Bagaimana Cara Melakukan Gerak Menangkap Bola?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Menangkap Bola
Teknik Gerakan Menangkap Bola dalam Rounders – Teknik dasar lain dalam permainan rounders adalah kecakapan menangkap bola. Kemampuan pemain menangkap bola ini akan menentukan keberhasilan regunya menjadi tim pemenang. Dari sudut datangnya bola, teknik menangkap bola dalam rounders terdiri dari tiga macam gerakan, yaitu gerakan menangkap bola melambung, gerakan menangkap bola mendatar, dan gerakan menangkap bola menyusur tanah.

Sikap badan dan posisi tangan tergantung dengan datangnya bola yang melambung. Menangkap bola dapat dilakukan dengan teknik tangan membentuk kantong. Pada saat bola masuk ke dalam kantong, jari-jari segera dikatupkan, serta lekas ditarik ke arah tubuh pemain.

2. Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Mendatar

Jika datang mendatar dan tepat di depan badan, bola bisa ditangkap seperti gerakan menangkap bola yang datangnya melambung. Apabila bola datang mendatar di samping kanan atau kiri badan, cara menangkapnya dengan menjulurkan lengan ke samping kanan atau kiri badan. Apabila sudah mahir, menangkap bola dapat dilakukan dengan satu tangan.

3. Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Menyusur Tanah

Untuk menangkap bola yang menyusur tanah, pemain memasang sikap membungkuk. Posisi kedua lutut ditekuk dan kedua lengan diarahkan lurus ke bawah. Dengan sikap duduk berlutut, pemain menangkap bola yang melayang ke arahnya.

Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya : Cara Melempar dan Menangkap Bola dalam Permainan Rounders

Bagaimana cara melakukan gerakan menangkap bola pada bola kasti?

Cara Menangkap Bola Kasti Melambung Pandangan lurus ke depan dengan posisi badan tegak dan kedua kaki terbuka. Posisi kedua tangan pada waktu menangkap bola berada di depan muka agak ke atas. Saat bola datang, segera ditangkap dengan kedua tangan.

Bagaimana cara melakukan permainan dengan memantulkan dan menangkap bola?

jelaskan langkah langkah permainan menangkap dan memantulkan bola basket​ Jawaban: 1.Tubuh dalam keadaan berdiri tegak dan 2.pandangan ke arah bola. Melompat apabila dibutuhkan untuk menggapai bola, arahkan telapak tangan terbuka ke arah bola.3.Gapai bola dengan kedua tangan terbuka.4.Lenturkan jari-jari kedua tangan ketika menangkap bola agar bola lebih mudah untuk dikendalikan.

makasih ya kak makasihhh banget. makasih ya kak makasihhh banget. jangan panggil aku kk panggil aku adik aja

: jelaskan langkah langkah permainan menangkap dan memantulkan bola basket​

Jelaskan apa yang dimaksud dengan menangkap bola?

Pengertian Menangkap dan Melempar dalam Permainan Bola Basket “Jika anda ingin bermain bola basket, ini yang harus diperhatikan.” Libero.id – Saat memainkan bola basket, ada dua teknik yang sering digunakan dalam permainan. Itu adalah teknik menangkap dan melempar.

  • Pertanyaannya, apa pengertian menangkap dan melempar dalam permainan bola basket ? Menurt pendapat Sumantri (2005: 89) menangkap adalah berupa gerakan tangan untuk menghentikan suatu benda yang menggulir di lantai dan benda yang ada di dekatnya.
  • Secara khusus dalam permainan bola basket, menangkap dapat diartikan sebagai gerakan untuk menghentikan bola menggunakan kedua tangan.
You might be interested:  Rancangan Gambar Suatu Objek Yang Masih Berupa Garis-Garis Disebut?

Bagaimana caranya? Posisi badan berdiri, kaki dibuka, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri sedangkan tangan kanan meng-cover bola sehingga bola tidak terjatuh atau tidak terlepas dan siap melempar bola.

Berikut ini cara menangkap bola pada permainan bola basket secara lebih spesifik: 1. Bola diterima dengan telapak tangan terbuka lebar dan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan yang rileks.2. Ketika bola telah berada di telapak tangan, rentangkan tangan selebar mungkin dan kemudian bola ditarik ke arah badan.

