Bagaimana Posisi Kaki Saat Melakukan Gerak Ritmik?

Bagaimana Posisi Kaki Saat Melakukan Gerak Ritmik
Bagaimana posisi kaki saat melakukan gerak ritmik?

Penjelasan: • Sikap awal, berdiri tegak dengan kedua tangan di samping badan.• Hitungan 1, kaki kiri dilangkah ke depan kaki kanan.• Hitungan 2, kaki kanan diangah merapatkan ke kaki kiri.• Hitungan 3, kaki kanan dilangkah ke depan.• Hitungan 4, kaki kiri dilangkah merapat ke kaki kanan.Semoga membantu✨ tolong dijadikan jawaban tercerdas ya

: Bagaimana posisi kaki saat melakukan gerak ritmik?

Bagaimana seharusnya gerakan kaki pada saat mengikuti irama?

bagaimana sikap kaki, ketika melakukan gerak berirama?​

  • Jawaban:
  • Gerakan langkah biasa pada aktivitas gerak berirama dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
  • Berdiri dengan sikap tegak rileks.
  • Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.
  • Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.
  • Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian.
  • Penjelasan:
  • maap jawab nya lama, sinyal lemot 🙁
  • Jadikan jawaban Tercerdas ya :))))
  1. • Berdiri dengan sikap tegak rileks.
  2. •Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.
  3. •Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.
  4. •Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian.
  5. °maaf kalo salah semoga membantu

: bagaimana sikap kaki, ketika melakukan gerak berirama?​

Bagaimana sikap permulaan pada latihan senam irama?

Sikap tegak anjur kaki kiri atau kaki kanan – Sikap awal tubuh ini dibagi menjadi enam jenis. Perbedaannya terletak pada posisi kaki serta letak kaki. Sikap awal ini dilakukan oleh kedua kaki, secara bergantian. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah penjelasannya:

Tegak anjur kaki kiri

Sikap awal tubuh ini dilakukan dengan kaki kiri berdiri di depan kaki kanan. T umit kaki kiri diangkat atau bagian ujung kaki kiri menyentuh permukaan lantai. Pada sikap awal tubuh ini, berat badan bertumpu pada kaki kanan serta posisi lutut kaki kanan agak sedikit ditekuk.

Tegak anjur kaki kanan

Sikap ini sama seperti sikap tegak anjur sebelumnya. Hanya saja posisi kakinya yang berubah. Pada sikap tegak anjur ini, kaki kanan berdiri di depan kaki kiri. Ujung kaki kanan menyentuh permukaan lantai dengan bagian tumitnya diangkat. Pada sikap tegak ini, berat badan bertumpu pada kaki kiri dan lutut kaki kiri agak sedikit ditekuk. Baca juga: Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai

Tegak anjur kaki kiri ke belakang

Sikap awal ini dilakukan dengan lutut kaki kanan sedikit ditekuk. Kaki kanan diluruskan ke belakang. Posisi tumit kaki kanan diangkat atau menyent uh lantai dengan ujung kaki kanan.

Tegak anjur kaki kanan ke belakang

Sikap awal ini dilakukan dengan lutut kaki kiri sedikit ditekuk. Kaki kanan diluruskan ke belakang. Hal ini dilakukan bersamaan dengan mengangkat ujung tumit kaki kanan.

Tegak anjur kaki kiri ke samping

Sikap awal ini mengharuskan pesenam berdiri tegak di atas kaki kanan dengan posisi lutut sedikit ditekuk. Posisi kaki kiri lurus ke samping kiri dengan posisi tumit kaki diangkat.

Tegak anjur kaki kanan ke samping

Sikap awal ini dilakukan dengan berdiri tegak menggunakan kaki kiri. Lutut kaki sedikit ditekuk. Sedangkan posisi kaki kanan lurus ke samping kanan dengan posisi tumit kaki diangkat. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Menganalisis gerak ritmik langkah kaki langkah biasa dikenal juga dengan istilah?

Bobo.id – Sesuai dengan namanya, senam irama atau senam ritmik adalah gerakan yang disesuaikan dengan irama musik, nyanyian, atau hitungan yang dikehendaki. Unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama, meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama.

Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan dan putaran tangan. Sehingga, senam irama melibatkan seluruh tubuh untuk bergerak, seperti kepala, lengan, togok, dan kaki. Baca Juga: Penjelasan Lengkap Gerak Dominan Senam Ketangkasan, Materi PJOK Kelas 5 SD Senam irama dapat dilakukan dengan alat, maupun tanpa alat.

Contoh alat yang sering digunakan dalam senam irama adalah tongkat, bola, pita, topi, dan simpai. Nah, jika kita ingin melakukan senam irama, kita harus mempelajari gerakan-gerakannya. Salah satu gerakan yang harus dipelajari adalah gerakan langkah kaki.

Apa saja macam-macam gerakan langkah kaki dalam senam irama? Yuk, cari tahu gerakan langkah kaki lengkap beserta istilah dan cara melakukannya! Baca Juga: Mengenal Organ Gerak pada Manusia dan Hewan Macam-Macam Gerakan Langkah Kaki dalam Senam Irama Bersumber dari freedomsiana.id, gerakan langkah adalah berpindahnya salah satu kaki belakang ke depan kaki yang lainnya dengan berbagai variasi.

Macam-macam gerakan langkah kaki dalam senam irama, meliputi langkah biasa (looppas), langkah keseimbangan (balanspas), langkah ke depan (galloppas), langkah tiga (wallpas), langkah lingkar (huppelpas), langkah rapat (by trekpas), langkah menyamping (zijpas), langkah silang (kruispas), langkah ganti (wisselpas), langkah pantul (kootspas), dan langkah putar (draipas).

Seperti apa cara melakukan gerakan langkah itu? Yuk, kita bahas satu per satu.1. Langkah Biasa (looppas) Gerakan yang pertama adalah langkah biasa atau yang biasa disebut dengan istilah looppas, Cara melakukan langkah biasa: a. Sikap awal Dimulai dengan skap awal berdiri tegak. Lalu, kedua lengan berada di samping badan.b.

Hitungan Satu Langkahkan kaki kanan ke depan dengan meletakkan tumit terlebih dahulu, telapak kaki, kemudian baru ujung jari kaki yang terakhir. Baca Juga: Macam-Macam Pola Gerak Dominan dalam Senam Lantai Menggunakan Alat: Tolakan Hingga Mendarat c. Hitungan Dua Ganti kaki kiri yang dilangkahkan, dan lakukan seterusnya.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Menangkap Bola Menyusur Tanah Permainan Kasti?

Perlu diingat, lutut haurs mengeper dalam melangkah. Irama musik yang sering digunakan saat melakukan langkah biasa adalah 2/4, 3/4, atau 4/4.2. Langkah Keseimbangan (Balanspas) Macam-macam gerakan langkah dalam senam irama berikutnya adalah langkah keseimbangan. Gerakan langkah ini biasa disebut dengan istilah balanspas atau balance pas,

Cara melakukan langkah keseimbangan: a. Sikap awal Sikap awal berdiri tegak.b. Hitungan Satu Langkahkan kaki kiri ke depan. Baca Juga: Macam-Macam Pola Gerak Dominan dalam Senam Lantai Tanpa Alat: Bertumpu Hingga Keseimbangan c. Hitungan Dua Kaki kanan menyusul ke depan.

Sebelum kaki kanan menapak atau saat masih angkat tumit, kaki kiri mundur. Gerakan ini langsung diikuti dengan kaki kanan merapat. Irama musik saat melakukan langkah keseimbangan adalah 3/4 atau 4/4.3. Langkah Rapat (By Trekpas) Gerakan langkah dalam senam irama berikutnya adalah langkah rapat atau biasa disebut dengan istilah by trekpas.

Cara melakukannya: a. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak.b. Hitungan Satu Langkahkan kaki kiri ke depan.c. Hitungan Dua Langkahkan kaki kanan ke depan dan letakkan telapak kaki kanan sejajar dengan kaki kiri, lutut mengeper. Selanjutnya, langkahkan kaki kanan, kaki kiri diletakkan sejajar dengan kaki kanan, lutut mengeper, dan seterusnya.

