Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melempar Setinggi Dada?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melempar Setinggi Dada
Cara Melakukan Teknik Mengoper Bola Setinggi Dada (Chest Pass)

Teknik Chest Pass,

Bola Basket merupakan salah satu permainan yang mengandalkan kekuatan dan kesepatan tangan saa memainkan bola, seorang pemain basket yang handal mempunyai penguasaan bola yang baik dan tidak mudah direbut oleh lawan. Selain itu penguasaan teknik-teknik dasar bola basket juga perlu dan wajib untuk dikuasai.

Salah satu teknik dasar yang terpenting dalam permainan bola basket ialah teknik passing atau mengoper bola. Passing adalah memberikan bola ke teman seregu. Prinsipnya harus mudah diterima dan tidak direbut lawan. Dalam permainan bola basket dikenal bebebrapa teknik passing, dan satu teknik passing yang selalu digunakan oleh pemain basket ialah teknik dasar Chest Pass.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini. Apa itu teknik chest pass? Teknik Chest Pass atau operan setinggi dada merupakan salah satu jenis teknik operan yang ada dalam permainan bola basket. Teknik operan ini dilakukan dengan cara mengoper bola setinggi dada.

Persiapan melakukan lempar bola setinggi dada ( chest pass )

Berdiri dengan sikap melangkah. Bola dipegang dengan kedua tangan di depan dada. Badan agak condong ke depan.

Gerakan melempar bola setinggi dada ( chest pass )

Dorongkan bola ke depan dengan meluruskan kedua lengan bersamaan kaki belakang dilangkahkan ke depan dan berat badan dibawa ke depan. Lepaskan bola dari kedua pegangan tangan setelah kedua lengan lurus. Arah bola lurus sejajar dada.

Akhir gerakan melempar setinggi dada ( chest pass )

Berat badan dibawa ke depan. Kedua lengan lurus ke depan dan rileks. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Itulah cara melakukan teknik mengoper bola setinggi dada atau teknik chest pass yang banyak digunakan oleh pemain basket saat bermain, teknik ini akan lebih mudah untuk dikuasai jika dilakukan latihan secara rutin tiap hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. : Cara Melakukan Teknik Mengoper Bola Setinggi Dada (Chest Pass)

Bagaimana persiapan melempar bola setinggi dada dalam permainan?

jelaskan teknik persiapan melempar bola setinggi dada pada permainan bola basket Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada ( chest pass ). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:Sikap permulaan :Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menhadap sasaran.Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.Konsentrasikan diri pada latihanGerakan Melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan.

  • Emudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.
  • Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan, kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.Sikap Akhir.
  • Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tanganMaaf apabila ada kesalahan Semoga bermanfaat.

: jelaskan teknik persiapan melempar bola setinggi dada pada permainan bola basket

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola ke?

Cara Melempar Bola – Ketika melempar bola ke arah pemukul, ayunan yang benar seorang pelambung bola kasti adalah dari bawah dengan satu tangan. Sebutkan cara melempar bola dalam permainan kasti. Lemparan dalam bola kasti terdiri dari tiga teknik, yakni lemparan bola mendatar, lemparan bola melambung, dan lemparan bola menyusur tanah.

Lemparan bola mendatar

Berikut cara melakukan melempar bola kasti mendatar: Baca juga: Cara Mendapatkan Poin dalam Permainan Kasti

  1. Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan, baik ke arah bola dan pemukul yang sedang berlari.
  2. Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Posisikan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu, kaki kanan diluruskan ke belakang. Sedangkan lutut kaki kiri ditekuk.
  4. Pegang bola dengan salah satu tangan. Siku tangan yang memegang bola harus ditekuk dengan sudut 90 derajat.
  5. Salah satu tangan yang tidak membawa bola harus sejajar posisinya dengan bahu.
  6. Bola dilempar sejajar dari samping kepala agar lemparannya bisa sejajar dengan dada.
  7. Setelah melempar bola, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

Lemparan bola melambung

Berikut adalah cara melakukan teknik melempar bola melambung: Baca juga: Cara Mematikan Lawan dalam Bola Kasti

  1. Badan berdiri tegak, namun posisinya menyamping. Arahkan pandangan mata fokus ke depan melihat ke arah pemukul.
  2. Kedua kaki dalam posisi dibuka selebar bahu. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Lutut kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan di belakang.
  4. Pegang bola dengan salah satu tangan. Tangan yang tidak membawa bola harus sejajar dengan bahu.
  5. Bola dilempar dengan mengayunkan tangan sekuat mungkin ke arah depan. Pada saat yang bersamaan langkahkan kaki kanan ke depan.