Sementara teknik melempar sendiri dalam permainan bola basket memiliki pengertian sebagai berikut: 1. Secara umum pengertian teknik melempar dalam permainan bola basket, yaitu sebuah gerakan melempar bola dengan menggunakan satu atau dua tangan. Biasanya, gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku atau lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.2.

Chest Pass adalah salah satu teknik melempar dalam permainan bola basket. Chest Pass adalah sebuah teknik melempar bola kepada rekan tim searah dada. Sementara melempar bola dengan kedua tangan dari atas kepala disebut Over head pass.3. Dalam melempar bola, dikenal juga istilah Bounce Pass, yaitu jenis passing yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai yang bertujuan untuk mengumpan bola agar terhindar dari hadangan lawan.

Cara Melempar Bola Softball Tinggi Arahkan pandangan ke sasaran lempar. Tangan kanan memegang bola dan tangan kiri mendukungnya. Gerak melempar bersamaan dengan langkah kaki kiri ke depan, lentingkan badan ke belakang tangan, lalu lemparan diluruskan ke belakang bawah lurus dan bola diarahkan ke sasaran.

Dalam permainan bola basket mini terdapat lima cara melempar bola, beberapa diantaranya sebagai berikut: Chest pass, yaitu melempar bola dengan kedua tangan di depan dada atau melempar bola searah dada. Berikut Penjelasan Cara Melakukannya Posisi badan berdiri, kaki dibuka, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada.

Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri sedangkan tangan kanan meng-cover bola sehingga bola tidak terjatuh atau tidak terlepas dan siap melempar bola. Pegang bola dengan salah satu tangan. Tangan yang tidak membawa bola harus sejajar dengan bahu.

Bola dilempar dengan mengayunkan tangan sekuat mungkin ke arah depan. Pada saat yang bersamaan langkahkan kaki kanan ke depan. Ketika bola datang posisi glove ada di depan atas kepala, pandangan tetap pada bola. Pastikan bola diterima pada sarung glove. Setelah bola masuk atau tertangkap, tariklah lengan dan glove ke arah badan untuk meredam bola, kemudian tutuplah dengan tangan yang lain agar bola tidak terlepas.

Selamat mencoba! (atmaja wijaya/anda) : Pengertian Menangkap dan Melempar dalam Permainan Bola Basket

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerak Round Off Dalam Senam Lantai?

Bagaimana sikap kita saat menangkap bola?

Posisi Badan Saat Menangkap Bola Tinggi – Kemampuan menangkap bola yang baik harus dimiliki oleh setiap pemain softball, khususnya pemain dari tim penjaga. Bagaimana Cara Melakukan Gerak Menangkap Bola kemdikbud Ilustrasi taktik dan strategi dalam permainan softball Baca juga: Langkah-langkah Pitching dalam Permainan Softball Berikut adalah posisi badan yang benar pada saat menangkap bola tinggi atau melambung dalam permainan softball.1, Sikap awal badan menghadap arah datangnya bola.2,

  1. Bukalah kedua kaki selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.3,
  2. Etika badan sudah menghadap ke arah datangnya bola, condongkanlah badan ke depan.4,
  3. Posisikanlah kedua telapak tangan ke arah datangnya bola.
  4. Sikap kedua telapak tangan membentuk mangkuk.5,
  5. Etika menangkap bola tinggi, usahakanlah bola masuk di antara kedua telapak tangan, kemudian tutuplah dengan jari-jari, lalu tariklah ke bawah untuk meredam kecepatan bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara menangkap bola dengan baik dan benar dalam permainan bola basket?

Cara Menangkap Bola Basket dari Atas –

Posisikan tubuh berdiri tegak. Pandangan mata fokus ke depan. Posisikan jari-jemari tangan terbuka ke atas. Posisikan tangan terbuka agak lebar di atas kepala. Rilekskan tangan sebelum menangkap bola.

Langkah pertama dalam memantulkan dan menangkap bola adalah?

Bagaimana langkah-langkah memantulkan bola – Brainly.co.id Berikut adalah cara memantulkan bola.