  • Langkah rapat biasanya menggunakan musik dengan irama 3/4 aau 4/4.4.
  • Langkah ke Depan (Galloppas) Gerakan langkah dalam senam irama berikutnya adalah langkah ke depan.
  • Gerakan ini biasa disebut dengan istilah galloppas.
  • Untuk mempermudah melakukan gerakan langkah ini, sebaiknya kita kuasai langkah rapat lebih dulu, ya.

Cara melakukan langkah ke depan: a. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak.b. Hitungan Satu Langkahkan kaki kanan ke depan.c. Hitungan Dua Kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan melangkah lagi (satu hep dua). Selanjutnya langkahkan kaki kiri disusul langkah kaki kanan, kemudian langkah kaki kiri lagi.

  1. Gerakan langkah depan biasanya diringi musik dengan irama 3/4 atau 4/4.
  2. Baca Juga: Contoh Gerakan Lokomotor dalam Senam Irama, Ada Apa Saja, ya? 5.
  3. Langkah Tiga (Wallpas) Gerakan langkah tiga dikenal juga dengan istilah wallpas,
  4. Cara melakukan langkah tiga: a.
  5. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak.b.
  6. Hitungan Satu Langkahkan kaki kanan lebar ke depan.c.

Hitungan Dua Langkahkan kaki kiri setengah langkah dan angkat tumit.d. Hitungan Tiga Langkahkan kaki kanan setengah langkah dan angkat tumit. Pandangan ke depan, lutut tidak ditekuk. Selanjutnya, ganti mulai kaki kiri. Gerakan langkah ini biasanya diiringi musik dengan irama 3/4.6.

  1. Langkah Lingkar (Huppelpas) Gerak langkah lingkar disebut juga dengan istilah huppelpas.
  2. Cara melakukan gerak langkah lingkar: a.
  3. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak.b.
  4. Hitungan Satu Kaki kiri melangkah ke depan.c.
  5. Hitungan Dua Angkat kaki kanan sambil ditekuk membentuk sudut 90 derajat.d.
  6. Hitungan Tiga Kaki kanan diletakkan.e.

Hitungan Empat, Angkat kaki kiri dan ditekuk membentuk sudut 90 derajat.7. Langkah Samping (Zijpas) Gerakan langkah samping atau langkah menyamping dikenal dengan istilah zijpas, Baca Juga: Ketahui tentang Kekompakan dalam Tayangan Sahabat Pelangi: Senam Irama di Video Ini Cara melakukan langkah samping: a.

  • Sikap Awal Sikap langkah kaki kiri.b.
  • Hitungan Satu Angkat dan langkahkan kaki kiri ke samping kiri.c.
  • Hitungan Dua Putar badan 180 derajat ke kiri dan langkahkan kaki kanan hingga menghadap ke arah sebaliknya.d.
  • Hitungan Tiga Putaran dilanjutkan, angkat kaki kiri dengan putaran melalui belakang, kaki kiri diletakkan di samping kaki kanan kembali ke hadap semula.8.

Langkah Silang (Kruispas) Gerakan langkah silang disebut juga dengan istilah kruipas, Cara melakukan langkah silang: a. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak, kaki sedikit dikangkang.b. Hitungan Satu Kaki kiri disilangkah di depan kaki kanan.c. Hitungan Dua Kaki kanan melangkah ke samping kanan.9.

  • Langkah Ganti (Wisselpas) Gerakan langkah ganti disebut juga dengan istilah wisselpas,
  • Cara melakukan langkah ganti: a.
  • Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak.
  • Baca Juga: Cari Tahu Kisah Sahabat Pelangi Lakukan Senam Irama di Video Ini! b.
  • Hitungan Satu Langkahkan kaki kanan ke depan.c.
  • Hitungan Dua Tepat saat mengucapkan ‘du’ putar kaki kiri dan bersama-sama dengan kaki kanan ke depan dengan cepat.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Menahan Bola Dalam Sepak Bola?