Lemparan bola menyusur tanah

Berikut langkah-langkah melakukan teknik lemparan bola menyusur tanah:

  1. Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan. Lalu, Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  2. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.
  3. Salah satu tangan yang membawa bola diarahkan ke depan dan bawah. Saat bola sudah terlempar, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

Apa itu melempar bola setinggi dada?

KOMPAS.com – Teknik mengoper bola atau mengumpan bola adalah cara memberikan bola kepada teman dalam satu tim. Mengoper bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket selain menggiring bola, menembak bola, rebound, dan gerakan berputar ( pivot ).

  • Permainan bola basket memiliki berbagai cara bentuk mengoperkan bola kepada rekan satu tim.
  • Salah satunya adalah saat seorang pemain melakukan operan atau lemparan kepada teman satu timnya yang di awali bola sejajar dada datangnya bola lurus dan cepat pada permainan bola basket disebut teknik operan setinggi dada.
You might be interested:  Tuliskan Apa Yang Dimaksud Dengan Rancangan?

Baca juga: Perbedaan Basket 3×3 dan 5×5 Operan setinggi dada disebut dengan chest pass, Dilansir dari laman Breakthrough Basketball, operan setinggi dada atau chest pass adalah teknik mengumpan dalam permainan bola basket di mana bola dilempar kepada rekan setim searah dada.

Teknik mengumpan ini bisa dilakukan menggunakan kedua tangan. Biasanya teknik ini digunakan saat tidak ada pemain bertahan di area yang akan dilalui untuk mencetak poin. Dalam permainan bola basket hasil operan c hest pass akan menghasilkan laju bola setinggi dada. Adapun untuk melakukan chest pass, pemain harus melempar dari depan dada.

Begitu juga dengan pemain yang akan menerima bola. Baca juga: Dribble Tinggi dan Rendah dalam Bola Basket Berikut cara melakukan teknik operan setinggi dada atau chest pass dalam bola basket, dilansir KOMPAS.com dari kanal YouTube DBL Play,

Pegang bola setinggi dada dengan menggunakan kedua tangan. Posisi telapak tangan ketika memegang bola adalah terbuka. Lemparkan bola secara lurus setinggi dada ke arah rekan setim (penerima). Saat mengumpan, posisikan salah satu kaki di depan. Gerakan kaki ini berfungsi menambah kekuatan saat melemparkan bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan teknik melempar bola setinggi dada?

Lemparan Setinggi Dada pada Permainan Bola Basket Disebut Sebagai? Penampilan Timnas Bola Basket 3×3 Indonesia Putra di SEA Games, Hanoi (Sumber: PERBASI). Liputan6.com, Jakarta – menjadi salah satu olahraga yang digemari di Indonesia, khususnya bagi kalangan muda.

Di Indonesia, permainan bola basket dinaungi oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) sebagai induk organisasi bola basket. Saat duduk di bangku sekolah mungkin kamu pernah memainkan permainan ini bukan? Perlu kamu ketahui bola basket termasuk ke dalam permainan bola besar. Bola basket, bola voli dan sepak bola termasuk kedalam permainan bola besar.

Apakah kamu tahu diantara ketiganya siapa yang memiliki massa paling berat? Ya, bola basket adalah bola yang memiliki massa paling berat diantara bola voli dan sepak bola pada permainan bola besar. Meskipun memiliki massa yang berat, kamu tidak perlu khawatir karena permainan ini dapat kamu asah dengan keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki.

  1. Sebelumnya kamu perlu tahu gerakan yang ada dalam permainan bola bakset, diantaranya memegang bola, melempar bola, menggiring, menangkap, menembak dan rebound.
  2. Memegang bola menjadi langkah pertama yang harus dikuasai oleh pebasket.
  3. Selanjutnya, gerakan yang penting bagi pebasket adalah melempar bola.

