Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki?

Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki
Sebutkan tiga tokoh yang mengusulkan dasar negara dalam Sidang BPUKI? Kelas: VIMata pelajaran: PPKNMateri: Perumusan Dasar NegaraKata kunci: BPUPKI, Soekarno, Soepomo, Muhammad YaminSaya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:Jawaban pendek:Tiga tokoh yang mengusulkan dasar negara dalam Sidang BPUKI Soekarno, Soepomo, Muhammad Yamin.Jawaban panjang:Dasar negara Indonesia, Pancasila, pertama kali dirumuskaan pada sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung antara tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945.

BPUPKI disusun sebagai badan yang merencanakan kemerdekaan Indonesia dan merancang bentuk negara nantinya, termasuk dasar negara.Yang pertama kali mengemukakan pendapatnya dalam sidang BPUPKI ini adalah Soepomo, seorang aktivis kemerdekaan dari Jong Java. Dalam usulnya pada 29 Mei 1945 ini Soepomo mengusulkan dasar negara berupa:1)Persatuan;2)Kekeluargaan;3)Keseimbangan lahir batin;4)Musyawarah; dan5)Keadilan rakyat.Berikutnya adalah Muhammad Yamin, aktivis kemerdekaan dari Sumatera.

Dalam usulannya yang disampaikan pada 31 Mei 1945, Yamin mengusulkan dasar negara berupa:1)Peri Kebangsaan;2)Peri Kemanusiaan;3)Peri Ketuhanan;4)Peri Kerakyatan; dan5)Kesejahteraan Rakyat.Kemudian usul ketiga yang disampaikan pada hari terakhir sidang pertama BPUPKI adalah usul dari Ir Soekarno, pemimpin Partai Nasional Indonesia yang kemudian menjadi presiden pertama setelah kemerdekaan Indonesia.

  • Usul Soekarno tersebut adalah:1) Nasionalisme atau Kebangsaan Indonesia;2)Internasionalisme atau Perikemanusiaan;3) Mufakat atau Demokrasi;4)Kesejahteraan sosial; dan5) Ketuhanan yang berkebudayaan.Setelah sidang pertama usai, BPUPKI memasuki masa reses.
  • Pada masa ini dibentuklah kelompok kecil perumus dasar negara yang disebut Panitia Sembilan.

Yang terdiri atas:1. Sukarno2. Mohammad Hatta3.A.A. Maramis 4. Abikoesno Tjokrosoejoso5. Abdoel Kahar Moezakir6. Agus Salim 7. Achmad Soebardjo8. Wahid Hasjim9. Mohammad Yamin Rumusan dari Panitia Sembilan ini menjadi bentuk Pancasila yang sekarang menjadi dasar negara, dan juga menyusun Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

MANTAP KAK LENGKAP JAWABANNYA

: Sebutkan tiga tokoh yang mengusulkan dasar negara dalam Sidang BPUKI?

Siapa saja nama tokoh yang mengusulkan usulan dasar negara pada sidang pertama BPUPKI?

tokoh yang mengusulkan dasar negara kls 7

Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki wikipedia Siapa saja anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara? Intisari-Online.com – Sebutkan siapa saja anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara ? Berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia, pertanyaan siapa saja anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara sangatlah penting.

Sebab dari situlah rumusan dasar negara Indonesia muncul. Memang siapa saja anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara ? BPUPKI merupakan kepanjangan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ini adalah organisasi penting dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI dibentuk oleh Jepang pada tanggal 29 April 1945.

Dan selama itu, mereka sudah melakukan dua kali sidang. Dalam sidang pertama BPUPKI, anggota BPUPKI membahas tentang rumusan dasar negara. Nah, dalam sidang itu juga, ada 3 anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara. Mereka adalah Mohammad Yamin, Dr.

  1. Soepomo, dan Ir. Soekarno.
  2. Berikut ini rumusan dasar negara ketiganya: Rumusan dasar negara Mohammad Yamin sebagai berikut: 1.
  3. Peri Kebangsaan 2.
  4. Peri Kemanusiaan 3.
  5. Peri Ketuhanan 4.
  6. Peri Kerakyatan 5.
  7. Esejahteraan sosial.
  8. Rumusan dasar negara Dr.
  9. Soepomo sebagai berikut: 1.
  10. Persatuan 2.
  11. Ekeluargaan 3.
  12. Eseimbangan lahir dan batin 4.

