Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Kombinasi Memukul Bola Dengan Teknik Swing?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Kombinasi Memukul Bola Dengan Teknik Swing
Jawabannya – Jelaskan cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam memukul bola rounders 1. Tarik kayu pemukul ke arah balakang.2. Ayunkan lengan tangan dari samping ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pelambung.3.

Bagaimana cara memukul bola sofbol dengan teknik pukulan Swing?

Cara Memukul Bola Softball – Berdasarkan buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) karya Dr. Anggi Setia Lengkana dkk., teknik pukulan sofbol terbagi menjadi dua bagian, yaitu pukulan swing dan bunt atau tumbuk. Teknik pukulan swing adalah teknik memukul bola secara keras dan kuat dengan cara mengayunkan bola.

Memegang pemukul bola atau bet dengan grip yang sesuai. Mengatur posisi berdiri dengan panjang lengan dan pegangan pemukul. Berdiri di batter box dengan posisi kaki kuda-kuda dengan membuka kaki tidak terlalu lebar serta tidak terlalu rapat. Memilih lemparan bola dari pelambung yang baik. Menggeser kaki depan ke arah datangnya bola dari pitcher. Mengayunkan pemukul ke depan dan segera memutar badan setelah bola datang. Jika ingin bola terpukul lurus, arah putaran pemukul juga harus lurus. Namun, ayunkan ke arah atas bila ingin bola terpukul melambung. Lalu, ke arah bawah jika menginginkan bola menyusur tanah. Memindahkan berat badan dari belakang untuk menambah kekuatan pukulan.

Berikut cara memukul bola sofbol dengan teknik pukulan bunt :

Pemukul mengambil sikap seolah-olah ingin memukul dengan ayunan. Jika posisi berdiri sejajar dengan homeplate, pemain perlu menggeser kaki depan ke arah diagonal belakang. Lalu disusul oleh kaki belakang. Dengan begitu kaki akan berada dalam posisi setara. Menggeser tangan belakang ke arah ujung lutut beriringan dengan pivot foot,

Apa yang dimaksud dengan gerakan memukul bola?

makalah tentang memukul dengan gaya swing dalam permainan softball

  • BAB I
  • PENDAHULUAN
  • A. Latar Belakang Masalah

Softball merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini sedang berkembang di Indonesia olahraga softball merupakan pengembangan dari olahraga sejenis yaitu, baseball dan hardball perbedaan terletak pada ukuran lapanganya ( ukuran lapangan softball lebih kecil ), tipe permainan ( baseball lebih keras dan cepat sehingga hanya dapat di mainkan oleh laki-laki, sedangkan softball dapat di mainkan oleh wanita dan berbagai usia ) serta bola yang di gunakan ( bola softball lebih lunak-soft dan lebih besar).

Olahraga softball berasal dari amerika, awalnya di mainkan untuk rekreasi dan di mainkan di lapangan tertutup. Namun dalam waktu singkat olahraga ini banyak di gemari oleh masyarakat di sana. Dari amerika, olahraga ini berkembang ke kanada dan dari sanalah softball dari sanalah softball makin berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Perkembangan Softball di Indonesia Sebelum perang kemerdekaan sebetulnya softball sudah ada yang melakukannya di Indonesia, namun sifatnya maisih sangat terbatas. Artinya hanya dimainkan di sekolah-sekolah tertentu saja. Pada mulanya ada anggapan bahwa permainan olahraga Softball hanya pantas dimainkan oleh golongan wanita saja.

Hal ini terus berlangsung sampai tahun 1966. Oleh karena itu sampai tahun itu, softball hanya dimainkan oleh puteri saja. Ketika Asian Games Bangkok, terbukalah mata kita bahwa sebenarnya olahraga Softball itu dapat dimainkan baik oleh puteri maupun putera. Pada waktu itu putera-putera kita, masih menyenangai olahraga baseball.

Melihat perkembangan Softball sedemikan cepatnya dan adanya kompetisi antara negara setiap tahunnya.Timbullah perhatian kita terhadap cabang olahraga ini secara serius. Mulanya Softball hanya berkembangdi Jakarta, Bandung, Pelembang, Semarang dan Surabaya.

