Bagaimana Cara Melakukan Gerak Senam Ketangkasan?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Senam Ketangkasan
Cara mudah melakukan senam ketangkasan dan senam irama | merdeka.com Merdeka.com – Pernahkah kamu mendengar tentang senam ketangkasan dan senam irama? Senam ketangkasan ini bisa dilakukan dengan alat dan dengan gerakan seperti berikut ini, yaitu:

Meloncat kangkang di atas kuda-kuda. Menggantung di palang bertingkat untuk mengayun, melenting, dan mendarat. Melakukan lenting kepala dan mendarat di matras. Melakukan guling ke depan. Meloncat ke atas peti. Melakukan guling lenting.

Sedangkan yang dimaksud dengan senam irama adalah sebuah perpaduan diantara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringi gerakan itu, misalnya dengan tepuk tangan, ketukan, nyanyian, musik, dan sebagainya. Orang yang sangat berpengaruh dalam aliran olahraga senam irama ini adalah seorang musikus yang bernama J.J Dalerose.

Senam irama yang asalnya dari sandiwara. Senam irama yang asalnya dari seni musik. Senam irama yang asalnya dari seni tari atau balet.

Untuk bisa melakukan gerakan senam irama dengan baik, pastinya kita harus tahu tentang gerakan-gerakan dasar senam irama. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang senam ketangkasan dengan alat dan senam irama. Sudah banyak atlet terkenal dari Indonesia dari cabang senam irama sendiri.

Bagaimana gerakan pada senam ketangkasan?

Senam ketangkasan tanpa alat bantu – Berikut merupakan jenis senam ketangkasan tanpa alat adalah:

  1. Sikap lilin Guling depan
  2. Guling belakang
  3. Guling lenting
  4. Handstand dan headstand
  5. Kayang Loncat harimau

Apa yang dimaksud dengan gerakan ketangkasan?

Jenis-Jenis Senam Ketangkasan – Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis senam ketangkasan yang dapat Anda ketahui. Roll depan adalah senam ketangkasan yang termasuk kelompok senam lantai yang mana bergerak secara dinamis. Gerakan senam ketangkasan ini adalah dengan menggulingkan badan ke depan hingga membentuk bulat seperti roda.

Langkah langkah melakukan senam ketangkasan Loncat kangkang?

Gerakan Lompat Kangkang – Gerakan lompat kangkang dimulai dengan berlari cepat ke arah boks senam. Pada langkah terakhir, lakukan tolakan dengan kedua kaki. Letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping. Awalan yang dimulai dengan lari cepat akan memberi tenaga dorong ke depan sehingga dapat loncat kangkang di atas peti.

  1. Lari beberapa langkah. Pada langkah terakhir, kaki menolak sehingga badan melenting ke depan.
  2. Kedua tangan lurus ke depan dan bertumpu pada peti lompat atau punggung teman.
  3. Pada saat bertumpu, kedua kaki mengangkang menyamping agar dapat melewati peti lompat atau badan teman.
  4. Ketika kaki di atas peti lompat atau badan teman, tolakkan tangan sehingga tubuh melenting ke depan. Kedua kaki merapat lurus ke depan lalu mendarat dalam posisi kaki merapat.

Apakah senam ketangkasan bisa di lakukan sendiri?

bisakah senam ketangkasan dilakukan sendiri Jawaban: Saat sudah benar melakukan senam ketangkasan maka sudah bisa melakukanya sendiri tanpa pelatih atau bantuan dari orang lain.

Jawaban: Tergantung kemampuan masing-masing. Penjelasan: Senam ketangkasan adalah senam yang pada prakteknya bisa menggunakan alat bantu atau tidak.Manfaat senam ketangkasan: – Kebugaran tubuh – Otot menjadi kencang – Menjadikan tubuh indah – Tubuh menjadi sehat Alat senam ketangkasan: – M a t r a s – L a n t a i – P a l a n g T u n g g a l – P a l a n g Sejajar – Gelang-Gelang dll, Kesimpulan :

Jika seseorang sudah mampu dan mahir dalam menguasai senam ketangkasan, maka dia dapat melakukan kegiatan tersebut sendiri. Tanpa pelatih. : bisakah senam ketangkasan dilakukan sendiri

Senam ketangkasan termasuk jenis senam apa?

