Jelaskan Apa Yang Dimaksud Rancangan Visual?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Rancangan Visual
Jelaskan apa yang dimaksud rancangan visual ​ Jawaban: Pada prinsipnya desain komunikasi visual adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat. Pada prinsipnya desain komunikasi visual adalah perancangan untuk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat. elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. : Jelaskan apa yang dimaksud rancangan visual ​

Jelaskan apa yang dimaksud dengan desain komunikasi visual?

Informasi Umum – Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku).

  1. Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.
  2. Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV.
  3. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya.

Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran. Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan ( branding ), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.

Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar ( target audience ).

Setelah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual, pada semester 6, teman-teman akan dijuruskan pada 3 jalur minat program studi, yaitu:

Komunikasi Grafis Komunikasi Visual Periklanan Komunikasi Multimedia

Pada dasarnya Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual Periklanan mengolah bahasa visual pada media statis / diam. Kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. Desainer Grafis mampu membuat logo, desain majalah / surat kabar, rambu ( sign system ), desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.

Desainer Iklan mampu bermain visual dengan menarik dan efisien untuk tujuan persuasi. Mengemas citra sebuah produk / program / kampanye dengan bahasa visual yang baik, yang bermuara pada perubahan perilaku sasaran yang dituju. Sementara Komunikasi Multimedia mengarah pada media dinamis berbasis waktu dan suara (audio).

Animasi, desain web, media interaktif hingga peyutradaraan film adalah contoh pekerjaan desainer multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis dalam karya multimedia.

Apa saja tujuan komunikasi visual?

Fungsi Desain Komunikasi Visual Dalam perkembangannya selama beberapa abad, desain komunikasi visual menurut Cenadi (1999:4) mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sebagai sarana identifikasi, sebagai sarana informasi dan instruksi, dan yang terakhir sebagai sarana presentasi dan promosi.a.

Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Identifikasi Fungsi dasar yang utama dari desain komunikasi visual adalah sebagai sarana identifikasi. Identitas seseorang dapat mengatakan tentang siapa orang itu, atau dari mana asalnya. Demikian juga dengan suatu benda, produk ataupun lembaga, jika mempunyai identitas akan dapat mencerminkan kualitas produk atau jasa itu dan mudah dikenali, baik oleh baik oleh produsennya maupun konsumennya.

Kita akan lebih mudah membeli minyak goreng dengan menyebutkan merek X ukuran Y liter daripada hanya mengatakan membeli minyak goreng saja. Atau kita akan membeli minyak goreng merek X karena logonya berkesan bening, bersih, dan “sehat”. Jika desain komunikasi visual digunakan untuk identifikasi lembaga seperti sekolah, misalnya.

Maka orang akan lebih mudah menentukan sekolah A atau B sebagai favorit, karena sering berprestasi dalam kancah nasional atau meraih peringkat tertinggi di daerah itu.b. Desain Visual Sebagai Sarana Informasi dan Instruksi Sebagai sarana informasi dan instruksi, desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal yang lain dalam petunjuk, arah, posisi dan skala, contohnya peta, diagram, simbol dan penunjuk arah.

Informasi akan berguna apabila dikomunikasikan kepada orang yang tepat, pada waktu dan tempat yang tepat, dalam bentuk yang dapat dimengerti, dan dipresentasikan secara logis dan konsisten. Simbol-simbol yang kita jumpai sehari-hari seperti tanda dan rambu lalu lintas, simbol-simbol di tempat-tempat umum seperti telepon umum, toilet, restoran dan lain-lain harus bersifat informatif dan komunikatif, dapat dibaca dan dimengerti oleh orang dari berbagai latar belakang dan kalangan.

Inilah sekali lagi salah satu alasan mengapa desain komunikasi visual harus bersifat universal.c. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Presentasi dan Promosi Tujuan dari desain komunikasi visual sebagai sarana presentasi dan promosi adalah untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian (atensi) dari mata (secara visual) dan membuat pesan tersebut dapat diingat; contohnya poster.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Lari Berbelok-Belok?

Penggunaan gambar dan kata-kata yang diperlukan sangat sedikit, mempunyai satu makna dan mengesankan. Umumnya, untuk mencapai tujuan ini, maka gambar dan kata-kata yang digunakan bersifat persuasif dan menarik, karena tujuan akhirnya adalah menjual suatu produk atau jasa.

DKV termasuk seni apa?

Feb 22, 2022 • 8 min read Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati dan populer belakangan ini. Berikut informasi jurusan DKV, mulai mata kuliah, kampus, dan peluang kerja. – Banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk membuat produknya lebih menarik.

  • Nggak cuma itu, tetapi juga agar khalayak umum bisa memahami dan menerima maksud dari tujuannya produk tersebut.
  • Nah, tantangan baru justru muncul di era digital ini.
  • Gimana, sih, cara memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengomunikasikan sesuatu? Eits, tidak perlu risau, tidak perlu bingung.
  • Semua kegalauan itu bisa kamu temukan jawabannya kalau belajar Desain Komunikasi Visual atau sering disingkat DKV.

Biasanya, jurusan ini berada dalam Fakultas Seni dan Desain. Sebelumnya, apa kamu tahu apa itu Jurusan DKV? Desain Komunikasi Visual adalah proses kreatif yang menggabungkan seni visual dan teknologi untuk menyampaikan ide atau informasi. Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, DKV merupakan cabang ilmu seni desain.

  1. Di sini, kamu akan mempelajari cara memanfaatkan elemen-elemen visual dengan tujuan tertentu secara efektif, informatif, dan komunikatif.
  2. Nggak cuma belajar tentang gambar loh, kamu juga akan mempelajari cara pengolahan kata untuk copywriting, tipografi, dan sebagainya.
  3. Produk yang dihasilkan dari sini nantinya akan sangat luas, mulai dari label produk, logo branding, kampanye, sampai iklan media massa.

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

Apa yang dimaksud dengan komunikasi visual dan berikan contohnya?

jelaskan pengertian dan contoh dari komunikasi visual​ Jawaban: Komunikasi visual adalah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Contoh komunikasi visual adalah rambu-rambu lalu lintas dan ikon-ikon di dalam program komputer atau aplikasi di smartphone. Jawaban: Jelaskan pengertian dan contoh dari komunikasi visual!!

Komunikasi Visual merupakan proses komunikasi berupa kombinasi seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna. Komunikasi visual ini biasa dilakukan melalui gambar, iklan pamflet, atau video tanpa DETAIL PELAJARAN = BAHASA INDONESIA KELAS = 5 MATERI = KOMUNIKASI VISUAL Semoga membantu jangan lupa follow ya and jadikan jawaban tercerdas

: jelaskan pengertian dan contoh dari komunikasi visual​

Apa saja contoh Desain Komunikasi Visual?

Poster, katalog, animasi, brosur, hingga kemasan produk juga merupakan contoh Desain Komunikasi Visual yang dapat dengan mudah kita jumpai. Sebelum dikenal dengan sebutan Desain Komunikasi Visual ( DKV ), bidang ini disebut desain grafis.

Bagaimana terjadinya komunikasi visual?

Page 3 – Dalam era modern seperti saat ini orang banyak menggunakan media sebagai wadah untuk menyalurkan informasi bahkan berpromosi. Media yang telah berkembang pesat seperti saat ini sangat memudahkan masyarakat untuk menggali informasi dan juga mempermudahkan apa yang sedang mereka cari.

  • Pada era modern saat ini media sudah berupa informasi elektronik, dengan visual yang mudah menjelaskan informasi di dalamnya.
  • Media memberikan dampak baik melalui penyaluran informasinya disandingkan dengan visual yang mereka berikan.
  • Hal ini menjelaskan dapat terjadinya melalui visual yang dapat menyampaikan pesan terhadap masyarakat dengan hanya berupa visual.

