Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Backward Roll?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Backward Roll
Jelaskan cara melakukan gerakan guling ke belakang – Cara melakukan gerakan berguling ke belakang Back Roll adalah

Sikap awal: posisi tubuh jongkok membelakangi matras, dengan tangan dilipat, telapak tangan di atas bahu menghadap ke atas, sedangkan kaki agak dirapatkan. Sikap pelaksanaan: kepala menunduk, dan kemudian kaki menolak ke belakang, sehingga badan jatuh ke belakang dengan punggung mengenai matras. Lalu, ketika panggul menyentuh matras, bagian tangan bersiap menumpu. Setelah itu, kedua kaki ditekuk dan diayunkan ke belakang dibantu tolakan kedua tangan sehingga kaki melewati kepala sampai menyentuh matras. Sikap akhir: kedua kaki menumpu dengan lutut yang ditekuk menuju ke posisi jongkok, dan kedua tangan diluruskan ke depan sebagai keseimbangan.

Apa manfaat dari gerakan roll belakang?

Manfaat teknik senam lantai (roll belakang) – Setelah melakukan teknik roll belakang ini dengan baik dan benar, terdapat beberapa manfaat yang bisa diambil ketika melakukan teknik dasar senam lantai ini.

Kelenturan akan semakin meningkat ketika menerapkan teknik roll belakang. Jika teknik ini semakin sering dilatih, maka tubuh akan beradaptasi menjadi lebih kuat dan lentur. Kekuatan dan kelenturan otot menjadi hal yang penting untuk dapat mencegah cedera ketika melakukan teknik ini.Roll belakang membuat tulang semakin kuat. Selain membuat badan menjadi lentur, teknik dasar ini juga bisa membuat tulang menjadi lebih kuat dan tubuh menjadi lebih sehat.Melakukan gerakan roll belakang bisa membakar kalori tubuh. Gerakan roll belakang jika dilakukan secara terus menerus bisa secara ampuh membakar kalori jika dilakukan secara rutin.Mencegah berbagai macam penyakit adalah salah satu manfaat saat melakukan gerakan roll belakang. Penyakit seperti obesitas, asma dan penyakit lainnya bisa terhindar ketika melakukan gerakan roll belakang secara rutin.Roll belakang juga dapat membantu membentuk otot-otot. Otot tangan, kaki dan perut bisa terbentuk ketika melakukan gerakan roll belakang ini secara bertahap. Gerakan ini bisa melatih otot-otot tersebut untuk dapat mengembang dengan baik.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Kegiatan Mengayun Pada Palang Tunggal?

Roll belakang atau yang disebut juga gerakan guling ke belakang adalah sebuah teknik menggulingkan tubuh ke arah belakang dimana posisi tubuh tetap bulat seperti trenggiling. Otot leher dan tangan dapat terlatih dengan baik ketika melakukan salah satu latihan guling ke belakang ini.

Untuk dapat menghindari cedera ketika melakukan teknik gerakan roll belakang yang menjadi salah satu bagian dari teknik dasar senam lantai atau olahraga gimnastik ini, sangat diperlukan bagian otot-otot tubuh yang sangat kuat. Otot tangan, kaki dan badan sangat diperlukan kala melakukan gerakan roll ke belakang ini.

Hal tersebut diperlukan untuk bisa melakukan teknik ini dengan sempurna tanpa cacat. Untuk dapat melakukan teknik roll belakang ini dengan tepat dan sempurna, berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang perlu dipahami. : 3 Cara Melakukan Roll Belakang dengan Mudah

Apa yang dimaksud dengan Back roll?

Teknik Melakukan Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll) Dalam Senam Lantai

Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll),

Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan. Gerakannya mirip balet dan berjungkir balik, biasanya tanpa alat bantu. Senam lantai mengacu pada gerak kombinasi terpadu mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan, dan ketajaman gerak.

Salah satu gerakan yang ada dalam senam lantai yaitu Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll), Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll) adalah gerakan badan mengguling ke belakang melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang, pinggang, punggung, dan tengkuk. Cara melakukannya yaitu pertama-tama dalam posisi awal kita harus melakukan sikap jongkok setelah itu kedua tangan menghadap ke atas.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini. Langkah kedua setelah melakukan sikap awal adalah melakukan gerakannya, kita perlu jatuhkan badan ke belakang, kemudian dorongkan kedua tangan, badan berguling ke belakang.