Pengertian Senam Ketangkasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya – Ragam Bola.com Ilustrasi senam ketangkasan. (Photo by CATHY PHAM on Unsplash) Bola.com, Jakarta – Ada banyak jenis senam yang berguna untuk menjaga tubuh tetap bugar, satu di antaranya, merupakan senam yang dalam praktiknya bisa menggunakan alat bantu atau juga bisa tidak menggunakan alat.

  • Hal yang dinilai dari senam ketangksan adalah saat melakukan gerakan, ketepatan, keindahan serta keseimbangan saat sikap akhir.
  • Gerakan-gerakan yang terlibat dalam senam ketangkasan berkontribusi pada perkembangan kelompok lengan, kaki, bahu, punggung, dada, dan otot perut.
  • Senam ketangkasan bisa dilakukan dengan beberapa metode, misalnya metode palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, kuda pelana, dan gelang-gelang.
  • Setelah mengetahui sedikit pembahasan mengenai, kamu bisa menyimak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini, seperti dikutip dari laman Dosenpenjas dan Penjasorkes, Kamis (17/6/2021).
  1. 1. Manfaat senam ketangkasan
  2. Setelah memahami tentang pengertian senam ketangkasan, berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh, di antaranya:
  3. Kebugaran tubuh
You might be interested:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Rancangan Kerajinan?

Setelah melakukan senam ketangkasan akan terasa lebih bugar, makin segar, tidak lemah dan lesu, serta dalam penampilan pun akan menjadi bagus. Usahakan melakukan senam ketangkasan secara teratur dan rutin.

  • Otot menjadi lebih kencang
  • Dengan melakukan senam ketangkasan secara rutin dan teratur, akan membuat otot menjadi lebih kencang serta terbentuk.
  • Menjadikan tubuh lebih indah
  • Apabila sering melakukan senam ketangkasan, tubuh akan menjadi makin ideal, sebab banyak gerakan senam ketangkasan yang bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh.
  • Tubuh menjadi lebih sehat

Manfaat senam ketangkasan selanjutnya ialah membuat tubuh menjadi lebih sehat. Ketika berolaraga, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga daya tahan tubuh akan meningkat lebih tinggi. Melalukan senam ketangkasan secara rutin menjadi satu di antara solusi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Ilustrasi senam ketangkasan. (Photo by rishikesh yogpeeth on Unsplash)

  1. 2. Macam-macam senam ketangkasan
  2. Secara garis besar, senam ketangkasan dibagi menjadi dua macam, yaitu tanpa menggunakan alat dan dengan menggunaan alat.
  3. Senam ketangkasan tanpa alat
  4. Senam ketangkasan tanpa alat ialah senam yang dilakukan tanpa menggunakan alat bantu apa pun atau murni dilakukan oleh gerakan tubuh.
  5. Senam ketangkasan dengan alat

Jenis senam ketangkasan selanjutnya adalah senam yang dilakukan dengan menggunakan dukungan alat yang dipakai. Senam ketangkasan dengan alat, misalnya senam dengan menggunakan kuda-kuda lompat sebagai tumpuan. Meroda Meroda ialah gerakan tubuh seperti roda dengan menggulingkannya ke arah samping.