  • Tetapi kini telah menjadi salah satu cabangolahraga yang yang sangat digemari masyarakat, terutama para pelajar dan mahasiswa.
  • Untuk menyalurkankegiatan-kegiatan softball di Indonesia, diperlukan suatu badan yang mengaturnya, maka dibentuklahOrganisasi Induk dengan nama PERBASA SI (Perserikatan Baseball & Softball Amatir Seluruh Indonesia).

Dengan adanya wadah PB. PERBASA SI ini mulailah diadakan kompetisi softball tingkat nasional. Kejuaraan Nasional I diselenggarakan tahun 1967 di Jakarta. Di samping itu sejak PON VII di Surabaya,Softball menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan Setiap cabang olahrga mempunyai kharakteristik yang berbeda, cirri dari permainan softball dapat di lihat dari sifat permainan, teknik gerak, peraturan permainan dan perlengkapan yang di gunakan.

Softball adalah permainan cepat dan tepat artinya permainan ini memerlukan kecepatan dalam berlari, kecepatan dalam memukul, ketepatan dalam melempar dan memukul bola, kelincahan dalam menangkap dan menguasai bola di lapangan. Tujuan utama dalam perminan softball yaitu mengumpulkan point terbanyak masing-masin team selama 7 inning.

PUKULAN SWING SOFTBALL

Dalam permaian softball ketermpilan dasar memukul ( batting ) sangat penting untuk di kuasai oleh pemain. Hal ini di sebabkan karena permainan softball di awali dengan lemparan pitcher dan pukulan better, dimana kedua-duanya bias langsung mendapatkan point.

Untuk keterampilan batting teknik sagat penting di butuhkan oleh pemain. Batting merupakan unsur penting untuk mencetak angka / base sehingga dapat memenangkan pertandingan tanpa batting suatu team tidak mungkin memenangkan suatu pertandingan. Tujuan utama melakuka puklan yaitu mencapai base di depanya dengan selamat, menciptakan nilai, memajukan pemain di depannya.B.

Rumusan Masalah 1, Bagaimana cara melakukan swing / ayunan dan posisi batt yang benar ? 2, Menganalisis gerakan swing ? C. Tujuan Penulisan 1, Mendeskripsikan tentang batting swing yang baik,

  1. 2, Mendeskripsikan tentang analisis swing dalam softball
  2. PEMBAHASAN
  3. A. Memukul Bola Dengan Ayunan (Swing)
  4. Memukul bola dengan ayunan (swing) adalah pukulan yang sebenarnya dalam
  5. softball karena tidak ada tipuan seperti dalam bunt yang dimaksudkan untuk mengecoh
  6. lawan. Memukul bola dengan ayunan merupakan usaha memukul bola dari pitcher dengan
  7. tujuan menghasilkan pukulan yang keras dan jauh. Hasil pukulan tersebut diharapkan sulit
  8. ditangkap oleh penjaga sehingga kesulitan untuk mematikan pelari. Pukulan ini dilakukan
  9. dengan ayunan penuh, cepat dan tidak terputus dari posisi siap memukul tanpa gerakan
  10. menahan sampai gerak lanjutan. Mekanis gerakan tubuh yang dilakukan oleh pemain softball
  11. pada teknik memukul bola dengan ayunan adalah
  12. sebagai berikut :
  13. 1). Melangkah
  14. Mengayunkan lengan adalah merupakan bagian dari gerak memukul. Bagaimanapun
  15. juga melangkah gerak yang menggerakan badan yang sama pentingnya gerak mengayun.
  16. Selama melangkah ke arah pitcher berat badan berpindah ke depan bersamaan dengan
  17. kekuatan better memukul bola. Langkah kaki tidak perlu jauh-jauh, kirakira 6-12 inchi
  18. dilakukan dengan pelan.
  19. 2). Gerakan Lengan
  20. Ayunan lengan dimulai setelah langkah kaki berakhir mendarat di tanah. Lengan
  21. mengayunkan pemukul datar setinggi pinggang, bersamaan dengan itu dada berputar
  22. menghadap arah pitcher,
  23. 3). Gerakan Pergelangan Tangan
  24. Gerakan pergelangan tangan sangat penting dalam mengayun, hal ini merupakan bagian
  25. gerak yang wajar dapat diperlihatkan dalam gerak yang lambat. Gerakan pergelangan tangan
  26. berputar selayaknya kemudian berhenti pada pertengahan gerak ayunan,
  27. 4). Gerak Lanjutan
  28. Gerak lanjutan adalah merupakan gerak akhir dari melakukan ayunan dan terjadi secara
  29. wajar. Pada fase ini pergelangan tangan terus berputar, sehingga lengan menyilang pada
  30. tubuh dan pinggang berputar penuh. Menurut Agus Mukholid (2004 : 61) teknik memukul
  31. bola dengan ayunan (swing) meliputi :
  32. a. Pegangan alat pemukul (bat) harus santai, tidak menimbulkan ketegangan pada lengan dan
  33. pergelangan tangan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Koordinasi Gerakan Tungkai?