Dalam, melempar bola dibagi menjadi tiga cara, yaitu melempar bola dari atas kepala, melempar bola dari depan dada, dan melempar bola memantul ke tanah. Melempar bola dari atas kepala dinamakan over head pass. Sedangkan, melempar bola dari depan dada adalah chest pass dan melempar bola memantul ke tanah disebut sebagai bounce pass.

  • Lantas apakah kamu tahu, cara melempar pada permainan bola basket yang dilakukan setinggi dada sebut sebagai? Lemparan setinggi dada dalam permainan bola basket dinamakan,
  • Lemparan ini dilakukan dengan cara memberikan bola ke teman dengan cara melempar tepat ke arah depan dada.
  • Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, kelebihan chest pass adalah lebih cepat dan lebih kuat untuk mencapai teman.

Lemparan ini sangat bermanfaat untuk operan jarak pendek. Berita video Derrick Michael memberi komentarnya setelah Timnas Basket Indonesia menelan kekalahan dari Yordania di Grup A FIBA Asia Cup 2022, Kamis (14/7/2022). Dari enam gerakan yang ada, menggiring bola atau dribbling adalah teknik yang paling terkenal dalam permainan basket.

  • Dribbling merupakan suatu cara membawa bola ke depan dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian sembari berjalan ataupun berlari.
  • Simak penjelasannya di bawah ini.
  • Crossover Dribble Gerakan ini merupakan gerakan memindahkan bola dengan cara menggiring dari tangan satu ke tangan yang lain.

Teknik ini berguna untuk menjaga bola agar tidak bisa diambil lawan. Behind The Back Gerakan ini adalah gerakan yang dilakukan untuk memindahkan bola dari tangan satu ke tangan yang lain. Gerakan behind the back dilakukan dengan cara mengganti posisi bola melalui belakang punggung.

Gerakan ini dilakukan guna menjaga bola dari lawan yang berada di depan. Hesitation Hesitation merupakan teknik dribble yang dilakukan dengan sangat cepat. Untuk melakukan teknik ini pemain harus bisa menggiring bola dengan kecepatan tinggi. Teknik ini bertujuan untuk menghilangkan konsentrasi lawan dan memudahkan pemain saat hendak melakukan shoot.

Brittney Griner menahan upaya pemain Jepang di final bola basket putri Olimpiade Tokyo 2020 (AFP) Spin Spin dalam teknik dribble adalah salah satu teknik tersulit. Teknik ini dilakukan dengan cara memutarkan badan bersamaan ketika pemain melakukan dribbling.

  • Adapun tujuan memutar badan pada teknik ini adalah untuk menghindar dari lawan.
  • Through The Legs Teknik through the legs merupakan gerakan yang dilakukan untuk memindahkan bola dari tangan sat uke yang lain melalui celah yang berada di antara kedua kaki.
  • Teknik ini dapat berguna untuk mengelabui lawan dan menjauhkan bola dari lawan.

Change of Pace Change of pace merupakan teknik dasar dribble dalam permainan bola basket yang paling sering dilakukan. Teknik ini dilakukan dengan cara memainkan tempo atau durasi saat dribble yang berguna untuk mengecoh dan membuat lawan berpikir tempo apakah yang nantinya akan digunakan oleh pemain.

  • Setelah memahami gerak spesifik dan teknik dribble pada permainan bola basket, kamu perlu mengetahui setiap gerakan memiliki jenisnya, diantaranya gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif.
  • Gerak Lokomotor
  • Gerak lokomotor pada permainan bola basket adalah gerakan dari seluruh tubuh melalui ruang atau jarak tertentu. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV, berikut adalah gerakan lokomotor pada permainan bola basket:
  • -Berjalan dan berlari
  • -Berlari dan melompat
  • -Berjalan dan meloncat
  • Gerak Non Lokomotor
You might be interested:  Bagaimana Gerak Tubuh Ketika Melakukan Gerakan Tari?

