Mengapa Kita Harus Membuat Rancangan Iklan Semenarik Mungkin?

Mengapa Kita Harus Membuat Rancangan Iklan Semenarik Mungkin
Apa yang Dilakukan dalam Membuat Produk dan Iklan Menarik untuk Diekspor? Cari soal sekolah lainnya KOMPAS.com – harus dibuat semenarik mungkin. Supaya masyarakat umum yang melihatnya merasa tertarik dan membeli atau menggunakan produk tersebut. Agar bisa diekspor dan menembus pasar internasional, iklan serta produk harus dibuat menarik, sehingga mampu menimbulkan kesan positif bagi masyarakat.

Menurut Mochammad Fattah dan Pudji Purwanti dalam buku Manajemen Industri Perikanan (2017), iklan adalah salah satu cara untuk memengaruhi konsumen agar mau membeli barang atau menggunakan jasa. Iklan menjadi salah satu cara untuk mempromosikan barang dan jasa kepada masyarakat. Semakin menarik iklan dan produknya, masyarakat akan semakin tertarik untuk mencoba produknya.

Baca juga:

Apa saja hal hal yang harus diperhatikan dalam membuat rancangan iklan?

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat rancangan sebuah iklan elektronik adalah produk yang akan diiklankan, jenis iklan yang digunakan, pesan yang akan disampaikan, penggunaan bahasa yang interaktif, dan perumusan pesan. Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya.

Iklan merupakan sebuah informasi untuk mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Ciri-ciri iklan, yaitu: a) menggunakan bahasa persuasif/menarik, b) kata-kata singkat, jelas, dan padat, c) memberikan informasi, d) memperkenalkan barang atau jasa, e) mengandung ajakan/himbauan, dan f) menggunakan kalimat yang mudah dipahami.

Penyusunan iklan sebaiknya dilakukan dengan menyusun rancangan iklan. Rancangan sebuah iklan elektronik dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa unsur, yaitu: a) produk yang akan diiklankan, b) jenis iklan yang digunakan, pesan yang akan disampaikan, c) penggunaan bahasa yang interaktif, dan d) perumusan pesan.

You might be interested:  Jelaskan Bagaimana Cara Untuk Melakukan Gerakan Guling Atau Roll Depan?

Mengapa iklan radio termasuk dalam iklan elektronik?

1. Iklan Radio – Sumber: Gurune.net Iklan radio merupakan jenis iklan dari media elektronik dengan menggunakan perangkat radio. Karena bentuknya berupa audio, jadi iklan di radio hanya bisa didengarkan, karena bentuknya hanya berupa audio (suara). Adapun contoh iklan radio yaitu spot, Ad-lib, dan Sponsor Program.

  • Namun, iklan produk berbentuk audio lebih sulit dibuat karena mengharuskan pengiklan memberi deskripsi sejelas mungkin tentang barang yang ditawarkan.
  • Sebab, audiens tidak bisa melihat barang tersebut dan hanya bisa membayangkan bentuknya.
  • Meskipun karakteristiknya terbatas hanya pada suara atau audio, tetapi radio masih digemari oleh banyak orang.

Iklan radio pun menjadi salah satu hal yang sering didengar oleh para audiens. Misalnya iklan jasa seperti laundry atau pegadaian.

Mengapa kita harus menampilkan suatu produk dalam pembuatan iklan?

Karena agar khalayak ramai yang melihat iklan produk kita akan tertarik dan berminat untuk membeli nya.

Mengapa untuk membuat iklan harus ada penyuntingan?

Penyuntingan Iklan – Disamping itu, untuk menyempurkan sebuah iklan sebelum ditayangkan maka perlu adanya penyuntingan atau mengedit. Dimana, dalam penyuntingan ini akan disesuaikan dengan kaidah kebahasaan dan kaidah penulisan iklan yang baik. Ada unsur-unsur yang harus diperhatikan oleh pembuat iklan dalam menyunting sebelum diterbitkan antara lain :

  • Apakah iklan sudah mempunyai struktur yang lengkap?
  • Apakah informasi di dalam iklan mudah dipahami?
  • Apakah iklan sudah menggunakan kata-kata yang ringkas dan persuasif?
  • Apakah ilustrasi dapat memikat pembaca?
  • Apakah iklan itu sudah sesuai dengan produk yang di jual dan khalayak sebagai sasarannya?

Adapun fungsi dari penyuntingan iklan ini adalah memeriksa kembali, apakah iklan yang dibuat sudah sempurna apa belum. Setelah semua proses tersebut selesai, maka iklan bisa langsung di terbitkan dan dinikmati oleh konsumen baik di media elektronik maupun non elektronik. Please follow and like us: