Buatlah Rancangan Pengolahan Makanan Yang Berbahan Dasar Daging?

Buatlah Rancangan Pengolahan Makanan Yang Berbahan Dasar Daging
MAKALAH PENGOLAHAN PANGAN BERBAHAN DASAR DAGING (AYAM GEPREK) MAKALAH PENGOLAHAN PANGAN BERBAHAN DASAR DAGING (AYAM GEPREK) KELOMPOK 02 -CHINTIA -DESTI -ACEP -AIP -SAHIDIN KELAS IX-B DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1. APA ITU AYAM GEPREK.2. TIPS MEMBUAT AYAM GEPREK.3.

  1. BAHAN DAN BUMBU,4.
  2. RESEP SAMBAL AYAM GEPREK.5.
  3. PELUANG BISNIS AYAM GEPREK.
  4. ESIMPULAN 1.
  5. APA ITU AYAM GEPREK? Ayam Geprek adalah sajian makanan ayam goreng tepung dengan cara digeprek/ditumbuk dengan ulekan bersamaan dengan sambalnya hingga daging menjadi rata.
  6. Makanan khas kota Yogyakarta ini memang sudah dikenal oleh banyak masyarakat.

Berbahan dasar ayam yang dilumuri tepung membuatnya menjadi “crunchy” serta nikmat. Nyam! Tau ga sih sambal apa yang biasanya jadi teman makan ayam geprek? Ya! Sambal bawang. Umumnya, sambal bawang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, garam dan minyak goreng.

Awalnya cabai rawit, bawang putih dan garam diulek kasar, lalu disiram dengan minyak panas. Dalam makanan yang satu ini terkenal dengan sensasi level pedasnya yang bisa membuat lidah terbakar pada saat memakannya. Penyajian yang masih hangat dengan kriuk yang banyak disukai masyarakat Indonesia membuat makanan yang satu ini dijadikan makanan favorit terutama bagi para pecinta ayam dan pedas sejati.

Tak tanggung-tangung sampai ada orang yang meminta diatas 20 cabai, dibayangkan saja sudah merinding ya. Jadi bagi chick lovers yang tidak terlalu menyukai makanan pedas, disarankan meminta jumlah cabai yang sesuai dengan kemampuan kalian saja yaa! Cara membuat ayam geprek juga mudah loh, bermodalkan cobek dan ulekan kita sudah bisa membuat makanan ini dirumah.

Bahan dan bumbu yang banyak tersedia dipasar juga menjadi alasan makanan ini banyak digemari. Ayam geprek ini merupakan makanan yang sehat dan bergizi, jadi tidak masalah jika dijadikan makanan favorit sehari-hari. Hanya saja tingkat kepedasan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan ya chick lovers! 2.

TIPS MEMBUAT AYAM GEPREK Untuk memberikan cita rasa yang nikmat, dalam mengolah ayam geprek tentu harus menggunakan teknik yang benar. Berikut tips mengolah ayam geprek yang bisa langsung anda praktekan : 1. Sebelum memulai untuk membuat resep ayam geprek, maka terlebih dahulu anda harus memilih ayam yang baik.

Ciri-ciri ayam yang baik adalah yang masih segar, karena akan membuat teksturnya menjadi gurih dan empuk 2. Sama seperti membuat sop ayam, pilihlah ayam kampung untuk membuat resep ayam geprek, karena akan memberikan rasa yang lebih gurih 3. Ketika menggoreng ayam, sebaiknya menggunakan minyak yang banyak dan di panaskan terlebih dahulu 4.

Untuk membuat sambal ayam geprek sebaiknya jangan menggunakan tomat, karena akan membuat tekstur sambalnya menjadi basah.3. Bahan dan bumbu untuk membuat ayam geprek spesial pertama Bahan ayam geprek : • Ayam kampung (bagian dada atau paha¬) • 1 cangkir tepung (Tepung bumbu saji) • 1 buah jeruk lemon • 1 butir ayam • ½ sdm soda kue • Garam secukupnya Cara memasak ayam geprek : 1.

  1. Cuci bersih ayam yang telah disediakan, kemudian potong menjadi dadu.2.
  2. Masukan telur, air perasan jeruk lemon dan soda ke wadah yen telah disediakan, kemudian aduk dengan menambahkan garam secukupnya.3.
  3. Emudian masukan ayam, sambil diaduk agar bumbu menempel pada ayam secara rata 4.
  4. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap 5.