Gerak non lokomotor adalah gerak dasar yang dilakukan tanpa menghasilkan perpindahan tempat. Gerak non lokomotor dilakukan dengan cara menggerakan badan dan melibatkan sendi, serta otot.

  1. Berikut adalah macam-macam gerakan non lokomotor dalam permainan bola basket:
  2. -Menekuk kaki dan membungkuk
  3. -Berdiri dan mengayunkan lengan
  4. -Menarik dan mengayunkan lengan
  5. Gerak Manipulatif
  6. Gerak manipulatif adalah suatu gerakan yang melibatkan sebuah objek dalam penguasaannya. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV, berikut ini merupakan gerak manipulatif permainan bola basket:
  7. -Menggiring dan mengoper bola
  8. -Menangkap dan melempar bola
  9. -Menggiring dan menembak bola
  10. -Mengoper dan menembak bola

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah) : Lemparan Setinggi Dada pada Permainan Bola Basket Disebut Sebagai?

Bagaimana cara melakukan teknik dasar melempar bola dengan dua tangan didepan dada?

Jawaban: Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan. Konsentrasikan diri pada latihan. Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

Teknik passing depan dada dalam permainan bola basket disebut apa?

Menurut Afifkhoiru (2010:6) ‘Chest pass merupakan salah satu jenis operan dalam cabang olahraga bola basket yang dilakukan dengan cara melempar bola dari depan dada yang diarahkan ke dada dengan cepat dalam permainan ‘.

Apakah kegunaan operan setinggi dada?

Lemparan dada (chest pass) merupakan operan yang sering dilakukan pada permainan, operan ini sangat bermanfaat untuk operan jarak pendek dengan penuh kecepatan dan kecermatan apabila rekan satu tim tidak dalam penjagaan lawan.

Bagaimanakah cara melakukan gerakan dasar lemparan bola pantul?

KOMPAS.com – Bounce pass adalah salah satu teknik dasar mengumpan atau passing dalam permainan bola basket, Pada dasarnya, ada dua teknik dasar passing dalam bola basket yaitu air pass dan bounce pass, Air pass adalah teknik mengumpan dengan cara melempar bola ke arah rekan satu tim di mana bola tidak menyentuh lantai.

Sementara istilah bounce pass adalah teknik memberikan umpan dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan kedua tangan. Kali ini, akan dibahas cara melakukan bounce pass atau teknik umpan yang dipantulkan terlebih dahulu dalam permainan bola basket. Baca juga: Sistem Pertahanan dalam Bola Basket Adapun, bounce pass bisa diterapkan dalam pertandingan bola basket yakni usaha untuk mengecoh lawan dengan cara mengoper bola.

Dengan melakukan bounce pass, diharapkan pemain lawan tidak bisa merebut bola. Lantas bagaimana cara melakukan bounce pass ? Apabila seorang pemain akan memberikan operan bola kepada teman dengan memantulkan bola ke lantai dalam permainan bola basket disebut bounce pass,

Ketika melakukan bounce pass, bola bukan dipantulkan di tengah (di antara pengumpan dan penerima). Namun, titik memantulkan bola adalah 1/3 dari teman penerima. Cara memberikan bola dalam bounce pass adalah dengan memantulkan bola ke lantai dengan menggunakan kedua tangan. Ketika memantulkan bola ke lantai, salah satu kaki bergerak maju ke depan. Doronglah bola ke bawah (ke lantai) dengan kekuatan. Saat melakukan passing, bola tidak boleh mengambang. Gerakan kaki tetap digunakan untuk menambah tenaga saat memantulkan bola. Dorongan bola ke lantai dilakukan dengan menggunakan jari tangan. Dalam bounce pass, bola harus cepat dan tidak boleh pelan. Sama seperti chest pass, target umpan dalam bounce pass adalah dada penerima bola. Jika bola pantulan tepat di dada penerima, dia akan lebih mudah melakukan tembakan ( shooting ).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melempar bola dalam bola basket?

