Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Tersebut?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Tersebut
Gerak Spesifik Permainan Sepak Bola Salam sahabat pendidikan sekalian dan salam sejahtera untuk kita semua, pada masa atau dizaman modern ini, jenis permainan sepak bola sudah semakin modern. Untuk memainkan permainan sepak bola aau yang biasa juga disebut dengan dengan permainan bola kaki ini, para pemainya harus berbekal teknik yang baik dimana teknik atau gerak spesifik didalam permainan sepak bola terdiri dari beberapa bagian yang harus dikuasai oleh pemain, yaitu teknik menendang, mengontrol,menggiring, menyundul, lemparan kedalam dan merampas bola.

Gerak spesifik mengumpan dan menendang dengan kaki bagian dalam. Gerak spesifik mengumpan dan menendang dengan kaki bagian luar. Gerak spesifik Menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian luar. Gerak spesifik menahan bola dengan kaki bagian dalam. Gerak spesifik menahan bola dengan kaki bagian luar. Gerak sepsifik menahan bola dengan telapak kaki, dan Gerak spesifik menyundul bola.

Pada setiap gerak spesifik tersebut diatas, masing memiliki posisi awalan, gerakan dan gerakan akhir atau sentuhan akhir didalam melakukannya atau mempraktikkannya, berikut penjelasannya.1. Gerak spesifik mengumpan dan menendang dengan kaki bagian dalam

Tahap awal atau posisi awal, pemain berdiri menghadap arah gerakan, letakkan kaki tumpuh di samping bola dengan sikap lutut sedikit tertekuk atau direndahkan dan bahu menghadap gerakan; sikap kedua lengan pemain disamping badan agak terentang dengan pergelangan kaki yang akan digunakan mengumpan diputar keluar dan dikunci serta pandangan yang terpusat kepada bola. Gerakan pada teknik ini yaitu kaki yang akan digunakan untuk menendang bola ditarik kebelakang lalu diayunkan ke depan menuju arah bola yang langsung berkenaan atau mengenai pertengahan bola. Akhir dari gerakan ini yaitu pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah gerakan mengumpan dan kaki yang digunakan untuk mengumpan diletakkan di posisi depan serta pandangan yang juga melihat keposisi depan tepatnya pada target yang akan diberi umpan.

2. Gerak spesifik mengumpan dan menendang bola dengan kaki bagian luar.

Posisi awal yaitu berdiri mengahadap gerakan bola; kaki tumpuan diletakkan disamping bola dengan posisi lengan berada disamping badan sedikit terentang, pergeralangan kaki yang hendak digunakan untuk menendang diputar ke dalam dan dikunci serta pandangan terpusat pada posisi bola. Gerakan selanjudnya, kaki yang hendak menendang bola ditarik kebelakang lalu diayunkan kedepan menuju arah bola bersamaan dengan pergeralangan kaki diputar kedalam, tendang bola tepat ditengahnya. Akhir dari gerakan ini, kaki yang digunakan untuk menedang bola agak menyilang didepan badan, pindahkan berat badan kedepan dengan pandangan kearah gerakan bola.

3. Gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian dalam.

Posisi awal gerakan ini yaitu berdiri mengahdap arah gerakan dengan pandangan kedepan dan posisi lengan berada disamping badan agak terentang, pergeralangan kaki yang hendak digunakan untuk menggiring bola diputar keluar dan dikunci. Gerakannya adalah dengan mendorong bola menggunakan lengan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki sedikit dibuka atau direnggangkan kedepan bersamaan dengan kaki tumpu ikut bergerak, bola digiring ke depan tidak jauh dari dari kaki. akhir gerakan ini yaitu bola berguling diatas tanah, didepan badan dengan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan menggiring bola serta pandangan menghadap kedepan arah bola.

4. Gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian luar.

Posisi awal gerakan ini, yaitu berdiri menghadap arah gerakan, pandangan kedepan, posisi kedua lengan disamping badan dengn sedikit agak terentang, pergeralangan kaki yang hendak digunakan untuk menggiring diputar kedalam dan dikunci. Gerakan pada teknik ini, yaitu dorong bola dengan kaki bagian luar ke arah depan dengan posisi kaki sedikit terangkat dari tanah dan tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidka digunakan untuk menggiring bola, kaki tumpu bergeser bergerak maju kedepan sesuai arah bula. Akhir dari gerakan ini, yaitu bola bergulir di atas tanah, didepan badan dengan tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola serta pandangan ke depan arah bola, berat badan sedikit agak condong kedepan.