  • Pada sikap akhirnya kedua kaki mendarat, kedua tangan menjaga keseimbangan dan sikap jongkok.
  • Latihan penunjang untuk guling belakang antara lain back up, cium lutut, sit up, dan sit up membentuk huruf V.
  • Esalahan umum yang sering terjadi pada guling belakang, antara lain: Pada saat menjatuhkan badan, kedua kaki bengkok, Badan kurang membungkuk, Jejakan kaki tidak lurus ke atas, dan Dorongan telapak tangan terlalu lemah.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pendinginan Setelah?

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010, : Teknik Melakukan Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll) Dalam Senam Lantai

Bagaimana cara melakukan roll belakang?

3. Roll Depan Dengan Awalan Sikap Kuda-Kuda (mendak) – Roll depan dengan awalan sikap kuda-kuda merupakan gerakan yang mudah tapi menakutkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buatlah posisi kuda-kuda (mendak) dengan cara membuka kedua kaki lebih lebar dari bahu.
  • Tekuk lutut sehingga tubuh akan lebih turun sedikit posisinya.
  • Pegang masing-masing pergelangan kaki dengan kedua telapak tangan. Pada posisi ini otomatis kepala dan punggung akan ikut menunduk.
  • Arahkan kepala menatap lurus ke belakang. Posisi kepala telah melewati selangkangan.
  • Jatuhkan tubuh dengan menggunakan punggung sebagai tumpuan. Jangan mengubah posisi tagan, kaki dan kepala, gunakan otot perut untuk ikut mendorong tubuh pada saat momentum tubuh mengguling agar nantinya posisi akhir seperti pada posisi awal.
  • Hal terberat adalah mengangkat tubuh hingga pada posisi awal. Bila sudah terbiasa maka hal ini tidaklah sulit.

Bagaimana cara melakukan roll depan?

Cara Melakukan Roll Depan – Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Backward Roll via ptcoaching.co.uk Cara melakukan roll depan bisa menggunakan dua jenis awalan, yakni dengan awalan berdiri dan awalan jongkok. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Untuk awalan jogkok, maka pertama-tama posisikan tubuh dalam posisi jongkok.
  2. Letakkan telapak tangan pada lantai dengan posisi lebih depan dari telapak kaki.
  3. Angkat pantat dan arahkan kepala di antara kedua telapak tangan (seperti posisi sujud).
  4. Tempelkan dagu pada dada, lalu dorong kepala hingga masuk melewati kedua telapak tangan. Cara mendorongnya adalah dengan mengangkat pantat lebih tinggi lagi sekaligus condong ke arah depan.
  5. Tempelkan tulang punggung bagian atas/pangkal leher ke lantai, selanjutnya dorong tubuh ke arah depan. Tubuh akan mengguling kedepan.
  6. Beri energi dorongan dengan menggunakan otot perut sehingga setelah tubuh terguling, tubuh akan berposisi seperti posisi awal.
  7. Untuk awalan berdiri, pertama-tama ambil sikap berdiri, kemudian bungkukkan badan dan tempelkan kedua tangan ke lantai.
  8. Tundukkan kepala hingga dagu menempel di dada.
  9. Turunkan badan hingga sedikit rendah, kedua siku tangan akan tertekuk hingga membentuk sudut 45 derajad.
  10. Lakukan tolakan dengan menggunakan pergelangan kaki, sebelum tulang punggung atau pangkal leher menyentuh lantai, kedua tangan akan menjadi penahan tubuh sementara dan perlahan-lahan menurunkan tubuh (bila sudah terbiasa dan tidak takut lagi, proses ini tidak perlu karena tubuh akan langsung diluncurkan ke depan dengan tulang punggung/pangkal leher menjadi tumpuan atau jalur tubuh menggelinding ke depan).
  11. Begitu tubuh telah menggelinding kedepan, kedua telapak kaki menapak lantai, segera dorong tubuh untuk bangkit berdiri sesuai dengan posisi awal.