Bagaimana Posisi Tubuh Penari Kecak Saat Melakukan Gerak Tari?

Bagaimana Posisi Tubuh Penari Kecak Saat Melakukan Gerak Tari
sebutkan langkah-langkah gerakan tari kecak secara terinci Tarian ini berawal dengan menggerak-gerakan badan ke kanan dan ke kiri mengikuti ritma yang diucapkan “cak – cak – cak – cak – cak”. Irama dari “cak-cak-cak-cak-cak” mulanya lambat, lama-kelamaan menjadi cepat diikuti dengan gerakan tangan yang digetarkan.

  1. Tarian Kecak lambat laun berkembang menjadi drama tari dengan menyelipkan kisah Ramayana dalam tariannya.
  2. Teknik tarian dan pakaian tari yang digunakan sangat sederhana.
  3. Dengan hanya bertelanjang dada dan bercawat, para penari membuat lingkaran beberapa baris.
  4. Di tengah-lingkaran terdapat lampu minyak kelapa.

Gerakan tubuh yang dilakukan penari adalah merebahkan diri ke belakang kadang bergantian, kadang serentak.

gp7004387 hai sampah masyarakat

Tarian ini berawal dengan menggerak-gerakan badan ke kanan dan ke kiri mengikuti ritma yang diucapkan “cak – cak – cak – cak – cak”. Irama dari “cak-cak-cak-cak-cak” mulanya lambat, lama-kelamaan menjadi cepat diikuti dengan gerakan tangan yang digetarkan. : sebutkan langkah-langkah gerakan tari kecak secara terinci

Bagaimana gerakan gerakan yg dilakukan dalam tari Kecak?

Gerakan Tari Kecak Gerakan yang paling utama dari tari kecak adalah mengangkat kedua tangan sambil berteriak ‘cak, cak, cak’. Namun, ini bukan sekadar gerakan badan semata, karena terdapat banyak makna yang mendalam di tiap gerakannya.

Bagaimana gerak tangan penari tari Kecak?

Keunikan Tari Kecak dan Unsur Cerita Di Dalamnya – Bagaimana Posisi Tubuh Penari Kecak Saat Melakukan Gerak Tari Malam Kesenian Indonesia Di Batam (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa) Makna tari kecak bisa dijadikan sebagai pelajaran yang berharga. Hal ini karena, dalam pementasannya para penari akan menampilkan beberapa adegan dari kisah ramayana. Sebuah lakon yang sedari dulu terkenal di tengah masyarakat Bali.

  1. Dalam pertunjukan, sekitar belasan penari utama akan bertindak memerankan sejumlah tokoh dari kisah ramayana.
  2. Umumnya, dua protagonis utama yakni Rama dan Sita akan memasuki panggung.
  3. Area ini sudah dikelilingi para penari lainnya yang membentuk pola lantai tari kecak, berupa melingkar.
  4. Gerakan tari kecak yang utama adalah mengangkat kedua tangan, sembari berteriak “cak cak cak”,

Suara “cak cak cak ” menjadi pengiring cerita ramayana. Kedua penari yang memerankan tokoh Rama dan Sita, akan menari dan mengisahkan bagaimana kedua tokoh tersebut menjalankan kesehariannya. Momen saat Rama pergi berburu, akan dimanfaatkan oleh raksasa jahat bernama Rahwana untuk menculik Sita.

Adegan pertama: mengisahkan upaya Rahwana dalam menculik Sita, dengan mengutus beberapa anak buahnya. Pada adegan ini, Rama diceritakan sedang berburu di dalam hutan. Adegan kedua: menampilkan konflik antara burung garuda, yang mencoba menyelamatkan Sita. Namun, upaya ini gagal karena Rahwana begitu kuat. Adegan Ketiga: menceritakan situasi Rama yang tersesat di dalam hutan dan tidak bisa menyelamatkan Sita. Ia kemudian meminta tolong kepada Hanoman untuk menyelamatkan istrinya. Adegan terakhir: mengisahkan keberhasilan Hanoman dalam menyelamatkan Sita dan membakar kerajaan Alengka Pura. Hanoman juga memberi kabar pada Shinta untuk menunggu kedatangan Rama. Cerita ramayana yang dipentaskan dan diiringi lantunan suara “cak cak cak cak”, menjadi keunikan tari kecak. Setiap atraksinya akan memukau penonton yang melihatnya.

Tari apakah yang digunakan dalam tari Kecak?