Maka dari itu visual dapat dikategorikan sebagai media komunikasi yang baik, yang dapat menjelaskan dan memberikan penjelasan secara jelas. Pada kali ini penulis akan menginformasikan sebuah metode komunikasi melalui visual yang sering kita lihat sehari-hari.

Dapat dijelaskan menurut Carl.I.Hovland komunikasi ialah proses dimana seseorang menyalurkan signal kepada orang lain dengan berupa simbol-simbol maupun kata-kata. Sedangkan menurut Shannon dan Weaver komunikasi didefinisikan sebagai bentuk interaksi antar individu yang saling memberikan pengaruh mempengaruhi satu sama lain, dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Dengan bentuk komunikasi yang tidak terbatas yang dapat melalui verbal, tingkah laku, bahkan ekspresi wajah, seni, lukisan, hingga teknologi. Dari beberapa ahli mengenai komunikasi dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah sebuah bentuk interaksi yang digunakan manusia sehari-hari dalam menyampaikan pesan yang dapat berbentuk verbal maupun berbentuk tingkat laku, yang mana komunikasi selalu melibatkan dua atau lebih manusia dalam penyampaian pesan tersebut terjadi.

  • Dalam terjadinya komunikasi dapat dikategorikan terhadap seseorang yang menyampaikan pesan disebut komunikator, sedangkan orang yang menerima pesan disebut komunikan.
  • Dapat diketahui bahwa komunikasi memiliki jangkauan yang luas dalam proses penyampaian pesannya, maka dari itu berarti komunikasi dapat juga berbentuk melalui visual.

visual dapat terjadi ketika perindividu melakukan kontak mata yang dijadikan alat penerima pesan terhadap visual yang sedang dilihat. berarti komunikasi yang mengandalkan proses penyampaian pesan hanya melalui visual, yang mana unsur dasar bahasa visual ialah segala sesuatu yang dapat dirangsang melalui pengelihatan dengan penyampaian pesan, atau makna yang digambarkan.

Apa kelebihan komunikasi visual?

Kelebihan dan kekurangan dari media komunikasi audio, visual, dan audio visual adalah sebagai berikut.

  • Komunikasi audio, kelebihannya adalah harga tergolong cukup murah, variasi program lebih banyak daripada televisi, mudah untuk dipindahkan, dapat digunakan bersamaan dengan alat perekam radio, dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, dan dapat mengembangkan daya imajinasi. Kekurangannya adalah pengertiannya harus didapat dengan belajar secara khusus, simbol digit dan analog dalam bentuk auditif bersifat abstrak sehingga memerlukan bantuan pengalaman visual, tingkat pengertian hanya dapat dikontrol melalui tingkatan penguasaan perbendaharaan, hanya dapat melayani orang yang memiliki kemampuan berpikir abstrak, serta display melalui ungkapan perasaan atau simbol analog dalam bentuk suara perlu disertai perbendaharaan pengalaman analog.
  • Komunikasi visual, kelebihannya adalah repeatable yaitu dapat dibaca berkali-kali, penggunanya akan benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih tajam, dapat membuat pengguna berpikir lebih spesifik mengenai isi tulisan, mengatasi keterbatasan pengalaman, adanya interaksi antara pengguna dengan lingkungan sekitar, menanamkan konsep yang benar, membangkitkan keinginan serta minat baru, dan meningkatkan daya tarik atau perhatian user, Kekurangannya adalah lambat, kurang praktis, tidak ada audio, materi yang disampaikan kurang detail, visual terbatas, serta biaya produksi mahal.
  • Komunikasi audio-visual, kelebihannya adalah dapat menggambarkan suatu proses, menimbulkan kesan ruang dan waktu, penggambarannya bersifat tiga dimensional, suara yang dihasilkan menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi murni, menyampaikan suara seorang ahli dan penampilannya, dan sebagainya. Kekurangannya adalah yang sudah terlewat sulit untuk diulang secara keseluruhan serta biaya pembuatan dan peralatannya cukup mahal.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Pola Gerak Meliuk?