Langkah berikutnya dimulai dari kaki kiri. Gerakan langah ini biasanya iiringi musik dengan irama 4/4 atau 2/4.10. Langkah Pantul (Kaatpas) Gerakan langkah pantul disebut juga dengan istilah kaatpas, Cara melakukan langkah pantul: a. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak.b.

  1. Hitungan Satu Kaki kiri melangkah ke depan, kaki kanan ditarik ke atas, mulai ujung kaki hingga lutut.c.
  2. Hitungan Dua Letakkan kaki kanan di tempat semula diikuti kaki kiri.11.
  3. Langkah Putar Silang (Draipas) Gerakan langkah putar silang dikenal juga dengan istilah draipas,
  4. Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 3 Tema 8, Arti Tunas Kelapa sebagai Lambang Gerakan Pramuka a.

Sikap Awal Sikap awal, sikap langkah kaki kiri.b. Hitungan Satu Angkat dan langkahkan kaki kiri ke samping kiri.c. Hitungan Dua Putar badan 180 derajat ke kiri dan langkahkan kaki kanan hingga menghadap ke arah sebaliknya.d. Hitungan Tiga Putaran dilanjutkan, angkat kaki kiri dengan putaran melalui belakang, kaki kiri diletakkan di samping kaki kanan kembali ke hadap semula. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Urutkan dengan tepat cara melakukan gerakan langkah ke samping kiri dan kanan?

Cara Melakukan Gerak Langkah Samping Dalam Senam Irama Rabu, 26 Januari 2022, 16:22 WIB Peserta senam di lapangan Kemenpora ini menguasai cara melakukan gerak langkah samping dalam senam irama. (Foto: Kemenpora) Cara melakukan perlu diketahui. Gerak langkah ke samping dalam disebut juga dengan istilah zijpass.

  • Zijpas adalah salah satu gerakan langkah kaki pada irama yang lazim dilakukan.
  • Adapun pengertian senam irama adalah jenis senam yang gerakannya dilakukan mengiringi irama musik.
  • Irama yang digunakan biasanya 2/4, 3/4, atau 4/4.
  • Dalam prakteknya, senam ini menggunakan alat berupa pita, simpai, tongkat, topi dan gada ataupun bisa juga tanpa alat.

Baca Juga : Dalam senam irama, ada beberapa bagian tubuh yang dituntut untuk selaras dengan irama, meliputi kepala, lengan, togok dan kaki. Unsur-unsur penting yang harus diperhatikan dalam senam ini yakni fleksibilitas, kelenturan, keluwesan, keseimbangan, kontinuitas dan ketepatan dengan irama.

  • Seperti olahraga pada umumnya, gerakan pada senam irama pun memiliki manfaat bagi tubuh.
  • Mulai dari menghilangkan cedera otot, melemaskan otot-otot tubuh, meningkatkan kesehatan, memperluas gerak persendian, meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani.
  • Umumnya ada 11 jenis gerak pada senam irama, salah satunya gerak langkah samping atau zijpas.

Untuk melakukan gerakan ini, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan dan diikuti. Baca Juga : Gerak Langkah Samping dalam Senam Irama

Sikap awal tegak dengan kedua tangan di pinggang. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kanan ke samping kanan. Kemudian pada hitungan kedua, langkahkan kaki kiri ke samping kanan mengikuti kaki kanan, lalu rapatkan. Terakhir, gerakan dilakukan secara bergantian dan berulang-ulang. Terlebih lagi, gerakan harus dilakukan secara rileks dan sesuai dengan irama.

Itulah tata cara melakukan gerak langkah samping dalam senam irama. Semoga bermanfaat bagi para pembaca ( zahran fathin syafaatullah ) Editor : Maruf : Cara Melakukan Gerak Langkah Samping Dalam Senam Irama

Untuk melakukan teknik gerak langkah kaki dengan benar pada tahap persiapan adalah?