Busana Penari Kecak – Para lelaki yang duduk melingkari api unggun memakai busana adat khas Bali. Penari tersebut akan memaki sarung dengan motif kotak-kotak yang berwarna hitam dan putih, dilengkapi juga dengan kerincingan yang diikat pada pergelangan kaki.

  • Sedangkan untuk para penari yang memerankan tokoh dalam kisah ramayana akan mengenakan properti dan riasa yang menyerupai karakter yang diperankan.1.
  • Bara Api Tari kecak juga dikenal sebagai tari api karena salah satu properti yang digunakan dalam tari ini adalah bara api.
  • Dalam tari ini terdapat atraksi sakral dimana penari menginjak bara api dengan kaki telanjang.

Sehingga atraksi ini terasa mistis, para penari-pun tak merasakan sakit saat menginjak api.2. Bunga Kamboja Bunga kamboja sudah menjadi bagian dari masyarakat bali, karena bunga ini dianggap sebagai pembawa pencerahan dan kebaikan. Masyarakat bali percaya bahwa bunga adalah penghubung antara mereka dan alam.

  1. Bunga kamboja juga digunakan menjadi properti dalam tari kecak sebagai pelengkap ritual.
  2. Biasanya bunga kamboja di selipkan pada telinga.3.
  3. Gelang Kerincingan Selain suara “Cak”, gelang kerincingan yang diikatkan pada pergelangan tangan atau kaki penari tokoh ramayana menjadi sebuah iringan alat musik, karena menghasilkan suara yang indah dan cukup keras.4.
You might be interested:  Bagaimana Posisi Badan Saat Melakukan Gerakan Mendorong?

Selendang Para penari yang duduk melingkar atau pengiring tari akan mengenaikan sarung atau selendang warna hitam putih berbentuk kotak-kotan, layaknya papan catur. Tentu saja selendang tersebut dipakai bukan tidak punya arti, selendang khas Bali itu melambangkan konsep Rwa Bhineda yang telah diyakini masyarakat Bali.5.

  1. Topeng Propeti ini hanya digunakan oleh penari utama yang berperan sebagai Rahwana, Sugriwa dan Hanoman.6.
  2. Tempat Sesaji Tentu kita sudah tidak asing lagi jika bali terkenal dengan sesajennya, kita bisa menemui sesaji dimana saja.
  3. Termasuk pada tari kecak, sesaji digunakan sebagai properti yang membuat tari ini semakin sakral dan mistis.

Sesaji sendiri dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dan menangkal kesialan. Tari kecak merupakan satu dari sekian banyak tari tradisional khas Bali yang mampu menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun asing yang datang ke Bali. Tari Kecak sendiri dapat disaksikan di area wisata Uluwatu pada setiap hari jam 18.00 WITA.

Apa fungsi dari tari Kecak Bali?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menari kecak – Jika kamu berkunjung ke Bali, tentunya sangat kurang kalau kamu tidak menyaksikan beberapa pertunjukan tradisional asal pulau ini. Selain Tari Janger dan Bangor, pertunjukan lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Tari Kecak, tarian ini merupakan satu mahakarya asal Pulau Dewata berupa tarian dan drama musikal.

Pada umumnya pementasan ini diadakan di atas tebing yang menghadap ke laut, cerita ini sepenuhnya bergantung pada cahaya alami di saat hari itu juga. Bermula ketika senja, cerita berlanjut pada kegelapan, saat hanya ada cahaya yang datang dari obor bambu yang berkedip-kedip. Tahukah kamu Apa saja makna dari gerakan tarian Kecak ini? Berikut ulasannya Awal kisah dimulai saat para penari memasuki panggung pementasan.

Lalu, dilanjutkan dengan dibawa atau diculiknya Shinta oleh Rahwana. Kemudian, Rahwana bertarung melawan Jatayu serta Hanoman untuk menyelamatkan Shinta. Di dalam proses penyelamatan itu, Hanoman mengacaukan tempat penyekapan Shinta dengan cara membakar.

Akan tetapi, Hanoman malah terkepung oleh prajurit Rahwana dan hampir saja terbakar. Awalnya, Rama memang mengalami kekalahan. Tapi hal tersebut tak membuat surut Rama dalam menyelamatkan Shinta. Rama pun berdoa dengan kesungguhan hati dan kembali lagi berusaha untuk membawa kembali sang permaisurinya tersebut.

