Bagaimana Sikap Awal Melakukan Gerakan Meluncur Renang Gaya Bebas?

Bagaimana Sikap Awal Melakukan Gerakan Meluncur Renang Gaya Bebas
Teknik Dasar Renang Gaya Bebas – Berikut adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh seseorang jika ingin melakukan renang gaya bebas. kemdikbud Ilustrasi renang gaya bebas

Posisi tubuh

Posisi tubuh yang benar dalam renang gaya bebas adalah rata dengan air (streamline), mulai dari kaki hingga kepala.

Teknik meluncur

Teknik meluncur dapat dilatih dengan cara sebagai berikut.

  1. Berdiri di pinggir kolam dan salah satu kaki menempel pada dinding kolam
  2. Badan dibungkukkan ke depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan
  3. Tolakkanlah kaki yang menempel di dinding kolam sekuat-kuatnya dan pertahankanlah agar badan tetap lurus
  4. Pertahankanlah posisi kaki dan tangan tetap lurus sejajar dengan permukaan air sampai berhenti
  5. Usahakan jangan mengambil napas ketika dalam keadaan meluncur
  6. Lakukan berulang-ulang sampai memiliki kecepatan meluncur ke depan.

Gerakan kaki

Gerakan kaki yang benar saat melakukan renang gaya bebas adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri menghadap dinding kolam, kedua tangan berpegangan pada dinding kolam
  2. Kedua kaki diluruskan ke belakang dengan posisi badan telungkup
  3. Kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dalam keadaan rileks
  4. Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha.

Baca juga: Federasi Renang Internasional

Gerakan tangan

Gerakan tangan dalam pelaksanaan renang gaya bebas sangatlah penting. Cara melatih gerakan tangan adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri dengan badan dibungkukkan dan kedua tangan lurus
  2. Tangan kanan ditarik ke bawah sambil menekan air sampai berada di
  3. bawah badan
  4. Pada waktu tangan sampai di bawah badan, siku dibengkokkan dan tangan diangkat
  5. Lakukanlah secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Pernapasan

Pernapasan merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan renang gaya bebas. Teknik pernapasan dalam renang gaya bebas harus dilakukan secara baik dan benar. Adapun, teknik mengambil napas dalam renang gaya bebas adalah sebagai berikut.

  1. Mengambil napas dengan memiringkan kepala hingga mulut berada di atas permukaan air. Kemudian, muka kembali menghadap ke dalam air untuk mengembuskan napas.
  2. Mengambil napas hanya boleh dilakukan dengan memiringkan kepala ke satu arah, yaitu ke kanan atau kiri saja.
  3. Gerakan mengambil napas dalam renang gaya bebas dilakukan bersamaan ketika tangan mendayung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana sikap awal gerak meluncur dalam renang bebas?

Hallo Key A, Kak Ulum bantu jawab ya. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah salah satu gerakan dasar dalam renang, sikap awal dengan posisi badan berdiri di dinding kolam. Yuk, simak penjelasannya. Gerakan meluncur merupakan salah satu gerakan dasar dalam renang.

  • Setiap gaya renang selalu diawali dengan gerakan meluncur.
  • Gerakan meluncur dilakukan dengan posisi badan sejajar dengan permukaan air.
  • Saat melakukan gerakan meluncur, tubuh harus rileks.
  • Cara melakukan gerakan meluncur dalam renang adalah.1.
  • Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri di dinding kolam.2.

Posisi salah satu kaki di tekuk dan telapak kaki menempel pada dinding kolam.3. Bungukkan badan ke depan dan luruskan kedua tangan kedepan. Pastikan posisi kedua tangan dan badan sejajar dengan permukaan air.4. Dorong badan ke depan dengan menolakkan kaki pada dinding.

Langkah awal gerakan meluncur?

Bobo.id – Siapa di sini yang suka olahraga renang? Kalau ya, gaya apa yang paling sering kamu gunakan? Saat renang ada beberapa gaya yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah gaya dada, Yuk, cari tahu gerak dasar renang gaya dada! Namun, sebelum itu kita ketahui manfaat berenang dulu, ya.