Hello Winafajria W, Kak Fariz bantu jawab ya. Jawaban yang benar adalah D. Berdiri sikap tegap. Yuk simak pembahasan berikut. Senam irama merupakan salah satu cabang olahraga senam yang memadukan antara gerak tarian dengan irama musik. Gerakan pada senam irama ini berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik dan lain sebagainya.

Langkah kaki gerak irama meliputi?

5 Macam Gerak Langkah Kaki dalam Senam Irama Buku Penjaskes Kelas VII Ilustrasi Gerak Langkah dalam Senam Irama. TRIBUNNEWS.COM – Senam irama disebut juga dengan aktivitas gerak berirama.

  • Senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama.
  • Senam ini dapat dilakukan dengan ataupun tanpa menggunakan alat.
  • Adapun alat yang sering digunakan dalam senam irama yakni gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi.
  • Baca juga:

Dikutip dari Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII (2017) oleh Muhajir, dalam senam irama terdapat lima gerak langkah kaki. Macam-macam gerak langkah itu meliputi langkah biasa, rapat, keseimbangan, depan, dan silang. Bagaimana Posisi Kaki Saat Melakukan Gerak Ritmik Penjaskes kelas VII halaman 230 (Buku Penjaskes kelas VII)

  1. Berikut cara melakukan gerak langkah yang telah disebutkan itu.
  2. 1. Langkah biasa
  3. Gerakan langkah biasa bisa dilakukan dengan cara:

a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.b. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.c. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.d. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian.2. Langkah rapat : 5 Macam Gerak Langkah Kaki dalam Senam Irama

Langkah kaki depan dilakukan dengan irama *?

KOMPAS.com – Bentuk latihan kebugaran berupa senam irama mempunyai jenis gerakan langkah kaki yang dilakukan secara selaras dengan nada pengiringnya. Gerakan langkah kaki menjadi unsur rangkaian gerak senam irama serta umum dilakukan bersamaan dengan bentuk lain seperti ayunan lengan.

Rangkaian gerak tersebut merupakan ciri latihan kebugaran jasmani berupa senam irama yakni adanya kontinuitas, keluwesan, dan ketepatan dengan irama. Jenis gerakan langkah senam irama umumnya dilakukan dalam latihan tanpa alat sehingga mengandalkan tahapan gerak sebagai inti latihan tersebut. Lantas bagaimana jenis gerakan langkah dalam senam irama yang umum dilakukan sebagai bagian dari latihan kebugaran jasmani? Pengertian dari gerakan langkah dalam senam irama adalah berpindahnya salah satu kaki ke depan yang lainnya dengan berbagai variasi.

Baca juga: 5 Macam Alat dalam Senam Irama Mengutip laman Bobo, gerakan langkah dalam senam irama dibedakan menurut arah serta bentukknya saat dilakukan.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerak Dasar Servis Bawah Dalam Bola Voli?

Langkah biasa

Bentuk langkah biasa dalam senam irama disebut juga sebagai looppas, yang dilakukan sembari meletakkan kedua lengan di samping badan. Tahapan melakukan langkah biasa dalam senam irama adalah meletakkan tumit terlebih dahulu kemudian telapak kaki hingga ujung jari kaki bergantian sisi kanan dan kiri, dengan posisi lutut harus mengeper saat melangkah.

Langkah keseimbangan

Jenis langkah keseimbangan dalam senam irama disebut juga sebagai balanspas dengan posisi tubuh tegak, serta diawali meletakkan kaki kiri ke depan lebih dahulu. Kemudian kaki kiri mundur ketika bagian tumit kaki kanan terangkat, sehingga diikuti gerakan berupa merapatkan kedua kaki.

Langkah rapat

Ragam langkah rapat dalam senam irama mempunyai sebutan by trekpas, yang diawali melangkahkan kaki kiri ke depan. Nantinya, kaki kanan dilangkahkan dengan lutut mengeper hingga berada dalam posisi sejajar kaki kiri, dan dilanjutkan secara bergantian.