a). Lead-arm harus dalam posisi horizontal dengan tanah. b). Siku tangan belakang ditekuk dan dijatuhkan dari badan. c). Pandangan ke arah bola lewat bahu depan. d). Sikap dan tempat kedudukan kepala tidak berubah sampai bat mengenai bola. e). Posisi bat agak condong ke belakang, jangan diletakkan di atas bahu atau terlalu tegak.b.

Ambillah sikap yang enak dan wajar pada waktu berdiri dalam batter box, Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : a). Harus keadaan rileks selalu. b). Jarak kedua kaki selebar bahu. c). Berat badan harus berada ditengah-tengah badan untuk memudahkan gerakan. d),Badan sedikit condong ke depan.c. Geserlah kaki depan ke arah datangnya bola atau pitcher,

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : a). Geserkan kaki ke depan (striding) secukupnya saja. b). Lakukanlah backswing sebelum striding, untuk menambah putaran ke depan. Untuk mengasah pukulan bola yang dilakukan pemain yaitu gantunghlah bola di dalam yang tidak terpakai dilakukan di garase atau tempat lain yang dihalangi dengan backstop atau jaring dan latihan yang kontinyu agar dapat mengasai gerakan memukul dengan memukul bola.

Para pemain membuat labor memukul di garase atau di lapangan. Bola dipukul ke arah jaring, dinding yang bertir, backstop. Letakanlah bola pada tongkak dan lakukan pukulan dengan mengayun. Salah seorang melemparkan bola sebagai pitcher berdiri dengan jarak 10 feet dengan sudut kemiringan 450 terhadap better.

Posisi ini memudahkan pitcher melemparkan bola lambat yang dapat dipukul better ke dalam jaring. bagi tim dalam kelompok sebagai better dan fielder. Satu orang sebagai on deck better, semua pemain lain sebagai fielder. Pitcher melemparkan bola dengan variasi sebanyak 15 kali terhadap better.

Emudian bola dari fielder diberikan ke pitcher lalu bergantian yang menjadi pemukul bola dan seterusnya. Setelah para pemain dapat menguasai gerakan ini maka perlu ditambah durasi waktu, intensitas diperbanyak. Teknik memukul bola pada permainan bola softball sangat bagus diberi latihan beban. Karena gerakan memukul bola menggunakan otot-otot yang ada di seluruh tubuh terutama otot-otot pada lengan atas dan bawah, otot-otot yang ada disekitar punggung dan perut, juga otot-otot yang ada pada kaki.

Agar para pemain dapat memukul bola dengan keras maka perlu dilatih dengan latihan tambahan supaya otot-otot mempunyai kekuatan yang bagus dan daya tahan yang bagus pula. Latihan beban yang diberikan untuk para pemain softball pada teknik lemparan atas yaitu upright row, power clean, dumbell press, bench press, sit up, back up, back extention, chins, lat pull, squats, leg extension dan crull dan lain-lain.B.

  1. Menganalisis gerakan swing Pada gerakan swing atau ayunan batt terjadi gerak rotasi, kecepatan dari gerak melingkar ini di sebut sebagai kecepatan rotasi, atau kecepatan sudut, atau kecepatan angular dan di beri lambang ω (omega ).
  2. Alau lintasan yang di tempuh oleh gerak linier di nyatakan dengan jarak S, maka lintasan yang di tempuh oleh gerak angular dinyatakan dengan besar sudut θ (theta).