  • Baca Juga: Gerak Dasar Renang Gaya Punggung: Gerakan Meluncur, Gerakan Kaki, Gerakan Lengan, dan Pengambilan Napas Manfaat Berenang – Saat berenang, semua otot akan bekerja.
  • Tubuh akan lebih sehat dan bugar.
  • Eberanian meningkat.
  • Bisa mengurangi ketegangan sendi.
  • Berolahraga air dengan kedalaman sebatas pinggang mengurangi ketegangan sendi 50%.

Jika kedalaman air sebatas dada, ketegangan sendi berkurang 75%. – Bermanfaat juga untuk penderita nyeri sendi. – Baik dan dianjurkan untuk penderita asma dan jantung. Baca Juga: Inilah Macam-Macam Teknik Dasar Akting Teater, Ada Latihan Olah Suara Gerak Dasar Renang Gaya Dada Gerak dasar renang gaya dada meliputi gerakan meluncur, gerakan tungkai kaki, gerakan lengan, posisi tubuh, dan pernapasan.1.

Gerakan Meluncur Meluncur merupakan gerakan awal saat akan berenang. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh sejajar permukaan air. Saat melakukan gerakan meluncur, tubuh harus rileks. Gerakan meluncur bisa dilakukan dengan alat bantu, berupa papan. Jika sudah mahir, kita bisa belajar meluncur tanpa papan.

Baca Juga: Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air, Perhatikan saat Melakukan Olahraga Renang Bagaimana cara melakukan gerakan meluncur? Gerakan ini diawali dengan posisi berdiri di kolam dengan ketinggian air setinggi dada. Salah satu kaki ditekuk dengan bertumpu pada dinding kolam.

Kemudian kedua lengan diangkat ke atas, lalu luruskan ke depan. Masukkan kepala ke air dengan kaki tetap bertumpu pada dinding kolam. Tolakkan kaki dari dinding kolam dengan kuat. Langkah ini bertujuan agar gerakan meluncur sempurna. Lakukan gerakan meluncur dengan posisi tangan dan kaki lurus sejajar.2.

Gerakan Kaki Dalam renang gaya dada, kekuatan dorongan kaki sangat dibutuhkan. Gerakan kaki bertujuan untuk meningkatkan kecepatan luncuran saat berenang. Berikut ini adalah langkah-langkah gerakan kaki dalam gaya dasar renang gaya dada: a. Luruskan tungkai dengan jari-jari kaki merapat.b.

  • Tekuk lutut dan kaki.
  • Buka kaki dengan posisi tetap tertekuk dan putar jari-jari kaki keluar.c.
  • Buka kedua kaki selebar mungkin dengan dorongan yang kuat.
  • Rapatkan kembali kedua tungkai dan luruskan seperti semula.d.
  • Lakukan gerakan itu secara berulang-ulang.
  • Baca Juga: Senang Berenang? Coba, deh, Rasanya Berenang di Tengah Sawah Klaten 3.
You might be interested:  Rancangan Dasar Negara Yang Dikenal Dengan Piagam Jakarta Dirumuskan Oleh?

Posisi Tubuh Dalam renang gaya dada, posisi tubuh juga berperan penting. Posisi tubuh yang benar memudahkan tubuh mengapung. Cara untuk melakukan gerak mengapung adalah ambil posisi telungkup menghadap permukaan air. Posisi tubuh mengapung. Kedua lengan diluruskan ke depan, telapak tangan dijulurkan ke depan.

  1. Emudian, kedua tungkai diluruskan ke belakang.
  2. Pertahankan posisi badan tetap seimbang dan di permukaan air.4.
  3. Gaya Tangan Gerakan lengan dalam renang gaya dada berperan sebagai tenaga pendorong.
  4. Berkut ini adalah langkah-langkah gaya tangan dalam gaya dasar renang gaya dada: Baca Juga: Membuat Mata Perih Saat Berenang, Sebenarnya Zat Apa yang Ada di Kolam Renang? a.