  1. Awalan dilakukan dengan memegang bola menggunakan kedua tangan.
  2. Kemudian jatuhkan bola ke lantai. Ketika bola memantul, dorong kembali bola ke lantai bola dengan salah satu tangan. Pastikan mendorong bola dengan telapak tangan.
  3. Untuk menguasai pantulan bola, gerakkan seluruh lengan mengikuti pantulan bola.
  4. Ketika bola sudah dikausai, bawa bola ke segara arah sambal dipantulkan terus.

Bagaimana akhir gerak dasar menangkap bola?

Menangkap bola basket dengan mudah, gimana ya caranya? | merdeka.com Merdeka.com – Tahukah kamu, olahraga seperti apa basket itu? Bola basket adalah olahraga dan permainan berkelompok yang terdiri atas 2 tim beranggotakan masing-masing 5 tim orang yang saling bertanding dalam mencetak skor atau poin dengan memasukkan bola melewati keranjang lawan.

  • Bola basket banyak disukai orang di seluruh dunia.
  • Salah satu tokoh pemain bola basket yang terkenal adalah,
  • Permainan bola basket sebenarnya membutuhkan 4 keterampilan yang harus dikuasai, yaitu melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola ke ring.
  • Ali ini, Kelas Merdeka bakal bahas tentang gerak dasar melempar dan menangkap, terutama teknik dasar menangkap bola.a.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Lari Di Air?

Persiapan awal Cara menangkap bola sangat bermacam-macam. Pada persiapan untuk melakukan teknik dasarnya, berdirilah dengan sikap melangkah menghadap arah datangnya bola. Kedua dijulurkan ke depan menyongsong arah datangnya bola dengan sikap telapak tangan menghadap arah datangnya bola.

b. Gerakan intiSetelah bola menyentuh telapak tangan, tariklah kaki depan ke belakang, sikut lengan ditekuk hingga bola ditarik mendekati dada/badan.b. Gerakan akhir

Pada gerakan akhir, badan agak condong ke depan. Berat badan bertumpu pada kaki belakang. Sementara itu, posisi bola dipegang di depan badan. Nah, itulah sekilas langkah-langkah untuk melakukan teknik dasar menangkap bola. Setelah bola ditangkap, kamu nggak boleh terlalu lama memegangnya, harus segera di- dribble atau dilemparkan pada teman.

Bagaimana sikap kita saat menangkap bola?

Pembahasan – Permainan softball adalah salah satu olahraga bola kecil yang dimainkan secara beregu. Dalam setiap pertandingan, terdapat dua regu yang saling berhadapan yang dibagi menjadi regu penjaga dan regu pemukul. Dalam permainan softball, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar pemain dapet bermain permanan softball dengan baik dan benar.

  • Salah satu teknik dasar dalam permainan softball adalah teknik menangkap bola.
  • Teknik menangkap bola adalah gerakan gerakan menangpak laju bola dengan menggunakan salah satu tangan.
  • Dalam permainan rounders, terdapat beberapa jenis teknk menangkap bola sesaui arah datangnya bola.
  • Salah satunya adalah teknik menangkap bola bawah.

Cara melakukan teknik menangkap bola bawah adalah.

  1. Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri menghadap bola dengan salah satu kaki di depan dan belakang.
  2. Posisi kedua tangan lebih rendah dari lutut.
  3. Ketika bola datang, tekuk kedua lutut kaki dan turunkan lutut kaki belakang hingga hampir menyentuh tanah.
  4. Posisikan tangan yang akan digunakan untuk menangkap bola diantara kedua kaki.
  5. Ketika bola menyentuh tangan, tarik tangan ke belakang agar bola tidak memantul keluar.
  6. Stelah bola dikuasai, kembali ke sikap berdiri dan lempar bola ke arah yang diinginkan.

Langkah pertama dalam memantulkan dan menangkap bola adalah?

Bagaimana langkah-langkah memantulkan bola Berikut adalah cara memantulkan bola.

  1. Awalan dilakukan dengan memegang bola menggunakan kedua tangan.
  2. Kemudian jatuhkan bola ke lantai. Ketika bola memantul, dorong kembali bola ke lantai bola dengan salah satu tangan. Pastikan mendorong bola dengan telapak tangan.
  3. Untuk menguasai pantulan bola, gerakkan seluruh lengan mengikuti pantulan bola.
  4. Ketika bola sudah dikausai, bawa bola ke segara arah sambal dipantulkan terus.