Seperti halnya pada gerakan memukul bola softball atau baseball, kalau perkenaan bola lebih mendekati ujung dari batt maka kecepatan bola lebih besar dari pada kalau perkenaan lebih dekat ke pangkal. Gambar 10. Merupakan titik impact (perkenaan) bola dengan batt Dibawah ini gambar diagram menunjukan tingkat penyerapan getaran yang di akibatkan momentum bola terhadap batt dan juga daya pantul dari berbagai bahan dasar dari tongkat pemungkul seperti composite, titanium, multi-wall, single wall, dan sebagainya.gerakan ni dimana gerakan yang lebih dominan gerak putar, misalnya dalam memukul bola manfaatkan seluruh segmen untuk di tekuk pada persendiaannya sehingga momen inertia menjadi lebih kecil.

  • Gambar 13 dengan lengan / sikut di tekuk akan mengurangi momen inertia dan menambah kecepatan sudut posisi pemukul kanan.
  • Gambar 14 dengan lengan / siku ditekuk akan mengurangi momen inertia dan menambah kecepatan sudut posisi pemukul kidal. Gerakan aksi kontra di lakukan oleh anggota tubuh lain yang berlawanan dengan propulsive force sehingga :
  • · Dapat memperbesar stabilitas
  • · Gerakan propulsive force menjad lebih ritmik
  • · Dan arahnya dapat lebih terkontrol
  • BAB III
  • PENUTUP
  • A. Kesimpulan

Gerakan swing pada umumnya masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara melakukan gerakan swing dengan benar sehingga banyak pukulan yang kurang jauh dan cepat. Jadi memukul bola dengan swing itu sangat penting di lakukan oleh setiap pemain softball karena pukulan tersebut bertujuan untuk menghasilkan pukulan yang keras dan jauh agar memudahkan pelari dan sulit mematikan pelari, Mereka harus paham bagaimana teknik melakukan swing yang benar.

  1. B. Saran
  2. · Softball merupakan permainan yang menarik tetapi masih banyak orang-orang yang hanya bermain ala kadarnya saja dan mereka tidak mengerti arti kesenangan bermain softball sehingga perlu adanya pengamplikasian dari pihak PERBASASI
  3. · Untuk menghasilkan pukulan swing yang baik di sarankan untuk belajar melakukan teknik swing yaitu seperti pada saat melangkah, gerakan lengan, gerekan pergelangan tangan, dan gerakan lanjutan.
  4. · Dan juga harus megetahui cara melakukan swing yang efektif / posisi sehingga mampu menghasilkan pukulan yang tepat dan kuat.
  5. DAFTAR PUSTAKA
You might be interested:  Perubahan Rancangan Uud 1945 Yang Diputuskan Dalam Sidang Ppki?

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/DASAR%20GERAK%20SOFTBALL.pdf : makalah tentang memukul dengan gaya swing dalam permainan softball

Apa saja gerakan pukulan Swing permainan bola softball?

Jawabannya – Sebutkan empat gerakan pukulan swing ! Gerakan pukulan swing bola softball adalah1. Gerakan ayunan dilakukan dari atas belakang bahu ke depan:2. Gerakan ayunan dilakukan dengan timing yang pas terhadap waktu datangnya bola, agar kayu pemukul tepat mengenai bola.3.

Bagaimana teknik memukul bola pada permainan bola softball?

makalah tentang memukul dengan gaya swing dalam permainan softball

  • BAB I
  • PENDAHULUAN
  • A. Latar Belakang Masalah

Softball merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini sedang berkembang di Indonesia olahraga softball merupakan pengembangan dari olahraga sejenis yaitu, baseball dan hardball perbedaan terletak pada ukuran lapanganya ( ukuran lapangan softball lebih kecil ), tipe permainan ( baseball lebih keras dan cepat sehingga hanya dapat di mainkan oleh laki-laki, sedangkan softball dapat di mainkan oleh wanita dan berbagai usia ) serta bola yang di gunakan ( bola softball lebih lunak-soft dan lebih besar).