Luruskan kedua tangan dan julurkan ke atas kepala dengan posisi jari-jari merapat. – Buka tangan ke samping dengan posisi telapak tangan menghadap ke luar. – Tekuk sikut dan tarik tangan ke samping selebar bahu atau setengah lingkaran (kira-kira 90°) sambil mendorong air.

  • Ayunkan tangan dengan kuat saat mendorong air.b.
  • Tekuk tangan ke bawah dada, posisi telapak tangan berhadapan ke dalam.c.
  • Julurkan tangan ke atas kepala dengan posisi ibu jari di atas seperti posisi semula.5.
  • Pengambilan Napas Cara bernapas dalam renang gaya dada sangat menentukan daya tahan perenang.

Cara pernapasan diawali dengan posisi tubuh telungkup. Kedua tangan memegang dinding kolam. Ambil napas dengan mulut dan masukkan muka ke air. Pandangan mengarah ke dasar kolam. Baca Juga: Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan saat Berenang di Kolam Renang Hotel Buang napas melalui hidung (sedikit dari mulut), kemudian angkat kepala hingga permukaan air.

Ambil kembali napas melalui mulut, kemudian masukkan kepala ke air. Udara dikeluarkan saat berada di dalam air. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang. Sumber: Buku Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas V SD/MI, Edisi 2019 – Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD.

Tinggal klik di https://www.gridstore.id Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bagaimana Sikap awal gerakan lengan renang gaya bebas?

Gerakan lengan pada renang gaya bebas berperan terutama sebagai pendorong/ penggerak di samping untuk pengatur keseimbangan tubuh, adapun teknik gerakan kaki renang gaya bebas adalah: Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan agak berdekatan, tetapi tidak perlu menempel).

Bagaimana cara meluncur yang benar dalam renang?

Pixabay Gerak dasar renang gaya dada Bobo.id – Untuk berlatih meluncur, ada dua cara yang bisa dilakukan. Dengan mengikuti cara meluncur yang benar, teman-teman dapat berenang seperti penjelasan materi penjasorkes kelas 3 SD. Meluncur adalah kemampuan lanjutan setelah teman-teman bisa mengapung di kolam renang.

  • Untuk latihan meluncur ini, teman-teman bisa menggunakan alat bantu atau pun tanpa alat bantu.
  • Baca Juga: Penjelasan Berbagai Zat pada Makanan Bergizi untuk Tubuh, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD Namun, saat berlatih meluncur sebaiknya teman-teman meminta orang tua atau kakak yang bisa berenang untuk mengawasi.

Berikut akan dijelaskan cara berlatih meluncur yang benar dan bisa teman-teman ikuti. Meluncur dengan Alat Meluncur dengan alat ini bisa dengan menggunakan alat bantu berupa pelampung. Dengan adanya pelampung, teman-teman tidak perlu khawatir tenggelam.

Pertama siapkan pelampung yang akan menjadi alat bantu. Lalu berdirilah di tepi kolam sambil memegang pelampung. Julurkan kedua tangan ke depan sambil memegang pelampung. Kemudian tekuk salah satu lutut sehingga bisa menapak pada dinding. Tolakkan kedua kaki pada dinding dengan keras sehingga badan akan meluncur.

Jaga kondisi tangan, kepala, badan, dan kaki agar tetap lurus rata dengan permukaan air. Baca Juga: Contoh Kombinasi Gerakan dengan Bantuan Alat, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD Pertahankan posisi badan, hingga gerakan dari tolakkan meluncur berhenti. Ulangi gerakan ini beberapa kali, hingga teman-teman mahir dan bisa terus seimbang.

Meluncur Tanpa Alat Jika teman-teman sudah yakin dan berani, cobalah latihan meluncur tanpa bantuan alat pelampung. Tapi pastikan ada orang yang mahir berenang mengawasi teman-teman, ya. Pertama teman-teman bisa berdiri dan bersandar pada dinding kolam. Posisikan satu kaki menapak pada dasar kolam, dan kaki yang lain menapak pada dinding.