5. Gerak spesifik menahan bola dengan kaki bagian dalam.

Aktifitas Bola Besar Melalui Permainan Sepak Bola

ul> Posisi awalan geraka ini yaitu menghadap kepada arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah gerakan bola kemudian putar pergeralangan kaki ke arah luar yang hendak digunakan untuk menahan laju bola dan kunci. Gerakan utama teknik ini yaitu julurkan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola ke arah datangnya bola, dan pada saat bola mengenai kaki bagian dalam, tarik kembali kaki kebelakang mengikuti arah gerakan bola agar bola tidak terpental jauh saat ditahan. Akhir gerakan ini yaitu gerak bola tertahan dan berhenti didepan badan serta pandangan selanjudnya menghadap kedepan.

6. Gerak spesifik menahan bola dengan menggunakan kaki bagian luar.

Awal gerakan teknik ini yaitu posisi berdiri menghadap ke arah datangnya bola, lalu letakkan kaki tumpu disamping bola, posisi lengan berada disamping badan sedikit agak terentang, pergeralangan kaki yang digunakan menahan bola diputar kedalam dan dikunci serta pandangna tertuju pada arah datangnya bola. Gerak inti teknik ini yaitu julurkan kaki yang akan digunakan untuk menahan laju bola dan saat bola hendak menyentuh kaki bagian luar, tarik kaki kebelakang searah datangnya bola dan kaki tepan menahan pada pertengahan bola. akhir gerakan ini yaitu bawa berat bedan bersaan dengan kaki tumpuan, pandangan kedepan dan bola berhenti didepan badan.

7. Gerak spesifik menahan bola dengan menggunakan telapak kaki.

Awalan gerakan ini adalah berdiri menghadap arah datangnya bola, pandangan dipusatkan ke arah datangnya bola dengan posisi lengan berada disamping badan yang sedikit agak condong kedepan. Gerak inti teknik ini adalah pada saat bola datang, tahan dengan telapak kaki, dengan telapak kaki menghadap kedepan. Akhir gerakan ini yaitu posisikan kaki didepan badan dengan sedikit terangkat ke atas serta lutut agak ditekuk, tumpuan berat badan berada pada kaki lainnya.

8. Gerak spesifik menyundul bola.

Posisi awal yaitu dengan posisi kedua kaki direntangkan selebar bahu dan salah satu kaki berada sedikit didepan seperti saat melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk kebawah serta kedua lengan tangan diangkat kesamping dan siku atau lengan tangan sedikit ditekuk keatas, pandangan tertuju pada arah datangnya bola. Gerak ini teknik ini adalah lentingkan pinggang ke belakang dan keraskan otot leher serta berat badan bertumpu pada kaki bagian belakang, pandangan berada pada bola yang datang dan sundul dengan menggunakan dahi untuk menahan kecepatan bola, ayunkan kedua lengan kebelakang. Akhir gerakan dari teknik ini yaitu gerakan badan didorong kedepan, kedua lutut kaki diluruskan serta kedua tumit sedikit terangkat dari tanah diikuti dengan dengan dorongan badan kedepan untuk menambah kecepatan laju bola saat disundul dan pandangan tertuju pada arah gerak bola.

You might be interested:  Bagaimana Gerakan Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Bebas?

Demikian ulasan singkat tentang teknik permainan bola besar melalui sepak bola ini semoga bermanfaat dan terimakasih atas segala perhatiannya. Baca juga artikel yang berkaitan lainnya yang membahas tentang aktifitas bola besar melalui permainan bola voli. Sumber : KEMENDIKBUD RI-Jakarta_2017 Penulis: Roji dan Eva Yulianti : Gerak Spesifik Permainan Sepak Bola

Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak spesifik?

Bobo.id – Di sekolah kita akan mempelajari permainan bola voli dalam pelajaran olahraga atau penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Tentunya kita harus tahu apa saja gerak yang ada dalam permainan bola voli. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang gerak bermain bola voli.