Olahraga softball berasal dari amerika, awalnya di mainkan untuk rekreasi dan di mainkan di lapangan tertutup. Namun dalam waktu singkat olahraga ini banyak di gemari oleh masyarakat di sana. Dari amerika, olahraga ini berkembang ke kanada dan dari sanalah softball dari sanalah softball makin berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Perkembangan Softball di Indonesia Sebelum perang kemerdekaan sebetulnya softball sudah ada yang melakukannya di Indonesia, namun sifatnya maisih sangat terbatas. Artinya hanya dimainkan di sekolah-sekolah tertentu saja. Pada mulanya ada anggapan bahwa permainan olahraga Softball hanya pantas dimainkan oleh golongan wanita saja.

  1. Hal ini terus berlangsung sampai tahun 1966.
  2. Oleh karena itu sampai tahun itu, softball hanya dimainkan oleh puteri saja.
  3. Etika Asian Games Bangkok, terbukalah mata kita bahwa sebenarnya olahraga Softball itu dapat dimainkan baik oleh puteri maupun putera.
  4. Pada waktu itu putera-putera kita, masih menyenangai olahraga baseball.

Melihat perkembangan Softball sedemikan cepatnya dan adanya kompetisi antara negara setiap tahunnya.Timbullah perhatian kita terhadap cabang olahraga ini secara serius. Mulanya Softball hanya berkembangdi Jakarta, Bandung, Pelembang, Semarang dan Surabaya.

Tetapi kini telah menjadi salah satu cabangolahraga yang yang sangat digemari masyarakat, terutama para pelajar dan mahasiswa. Untuk menyalurkankegiatan-kegiatan softball di Indonesia, diperlukan suatu badan yang mengaturnya, maka dibentuklahOrganisasi Induk dengan nama PERBASA SI (Perserikatan Baseball & Softball Amatir Seluruh Indonesia).

Dengan adanya wadah PB. PERBASA SI ini mulailah diadakan kompetisi softball tingkat nasional. Kejuaraan Nasional I diselenggarakan tahun 1967 di Jakarta. Di samping itu sejak PON VII di Surabaya,Softball menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan Setiap cabang olahrga mempunyai kharakteristik yang berbeda, cirri dari permainan softball dapat di lihat dari sifat permainan, teknik gerak, peraturan permainan dan perlengkapan yang di gunakan.

Softball adalah permainan cepat dan tepat artinya permainan ini memerlukan kecepatan dalam berlari, kecepatan dalam memukul, ketepatan dalam melempar dan memukul bola, kelincahan dalam menangkap dan menguasai bola di lapangan. Tujuan utama dalam perminan softball yaitu mengumpulkan point terbanyak masing-masin team selama 7 inning.

PUKULAN SWING SOFTBALL

Dalam permaian softball ketermpilan dasar memukul ( batting ) sangat penting untuk di kuasai oleh pemain. Hal ini di sebabkan karena permainan softball di awali dengan lemparan pitcher dan pukulan better, dimana kedua-duanya bias langsung mendapatkan point.

Untuk keterampilan batting teknik sagat penting di butuhkan oleh pemain. Batting merupakan unsur penting untuk mencetak angka / base sehingga dapat memenangkan pertandingan tanpa batting suatu team tidak mungkin memenangkan suatu pertandingan. Tujuan utama melakuka puklan yaitu mencapai base di depanya dengan selamat, menciptakan nilai, memajukan pemain di depannya.B.

Rumusan Masalah 1, Bagaimana cara melakukan swing / ayunan dan posisi batt yang benar ? 2, Menganalisis gerakan swing ? C. Tujuan Penulisan 1, Mendeskripsikan tentang batting swing yang baik,