Elemen elemen visual apa saja?

Elemen visual terdiri dari bentuk, warna, ilustrasi dan tipografi. Keempat elemen visual ini saling berkaitan dapat menjadi satu kesatuan logo.

Prinsip prinsip apa yang harus dimiliki oleh komunikasi visual?

Apa itu desain komunikasi visual? Desain komunikasi visual adalah ilmu desain yang berkonsentrasi pada penggunaan elemen-elemen visual sebagai alat untuk menyampaikan sebuah ide dan informasi. Untuk menghasilkan sebuah desain yang baik, maka Anda harus mengetahu prinsip-prinsip dari desai grafis.

Sebuah desain yang baik dan indah tercipta dari perpaduan elemen-elemen visual yang tepat. Dengan mengetahui dan menerapkan prinsip desain, maka Anda sebagai desainer akan mampu dan mudah untuk menggabungkan berbagai elemen visual yang dimaksudkan sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik. Dikutip dari 99designs, prinsip-prinsip desain adalah aturan yang harus diikuti seorang desainer untuk menciptakan komposisi yang efektif dan menarik.

Desain berbeda dari seni karena harus memiliki tujuan. Ada 6 prinsip dalam desain komunikasi visual, di antaranya yaitu Unity, Balance, Perspective, Rythm, Movement, dan Emphasis. Sudah memahami beberapa prinsip desain yang perlu Anda ketahui sebagai desainer, kan? Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips-tips lainnya tentang cara membuat PowerPoint yang menarik, simak rekomendasi microlearning berikut:

Komposisi Layout di Slide Power Point Cara Membuat Presentasi yang Efektif Cara Membuat Presentasi yang Memiliki Banyak Teks

Mengapa komunikasi visual juga dibutuhkan dalam komunikasi bisnis?

1. Konten visual mudah dikenali dan diingat – Sebagaimana ilustrasi di awal bahwa informasi visual akan mudah dikenal dan diingat. Begitu pula jika bisnis menggunakan konten visual. Bisnis akan mudah dikenali dan juga diingat oleh calon konsumen dan pelanggan.

Apa saja ruang lingkup Desain Komunikasi Visual?

Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual – Photo by buian_photos on Unsplash Sebenarnya ada banyak karya DKV yang kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari. Iklan di media elektronik maupun cetak merupakan salah satu contoh Desain Komunikasi Visual. Poster, katalog, animasi, brosur, hingga kemasan produk juga merupakan contoh Desain Komunikasi Visual yang dapat dengan mudah kita jumpai.

Maka, ruang lingkup pekerjaan seorang desainer pun tak jauh-jauh dari karya-karya di atas. Desain periklanan, desain multimedia, desain grafis industri, desain grafis media, cerita bergambar, animasi, ilustrasi, bahkan fotografi dan videgrafi termasuk kedalam ruang lingkup Desain Komunikasi Visual. Agar menguasai seluruh skill yang diperlukan untuk menciptakan berbagai karya tersebut, ada berbagai mata kuliah Desain Komunikasi Visual yang harus dipelajari.

Beberapa mata kuliah DKV antara lain Rupa Dasar 2D, Pengantar Rekayasa dan Desain, DKV Aplikatif, Tipografi Aplikatif, Metode Produksi, Komunikasi Visual, Narasi Visual, Motion Graphic, Grafis Portofolio, Komunikasi Visual Periklanan, Media Interaktif, Fotografi, dan lain-lain.

Apakah DKV tidak ada matematika?

2. Desain Komunikasi Visual (DKV) – Mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV umumnya tidak mempelajari matematika sepanjang perkuliahan. Contoh, kurikulum mahasiswa DKV Binus University mencakup mata kuliah Drawing for Design, Tipografi, DKV, Estetika, Desain Ilustrasi, 3D Art and Interaction, Computer Graphic, hingga Digital Graphic Reproduction.

Apakah DKV bisa jadi guru?