Rebahkan tubuh dan tangan ke depan sehingga rata dengan permukaan air. Lalu angkat kaki yang menapak pada dasar kolam ke dinding dan rapatkan kedua kaki. Dorong kedua kaki yang menumpu pada dinding kolam, dengan begitu tubuh akan meluncur ke depan. Baca Juga: Manfaat Melakukan Gerak yang Diiringi Irama, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD Pastikan selama meluncur pandangan tetap di depan sambil menahan napas.

Teman-teman bisa merasakam tubuh terdorong dan terapung. Lakukan latihan ini berulang-ulang hingga teman-teman seimbang dan mahir. Nah, itu tadi cara melakukan latihan gerakan meluncur. Pastikan teman-teman melakukan gerakan ini setelah mampu mengapung di air. Dengan begitu risiko tenggelam akan lebih kecil saat berlatih meluncur.

Tonton video ini, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

You might be interested:  Tokoh Yang Mengemukakan Rancangan Dasar Negara Tersebut Adalah?

Bagaimana sikap awal gerak meluncur dalam renang gaya punggung brainly?

Bagaimana sikap awal gerak meluncur dalam gerak renang punggung​

Jawaban: jongkok dan lompatmaaf klok salah

terimakasih banyak atas bantuannya.

Jawaban: Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri di dinding kolam. Posisi salah satu kaki di tekuk dan telapak kaki menempel pada dinding kolam. Kemudian bungukkan badan ke depan dan luruskan kedua tangan kedepan. Pastikan posisi kedua tangan dan badan sejajar dengan permukaan air. : Bagaimana sikap awal gerak meluncur dalam gerak renang punggung​

Bagaimana sikap permulaan gerakan meluncur pada renang gaya dada?

#Pembalikan Gaya Dada – Pembalikan gaya dada harus dilakukan dengan kedua tangan menyentuh dinding bersama-sama. Setelah kedua tangan menyentuh dinding, pantat dan kedua kaki yang telah ditekukkan diputar ke samping sehingga mendekati dinding. Tangan satu per satu dilepaskan dan diluruskan ke muka disertai gerakan menolak yang kuat dari kedua kaki pada dinding.

Bagaimana sikap tubuh saat meluncur?

2 Gerakan ‘wajib’ saat berolahraga renang gaya dada | merdeka.com Merdeka.com – Pernahkah kamu mendengar tentang renang gaya dada? Renang gaya ini adalah renang yang paling sering digunakan. Dalam melakukannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti sikap ketika di atas air dan gerakan tungkai atau,

Untuk itu, yuk simak penjelasannya berikut ini. Sikap badan saat melakukan renang gaya dada adalah badan telungkup dan mendatar di permukaan air. Usahakan untuk merilekskan badan supaya tenaga yang keluar nggak jadi sia-sia. Saat meluncur, badan harus dalam mendatar di permukaan air, sedangkan saat mengambil napas badan harus sedikit menurun dari permukaan air.

Selain itu, letakkan kepala di atas permukaan air dan harus lebih tinggi dari posisi kaki. Nah, yang kedua adalah gerakan tungkai atau kaki pada saat melakukan renang gaya dada. Awali dengan kaki lurus ke belakang dan rapat, setelah itu tarik kedua kaki dan dua tumit harus tetap berdekatan.

Selain itu, jarak kedua lutut bisa selebar bahu. Gerakan menarik antara kedua kaki ini harus dilakukan perlahan karena ini adalah gerakan kontra. Setelah itu, buka kedua kaki dan tutup kembali dengan cepat. Gerakan yang cepat dan pukulan cambuk ini akan membuat badan terluncur ke depan. Saat melakukan gerakan meluncur, tahan muka hingga kecil karena dua kaki dan dua harus lurus ke depan.

Setelah itu, lakukan gerakan maju dan lakukan gerakan cambuk lagi. Tentunya hal ini harus diikuti dengan latihan yang rutin untuk bisa melakukannya dengan lancar. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya nggak terjadi kram waktu kamu turun ke air.

Bagaimana sikap awal gerak meluncur dalam renang gaya punggung?