Langkah ke depan

Senam irama juga mempunyai sebutan untuk gerakan langkah ke depan dengan istilah galloppas, yang hampir serupa dengan langkah rapat. Gerakan ini dilakukan dengan meletakkan kaki kanan ke depan diikuti oleh kaki kiri secara bergantian dalam irama 3/4 atau 4/4.

Langkah tiga

Istilah lain untuk menyebut langkah tiga dalam senam irama adalah wallpas, yang berasal dari tiga hitungan saat melangkah. Awali dengan meletakkan kaki kanan lebar ke depan, kemudian separuh langkah kaki kiri dengan mengangkat tumit, dilanjutkan bergantian kaki kanan menggunakan posisi serupa. Baca juga: Gerakan Ayunan Tangan dalam Senam Irama

Langkah lingkar

Bentuk gerakan langkah lingkar dalam senam irama mempunyai sebutan lain yakni huppelpas, sesuai cara melangkahkan kaki dalam latihan. Awalnya kaki kiri melangkah ke depan sebelum kaki kanan diangkat sambul ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Kemudian bergantian letakkan kaki kanan, serta lakukan gerakan mengangkat kaki kiri dengan sedikit menekuk hingga mencapai sudut 90 derajat.

Langkah samping

Gerakan melangkah ke samping dalam senam irama termasuk dalam teknik yang disebut sebagai zijpas, Caranya adalah dengan melangkahkan kaki kiri dengan mengangkatnya menuju samping kiri, lalu putar badan 180 derajat ke kiri serta langkahkan kaki kanan hingga menghadap arah sebaliknya.

Langkah silang

Jenis cara melangkah silang sebagai bagian gerakan senam irama memiliki sebutan lain sebagai kruipas, yang dilakukan dengan posisi kedua kaki sedikit membuka lebar. Tahapan melakukan langkah ini adalah dengan menyilangkan kaki kiri di depan kaki kanan, yang kemudian disusul melangkahkan kaki kanan ke samping kanan.

Langkah ganti

Ada juga bentuk langkah ganti dalam rangkaian gerakan senam irama yang memiliki sebutan lain sebagai wisselpas, Gerakan ini dilakukan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan, kemudian memutarkan kaki kiri bersama kaki kanan ke depan secara cepat.

Langkah pantul

Jenis gerakan langkah pantul sebagai bagian rangkaian senam irama mempunyai sebutan lain yaitu kaatpas, Cara melakukan langkah pantul dalam senam irama adalah menempatkan kaki kiri ke depan, kemudian menarik kaki kanan ke atas dari ujung kaki hingga lutut.

Langkah putar silang

Jenis gerakan langkah silang dalam senam irama disebut juga sebagai draipas, yang dimulai dengan menggerakkan kaki kiri ke arah kiri. Putar badan 180 derajat ke kiri dan langkahkan kaki kanan hingga menghadap arah sebaliknya, putaran kaki kiri dilanjutkan melalui belakang kemudian letakkan di samping kaki kanan hingga menghadap arah awal.

Gerak langkah kaki dalam senam ritmik yang dilakukan secara terus menerus dapat bermanfaat untuk?

1. Meningkatkan kekuatan otot – Beberapa gerakan dalam senam irama membuat otot-otot menerima beban sehingga menjadi lebih lentur dan kuat. Contohnya adalah gerakan langkah rapat kaki dalam senam irama bertujuan untuk menguatkan otot betis.

Unsur apa saja yang ada dalam senam irama?

KOMPAS.com – Senam irama merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama atau disebut juga senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi.

  1. Dikutip dari Buku Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia (2018) oleh Oktariyana dan Oktariyani, gerak senam irama bertujuan untuk meningkatkan kebugaran, kesehatan, dan kelenturan tubuh.
  2. Manfaat tersebut terbagi ke dalam unsur-unsur senam irama,
  3. Lalu, apa saja unsur- unsur dalam senam irama ? Baca juga: Gerak Pemanasan dan Pendinginan Senam Irama Sebutkan unsur-unsur senam irama.

Unsur yang ada di dalam senam irama yaitu kelenturan, keseimbangan, kontinuitas, keluwesan tubuh, irama, dan fleksibilitas. Berikut ulasannya.