Setelah 10 menit, kemudian gulingkan ayam pada tepung yang telah disediakan 6. Kemudian goreng hingga matang sempurna atau berwarna kuning keemasan 7. Angkat kemudian tiriskan 4. Resep membuat sambal ayam geprek: Bahan-bahan : • Cabai, jumlahnya sesuai selera • 1 siung bawang putih • Penyedap rasa • Garam secukupnya Cara membuat sambal ayam geprek : 1.

  • Siapkan cobek dan ulegan (jangan diblender) 2.
  • Haluskan cabai, bawang putih dan garam 5.
  • Cara membuat ayam geprek spesial yang pertama : 1.
  • Setelah sambal tadi telah diuleg hingga halus, kemudian masukan ayam yang telah digoreng kedalam cobek 2.
  • Emudian bolak balik, hingga sambal membaluri ayam, atau bisa juga dengan sendok agar tercampur rata 3.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Jangkit Berantai Dengan Benar?

Setelah selesai maka siap disajikan 6. Bahan dan bumbu untuk membuat ayam geprek yang kedua Berbeda dari resep ayam geprek sebelumnya, resep ayam geprek yang kedua ini dengan menumis bumbu terlebih dahulu, sehingga rasanya semakin lezat. Caranya yaitu dengan: Bahan ayam geprek : • Ayam • Tepung (bisa tepung siap saji) • Cabai rawit sesuai selera • 2 siung bawang putih • 2 siung bawang merah • Garam secukupnya Cara membuat ayam geprek : 1.

  • Bersihkan ayam yang telah disiapkan kemudian potong berbentuk dadu 2.
  • Goreng ayam hingga matang sempurna atau berwarna keemasan, kemudian angkat dan tiriskan 3.
  • Untuk membuat sambalnya, dengan menumis bawang putih, bawang merah, dan cabai dengan sedikit minyak 4.
  • Emudian tuangkan bumbu yang telah digoreng tersebut bersama minyaknya kedalam cobek (jangan terlalu banyak minyaknya) 5.

Kemudian uleg hingga halus.6. Setelah halus, masukan ayam yang telah digoreng kedalam cobek yang ada sambalnya 7. Bolak-balik atau aduk menggunakan sendok agar tercampur rata 8. Ayam geprek siap disajikan Resep ayam geprek spesial ini tentunya sangat mudah bukan? Untuk saran penyajian, sebaiknya disajikan ketika masih panas bersama nasi hangat.

  1. Dan akan lebih sempurna jika disajikan bersama lalapan seperti mentimun, tomat, kemangi dan kol.
  2. Cita rasa yang terdapat pada ayam geprek ini sangat bisa membuat selera makan kita naik secara drastis.
  3. Rasa asin, gurih, seperti garang asem ayam akan membuat lidah kita tidak ingin berhenti memakan nya.
  4. Ohh iya agar lebih nikmat makan ayam geprek dengan 1 piring nasi hangat agar terasa lebih mantap.5.

PELUANG BISNIS AYAM GEPREK Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, banyak usaha yang mengalami kebangkrutan, namun terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN. Nyatanya, tidak peduli seberapa sedikit uang yang diperoleh, setiap hari semua orang membutuhkan makan.

  • Oleh karena itu, bisnis yang satu ini tidak pernah surut.
  • Bagi Anda para pebisnis yang ingin memulai usaha, bisnis makanan merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan.
  • Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa menghabiskan banyak waktu layaknya pekerjaan kantoran.
  • Mungkin pertanyaan yang muncul di benak Anda adalah: “Makanan seperti apa yang akan laku di pasaran?” Sebenarnya ada banyak jenis makanan yang dapat Anda pertimbangkan.

Salah satu contoh bisnis makanan yang sedang tren saat ini adalah bisnis olahan daging ayam yang dikenal dengan nama ayam geprek. Kombinasi daging ayam yang lembut dengan baluran yang renyah dengan rasa sambal yang khas membuat para pecinta kuliner pedas kian menikmati jenis makanan satu ini.

Bisnis ini pun langsung menjamur, mulai dari bisnis rumahan hingga bisnis besar garapan para artis. Anda bisa menemui ayam geprek mulai dari kaki lima hingga di pusat perbelanjaan besar di kota Anda. Contohnya saja Ruben Onsu, selebritis sekaligus presenter yang juga menggeluti bisnis ini dengan merk dagang Geprek Bensu.