  1. Mulai dari gerak dasar hingga gerak spesifik permainan bola voli.
  2. Yuk, simak! Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Lokomotor dalam Olahraga, dari Sepak Bola sampai Voli Gerak Dasar Permainan Bola Voli Berikut adalah beberapa gerak dasar permainan bola voli, yaitu: 1.
  3. Servis Servis adalah pukulan permulaan untuk memainkan bola voli, teman-teman.

Teknik servis terdiri dari servis bawah dan servis atas. – Servis Bawah Untuk melakukan servis bawah, pemain mengambil posisi kaki kiri lebih depan, lutut agak direndahkan di belakang garis. Kemudian tangan kiri memegang bola dengan lengan kanan diluruskan dan ditarik ke belakang.

  1. Bola dilambungkan kemudian dipukul dengan telapak tangan atau kepalan tangan.
  2. Baca Juga: Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Olahraga Bola Besar: Sepak Bola, Voli, dan Basket – Servis Atas Untuk servis atas, posisi awalnya sama dengan servis bawah.
  3. Emudian tangan kiri memegang bola.

Saat bola dilambungkan ke atas, kaki melompat ke atas dan tangan kanan memukul tengah bola. Pukulan bisa dilakukan dengan telapak tangan maupun kepalan tangan.2. Passing Setelah servis, pemain melakukan passing atau penerimaan bola dari servis lawan atau operan dari pemain lain dalam satu tim.

  1. Dalam bola voli, ada dua macam teknik passing, yaitu passing bawah dan passing atas.
  2. Passing Bawah Cara melakukan passing bawah adalah sikap setengah jongkok, lutut ditekuk, kedua tangan dirapatkan lurus.
  3. Saat ada bola datang, gerakan lengan ke atas condong ke depan.
  4. Baca Juga: Contoh Gerak Non Lokomotor pada Olahraga yang Menggunakan Bola, Mulai dari Voli sampai Tenis Meja – Passing Atas Posisi awal saat akan melakukan passing atas sama dengan passing bawah.

Namun posisi tangan mengarah ke atas dan telapak tangan terbuka. Saat ada bola datang, gerakan lengan ke atas condong ke depan.3. Smash Teknik smash atau spike merupakan pukulan keras untuk mengembalikan bola ke daerah lawan. Biasanya teknik smash dilakukan saat bola melambung di atas net, baik dari teman satu tim, maupun dari arah tim lawan.

Tujuan dari teknik smash adalah agar bola tidak bisa diraih oleh lawan.4. Block Teknik block atau bendungan merupakan teknik yang digunakan untuk membendung pertahanan lawan. Biasanya, block dilakukan di dekat net, teman-teman. Ini dilakukan agar smash yang dilakukan oleh lawan tidak menghasilkan poin.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Inilah Bedanya Voli Lapangan dan Voli Pantai Gerak Spesifik Permainan Bola Voli Selain gerak dasar, ada juga gerak spesifik dalam permainan bola voli. Apa itu gerak spesifik? Gerak spesifik adalah cara memainkan permainan olahraga dengan teknik tertentu dengan tujuan mendapatkan hasil yang optimal.

Ada empat gerak spesifik dalam permainan bola voli, yaitu passing bawah, passing atas, spike/smash, servis, dan bendungan. Passing Bawah Cara melakukan gerak spesifik passing bawah: – Buka kedua kaki selebar bahu dan lutut ditekuk – Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar – Lakukan gerakan mengayun kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu – Saat bola tersentuh kedua lengan kedua lutut diluruskan – Perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan Passing Atas Cara melakukan gerak spesifik passing Atas: – Buka kedua kaki selebar bahu dan lutut agak ditekuk.

– Letakkan kedua tangan di atas, tepatnya di depan dahi – Condongkan badan sedikit ke depan dengan pandangan ke arah bola datang – Renggangkan jari-jari kedua tangan – Perkenaan bola dilakukan dengan mengikuti gerakan bola dan dorong sampai bola melambung – Sesuaikan gerakan tangan dengan lemah atau kerasnya bola yang datang.