Hingga akhirnya, Rama berhasil mendapatkan Shinta dengan kondisi selamat. Dari kisah itulah, terdapat makna Tari Kecak yang cukup mendalam yaitu adanya kepercayaan pada kekuatan Tuhan. Hal itu dicerminkan pada tindakan Rama saat meminta pertolongan kepada Dewata.

Banyak masyarakat Bali yang percaya bahwa tarian ini dapat mendatangkan dewi yang sanggup mengusir segala marabahaya, baik itu bencana maupun penyakit yang menimpa masyarakat. Selain itu, Tari Kecak juga mengandung beberapa pesan moral di dalamnya, yakni: 1. Mengandalkan kekuatan tuhan Pada tari Kecak, terdapat adegan di mana Rama meminta pertolongan pada Dewata (Tuhan).

Hal ini membuktikan bahwa Rama mempercayai adanya kekuatan Tuhan untuk menolong dirinya. Tari Kecak juga dipercaya sebagai salah satu ritual guna memanggil dewi yang dapat mengusir penyakit dan melindungi masyarakat dari kekuatan jahat yang datang. Dewi yang umumnya dipanggil dalam ritual ini yaitu Dewi Suprabha atau disebut juga Tilotama.2.

Mengandung nilai seni tinggi Tarian ini tidak diiringi dengan musik maupun alunan gamelan, walaupun demikian Tari Kecak tetap tampak indah dan enak dinikmati. Gerakan yang dibuat oleh para penari tersebut, dapat tetap seirama. Itulah yang menjadikannya bernilai seni tinggi dan disukai oleh para wisatawan.

Meskipun para wisatawan yang datang melihat pertunjukan kesenian tradisional berupa Tari Kecak tidak beragama Hindu, akan tetapi mereka merasa senang melihat pertunjukan tarian kecak. Rasanya seperti ada yang kurang manakala ke Bali tidak menonton tarian ini.3.

  1. Mengandung banyak pesan moral Dibalik pertunjukannya yang enak disaksikan, Tari Kecak juga mengandung banyak pesan moral yang cukup mendalam, Misalnya, kesetiaan Shinta terhadap suaminya yaitu Rama.
  2. Serta Burung Garuda yang rela mengorbankan sayapnya demi menyelamatkan Shinta dari cengkeraman Rahwana.

Dari cerita inilah, kita semua juga diajarkan bahwa agar tidak mempunyai sifat buruk seperti Rahwana yang memiliki sifat serakah dan suka mengambil hak milik orang lain secara paksa.

Manakah bagian tubuh yang paling banyak melakukan gerakan pada tarian Kecak?

anggota tubuh yang paling aktif diggerakkan dalam tarian bali adalah​ Jawaban: tangan, kaki dan badan

Jawaban: Kepala dan juga tangan.Contohnya bisa dilihat dari Tari Pendet Bali Penjelasan: Maaf kalau salah, semoga membantu.

: anggota tubuh yang paling aktif diggerakkan dalam tarian bali adalah​

Penari Kecak ada berapa?

Mengenal Sejarah dan Asal Tari Kecak – Budaya Indonesia sangatlah beragam jenisnya, bahkan keanekaragamannya telah terkenal sampai ke berbagai dunia. Berbicara mengenai tarian tradisional Indonesia, semuanya memiliki sejarah dan nilai luhur masing-masing.

  1. Salah satu seni tari yang dimiliki dan perlu dilestarikannya adalah Tari Kecak.
  2. Tarian ini mempunyai cerita, sejarah, hingga filosofi tarian khasnya.
  3. Tarian tersebut berasal dari Pulau Bali.
  4. Pulau yang terkenal akan destinasi wisata yang cukup banyak tersebut, memiliki tarian yang unik bernama Kecak.
  5. Dengan keunikan menjadikan tarian tersebut disukainya oleh beberapa masyarakat pendatang yang berminat untuk mempelajarinya.

“Cak, Cak, Cak” itulah suara khas yang biasa kamu dengar ketika melihat pertunjukan Tari Kecak Bali. Tarian Kecak ini merupakan sebuah seni drama tari yang diperankan oleh 50 sampai 150 orang penari. Sesuai dengan namanya tari ini, terdiri dari para penari yang sebagian besar yaitu pria yang duduk bersila membentuk sebuah lingkaran.

Pakaian yang dikenakannya tersebut berupa kain sarung dan kain kotak yang memiliki warna hitam putih seperti papan catur yang diikatkan melingkar ke pinggang penari. Bagi kamu yang berwisata atau bertempat tinggal di Bali, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Tari Kecak. Tarian ini yang dipertunjukkan ketika ada acara, tamu, ataupun lainnya.