  • Posisikan tubuh berdiri tegak di atas matras dan buka kaki selebar bahu. Kemudian angkat tangan ke arah atas.
  • Langkah berikutnya, menempelkan atau meliukkan tangan kanan ke arah matras sehingga badan dapat ditumpu ke arah kanan samping.
  • Angkat kaki kiri bersama tangan kiri yang diletakan ke arah samping tangan kanan. Kemudian kaki diposisikan ke arah atas.
  • Langkah terakhir, angkat tangan kanan dan sentuhkan tangan kiri ke matras hingga tubuh berdiri tegak seperti semula.
  • Guling depan atau gerakan forward roll
  • Guling depan merupakan gerakan berguling dengan berurutan mulai tengkuk, punggung, pinggang, dan yang terakhir adalah panggul bagian belakang.
  • Tata cara dalam melakukan guling depan:
  • Posisikan tubuh awal dalam kondisi jongkok, kedua kaki dirapatkan dan posisikan tangan sejajar dengan bahu.
  • Setelah itu letakkan kedua telapak tangan pada matras yang ukurannya selebar dengan bahu.
  • Tekuk siku ke arah samping dan masukkan kepala di antara kedua tangan. Kemudian tengkuk ditempelkan pada matras. Lalu, gulingkan tubuh ke arah depan secara perlahan sehingga berat badan dapat didorong ke arah depan.
  • Langkah berikutnya, melipat kedua lutut, menarik dagu dan lurus ke arah dada, tangan di posisikan merangkul bagian lutut.
  • Langkah terakhir, memposisikan tubuh dalam keadaan jongkok, rapatkan kedua kaki dan atur keseimbangan tubuh supaya tidak roboh.
  1. Guling ke belakang atau gerakan back roll
  2. Guling ke belakang merupakan gerakan berurutan juga mulai pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir adalah kedua kaki.
  3. Tata cara dalam melakukan guling ke belakang:
  • Posisikan tubuh dalam keadaan jongkok membelakangi matras dan lengan diposisikan ke arah depan lurus.
  • Jatuhkan badan dengan cara dagu ditarik ke arah dada. Setelah itu lengan dibengkokkan dan telapak tangan diatur dalam posisi menuju atas. Ibu jari diletakkan dekat dengan telinga.
  • Tangan ditolakkan hingga lurus dengan pantat sehingga ketika badan digulingkan ke belakang, titik tertingginya dapat dilewati. Gunakan kaki untuk melakukan pendaratan dan lepaskan tangan dari matras. Fokuskan pandangan ke arah depan dan keseimbangan tubuh tetap dijaga.
You might be interested:  Denah Yang Menunjukkan Rancangan Rumah Disebut?

Ilustrasi senam ketangkasan. (Photo by Andre Ouellet on Unsplash) Lompat kangkang Gerakan lompat kangkang merupakan gerakan yang seperti meloncat melewati rintangan. Saat badan melayang di udara maka kuda-kuda tangan direntangkan. Luruskan kedua tungkai agar bisa melewati samping kanan dan kiri dari peti lompat.

  • Posisikan tubuh berdiri diikuti gerakan cepat berlari. Kemudian badan dicondongkan ke arah depan dan kedua kaki digunakan untuk menolak pada papan sekuat mungkin.
  • Kamu juga dapat melakukan gerakan mengayun ke arah depan dari bawah belakang. Lalu, badan diluruskan agar gerakan tungkai dapat terpisah.
  • Lakukan gerakan tolakan sekuat mungkin ketika tangan sudah menyentuh pangkal kuda. Dengan begitu sikap tubuh ketika melayang akan lurus di atas kuda kuda. Kemudian tangan direntangkan dan konsentrasi untuk mengarahkan pandangan tetap ke arah depan.
  • Ujung kaki digunakan untuk melakukan pendaratan yang mengeper dan rentangkan kedua tangan ke arah atas.

Lompat jongkok Lompat jongkok mempunyai manfaat yang sama dengan lompat kangkang. Perbedaannya, lompat kangkang hanya memodifikasi gerakan kaki dari posisi kangkang menjadi posisi jongkok. Tata cara dalam melakukan lompat jongkok:

  • Awali gerakan dengan berlari cepat. Condongkan badan ke depan. Lakukan tolakan pada kedua kaki ketika berada pada papan tolak kemudian ayunkan lengan ke atas. Gerakkan tangan menumpu pada pangkal kuda-kuda dan pandangan fokus ke depan dekat dengan kedua tangan.
  • Lakukanlah tolakan pada kedua tangan dengan kuat dan tekuk lutut ke arah dada. Luruskan bagian tungkai ketika posisi berada di ujung kuda-kuda.
  • Mendaratlah pada ujung kaki dan rentangkan kedua tangan ke atas.