Baca Juga: Sepak Takraw, Permainan Anak Desa yang Jadi Salah Satu Cabang Olahraga Cara Latihan Gerak Spesifik P assing – Passing dari memantulkan bola ke lantai – Passing dengan melambungkan bola ke atas – Passing dengan berpasangan atau berkelompok – Passing dengan net secara berpasangan atau berkelompok – Passing dengan berlatih di lapangan kecil bersama kelompok (4 orang) Servis Bawah Cara melakukan gerak spesifik servis bawah: – Letakkan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang – Pegang bola di salah satu tangan – Lambungkan bola setinggi bahu – Di waktu yang bersamaan lengan kanan diayunkan ke belakang, kemudian pukul bola dengan tangan kanan – Perkenaan bola tepat pada tangan dan telapak tangan menghadap ke arah bola – Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan mengepal – Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan Baca Juga: Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Olahraga Bola Voli Servis Atas Cara melakukan gerak spesifik servis atas: – Berdiri dengan satu tangan memegang bola – Lambungkan bola – Rapatkan jari-jari di tangan untuk memukul – Arahkan pukulan bola agar bisa melewati net – Pukul bola dengan sekuat tenaga agar membentuk atau bergelombang Sumber: Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudaaan, 2017.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Rancangan Pementasan Teater?

(Penulis: Avisena Ashari, Sarah Nafisah) – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bagaimana cara melakukan gerak spesifik menggiring bola dengan kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola?

Menggiring bola dengan punggung kaki – Gerakag menggiring dapat dilakukan sebagai berikut:

Berdiri tegak sikap melangkah, dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Badan condong ke depan dan bersiap melangkah. Bola di depan kaki kanan Bola ditendang dengan punggung kaki kanan secara perlahan sehingga bola bergulir perlahan ke depan. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang hingga dapat mengontrol jalannya bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan gerak spesifik dalam permainan bola?

Gerakan Spesifik Permainan Sepak Bola (Sumber: Unsplash) Gerak spesifik permainan sepak bola merupakan teknik atau gerakan tertentu yang mesti dikuasai oleh para pemain sepak bola, Selain menguasai beberapa gerak dasar dalam permainan sepak bola, para pemain juga memahami dan menguasai gerakan spesifik permainan sepak bola.

Bagaimana cara melakukan gerak spesifik passing bawah?

adjar.id – Permainan bola voli merupakan permainan tim yang ditemukan pertama kali pada 1895 oleh William G Morgan. Permainan bola voli adalah permainan beregu yang membutuhkan kerja sama tim dengan jumlah orang dalam satu tim sebanyak enam orang. Nah, dalam permainan voli kita juga tidak sembarangan untuk bermain.

  • Ada beberapa gerak yang dilakukan dalam permainan bola voli ini, Adjarian.
  • Baca Juga: Aturan Permainan Tradisional Benteng-bentengan dan Gobak Sodor Gerakan permainan bola voli terbagi menjadi gerak dasar dan juga gerak spesifik.
  • Ali ini kita akan membahas mengenai gerak spesifik pada permaian bola voli yang merupakan materi pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) kelas 8 SMP bab 1.

Apa saja, sih, gerak spesifik pada permainan bola voli itu dan bagaimana cara melakukan gerak spesifik tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini! “Terdapat dua jenis gerak pada permainan bola voli, yang salah satunya adalah gerak spesifik.” Cara Melakukan Gerak Spesifik pada Permianan Bola Voli Gerak spesifik terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 1.

  1. Gerak Spesifik Passing Atas Cara melakukan gerakan ini yaitu: a.
  2. Pertama, buka kedua kaki selebar bahu dan merendahkan lutut, lalu posisi lengan di depan badan dan posisi kedua tepak tangan serta jari merenggang di atas muka.
  3. O iya posisi merenggang tangan dan jari tersebut seperti bentuk mangkuk.
  4. Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Permainan Tradisional yang Ada di Indonesia b.

Kita bisa memulai gerakan dengan mendorong lengan ke arah bola yang datang berbarengan dengan naiknya pinggul dan lutut serta mengangkat tumit. Kita bisa mengusahakan arah datangnya bola tepat berada di tengah atas wajah kita. Baiknya bola yang kita terima tepat mengenai ujung jari tangan.c.

Pada akhir gerakan, kita mengangkat tumit dari lantai, lalu pinggul dan lutut naik, serta pandangan mengikuti gerakan bola, lalu kedua lengan kita lurus. Nah, gerakan ini merupakan gerakan dasar dari suatu gerak mendorong. “Ada cara-cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan gerak spesifik passing atas agar bisa melakukannya dengan baik.” 2.