3. Gerakan Lengan – Kemudian, teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung adalah sebagai berikut: Baca juga: Start Renang: Gaya Dada, Bebas, Punggung, dan Kupu-kupu

Salah satu ujung kaki dikaitkan dengan setang di tepi kolam, kaki yang lain bertumpu pada dinding kolam agak ke bawah untuk memberi kekuatan penyangga badan. Sikap badan terlentang, muka menghadap ke atas dengan dagu agak ditarik dan kedua lengan di sisi badan. Lengan secara bergantian di ayunkan lurus ke permukaan air melampaui kepala dan masuk ke air dengan posisi lengan disamping kepala. Setelah tangan masuk ke dalam air, maka dimulailah gerakan menarik dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus di sisi badan. Dayungan tangan dan tarikan lutut yang membentuk setengah salto membawa kedua lengan tiba di diding kolam. Setibanya kedua lengan di dindangan kolam, kedua lengan diluruskan ke atas kepala. Serentak tolakan kaki dengan meluruskan kedua lengan. Serentak tolakan kaki dengan melurus kab kedua belah lengan. Tubuh meluncur dari dinding kolam. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, hendaknya jari-jari tangan dirapatkan.

Bagaimana cara melakukan gerakan renang gaya bebas?

Hal ini sesuai dengan pendapat Midgley (2000: 239) renang gaya bebas dilakukan dengan cara berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

Bagaimana posisi kaki dan tangan pada saat meluncur pada renang gaya bebas?

Pembahasan – Gerakan meluncur merupaka awalan untuk melakukan setiap gaya renang. Dalam renang gaya bebas, gerakan meluncur juga digunakan untuk mengawali gerakan renang tersebut. Renang gaya bebas merupakan salah satu gaya renang tercepat dibandingkan dengan gaya renang lainnya.

Dalam renang gaya bebas, terdapat gerak dasar yang harus dikuasai. gerakn dasar dalam renang gaya bebas adalah.1. Gerakan meluncur. Gerakan meluncur pada renang gaya bebas dilakukan dengan posisi badan telungkup dan sejajar dengan air. Posisi kedua kaki lurus ke belakang dan kedua tangan lurus ke depan.2.

Gerakan tangan. Gerakan tangan pada renang gaya bebas dilakukan dengan mengayunkan ke depan atas secara bergantian. Ketika mengayunkan tangan, miringkan badan pada salah satu sisi yng digunakan untuk melakukan gerakan pernafasan.3. Gerakan kaki. Gerakan kaki pada renang gaya bebas dilakukan dengan melakukan gerakan naik turun secara bergantian di dalam air.

You might be interested:  Gambar Yang Paling Awal Atau Rancangan Gambar Disebut?

Urutan yang benar dari langkah langkah gerakan lengan pada renang gaya bebas adalah?

Fase mendorong – Pada fase ini gerakan mendorong dilakukan dengan kuat dan arahnya dari depan ke belakang sampai tangan di bawah dada. Berikut cara melakukan gerakan mendorong renang gaya bebas:

Tangan didorongkan ke belakang hingga siku lurus dan telapak tangan menghadap ke belakang. Kemudian siku ditarik ke atas rileks dan digeser ke depan pelan-pelan seirama dengan lengan yang lain. Pada saat siku ditarik sampai segaris dengan bahu, telapak tangan dan jari-jari tangan mengikuti gerakan siku tersebut. Setelah itu, telapak tangan dan jari-jari digeser ke depan lebih awal dari siku sampai berada di depan kepala dengan telapak tangan mengarah ke belakang dan jari-jari menuju ke bawah.

Renang gaya bebas disebut juga renang gaya apa?

Teknik renang gaya bebas untuk pemula – Renang gaya bebas, disebut juga front crawl atau freestyle stroke, merupakan salah satu teknik dasar dalam berenang dengan posisi badan telungkup, menggerakan kaki bergantian, dan gerakan lengan seperti kincir angin.

D ikutip dari SwimRight Academy, renang gaya bebas memungkinkan Anda untuk berenang jarak jauh tanpa merasa kelelahan. Hal ini lah yang membuat gaya renang ini biasanya dianjurkan sebagai teknik yang paling pertama yang sebaiknya dikuasai oleh pemula. Nah, beberapa teknik berenang gaya bebas yang perlu Anda lakukan, seperti gerakan tangan, gerakan kaki, dan pernapasan.