Musyarakat 5. Keadilan rakyat Rumusan dasar negara Ir. Soekarno: sebagai berikut: 1. Kebangsaan Indonesia 2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan 3. Mufakat atau demokrasi 4. Kesejahteraan sosial 5. Ketuhanan yang berkebudayaan Dari ketiga usulan rumusan dasar negara di atas, rumusan dasar negara milik Soekarno-lah yang pilih.

Kapan lahirnya Pancasila dan sebutkan tokoh yang mengusulkan dasar negara?

Usulan Soekarno –

  • Pada 29 April 1945, Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dengan tujuan membantu Indonesia mempersiapkan kemerdekaan.
  • Setelah dibentuk, BPUPKI menggelar sidang pertama pada 29 Mei-1 Juni 1945 di Gedung Cuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila) di Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat.
  • Sidang pertama BPUPKI membahas mengenai dasar negara Indonesia.

Dengan dipimpin oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat sebagai ketua BPUPKI, sidang pertama dimulai pada 29 Mei 1945.

  1. Selama tiga hari sidang dilaksanakan, ada 39 tokoh BPUPKI yang berpidato menyampaikan gagasan rumusan dasar negara merdeka.
  2. Namun, dari semua tokoh tersebut, hanya Soekarno secara khusus menyampaikan tentang pandangan tentang rumusan dasar negara pada 1 Juni 1945.
  3. Dalam pidato tersebut, Soekarno mengusulkan dasar negara yang terdiri atas lima prinsip, yaitu:
  • Kebangsaan Indonesia
  • Barang Internasional
  • Mufakat
  • Kesejahteraan Sosial
  • Ketuhanan yang Maha Esa
  • Selain itu, Soekarno juga mengusulkan tiga dasar negara yang bernama Ekasila, Trisila, dan Pancasila.
  • Dari ketiga usulan Soekarno tersebut, kemudian diputuskan bahwa Pancasila yang menjadi rumusan dasar negara Indonesia.
  • Baca juga:
You might be interested:  Rancangan Dasar Negara Yang Dirancang Bpupki Disahkan Pada Tanggal?

Siapa tokoh pendiri negara yang mengusulkan dasar negara?

Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki Kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan perjalanan dan perjuangan panjang yang harus dihargai dan disyukuri. GridKids.id – Kids, tahukah kamu siapa saja anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara? Indonesia memiliki dasar negara yang melandasi berdirinya sebagai negara yang merdeka.

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila, yang terdiri dari 5 butir nilai sebagai panduan berbangsa dan bernegara. Proses perumusan dasar negara Indonesia dilakukan pada momentum sidang pertama Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diselenggarakan pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945.

Sidang BPUPKI pertama diketuai oleh Dr.K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. Baca Juga: Tugas BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) Pada sidang pertama BPUPKI tersebut, ada beberapa tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara. Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki ikpni.or.id Tiga tokoh anggota BPUPKI yang mengusulkan dasar negara Indonesia. Dari kiri ke kanan: Mr. Mohammad Yamin, Dr. Soepomo, Ir. Soekarno.1. Mohammad Yamin Tokoh pertama yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia adalah Mohammad Yamin. Ia mengusulkan rumusan dasar negara pada sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei 1945 secara lisan melalui pidatonya.

  1. Berikut adalah butir-butir rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Mohammad Yamin: 1.
  2. Peri Kebangsaan 2.
  3. Peri Kemanusiaan 3.
  4. Peri Ketuhanan Baca Juga: Bagaimana Sikap yang Sesuai dengan Pancasila Sila ke-1 di Sekolah, Kelas 4 SD 4.
  5. Peri Kerakyatan 5.
  6. Esejahteraan sosial.
  7. Setelahnya Mohammad Yamin juga menyerahkan konsep tertulis rumusan dasar negara kepada ketua sidang, yang berisikan 5 poin yang dikembangkan dari butir-butir pidatonya, yaitu: 1.

Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kebangsaan Persatuan Indonesia 3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab Baca Juga: Bagaimana Sikap yang Sesuai dengan Pancasila Sila ke-2 di Sekolah, Kelas 4 SD 4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyarawatan/perwakilan.5.