Sumber: Dosenpenjas, Penjasorkes Berita Video Kemenangan Barcelona atas Elche di Turnamen Pramusim : Pengertian Senam Ketangkasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya – Ragam Bola.com

Senam ketangkasan disebut juga dengan senam apa?

Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat dinamakan senam lantai, sedangkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dinamakan senam alat.

Bagaimana cara melakukan gerak dominan senam ketangkasan berlari dan melompat?

Photo by Victor Freitas from Pexels Penjelasan lengkap gerak dominan dalam senam ketangkasan. Bobo.id – Pada salah satu materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas 5 SD kita mempelajari tentang senam ketangkasan. Senam ketangkasan merupakan rangkaian gerakan senam yang dilakukan baik menggunakan alat bantu maupun tidak menggunakan alat bantu.

Apakah kamu tahu gerak dominan apa saja yang digunakan dalam senam ketangkasan? Kalau belum, simak kunci jawabannya di sini, ya! Baca Juga: Gerak Dasar Renang Gaya Dada: Gerakan Meluncur, Gerakan Kaki, Gerakan Lengan, dan Pengambilan Napas Gerak Dominan Senam Ketangkasan 1. Berlari dan Melompat Melompat merupakan salah satu gerak dominan dalam senam ketangkasan.

Melompat dilakukan dengan tumpuan satu kaki. Saat melakukan gerak melompat, gerakan dilakukan dengan awalan, melompat, dan mendarat. Awalan gerak melompat bisa dilakukan dengan berlari. Lalu, dilanjutkan dengan gerak bertumpu menggunakan satu kaki. Kemudian, tolak tubuh ke atas dan diakhiri dengan gerak mendarat dengan kedua kaki.2.

Meloncat dan Menggantung Sikap menggantung termasuk posisi statis. Menggantung dilakukan dengan menempatkan bahu di bawah alat. Latihan menggantung meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot tangan. Teknik menggantung dilakukan dengan pegangan atas, dan pegangan bawah. Untuk berlatih menggantung, kita perlu menyiapkan tongkat sepanjang 50 cm.

Baca Juga: Gerakan Non Lokomotor dalam Senam Irama, Apa Saja Contohnya, ya? Cari Tahu Bersama, yuk! 3. Meloncat dan Mengayun Mengayun juga merupakan salah satu gerakan senam ketangkasan. Gerakan ini bisa melatih kekuatan dan kelenturan kita. Bagaimana cara mengayun? Keterampilan mengayun dibentuk dari kemampuan menggantung dan penguasaan teknik pegangan.

Cara melakukan gerak mengayun adalah sebagai berikut: – Ayunan dari gantungan meliputi ayunan panjang, ayunan meluncur, ayunan dengan posisi tubuh terbalik, dan ayunan melecut. – Ayunan dari tumpuan meliputi ayunan pada palang tunggal, misalnya ayunan tumpu depan dan ayunan pada palang sejajar.4. Berjalan Meniti Berjalan meniti merupakan teknik berjalan di atas bangku atau balok keseimbangan.

Selain bangku, kamu bisa meniti di atas balok keseimbangan. Balok keseimbangan merupakan peralatan senam berupa balok panjang mendatar dengan panjang sekitar 4 meter. Balok keseimbangan digunakan untuk memperagakan keseimbangan statis dan dinamis. Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Lokomotor dalam Olahraga, dari Sepak Bola sampai Voli 5.

  • Menekuk dan Mendarat Istilah mendarat merujuk pada tindakan bertumpu di atas matras atau tanah setelah melayang.
  • Gerakan mendarat dilakukan dengan kaki.
  • Esalahan mendarat bisa menyebabkan cedera.
  • Untuk menghindari cedera, berlatihlah gerakan mendarat dengan rajin, ya.
  • Langkah-langkah untuk melakukan gerakan mendarat: – Tekuk lutut hingga membentuk sudut kurang dari 90 derajat.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Duduk Selonjor Yang Benar?

– Gerakan mendarat dilakukan seperti orang yang ingin duduk di kursi. – Bagian kaki yang pertama kali mendarat ialah ujung telapak kaki, diikuti tumit dan persendian kaki, serta lutut dan punggung dibungkukkan. – Usahakan tumit tidak terangkat dari lantai saat mendarat. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Sebutkan 3 langkah kegiatan dalam olahraga senam?