Bisnis ayam gepreknya ini melejit sukses karena cita rasa sambalnya yang luar biasa enak dengan harga yang sangat terjangkau bagi pasar di tanah air. Di samping itu, memulai bisnis ayam geprek ini memang bisa dibilang tidak terlalu sulit sehingga banyak peminatnya.

  1. Nah, apakah Anda juga tertarik memulai bisnis ayam geprek? Jika iya, Finansialku akan mengajak Anda melihat beberapa persiapan penting yang perlu Anda ketahui sebagai berikut: Peluang Bisnis Ayam Geprek Seperti telah disebutkan sebelumnya, peluang bisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya.
  2. Oleh karena itu, melihat banyaknya peminat kuliner yang mencintai keunikan penyajian olahan ayam ini, bisa dibilang peluang bisnis yang satu ini memang cukup menarik.
You might be interested:  Tahapan Dalam Membuat Rancangan Patung Yang Benar Adalah?

Target pasarnya pun luas, karena mulai dari anak kecil, dewasa, hingga orangtua menyukai sajian ayam goreng pada umumnya. Terlebih harga daging ayam tergolong terjangkau, sehingga pasar kuliner olahan ayam memang selalu ramai. Cara Memulai Bisnis Ayam Geprek Beberapa langkah umum yang bisa diambil dalam memulai bisnis ayam geprek ini adalah sebagai berikut: #1 Membuat Business Plan Perencanaan bisnis atau business plan adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, yang berisi strategi atau rencana-rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Business plan yang baik membuat siapapun yang membacanya dapat merealisasikan bisnis tersebut dengan tepat. Masih bingung bagaimana cara membuat business plan? Simak artikel berikut ini: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis #2 Menentukan Lokasi Dalam bisnis, terutama bisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Mengapa? Karena lokasi yang jelas terlihat, mudah diakses, dan memiliki tingkat lalu lalang pengunjung tinggi akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda. Namun jangan khawatir, dengan kemajuan teknologi kini Anda juga bisa memulai bisnis online ayam geprek yang memanfaatkan berbagai jasa ojek atau delivery makanan online (misalnya Go-Food atau Grabfood).

#3 Menyiapkan Peralatan Meski cukup sederhana, Anda tetap harus menyiapkan beberapa peralatan sederhana untuk bisa memproduksi ayam geprek, antara lain etalase, rice cooker, wajan, sendok, pisau, talenan, kompor dan gas, panci, tempat duduk, meja, dan sebagainya #4 Menyiapkan Media Promosi Pemasaran juga menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis ayam geprek Anda, karena sebagus atau seenak apapun produk yang ditawarkan, akan sia-sia jika masyarakat gagal mengenal produk itu.

Oleh karena itu jangan lupakan faktor pemasaran atau promosi. Tenang saja, kini Anda bisa menjalankan strategi pemasaran sederhana dengan kecanggihan teknologi, misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial. Jangan lupa juga menjalankan strategi pemasaran konvensional seperti memasang spanduk unik dengan disertai gambar di depan lokasi usaha, membagikan brosur, serta membuat program promosi yang menarik.

  • Contohnya adalah promo beli satu gratis satu atau harga promo pada happy hour.
  • Strategi Bisnis Ayam Geprek Yang terpenting di sini adalah unsur kreativitas, di mana Anda perlu membuat olahan ayam geprek yang berbeda.
  • Adapun beberapa ide untuk perubahan ini antara lain sebagai berikut: • Penyajian ayam (crispy dengan tepung atau digoreng secara tradisional) • Alternatif level pedas dan jenis sambal yang ditawarkan (sambal bawang, terasi, cabe hijau) • Topping tambahan lain (misalnya keju atau saus telur asin yang sedang tren) • Makanan sampingan (misalnya jamur crispy, tahu, tempe, dan sebagainya) Poin penting selanjutnya adalah selalu memberikan pelayanan terbaik, karena konsumen adalah raja dalam bisnis ini.

Jangan biarkan pelayanan menurun seiring waktu, justru tingkatkan demi kepuasan pelanggan. DAN yang tidak boleh terlupakan lainnya adalah segi harga, di mana Anda perlu memasang harga yang layak dan pantas bagi calon konsumen Anda. Jangan biarkan harga membuat calon konsumen ragu dalam membeli produk ayam geprek Anda.