  1. Eadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.2. Dr.
  2. Soepomo Tokoh kedua yang mengusulkan dasar negara dalam pidatonya pada 31 Mei 1945 adalah Dr. Soepomo.
  3. Berikut adalah dasar negara Indonesia merdeka, yaitu: 1.
  4. Persatuan 2.
  5. Ekeluargaan 3.
  6. Eseimbangan lahir dan batin Baca Juga: Hasil Sidang BPUPKI dan Pembahasannya untuk Kemerdekaan Indonesia 4.

Musyarakat 5. Keadilan rakyat 3. Ir. Soekarno Usulan ketiga datang dari sosok proklamator Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Pada pidatonya di tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno mengusulkan tentang dasar negara dalam bentuk fundamen, filsafat, jiwa, hasrat, dan pikiran yang berasal dari kedalaman hati nurani.

  • Soekarno mengusulkan Pancasila sebagai dasar negara, ini pulalah yang mengawali cikal bakal Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.
  • Baca Juga: Bagaimana Rumusan Pancasila dalam Naskah Piagam Jakarta, Kelas 7 SMP Rumusan dasar negara yang diusulkan Soekarno adalah: 1.
  • Ebangsaan Indonesia 2.

Internasionalisme atau peri kemanusiaan 3. Mufakat atau demokrasi 4. Kesejahteraan sosial 5. Ketuhanan yang berkebudayaan Itulah tadi tiga tokoh anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia. Ketiganya merupakan negarawan yang menaruh perhatian terhadap kondisi dan nasib bangsa Indonesia.

Baca Juga: Apa Itu Pahlawan Nasional dan Bagaimana Caranya Bisa Terpilih? Kita harus banyak bersyukur dan mendoakan para pahlawan yang sudah berpulang mendahului kita, ya. Tanpa jasa mereka, kita enggak mungkin bisa menghirup kemerdekaan seperti hari ini. – Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu.

Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Siapa yang mengusulkan rancangan dasar negara Indonesia pada sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945?

Anggota BPUPKI yang Mengusulkan Rumusan Dasar Negara RI – Para anggota BPUPKI yang dilantik tanggal 28 Mei 1945 berjumlah 69 orang, yang terdiri atas 62 tokoh Indonesia dan 7 perwakilan dari Jepang. Posisi ketua BPUPKI dipegang oleh Dr.K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, dengan dua orang wakil ketua, yakni R.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerak Dalam Permainan Lompat Tongkat?

Panji Soeroso dan Ichibangase Yosio dari Jepang. BPUPKI mengadakan sidang resmi pertamanya pada 29 Mei – 1 Juni 1945. Sidang pertama itu membahas tentang dasar negara Indonesia Merdeka. Dalam sidang tersebut terdapat beberapa tokoh Indonesia anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut detail penjelasannya.1. Mohammad Yamin Tokoh pertama yang mengusulkan rancangan dasar negara Indonesia pada sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945 adalah Muhammad Yamin (Moh Yamin). Dalam sidang tersebut, Yamin menyampaikan bahwa dasar negara Indonesia hendaknya bersumber dari perabadan kebangsaan dan budaya Indonesia sendiri.

Peri Kebangsaan Peri Kemanusiaan Peri Ketuhanan Peri Kerakyatan Kesejahteraan Sosial.

Sementara itu, usulan tertulis rumusan dasar negara dari Yamin sedikit berbeda dengan versi lisannya. Perbedaan itu terletak pada urutan isi dan pengembangan dari butir-butir usulan lisan, sebagai berikut:

Ketuhanan Yang Maha Esa Kebangsaan persatuan indonesia Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarahan/perwakilan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Dr. Soepomo Dr. Soepomo menyampaikan usulan 5 butir rumusan dasar negara Indonesia merdeka dalam pidatonya pada 31 Mei 1945 dalam sidang BPUPKI. Melalui pidatonya tersebut, Dr. Soepomo menegaskan bahwa negara Indonesia merdeka adalah negara yang mempersatukan segala lapisan masyarakat, tanpa memandang golongan dan perorangan tertentu.

Persatuan Kekeluargaan Keseimbangan lahir dan batin Musyawarah Keadilan rakyat.