4 Cara Melempar Bola dalam Permainan Basket dan Teknik yang Benar Senin, 19 September 2022, 16:53 WIB Cara melempar bola dalam permainan bola basket menjadi salah satu kunci dalam permainan di pertandingan resmi seperti DBL 2022. (Foto: DBL) JAKARTA – Cara melempar bola dalam atau yang biasa disebut dengan passing perlu diketahui sebelum memulai permainan populer ini.

Passing merupakan teknik melempar bola dalam permainan basket. Setiap pemain bola basket perlu mengetahui teknik teknik wajib di permainan bola basket, diantaranya, passing, shooting, dribling, pivot, rebound. Namun, tulisan ini akan membahas seputar cara melempar bola dalam permainan bola basket. Terdapat macam macam jenis lemparan yang dapat diterapkan.

Bola basket adalah olahraga kelompok dan setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Kedua tim bermain dan harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara melempar bola ke ring lawan. Bola basket memiliki waktu permainan standar internasional 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit.

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola besar brainly?

Jelaskan cara melempar bola besar​ – Brainly.co.id

  • Jawaban:
  • Macam Lemparan dan Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket
  • 1. Chest pass

Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada (chest pass). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

  1. Sikap permulaan :
  2. Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menghadap sasaran.
  3. Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  4. Konsentrasikan diri pada latihan.

Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku. Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan, kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir. Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.2. Over head pass Melempar bola basket dengan dua tangan dari atas kepala (over head pass). Lemparan dua tangan dari atas kepala sering disebut dengan over head pass.

Tujuannya adalah menghindari jangkauan tangan lawan.

  • Cara melempar bola basket dengan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut:
  • Sikap permulaan:
  • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan
  • Gerakan:
  • Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.
  • Sikap akhir:
  • Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya
  • 3. Bounce pass
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Mengambil Nafas Pada Renang Gaya Bebas?

Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah bound pass. Tujuannya untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan.

  1. Cara melakukan lemparan pantulan adalah:
  2. Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.
  3. 4. Baseball pass

Operan panjang dalam permainan bola basket disebut baseball pass. Cara melempar bola basket dengan teknik baseball pass adalah dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan. Operan jarak jauh yang dilakukan biasanya lebih dari setengah panjang lapangan.

  • Penjelasan:
  • Maaf kalau salah
  • Jika benar tolong jadikan jawaban terbaik yaa

: Jelaskan cara melempar bola besar​ – Brainly.co.id

Tuliskan langkah langkah lemparan bola dengan satu tangan?

Ilustrasi Contoh Gerakan Tangan saat Melempar Bola dengan Satu Tangan. Sumber: pexels.com Dalam berolahraga dibutuhkan berbagai macam teknik dan gerakan dalam melempar bola. Contohnya dalam olahraga kasti dan softball. Berikut ini adalah contoh gerakan tangan saat melempar bola dengan satu tangan dalam olahraga kasti dan softball.

Cara memegang bola yang baik adalah bola dipegang dengan jari-jari tangan di antara ruas-ruas jari dan ditahan dengan ibu jari dan kelingking. Pandangan harus ke sasaran. Bila melemparkan dengan tangan kanan, maka kaki kiri berada di depan dan kaki kanan berada di belakang. Lengan kanan ditarik ke belakang dan selanjutnya ayunkan lengan kanan yang memegang bola ke depan.

Melempar Bola dari Samping Caranya hampir sama dengan melempar bola dari bawah, bedanya hanya lengan yang mengayun dengan cara membengkokkan siku ke bagian luar sehingga bola dilemparkan secara mendatar. Caranya tidak jauh berbeda dengan kedua gerakan di atas, namun dalam gerakan ini, pada saat bola diayunkan ke belakang, bola diayun melewati atas kepala dan dilemparkan melalui samping kepala.

Jika ukuran tangan atau jari-jari pemain berukuran besar, maka bola dipegang dengan menggunakan dua jari. Jika tangan pemain kecil atau pendek, maka bola dipegang dengan tiga atau empat jari. Antara jari yang satu dengan yang lain harus direnggangkan agar dapat mengontrol jalannya bola dan memperoleh kekuatan lemparan.