  1. 2, Mendeskripsikan tentang analisis swing dalam softball
  2. PEMBAHASAN
  3. A. Memukul Bola Dengan Ayunan (Swing)
  4. Memukul bola dengan ayunan (swing) adalah pukulan yang sebenarnya dalam
  5. softball karena tidak ada tipuan seperti dalam bunt yang dimaksudkan untuk mengecoh
  6. lawan. Memukul bola dengan ayunan merupakan usaha memukul bola dari pitcher dengan
  7. tujuan menghasilkan pukulan yang keras dan jauh. Hasil pukulan tersebut diharapkan sulit
  8. ditangkap oleh penjaga sehingga kesulitan untuk mematikan pelari. Pukulan ini dilakukan
  9. dengan ayunan penuh, cepat dan tidak terputus dari posisi siap memukul tanpa gerakan
  10. menahan sampai gerak lanjutan. Mekanis gerakan tubuh yang dilakukan oleh pemain softball
  11. pada teknik memukul bola dengan ayunan adalah
  12. sebagai berikut :
  13. 1). Melangkah
  14. Mengayunkan lengan adalah merupakan bagian dari gerak memukul. Bagaimanapun
  15. juga melangkah gerak yang menggerakan badan yang sama pentingnya gerak mengayun.
  16. Selama melangkah ke arah pitcher berat badan berpindah ke depan bersamaan dengan
  17. kekuatan better memukul bola. Langkah kaki tidak perlu jauh-jauh, kirakira 6-12 inchi
  18. dilakukan dengan pelan.
  19. 2). Gerakan Lengan
  20. Ayunan lengan dimulai setelah langkah kaki berakhir mendarat di tanah. Lengan
  21. mengayunkan pemukul datar setinggi pinggang, bersamaan dengan itu dada berputar
  22. menghadap arah pitcher,
  23. 3). Gerakan Pergelangan Tangan
  24. Gerakan pergelangan tangan sangat penting dalam mengayun, hal ini merupakan bagian
  25. gerak yang wajar dapat diperlihatkan dalam gerak yang lambat. Gerakan pergelangan tangan
  26. berputar selayaknya kemudian berhenti pada pertengahan gerak ayunan,
  27. 4). Gerak Lanjutan
  28. Gerak lanjutan adalah merupakan gerak akhir dari melakukan ayunan dan terjadi secara
  29. wajar. Pada fase ini pergelangan tangan terus berputar, sehingga lengan menyilang pada
  30. tubuh dan pinggang berputar penuh. Menurut Agus Mukholid (2004 : 61) teknik memukul
  31. bola dengan ayunan (swing) meliputi :
  32. a. Pegangan alat pemukul (bat) harus santai, tidak menimbulkan ketegangan pada lengan dan
  33. pergelangan tangan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
You might be interested:  Bagaimana Sikap Akhir Saat Melakukan Gerak Guling Belakang?

a). Lead-arm harus dalam posisi horizontal dengan tanah. b). Siku tangan belakang ditekuk dan dijatuhkan dari badan. c). Pandangan ke arah bola lewat bahu depan. d). Sikap dan tempat kedudukan kepala tidak berubah sampai bat mengenai bola. e). Posisi bat agak condong ke belakang, jangan diletakkan di atas bahu atau terlalu tegak.b.

Ambillah sikap yang enak dan wajar pada waktu berdiri dalam batter box, Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : a). Harus keadaan rileks selalu. b). Jarak kedua kaki selebar bahu. c). Berat badan harus berada ditengah-tengah badan untuk memudahkan gerakan. d),Badan sedikit condong ke depan.c. Geserlah kaki depan ke arah datangnya bola atau pitcher,

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : a). Geserkan kaki ke depan (striding) secukupnya saja. b). Lakukanlah backswing sebelum striding, untuk menambah putaran ke depan. Untuk mengasah pukulan bola yang dilakukan pemain yaitu gantunghlah bola di dalam yang tidak terpakai dilakukan di garase atau tempat lain yang dihalangi dengan backstop atau jaring dan latihan yang kontinyu agar dapat mengasai gerakan memukul dengan memukul bola.

  • Para pemain membuat labor memukul di garase atau di lapangan.
  • Bola dipukul ke arah jaring, dinding yang bertir, backstop.
  • Letakanlah bola pada tongkak dan lakukan pukulan dengan mengayun.
  • Salah seorang melemparkan bola sebagai pitcher berdiri dengan jarak 10 feet dengan sudut kemiringan 450 terhadap better.

Posisi ini memudahkan pitcher melemparkan bola lambat yang dapat dipukul better ke dalam jaring. bagi tim dalam kelompok sebagai better dan fielder. Satu orang sebagai on deck better, semua pemain lain sebagai fielder. Pitcher melemparkan bola dengan variasi sebanyak 15 kali terhadap better.