Gerak Spesifik Passing Bawah Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Tersebut freepik Contoh gerak spesifik passing bawah pada permainan voli. Cara melakukan gerakan ini yaitu: a. Kita bisa memulai dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan merenggangkan kedua lutut. Lalu, posisi kedua lengan tangan kita rapat dan lurus di depan badan hingga kedua jempol sejajar.

Selain itu, pandangan mata kita juga harus mengarah ke arah bola yang datang. Baca Juga: Arti Lambang pada Logo Olimpiade yang Berbentuk 5 Buah Lingkaran b. Kita bisa melakukan gerakan mendorong kedua lengan ke arah bola yang datang berbarengan dengan pinggul dan lutut yang naik, lalu sembari tumit diangkat dari lantai.

O iya, kita bisa mengusahakan bola yang datang tepat berada di tengah badan hingga bola mengenai pergelangan tangan kita.c. Gerakan akhir ini merupakan gerak yang sama dengan gerakan spesifik passing atas yang merupakan gerakan dasar dari suatu gerak mendorong.

“Pada gerak spesifik passing bawah dan atas perbedaan pada letak posisi lengan tangan kita.” 3. Gerak Spesifik Servis Atas Cara melakukan gerakan ini yaitu: a. Kita bisa memulai dengan posisi kedua kaki seperti sedang melangkah dan menumpu berat badan pada kedua kaki. Selain itu sikap badan dibuat condong ke depan dan memegang bola di depan badan.b.

Gerakan yang bisa kita lakukan yaitu dengan melambung bola ke atas dan sedikit ke belakang menggunagan tangan kiri, lalu lengkungkan badan ke belakang. Baca Juga: Contoh Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Besar Saat bola dipukul kita bisa merubah gerakan badan menjadi sedikit ke dapan sambil memukul bola menggunakan tangan kanan.c.

You might be interested:  Protes Masyarakat Terhadap Rancangan Peraturan Yang Dibuat Oleh Pemerintah?

Ita bisa mengakhiri gerakan ini dengan mengikuti gerak badan ke depan sambil melangkahkan kaki belakang ke arah depan. Nah, gerak ini adalah gerakan dasar dari suatu gerak memukul. Adjarian itu tadi cara melakukan gerak spesifikasi pada permainan bola voli yang merupakan materi pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) kelas 8 SMP bab 1.

Yuk, sekarang jawab pertanyaan berikut ini.

Pertanyaan
Bagaimana gerakan awal yang bisa kita lakukan saat ingin melakukan gerak spesifik passing bawah?
Petunjuk: Cek halaman 3.

Bagaimana cara melakukan gerak spesifik passing atas dalam permainan bola voli?

Page 3 –

  • Variasi dalam pembelajaran adalah melakukan satu gerak spesifik dengan berbagai cara, contoh :melakukan gerak spesifik passing atas di tempat, sambil bergerak maju mundur, dan bergerak menyamping, baik secara individu maupun berkelompok.
  • Berikut beberapa cara bentuk latihan passing atas
  • 1. Mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan dahi atas
  • Tahapan pelaksanaan:

a. Persiapan: berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu atau posisi melangkah salah satu kaki di depan, kedua tangan memegang bola di depan, kedua lutut dan pinggul direndahkan.b. Pelaksanaan: dorong bola dengan kedua tangan ke depan atas bersamaan kedua tumit, lutut dan pinggul naik.

  1. Setelah bola memantul dari lantai tangkap kembali bola dan lakukan pengulangan gerakan dari pertama.
  2. Tahap pertama lakukan di tempat, tahap ke dua berjalan maju, mundur, dan tahap tiga menyamping.2.
  3. Passing atas bola dipantul ke lantai terlebih dahulu a.
  4. Persiapan: berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu atau posisi melangkah salah satu kaki di depan, kedua tangan memegang bola di depan, kedua lutut dan pinggul direndahkan.b.

Pelaksanaan: pantulkan bola ke lantai di depan badan, setelah bola memantul ke atas rendahkan kedua lutut hingga posisi dahi di bawah bola. Saat bola sudah terpegang kedua tangan dorong bola dengan kedua tangan ke atas bersamaan kedua tumit, lutut, dan pinggul naik.

Sebutkan apa saja gerak spesifik?