3. Ir. Soekarno Pada hari ke-3 sidang pertama BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pidatonya yang memuat usulan lima pokok rumusan dasar negara, sebagai berikut:

Kebangsaan Indonesia Internasionalisme atau Peri kemanusiaan Mufakat atau Demokrasi Kesejahteraan Sosial Ketuhanan yang berkebudayaan.

Tokoh yang kemudian menjadi presiden pertama RI tersebut juga mengusulkan 5 dasar negara Indonesia yang ia sebut dengan istilah Pancasila. Panca adalah lima dan Sila yang bermakna asas/dasar. Secara sederhana Pancasila dapat diartikan sebagai lima asas atau dasar negara Indonesia.4.

Ir. Soekarno Ki BagoesHadikoesoemo Kyai Haji WachidHasjim Mr. Muhammad Yamin Sutardjo Kartohadikoesoemo A.A Maramis Otto Iskandardinata Drs. Mohammad Hatta.

Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya : Siapa Sajakah Anggota BPUPKI yang Mengusulkan Rumusan Dasar Negara?

Siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara?

Siapa Saja Tokoh yang Mengusulkan Rumusan Dasar Negara? Ini Penjelasannya Jakarta – Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI mengadakan sidang pertama untuk membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia Merdeka. Sidang BPUPKI pertama berlangsung tanggal 29 Mei-1 Juni 1945.

Siapa saja tokoh yang mengusulkan Ada tiga tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia merdeka pada saat sidang BPUPKI pertama, seperti dikutip dari Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMP/MTs Kelas 7 oleh Sri Nurhayati, S.Pd., dan Iwan Muharji, S.Pd., M.Pd. Tiga tokoh yang memberi usulan rumusan dasar negara itu adalah Muhammad Yamin, Mr.

Soepomo, dan Ir. Soekarno. Ketiganya adalah tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara secara lisan maupun tulisan. pertama yaitu Muhammad Yamin yang dikenal juga dengan penulisan Moh Yamin. Muhammad Yamin mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia pada sidang hari pertama BPUPKI tanggal 29 Mei 1945.

  • 1. Peri Kebangsaan
  • 2. Peri Kemanusiaan
  • 3. Peri Ketuhanan
  • 4. Peri Kerakyatan
  • 5. Kesejahteraan Rakyat

Rumusan dasar negara tersebut lalu disampaikan Muhammad Yamin secara tertulis kepada ketua sidang BPUPKI. Usulan tertulis rumusan dasar negara Muhammad Yamin berbeda dengan yang ia sampaikan secara lisan.

Apa yang dimaksud dengan sidang dasar negara?

3+ Anggota BPUPKI Mengusulkan Rumusan Dasar Negara Siapa saja anggota yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia? Dasar negara Republik Indonesia dirumuskan dalam persidangan BPUPKI, tepatnya pada saat persidangan pertama yang berlangsung mulai tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945.

Agenda dalam sidang tersebut adalah pembahasan tentang dasar negara yang akan digunakan oleh Indonesia pada saat merdeka nantinya. Para tokoh mulai mengajukan usulan rumusan dasar falsafah negara Indonesia kepada peserta sidang. Tiga tokoh yang paling diingat sejarah terkait usulan dasar negara dalam sidang tersebut adalah Prof.

You might be interested:  Profesi Yang Pekerjaannya Membuat Rancangan Bangunan Disebut?

Mr. Mohammad Yamin, S.H, Prof. Dr. Mr. Soepomo, S.H, dan Ir. Soekarno. Baca Juga:

Nah, tiga tokoh pengusul dasar negara itulah yang akan kita bahas dalam materi kali ini. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah seputar anggota BPUPKI yang mengusulkan rumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI. Yuk, berikut ini pembahasannya. Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki Ada tiga tokoh anggota BPUPKI yang usulannya tentang dasar negara paling diingat dalam catatan sejarah Indonesia. Tokoh tersebut antara lain, sebagai berikut: Tokoh pertama yang mengusulkan rumusan dasar negara Indonesia adalah Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H.

  1. Gagasannya tentang dasar negara disampaikan pada tanggal 29 Mei 1945.
  2. Beliau berpendapat, ada tiga usaha yang wajib dilakukan oleh BPUPKI untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, yaitu; mengumpulkan segala bahan untuk pembentukan negara, membentuk rancangan undang-undang dasar negara, dan menjalankan isi hukum dasar negara.