Rupanya menarik para simpatik para penonton atau pengunjung yang datang melihatnya. Namun, dibalik kepopulerannya tarian tersebut, tersimpan sebuah asal, sejarah, makna, serta beberapa properti yang digunakannya dalam tarian ini. Untuk mengenali secara lebih lengkapnya mengenai Tarian Kecak tersebut.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Meluncur Saat Berenang?

Apa jenis pola lantai yang digunakan tarian Kecak pengembangan dari pola lantai apa?

Pola Lantai Garis Lengkung –

Pola lantai garis lengkung memberi kesan lembut dan lemah yang manis. Bentuk pola lantai garis lengkung bisa dikembangkan jadi bentuk lingkaran, setengah lingkaran, angka delapan, lengkung seperti busur yang menghadap ke depan atau belakang, lengkung ular, spiral, dan huruf S.

Apakah gerakan tari Kecak cepat atau lambat?

Halo Park, kakak bantu jawab ya. Adapun jawaban yang tepat adalah cepat ya. Silahkan simak penjelasan berikut ini. Gerakan utama Tari Kecak adalah mengangkat kedua tangan dan bersuara “cak” disertai dengan tempo dari lambat ke cepat dengan suara kerincing ornament yang menambah keunikan tarian popular dari Bali ini.

Hal ini sama seperti yang tertulis di buku Keanekaragaman Seni Tari Nusantara, Resi Septiana Dewi, 2012. Saat menampilkan Tari Kecak, gerakan penari dibagi menjadi 4 bagian adegan. Adegan pertama adalah kisah saat Shinta diculik oleh Rahwana ketika Rama sedang berburu di hutan. Adegan kedua berkisah tentang burung garuda yang berusaha menolong Shinta tapi gagal karena sayapnya putus ditembak oleh Rahwana.

Adegan ketiga bercerita tentang Rama dan Laksmana yang tersesat di hutan sehingga meminta Hanoman untuk menyelamatkan Shinta dari Rahwana. Lalu adegan keempat atau yang terakhir adalah saat Hanoman membakar kerajaan Alengka Pura dan mengabarkan pada Shinta untuk tenang serta menunggu datangnya pertolongan dari Rama.

Apa kesan yang timbul dari tari Kecak berdasarkan pola lantainya?

Bagaimana Posisi Tubuh Penari Kecak Saat Melakukan Gerak Tari Perbesar Pola Lantai Tari Kecak. Foto: Pixabay Tari Kecak diciptakan oleh seniman Bali bernama Wayan Limbak dan pelukis asal Jerman, Walter Spesies pada 1930-an. Pada dasarnya, Tari Kecak menceritakan kisah Ramayana, tepatnya soal Dewi Shinta yang diculik oleh Rahwana saat Rama sedang berburu di hutan.

  1. Tari ini diperagakan oleh puluhan penari laki-laki yang bertelanjang dada dengan mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur yang melingkar di pinggang hingga lutut.
  2. Selain itu, ada penari lainnya yang memerankan tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan lainnya.
  3. Tidak seperti tari pada umumnya, Tari Kecak tidak menggunakan alat musik seperti gamelan.

Yang mengiringinya adalah kata “cak” yang dilantunkan para penari sambil mengangkat tangan. Puluhan penari tersebut menciptakan musik secara akapela dari kata “cak” yang diucapkan. Kemudian, terdapat alunan suara kerincingan yang diikatkan pada kaki penari yang memerankan tokoh Ramayana.

Pada pertunjukkan Tari Kecak, ada seseorang yang bertugas sebagai pemimpin untuk memberikan nada awal. Lalu, ada juga yang bertugas untuk menekankan nada rendah dan tinggi. Kemudian, ada yang berperan sebagai dalang untuk mengantarkan alur cerita. Untuk pola lantai Tari Kecak sendiri adalah garis lengkung yang membentuk lingkaran.

Para penari akan duduk melingkar dan di tengahnya terdapat api unggun. Pola lantai Tari Kecak ini mencerminkan kekompakan, kebersamaan, dan kerukunan. Selain itu, gerakan tari ini juga mengandung ritual agama.

Apakah tari Kecak mempunyai pola lantai lingkaran?

Tari Kecak memiliki pola lantai berbentuk garis lengkung atau melingkar.

Tari Kecak dari Bali termasuk tata panggung ruang gerak apa jelaskan?