Berikut penjelasan dari masing-masing teknik tersebut.

Pada saat apakah lengan memberikan dorongan maksimal dalam renang gaya bebas?

Jelaskan teknik gerakan lengan renang gaya bebas! Teknik Gerakan LenganGerakan Lengan Pada Renang Gay Bebas Berperan Terutama Sebagai Tenaga Pendorong Dan Sebagai Pengatur Keseimbangan Tubuh. Gerakan Lengan Terdiri Dari 2 Gerakan, Yaitu :1. Gerakan Recovery, Yaitu Gerakan Lenhan Selama Di Luar Air Yaitu Memindahkan Telaoak Tangan Saat Keluar Dari Air Untuk Di Bawa Ke Depan Kepala Dan Masuk Ke Dalam Air.2.

Saran bro kalo ngetik mending jangan sering” make huruf kapital, soalnya jadi typo trus ketikan lu

: Jelaskan teknik gerakan lengan renang gaya bebas!

Mengapa renang gaya dada disebut juga dengan gaya katak?

Mengenal Macam-Macam Gaya Berenang Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa. Olahraga yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti menambah tinggi badan, kekuatan nafas yang bertambah hingga meningkatkan ketahanan tubuh karenanya seluruh otot dalam tubuh bergerak sepenuhnya ketika Anda sedang berenang. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh berbagai dari mulai anak kecil hingga dewasa. Olahraga yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti menambah tinggi badan, nafas yang bertambah panjang hingga meningkatkan ketahanan tubuh karenanya seluruh otot dalam tubuh bergerak sepenuhnya ketika Anda sedang berenang.

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai macam gaya berenang yang akan menjadi referensi untuk Anda yang menyukai olahraga berikut: Renang Gaya Dada – Breast Stroke Gaya dada atau lebih popular dengan sebutan gaya katak merupakan gerakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air,dan batang tubuh selalu dalam kondisi tetap.

Gerakan kedua belah kaki menendang ke luar sementara itu kedua belah tangan lurus ke depan. Kemudian kedua belah tangan ke samping seperti membelah air, gerakan badan atau tubuh meniru seperti katak yang sedang berenang, sehingga renang gaya dada juga disebut dengan gaya katak.

  1. Renang Gaya Punggung – Back Stroke Pada gaya renang ini dilakukan dengan posisi punggung yang menghadap permukaan air bukan.
  2. Sehingga untuk melakukan pernafasan pada gaya punggung cukup mudah karena hidung dan mulut Anda berada di luar permukaan air.
  3. Akan tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat atas dan tentunya tidak dapat melihat ke depan.

Saat dalam perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan dan start yang dilakukan yaitu didalam kolam renang. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

  1. Renang Gaya Kupu-kupu – Butterfly Gaya kupu-kupu ini sering disebut juga dengan gaya lumba-lumba.
  2. Cara untuk melakukan gaya kupu-kupu atau lumba-lumba ini adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lalu secara bersamaan kedua belah lengan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayun kedepan.

Sementara itu kedua kaki digerakkan ke bawah dan ke atas, seperti gerakan sirip ekor yang terdapat di ikan atau lumba-lumba. Untuk pernafasan dapat dihirup lewat mulut pada saat kepala berada di luar air dan dihembuskan kuat-kuat dari hidung dan mulut sebelum kepala muncul dari air.

Bagi pemula gaya yang satu ini akan menyulitkan. Renang Gaya Bebas – Free Style Renang dengan gaya bebas merupakan gerakan renang yang banyak orang-orang gunakan karena gerakannya yang simple, mudah dipahami, dan mudah untuk dilakukan. Cara berenang dengan gaya ini adalah posisi dada menghadap kedalam permukaan air.

Sedangkan kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Kemudian ketika berenang dengan gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air dan ketika hendak mengambil nafas dilakukan pada saat salah satu lengan ke luar lalu badan menjadi miring dan kemudian kepala berpaling ke samping.