Langkahkan kaki depan ke arah sasaran. Ayunkan lengan ke belakang, posisi lengan atas (siku), ke atas dan pinggang diputar ke belakang (ke arah tangan yang memegang bola). Mulailah dengan gerakan melempar, ayunkan lengan ke dapan, sementara itu putar pinggang ke depan, dan pindahkan berat badan ke kaki depan. Pada saat bola lepas diikuti oleh lecutan pergelangan tangan. Gerakan lecutan dan memindah berat badan ke depan akan menambah pula kekuatan lemparan dan kesemimbangan. Sebagai gerak lanjut, langkahkan kaki belakang ke depan hingga dalam posisi siap untuk menangkap bola.

Posisi lengan agak lurus dan sejajar dengan tanah. Putarkan badan ke belakang penuh dan diikuti oleh ayunan lengan ke belakang dan lurus.

Langkahkan kaki depan ke arah sasaran. Bersamaan dengan itu, ayunkan lengan ke bawah belakang (siku agak lurus). Bahu yang digunakan untuk melempar diputar ke bawah belakang. Mulailah dengan gerakan melempar. Ayunkan lengan ke depan, sambil memutar bahu ke depan dan memindahkan berat badan ke kaki depan. Pada saat bola terlepas diikuti dengan lecutan pergelangan tangan. Tangan yang tidak digunakan untuk melempar berada di depan dada kemudian lengan diputar ke belakang untuk menjaga keseimbangan.

Ilustrasi Contoh Gerakan Tangan saat Melempar Bola dengan Satu Tangan. Sumber: pexels.com Itulah penjelasan mengenai contoh-contoh gerakan tangan saat melempar bola dalam satu tangan dalam olahraga kasti dan softball. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (IND)

Tuliskan langkah langkah melakukan pivot yang benar?

Cara Melakukan Pivot Basket – Ilustrasi melakukan pivot basket. (Pexels/RODNAE Productions) Cara pivot basket harus dilakukan dengan benar untuk menghindari terjadinya risiko cedera atau salah langkah. Berikut ini adalah cara melakukan teknik pivot dalam basket:

Gunakan salah satu kaki yang akan dijadikan sebagai poros atau tumpuan. Kemudian, angkat kaki dan pindahkan kaki untuk melakukan gerakan memutar. Lalu, kaki satunya tidak boleh bergeser. Posisi tangan dalam keadaan memegang dan menjaga bola dari sergapan lawan. Badan berada di antara bola dan lawan yang ingin merebut. Hal itu dimaksudkan agar menghalangi lawan untuk merebut bola. Setelah melakukan pivot dan ada kesempatan bergerak, kamu bisa meneruskannya dengan gerakan passing, dribbling, atau shooting, Usahakan kaki yang menjadi poros dalam gerakan ini tidak boleh bergeser. Poros hanya diperbolehkan memutar mengikuti gerakan tubuh atau memutar badan.

Tembakan yang dilakukan dengan langkah melayang dalam permainan bola basket adalah?

Hai, saya bantu jawab ya! Rangkaian latihan menembak sambil melayang dinamakan lay up shoot Semoga bermanfaat

Teknik menembak dalam permainan bola basket yang didahului dengan 2 langkah disebut?

Lay-up shoot – Secara garis besar, teknik lay-up dalam permainan basket dilakukan dengan berlari ke salah satu sisi ring basket untuk kemudian melompat dan memasukkan bola ke dalam ring. Lay-up shoot juga dikenal sebagai teknik menembak dalam bola basket yang didahului dengan melangkah dua langkah.

Arahkan pandangan ke target yang dituju yaitu ring basket lawan. Langkahkan kaki bagian luar atau yang paling dekat dengan side line, Namun, langkah kaki juga harus disesuaikan dengan tangan yang digunakan saat melakukan lay up, Jangan tergesa-gesa lalu berlari cepat ke arah ring basket lawan, karena tembakan lay up shoot dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan jarak dekat sekali dengan ring basket dan didahului gerakan 2 langkah. Saat menggiring bola ke ring basket, pastikan jika pemain melindungi bola dari rebutan tim lawan. Kedua tangan diluruskan ke atas untuk melempar bola ke dalam ring basket.

Baca juga: Pola Penyerangan Bola Basket Beserta Gambarnya