Gerak spesifik aktivitas pembelajaran permainan sepak bola terdiri dari berbagai macam gerakan, antara lain: (1) Gerak spesifik menendang bola, (2) Gerak spesifik menahan bola (trapping), (3) Gerak spesifik menggiring bola (dribbling), (4) Gerak spesifik tipu, (5) Gerak spesifik menyundul bola (heading), (6) Gerak

Bagaimana cara melakukan gerakan spesifik mendarat dalam lompat jauh?

Jawaban yang benar adalah: 1. Kedua kaki diluruskan ke arah depan.2. Mendarat dengan menggunakan kedua tumit terlebih dahulu.3. Lutut kaki mengeper ketika melakukan pendaratan.4. Berat badan dibawa ke arah depan. Yuk simak pembahasan berikut. Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Sebutkan apa saja gerak spesifik pada permainan sepak bola?

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah: 1.Megoper Bola.2. Menghentikan Bola.3. Menyundul Bola.4. Mengumpan Bola.5. Menggiring Bola.6. Menjaga Gawang.7. Lemparan Ke Dalam. Berikut ini penjelasannya: 1. Mengoper Bola (Passing the Ball). Mengoper bola atau passing merupakan salah satu gerakan dasar dalam permainan sepak bola.2.

  • Menghentikan Bola (Controlling the Ball).
  • Gerak dasar dalam permainan sepak bola berikutnya adalah menghentikan bola atau controlling.3.
  • Menggiring Bola (Dribbling the Ball).
  • Gerak dasar dalam permainan sepak bola selanjutnya adalah menggiring bola atau dribbling.
  • Dribbling menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai karena teknik ini berguna untuk melakukan tendangan.4.

Menembak Bola (Shooting the Ball). Teknik dasar lainnya yang wajib dikuasai oleh pemain sepak bola adalah kemampuan menembak bola. Menembak bola atau shooting adalah salah satu unsur penting dalam permainan sepak bola.5. Menyundul Bola (Heading). Teknik menyundul biasanya digunakan ketika pemain tidak bisa menggapai bola yang tinggi.

Bagaimana gerakan dalam aktivitas gerak spesifik jalan cepat?

1. Gerakan Tangan – Gerak spesifik jalan cepat diawali dari gerakan tangan. Saat melaksanakan jalan cepat, posisikan siku ditekuk dengan sudut 80 hingga 90 derajat. Sama seperti sedang berlari, seluruh bagian tangan harus dekat dengan pinggul dan badan. Selalu rilekskan tubuh saat mengayunkan tangan.

Bagaimana cara melakukan teknik dasar menggiring bola dalam sepak bola *?

Menggiring bola dengan kaki bagian luar – Cara menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar, juga dibagi ke dalam empat taapan atau bagian gerak secara khusus. Tubuh seorang pemain hendaknya berada dalam posisi berdiri tegak, sekaligus mengarahkan pandangan menuju bola yang datang.

  1. Aki yang digunakan untuk menggiring bola diletakkan menghadap ke arah dalam, sementara kaki lain berada di samping bola.
  2. Baca juga: Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola Bola kemudian didorong menggunakan kaki bagian luar sambil berlari atau menyesuaikan kecepatan yang diinginkan ke salah satu wilayah lapangan.

Pemain bisa menghentikan laju bola dengan meletakkan satu telapak kaki di atas bola, ketika sedang menggiringnya. Kelebihan menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah bila menggunakan kaki kanan bisa mengecoh ke sebelah kiri lawan. Begitu juga dengan sebaliknya, jika menggunakan kaki kiri bisa mengecoh ke sebelah kanan lawan.

Sebutkan langkah langkah teknik dasar menahan bola dengan menggunakan paha?

bagaimana cara menghentikan bola dengan paha? – Brainly.co.id Menghentikan bola dengan pahaCara menghentikan bola dengan menggunakan paha adalah sebagai berikut.1) Pemain mengontrol dan mengamati bola yang melayang di udara.2) Pemain bergerak ke arah datangnya bola.3) Tempatkan tubuh di bawah datangnya bola dalam kondisi seimbang4) Angkat salah satu kaki yang akan digunakan, kemudian tekuk lutut hingga bidangdatar paha berada tepat di bawah lambungan bola.5) Dengan sedikit sentuhan, bola dihentikan dengan paha.6) Bola jatuh di antara kedua kakie.

panjang banget gak papa lah yang peting pede ya kan

: bagaimana cara menghentikan bola dengan paha? – Brainly.co.id