Kemudian bola dari fielder diberikan ke pitcher lalu bergantian yang menjadi pemukul bola dan seterusnya. Setelah para pemain dapat menguasai gerakan ini maka perlu ditambah durasi waktu, intensitas diperbanyak. Teknik memukul bola pada permainan bola softball sangat bagus diberi latihan beban. Karena gerakan memukul bola menggunakan otot-otot yang ada di seluruh tubuh terutama otot-otot pada lengan atas dan bawah, otot-otot yang ada disekitar punggung dan perut, juga otot-otot yang ada pada kaki.

Agar para pemain dapat memukul bola dengan keras maka perlu dilatih dengan latihan tambahan supaya otot-otot mempunyai kekuatan yang bagus dan daya tahan yang bagus pula. Latihan beban yang diberikan untuk para pemain softball pada teknik lemparan atas yaitu upright row, power clean, dumbell press, bench press, sit up, back up, back extention, chins, lat pull, squats, leg extension dan crull dan lain-lain.B.

  • Menganalisis gerakan swing Pada gerakan swing atau ayunan batt terjadi gerak rotasi, kecepatan dari gerak melingkar ini di sebut sebagai kecepatan rotasi, atau kecepatan sudut, atau kecepatan angular dan di beri lambang ω (omega ).
  • Alau lintasan yang di tempuh oleh gerak linier di nyatakan dengan jarak S, maka lintasan yang di tempuh oleh gerak angular dinyatakan dengan besar sudut θ (theta).

Seperti halnya pada gerakan memukul bola softball atau baseball, kalau perkenaan bola lebih mendekati ujung dari batt maka kecepatan bola lebih besar dari pada kalau perkenaan lebih dekat ke pangkal. Gambar 10. Merupakan titik impact (perkenaan) bola dengan batt Dibawah ini gambar diagram menunjukan tingkat penyerapan getaran yang di akibatkan momentum bola terhadap batt dan juga daya pantul dari berbagai bahan dasar dari tongkat pemungkul seperti composite, titanium, multi-wall, single wall, dan sebagainya.gerakan ni dimana gerakan yang lebih dominan gerak putar, misalnya dalam memukul bola manfaatkan seluruh segmen untuk di tekuk pada persendiaannya sehingga momen inertia menjadi lebih kecil.

  • Gambar 13 dengan lengan / sikut di tekuk akan mengurangi momen inertia dan menambah kecepatan sudut posisi pemukul kanan.
  • Gambar 14 dengan lengan / siku ditekuk akan mengurangi momen inertia dan menambah kecepatan sudut posisi pemukul kidal. Gerakan aksi kontra di lakukan oleh anggota tubuh lain yang berlawanan dengan propulsive force sehingga :
  • · Dapat memperbesar stabilitas
  • · Gerakan propulsive force menjad lebih ritmik
  • · Dan arahnya dapat lebih terkontrol
  • BAB III
  • PENUTUP
  • A. Kesimpulan

Gerakan swing pada umumnya masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara melakukan gerakan swing dengan benar sehingga banyak pukulan yang kurang jauh dan cepat. Jadi memukul bola dengan swing itu sangat penting di lakukan oleh setiap pemain softball karena pukulan tersebut bertujuan untuk menghasilkan pukulan yang keras dan jauh agar memudahkan pelari dan sulit mematikan pelari, Mereka harus paham bagaimana teknik melakukan swing yang benar.

  1. B. Saran
  2. · Softball merupakan permainan yang menarik tetapi masih banyak orang-orang yang hanya bermain ala kadarnya saja dan mereka tidak mengerti arti kesenangan bermain softball sehingga perlu adanya pengamplikasian dari pihak PERBASASI
  3. · Untuk menghasilkan pukulan swing yang baik di sarankan untuk belajar melakukan teknik swing yaitu seperti pada saat melangkah, gerakan lengan, gerekan pergelangan tangan, dan gerakan lanjutan.
  4. · Dan juga harus megetahui cara melakukan swing yang efektif / posisi sehingga mampu menghasilkan pukulan yang tepat dan kuat.
  5. DAFTAR PUSTAKA

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/DASAR%20GERAK%20SOFTBALL.pdf : makalah tentang memukul dengan gaya swing dalam permainan softball