Analisis Biaya Bisnis Ayam Geprek Dalam memulai bisnis, tentunya Anda perlu tahu analisis biayanya dilihat dari proyeksi keuntungan terhadap seluruh pengeluaran Anda. Anda bisa membuat sebuah analisis biaya sederhana setelah melakukan survei terhadap seluruh kebutuhan bisnis ayam geprek ini. Sebagai contohnya: • Modal Awal: Peralatan masak dan makan = Rp3.500.000 Meja dan kursi (jika ada lokasi fisik) = Rp2.500.000 Media promosi = Rp500.000 Biaya lain-lain = Rp1.000.000 Total = Rp7.500.000 • Biaya Operasional: Gaji karyawan (2 orang) = Rp4.000.000 Sewa tempat (jika ada lokasi fisik) = Rp1.500.000 Bahan baku dan bumbu = Rp10.000.000 Gas = Rp150.000 Listrik dan air = Rp300.000 Total = Rp15.950.000 • Estimasi Omzet: Harga per porsi = Rp20.000 Estimasi penjualan per hari = 80 porsi Total hari per bulan = 24 hari Total = 24 x 80 x 20.000 = Rp38.400.000 • Laba Bersih: Omzet – biaya operasional = Rp38.400.000 – Rp15.950.000 = Rp22.450.000 • Break Even Point (BEP): Modal awal / keuntungan = Rp7.500.000/ Rp22.450.000 = 0.33 bulan KESIMPULAN Selain rasanya yang sangat sedap dan enak, ayam geprek juga bisa menjadi salah satu rekomendasi bisnis usaha.

You might be interested:  Media Yang Tepat Untuk Membuat Rancangan Karya Adalah?

Semua kalangan menyukai ayam geprek. Di tambah dengan sambalnya yang disediakan dengan berbagai varian menambah daya tarik ayam geprek untuk berpeluang besar dalam mendapatkan keuntungan besar. Berbahan dasar daging dan dibalut dengan bumbu-bumbu sederhana yang sering kita jumpai, membuat ayam geprek semakin mudah untuk dibuat sendiri maupun di konsumsi beramai-ramai.

Apa saja metode pengolahan produk setengah jadi dari ikan dan daging?

Metode pengolahan produk setengah jadi dari ikan dan daging dapat dilakukan dengan beberapa proses yaitu Metode pengolahan produk setengah jadi dari ikan dan daging dapat dilakukan dengan beberapa proses yaitu?

  1. Perebusan, pembakaran, dan penggorengan
  2. Pengalengan, pembekuan, dan perebusan
  3. Pembakaran, penggorengan, dan pengasapan
  4. Pembekuan, pengeringan, pengasapan, dan pengalengan
  5. Semua jawaban benar
  • Jawaban: D. Pembekuan, pengeringan, pengasapan, dan pengalengan
  • Dilansir dari Encyclopedia Britannica, metode pengolahan produk setengah jadi dari ikan dan daging dapat dilakukan dengan beberapa proses yaitu pembekuan, pengeringan, pengasapan, dan pengalengan.
  • Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

: Metode pengolahan produk setengah jadi dari ikan dan daging dapat dilakukan dengan beberapa proses yaitu

Daging merah dapat diolah menjadi makanan apa saja?

Cara Sehat Mengolah Daging Merah Kalau kamu s uka makan daging merah, kamu perlu tahu nih cara mengolahnya dengan benar. Soalnya, kalau diolah dan dimasak dengan cara yang salah justu dapat memicu zat kimia yang membahayakan tubuh, Daging merah bisa dimasak menjadi beragam menu makanan, seperti steik, sate, atau rendang. Buatlah Rancangan Pengolahan Makanan Yang Berbahan Dasar Daging Daging merah merupakan, zat besi, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini bisa memicu beragam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, daging merah juga bisa menimbulkan risiko kesehatan kalau dimasak dengan cara yang salah, misalnya sampai gosong.

Produk produk pangan apa saja yang dapat dihasilkan dari pengolahan daging ayam?

Pemanfaatan daging ayam sudah banyak dilakukan menjadi beberapa produk olahan seperti bakso dan nugget. Kedua produk tersebut sedang menjadi trend kuliner di masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya stand penjual bakso bakar dan sosis.

Apakah bakso termasuk makanan olahan?

Bakso merupakan produk olahan daging dimana daging tersebut telah dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu, tepung, dan kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil lalu direbus dalam air panas.