Jelaskan teknik pentas pada tari kecak dari bali Kategori : seni tari materi : mengenal tarian daerah pembahasan : • teknik pentas pada tari kecak menggunakan panggung terbuka yaitu dengan posisi melingkar atau pola lantai lengkung seperti menggambarkan kesatuan dengan salah satu penari utama ditengah yang dilingkari penari lain. cenderung ke gerakan tangan. semoga membantu. : Jelaskan teknik pentas pada tari kecak dari bali

Bagaimana ciri ciri dari gerakan tari Bali?

1. Gerakan Lincah dan Cepat – Ciri-ciri tari bali gerakannya sangat lincah, cepat dan dinamis, contohnya seperti dalam gerakan Tari Margapati. Tarian bali ini memiliki makna sebagai tarian menuju kematian. Dalam tarian Margapati, kita akan melihat penari yang gagah dan gerakannya lincah seperti laki-laki.

Perubahan posisi atau sikap anggota badan pada saat menari disebut apa?

Ilustrasi perubahan posisi atau sikap badan pada saat menari. Foto: Unsplash Perubahan posisi atau sikap anggota badan pada saat menari disebut juga dengan gerak tari. Gerak tari merupakan unsur utama yang membangun seni tari dan melibatkan unsur anggota badan manusia.

Tari-tarian merupakan salah satu kesenian yang banyak ditemukan di Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), tari merupakan gerakan badan yang berirama dan biasanya diiringi dengan bunyi-bunyian. Dalam seni tari, anggota badan manusia menjadi unsur yang ditonjolkan untuk menampilkan unsur keindahan melalui gerakan-gerakan yang dilakukan.

Baik itu gerakan tangan, tubuh, kepala, maupun gerakan kaki. Selain itu, gerak tari juga bukan termasuk gerak realistis, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif dan estetik. Gerak dalam tarian juga berfungsi sebagai saran untuk mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreografi yang telah dirancang sebelumnya.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Negosiasi Yang Benar?

Bagaimana gerakan dalam tari Kecak brainly?

bagaimana cara melakukan gerakan tari kecak Penjelasan: Tarian ini berawal dengan menggerak-gerakan badan ke kanan dan ke kiri mengikuti ritma yang diucapkan “cak – cak – cak – cak – cak”. Irama dari “cak-cak-cak-cak-cak” mulanya lambat, lama-kelamaan menjadi cepat diikuti dengan gerakan tangan yang digetarkan.

  1. Tarian Kecak lambat laun berkembang menjadi drama tari dengan menyelipkan kisah Ramayana dalam tariannya.
  2. Teknik tarian dan pakaian tari yang digunakan sangat sederhana.
  3. Dengan hanya bertelanjang dada dan bercawat, para penari membuat lingkaran beberapa baris.
  4. Di tengah-lingkaran terdapat lampu minyak kelapa.

Gerakan tubuh yang dilakukan penari adalah merebahkan diri ke belakang kadang bergantian, kadang serentak. Simak lebih lanjut di Brainly.co.id –

diapa yg mau jdi pacar aku

: bagaimana cara melakukan gerakan tari kecak

Bagaimana gerakan tari Kecak cepat atau lambat?

Halo Park, kakak bantu jawab ya. Adapun jawaban yang tepat adalah cepat ya. Silahkan simak penjelasan berikut ini. Gerakan utama Tari Kecak adalah mengangkat kedua tangan dan bersuara “cak” disertai dengan tempo dari lambat ke cepat dengan suara kerincing ornament yang menambah keunikan tarian popular dari Bali ini.

Hal ini sama seperti yang tertulis di buku Keanekaragaman Seni Tari Nusantara, Resi Septiana Dewi, 2012. Saat menampilkan Tari Kecak, gerakan penari dibagi menjadi 4 bagian adegan. Adegan pertama adalah kisah saat Shinta diculik oleh Rahwana ketika Rama sedang berburu di hutan. Adegan kedua berkisah tentang burung garuda yang berusaha menolong Shinta tapi gagal karena sayapnya putus ditembak oleh Rahwana.

Adegan ketiga bercerita tentang Rama dan Laksmana yang tersesat di hutan sehingga meminta Hanoman untuk menyelamatkan Shinta dari Rahwana. Lalu adegan keempat atau yang terakhir adalah saat Hanoman membakar kerajaan Alengka Pura dan mengabarkan pada Shinta untuk tenang serta menunggu datangnya pertolongan dari Rama.