Kemudian, beliau melanjutkan gagasannya tersebut dengan mengemukakan pemikirannya tentang dasar negara yang berjudul “Lima Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia”. Lima dasar negara hasil pemikiran Mohammad Yamin tersebut adalah:

  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ke-Tuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan Rakyat

Selain berpidato menyampaikan gagasannya tentang dasar negara, Mohammad Yamin kemudian menyodorkan usulan tertulis yang berisi rancangan Undang-Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia. Tercantum pula dalam racangan itu rumusan lima asas dasar negara sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kebangsaan persatuan Indonesia
  3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dua hari berselang setelah usulan Moh. Yamin, anggota BPUPKI selanjutnya yang mengusulkan rumusan dasar negara adalah Mr. Soepomo. Mr. Soepomo mendapat giliran berpidato pada tanggal 31 Mei 1945. Menurut Soepomo, gagasan dasar negara Indonesia merdeka adalah

  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan lahir dan batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan Rakyat

Dalam rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Soepomo tersebut, tersirat syarat-syarat mutlak pembentukan sebuah negara, yaitu wilayah, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat menurut hukum internasional. Menurut Soepomo, jika ingin mendirikan sebuah negara, seluruh komponen dalam negara itu harus bersatu.

  1. Pemimpin dan rakyatnya harus bersatu.
  2. Rakyat harus bersatu jiwa dengan pemimpinnya.
  3. Persatuan tersebut bisa diwakili oleh sebuah badan permusyawaratan.
  4. Oleh karena itu, kepala negara harus bekerja sama dengan badan permusyawaratan rakyat.
  5. Anggota BPUPKI selanjutnya yang mengusulkan rumusan dasar negara adalah Ir.

Soekarno. Dalam sidang BPUPKI, beliau mendapat giliran pidato pada tanggal 1 Juni 1945. Lima dasar negara yang diusulkan oleh Ir. Soekarno itu kemudian dikenal dengan Pancasila. Seluruh anggota sidang kemudian menerima usulan Soekarno secara bulat dan utuh.

  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasional atau Peri Kemanusiaan
  3. Mufakat atau Demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan Yang Maha Esa

Setelah mengusulkan lima gagasan dasar negara Indonesia, Ir. Soekarno juga menyampaikan bahwa kelima sila tersebut dapat diringkas menjadi Tri Sila yang rumusannya sebagai berikut:

  1. Sosio Nasionalisme, yaitu Nasionalisme dan Internasionalisme
  2. Sosio Demokrasi, yaitu Demokrasi dengan Kesejahteraan Rakyat, dan
  3. Ketuhanan Yang Maha Esa

Menurut Soekarno, Tri Sila ini juga bisa diringkas lebih lanjut menjadi satu sila atau Eka Sila yang intinya adalah “gotong royong”. Demikianlah penjelasan tentang, Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.3+ Anggota BPUPKI Mengusulkan Rumusan Dasar Negara 2019-08-03T05:04:00-07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana : 3+ Anggota BPUPKI Mengusulkan Rumusan Dasar Negara

Apa yang terjadi setelah sidang pertama BPUPKI?

Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki Perbesar Presiden Sukarno saat Sidang BPUPKI (Foto: belajar.kemendikbud.go.id) Dalam merumuskan dasar negara, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI ) menyelenggarakan sidang pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Sidang tersebut membahas dasar negara yang akan dibuat dengan menghadirkan sejumlah tokoh nasional. Sebutkan Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Dalam Sidang Pertama Bpupki Perbesar Suasana saat Sidang BPUPKI (Foto: belajar.kemendikbud.go.id) Masing-masing tokoh nasional itu memberikan gagasan dasar negara yang berbeda-beda. Adapun isi gagasan masing-masing tokoh mengenai dasar negara tersebut adalah sebagai berikut. Dasar negara yang diusulkan Sukarno

Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme Peri Kemanusiaan (Internasionalisme)

Dasar negara yang diusulkan Supomo

Keseimbangan lahir dan batin

Dasar negara yang diusulkan Moh. Yamin Setelah sidang pertama BPUPKI ini selesai, mereka mengambil masa reses. Pada masa reses tersebut, beberapa anggota BPUPKI melakukan perumusan kembali. Momen itu hanya dihadiri sejumlah anggota BPUPKI yang kemudian disebut sebagai Panitia Sembilan.