Urutan gerakan dalam senam irama – Urutan gerakan dalam senam irama adalah pemanasan, dilanjutkan dengan gerakan inti, dan diakhiri dengan pendinginan.1. Pemanasan Pemanasan merupakan suatu aktivitas yang perlu dilakukan sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat.

  • Meningkatkan sirkulasi peredaran darah
  • Mengembangkan paru-paru
  • Meningkatkan detak jantung secara bertahap

Bentuk-bentuk pemanasan dalam senam irama meliputi:

  1. Gerakan menundukkan dan mengangkat kepala ke bawah dan ke atas
  2. Gerakan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri
  3. Urutan gerakan pada senam ritmik yaitu dimulai dari bagian kepala dan dilanjutkan dengan gerakan bagian bahu ke atas dan ke bawah
  4. Gerakan memutar bahu ke arah depan dan ke belakang

Setelah melakukan gerakan pemanasan pada senam irama maka dilanjutkan dengan gerakan inti. Baca juga: 5 Macam Alat dalam Senam Irama 2. Gerakan Inti Gerakan inti dalam senam irama merupakan gerakan-gerakan dasar yang wajib dimiliki oleh pesenam. Berangkat dari gerakan dasar inilah kemudian atlet senam irama bisa menciptakan koreografi nya sendiri.

  1. Gerak meluruskan persendian
  2. Gerak langkah kaki
  3. Ayunan lengan

Dok. Kemendikbud Ilustrasi sikap tegak langkah kiri dan sikap langkah kanan dalam senam irama. Sumber gambar: Tangkapan layar modul Semangat Irama Kehidupan, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket C Setara SMA/MA Kelas IX (2018). Dalam melakukan gerakan inti senam irama, pesenam harus bergerak sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring.

Apa yang dimaksud dengan gerak mengayun dari senam ketangkasan?

Apa yang dimaksud gerak dasar mengayun ? – Brainly.co.id Gerak mengayun adalah gerakan menggerakkan lengan ke depan dan kebelakang secara teratur. Gerakan mengayun adalah gerakan menggerakkan lengan kedepan dan kebelakang secara teratur : Apa yang dimaksud gerak dasar mengayun ? – Brainly.co.id

Sebutkan 3 langkah kegiatan dalam olahraga senam?

Urutan gerakan dalam senam irama – Urutan gerakan dalam senam irama adalah pemanasan, dilanjutkan dengan gerakan inti, dan diakhiri dengan pendinginan.1. Pemanasan Pemanasan merupakan suatu aktivitas yang perlu dilakukan sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat.

  • Meningkatkan sirkulasi peredaran darah
  • Mengembangkan paru-paru
  • Meningkatkan detak jantung secara bertahap

Bentuk-bentuk pemanasan dalam senam irama meliputi:

  1. Gerakan menundukkan dan mengangkat kepala ke bawah dan ke atas
  2. Gerakan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri
  3. Urutan gerakan pada senam ritmik yaitu dimulai dari bagian kepala dan dilanjutkan dengan gerakan bagian bahu ke atas dan ke bawah
  4. Gerakan memutar bahu ke arah depan dan ke belakang

Setelah melakukan gerakan pemanasan pada senam irama maka dilanjutkan dengan gerakan inti. Baca juga: 5 Macam Alat dalam Senam Irama 2. Gerakan Inti Gerakan inti dalam senam irama merupakan gerakan-gerakan dasar yang wajib dimiliki oleh pesenam. Berangkat dari gerakan dasar inilah kemudian atlet senam irama bisa menciptakan koreografi nya sendiri.

  1. Gerak meluruskan persendian
  2. Gerak langkah kaki
  3. Ayunan lengan

Dok. Kemendikbud Ilustrasi sikap tegak langkah kiri dan sikap langkah kanan dalam senam irama. Sumber gambar: Tangkapan layar modul Semangat Irama Kehidupan, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket C Setara SMA/MA Kelas IX (2018). Dalam melakukan gerakan inti senam irama, pesenam harus bergerak sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring.