangat monoton, meski berjam-jam Anda bisa mencoba untuk melakukannya pada sesi pendek sekitar 30 menit sebelum beralih pada teknik dasar lainnya secara bergantian. Memang harus membayar waktu yang cukup panjang hanya untuk menguasai teknik menggiring bola, tapi tak masalah karena ini justru yang membantu Anda memiliki kemajuan cukup signifikan.

(Baca juga: teknik lempar lembing – cara memilih bet tenis meja ) Itulah sedikit catatan tentang teknik menggiring bola dalam sepak bola berikut sedikit tips latihan fisik sepak bola terkait menggiring bola yang kiranya membantu Anda dalam melatih diri supaya permainan bola makin baik.