Tarian yang duduk melingkar dengan menyanyikan lagu cak cak cak tarian ini berasal dari Bali disebut tarian apa nama tarian tersebut?

12. Tari Puspanjali – Tari puspanjali adalah tarian Bali yang berfungsi sebagai tari penyambutan. Tarian ini dimainkan oleh 5 sampai 7 orang penari wanita dengan mengenakan pakaian adat Bali. Pakaian yang dikenakan terinspirasi dari upacara rejang dalam penyambutan tamu undangan.

Tari Kecak merupakan salah satu gerakan yang memerlukan kekuatan apa?

Kekuatan yang Diperlukan dalam Gerakan Tari Kecak beserta Keunikannya – Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup populer dengan keragaman budayanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya keragaman seni yang dimiliki tiap daerah di Indonesia, termasuk Bali.

  • Bali merupakan salah satu pulau sekaligus provinsi yang cukup banyak diminati karena banyaknya destinasi wisata menarik di dalamnya.
  • Tak hanya itu, Bali juga memiliki kesenian khas yang cukup dikenal bagi masyarakat dalam maupun luar negeri.
  • Tari Kecak merupakan salah satu seni tari asal Bali yang menyimpan keunikan tersendiri.

Dalam tarian ini bahkan menyimpan cerita khusus yang menarik untuk diketahui. Sebagaimana yang tertulis dalam buku berjudul Buku Siswa Seni Budaya SMA/MA Kelas 10 yang ditulis oleh Jelly Eko Purnomo, S.Pd. & Zefri Yandra, S.Pd. (2021:168) menyebutkan bahwa Tari Kecak dari Bali yang memiliki jumlah penari lebih dari dua puluh orang ini sebenarnya merupakan tarian adat tradisional Bali yang dulunya sebagai tarian sebuah prosesi keagamaan Hindu Bali.

Ilustrasi Kekuatan yang Diperlukan dalam Gerakan Tari Kecak. Foto: dok. Sifrianus Tokan (Unsplash.com) Masih dalam buku yang sama juga disebutkan bahwa tarian ini termasuk ke dalam bagian tari Sang Hyang atau jenis tari kerasukan roh (karawuhan) sehingga tak heran tari kecak mempertunjukan seorang penari yang akan kerasukan roh sehingga menjadi jembatan atau media komunikasi dengan para dewa dan pengusir roh jahat.

Tarian dilakukan sambil duduk membentuk sebuah lingkaran. Keunikan tari kecak dari Bali ini tercipta karena perpaduan antara seni, budaya dan kisah mistik dalam sebuah gerakan tari yang mengagumkan. Tari Kecak dilakukan dengan sambil duduk membentuk sebuah lingkaran.

  • Eunikan tarian ini adalah tidak menggunakan instrumen alat musik sama sekali untuk mengiringi tarian.
  • Musik pengiring yang digunakan hanya dihasilkan dari suara penarinya.
  • Tari kecak ini juga terbilang cukup monoton karena gerak tari kecak didominasi dengan degan sikap duduk.
  • Penjelasan mengenai gerakan tari kecak tersebut dipaparkan lebih rinci dalam buku Seni Budaya Keterampilan karya Drs.

Sri Murtono, M.Pd. dkk. (2007:125). Dalam buku tersebut memaparkan bahwa Tari kecak memiliki keunikan berupa gerakan tariannya yang monoton atau tidak banyak variasi, gerakan tari kecak banyak dilakukan dengan duduk melingkar dengan tangan digerak gerakan di atas kepala.

  • Ilustrasi Kekuatan yang Diperlukan dalam Gerakan Tari Kecak.
  • Foto: dok.
  • Den (Unsplash.com) Tak hanya itu, keunikan gerakan Tari Kecak juga disebutkan dalam buku Yuk, Mengenal Tari Daerah 34 Provinsi di Indonesia yang disusun oleh Tim Redaksi, ‎Inoer H (2017: 23) yang memaparkan bahwa Tari Kecak dibawakan oleh ratusan penari yang hanya mengenakan kain kemban, sedang tokoh cerita Ramayana mengenakan pakaian tradisional Bali.

Gerak tari menirukan gerakan alam, seperti gerak angin, api, pohon, gelombang laut, tepuk tangan, melompat-lompat, dan menirukan gerakan binatang. Setiap gerakan diiringi desis atau sorak penarinya. Dari pemaparan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa Tari Kecak merupakan salah satu gerakan yang memerlukan kekuatan pada kaki dan tangan.