11. Pegawai Negeri Sipil – Menjadi pegawai negeri sipil Tak hanya menjadi karyawan perusahaan swasta maupun jadi pengusaha, lulusan DKV juga memiliki peluang cukup besar untuk menjadi abdi negara sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Banyak institusi pemerintah yang saat ini telah membuka pendaftaran CPNS lulusan DKV untuk ditempatkan di berbagai posisi strategis.

Apa Perbedaan desain grafis dan Desain Komunikasi Visual?

DKV dan Desain Grafis, Apa Bedanya? Bagi sebagian pembaca mungkin sudah sering mendengar dan tidak asing lagi dengan yang namanya DKV dan desain grafis. Tapi terkadang kita masih sulit membedakan dengan pasti keduanya. Yang terbayang oleh kebanyakan kita (termasuk saya), pokoknya hal-hal itu berhubungan dengan menggambar, poster, corelDRAW, photoshop, dan aplikasi-aplikasi grafis lainnya.

  • Benarkah? Nah, sekarang akan kita bahas hal-hal berkenaan dengan DKV.
  • Untuk memahami DKV, maka kita dapat melihat dari unsur-unsurnya.
  • DKV terdiri dari tiga unsur yaitu Desain, Komunikasi, dan Visual.
  • Desain berkenaan dengan perancangan estetika, berdasarkan cita rasa dan kreativitas.
  • Sedangkan komunikasi adalah ilmu menyampaikan pesan.

Dan visual berarti dapat dilihat. Dari penjabaran unsur-unsur diatas maka dapat disimpulkan bahwa DKV merupakan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi untuk menyampaikan pesan atau gagasan secara visual melalui media dengan berlandaskan kreatifitas. Berbeda dengan desain grafis yang lebih bersifat dua dimensi, DKV bersifat lebih luas.

Jika contoh produk-produk desain grafis adalah poster, pamflet, atau komik. Produk dari DKV adalah poster, pamflet, komik, fotografi, 3D, animasi, video, atau media elektronik lainnya. Dari contoh-contoh produk tersebut dapat kita ketahui bahwa cangkupan DKV lebih luas dari desain grafis. Dengan kata lain, desain grafis termasuk kedalam cangkupan DKV.

Nah, sudah jelaskan bedanya. Sekarang kita sudah bisa membedakan dengan pasti antara DKV dan desain grafis. Akhir kata, semoga bermanfaat! Sumber : Pengantar DKV – Adi Kusrianto Tag: : DKV dan Desain Grafis, Apa Bedanya?

You might be interested:  Bagaimana Melakukan Gerakan Ayunan Lengan Ke Samping?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan desain grafis dan komunikasi visual?

Desain Grafis & Multimedia – YOGYA EXECUTIVE SCHOOL PELATIHAN DESAIN GRAFIS DAN MULTIMEDIA Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.

Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata letak.

Pelatihan instansi dengan materi Desain Grafis dan Multimedia sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, karena media komunikasi visual merupakan media penyampaian informasi yang efektif untuk tujuan internal organisasi maupun eksternal (publik), karena secara umum orang akan lebih mudah memahami dan menerima pesan dalam bentuk visual dibanding dalm bentuk teks biasa.

  • Pelatihan Instansi dengan materi Desain Grafis dan Multimedia ini secara teknis mempelajari metode merancang dan proses pembuatan sebuah media komunikasi visual instansi atau organisasi.
  • Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia Yogya Executive School terbagi dalam 3 program yaitu Desain Grafis, Desain Multimedia serta Digital Photography & Video Editing.

Untuk informasi dan pendaftaran, silahkan kunjungi: : Desain Grafis & Multimedia – YOGYA EXECUTIVE SCHOOL

Apa itu Desain Komunikasi Visual dan apa saja ruang lingkupnya?

Pengertian Desain Komunikasi Visual – Apa itu Desain Komunikasi Visual? DKV adalah salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi melalui berbagai media yang dapat berupa gambar, tatanan huruf, video, media interaktif, dan media visual lainnya agar gagasan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, lebih menarik, atau sesuai dengan kebutuhan lainnya ketika diterima oleh penerima pesan.

Pernyataan diatas, sejalan dengan pendapat Kusrianto (2007, hlm.2) yang berpendapat bahwa DKV adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep komunikasi serta ungkapan kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola elemen-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna dan layout (tata letak/perwajahan).

Dengan demikian gagasan bisa diterima oleh orang atau kelompok yang menjadi sasaran penerima pesan.

Apa pengertian Desain Komunikasi Visual menurut Suyanto?

4 Pengertian Desain Komunikasi Visual Menurut Para Ahli Menurut Suyanto, bahwa Desain Komunikasi Visual ini diartikan sebagai sebuah seni serta komunikasi yang digunakan kebutuhan bisnis dan industri.

Apa Perbedaan desain grafis dan Desain Komunikasi Visual?

Ilustrasi: Trik bagi kamu yang ingin masuk jurusan desain. (KalderaNews.com/Ist.) JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan desain memang sedang naik daun dan menjadi idola. Sebab lulusan dari jurusan ini memiliki banyak peluang dan kesempatan. Lulusan dari kedua jurusan banyak dibutuhkan di berbagai lini usaha.

  • Jurusan ini mirip, tetapi sebenarnya banyak perbedaan.
  • Memahami perbedaan desain grafis dan DKV atau Desain Komunikasi Visual sebelum mendaftar kuliah dibutuhkan agar tidak salah jurusan.
  • Desain Komunikasi Visual atau sering disingkat dengan DKV merupakan jurusan yang mempelajari cara atau metode penyampaian pesan melalui media visual atau yang dapat dilihat.

Di jurusan ini kamu akan belajara cara menyampaikan komunikasi yang efektif, tetapi tidak meninggalkan aspek estetika. BACA JUGA:

Yuk Ketahui 3 Perbedaan Jurusan Kimia, dari Teknik Hingga Pendidikan Mengenal Beda Jurusan Pendidikan Biologi dan Biologi, Yuk 3 Beda Jurusan Fisika yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftar

Bila DKV ini mencakup desain grafis, ilustrasi, fotografi, sinematografi, dan animasi, maka jurusan di jurusan desain grafis kita akan belajar tentang mengelola atau merancang seluah elemen grafis yang memanfaatkan prinsip desain yang dapat menghasilkan karya yang baik.

  • Desain grafis mengajarkan tata desain agar karya desain terlihat rapi dan efektif.
  • Perbedaan desain grafis dan DKV cukup mudah diingat.
  • Desain grafis merupakan bagian dari DKV.
  • Bila DKV lebih banyak mengajarkan konsep cara penyampaian pesan secara visual, maka desain grafis lebih banyak mempelajari teknik penataan elemen desain.

Selain hal yang dipelajari, perbedaan desain grafis dan desain komunikasi visual dapat dilihat dari jenjang pendidikan. Bila desain grafis hanya tersedia di tingkat diploma 3 atau D3, maka DKV memiliki jenjang pendidikan dari D3 hingga S1. Perbedaan desain grafis dan DKV yang berikutnya adalah bila kamu mengambil kuliah jurusan D3 desain grafis, setelah lulus kamu dapat melanjutkan ke jenjang S1 yang beragam pilihannya.

  • Dapat melanjutkan ke Jurusan Seni Rupa misalnya atau juga jurusan DKV.
  • Bahkan, bila kamu ingin melanjutkan ke S1 desain produk atau desain mode dan tekstil, kesempatan ini juga terbuka lebar.
  • Namun, bila kamu mempunyai minat yang besar untuk dunia animasi dan ingin menjadi animator film atau media iklan, kamu dapat memilih jurusan kuliah DKV.

Yang pasti, pahami dulu perbedaan kedua jurusan ini sebelum mendaftar, agar tidak merasa salah jurusan kelak ketika kuliah. * Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!