Bagaimana Persiapan Melakukan Gerakan Smash Pada Permainan Bola Voli?

Bagaimana Persiapan Melakukan Gerakan Smash Pada Permainan Bola Voli
Bagaimana persiapan melakukan gerakan smash pada permainan bola voli?

Jawaban: Cara melakukan gerakan smash adalah. • Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri di belakang net beberapa langkah. • Ketika bola dilambungkan, lakukan gerakan melangkah menuju arah bola dengan langkah lebar. • Ketika mendekati bola, lakukan tolakan dengan sekuat tenaga menggunakan kedua kaki. Penjelasan: smg bermanfaat

Jawaban: 1.Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri di belakang net beberapa langkah.2.Ketika bola dilambungkan, lakukan gerakan melangkah menuju arah bola dengan langkah lebar.3.Ketika mendekati bola, lakukan tolakan dengan sekuat tenaga menggunakan kedua kaki.4.Ketika melompat, ayunkan tangan pemukul ke belakang kepala dan busungkan badan ke depan 6.Ketika pada titik tertinggi dan bola sudah dalam jangkauan, ayunkan tangan pada bola dengan sekuat tenaga dengan perkenaan bola pada bagian belakang atas bola.7.Ketika pada titik tertinggi dan bola sudah dalam jangkauan, ayunkan tangan pada bola dengan sekuat tenaga dengan perkenaan bola pada bagian belakang atas bola.

Urutan langkah-langkah melakukan smash adalah?

KOMPAS.com – Poin dalam permainan bola voli bisa didapatkan dengan menempatkan atau mendaratkan bola ke wilayah permainan lawan. Bentuk upaya sebuah tim memperoleh poin dalam permainan bola voli disebut sebagai serangan atau langkah menyerang. Ragam teknik serangan dalam permainan bola voli salah satunya adalah melalui pukulan smash, yang juga disebut sebagai teknik pukulan utama dalam permainan bola voli.

Menurut buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno dan kawan-kawan, smash merupakan salah satu keterampilan dalam permainan bola voli dengan tujuan untuk menyerang lawan dengan pukulan bola keras, menukik, dan cepat agar dapat meraih skor. Baca juga: Kesalahan Umum dalam Melakukan Smash pada Bola Voli Pukulan smash dilakukan dengan keras ketika bola berada di atas jaring pembatas (net), untuk diarahkan ke wilayah permainan lawan.

Istilah lain untuk menyebut smash dalam bola voli adalah spike, yang kemudian dipakai menamakan pemain yang melakukan teknik spike sebagai spiker. Ada empat tahapan teknik melakukan smash dalam bola voli yakni awalan, tolakan (tumpuan), pukulan, dan mendarat.

Awalan

Gerakan melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli diawali dengan mengambil satu langkah ke depan sebagai ancang-ancang. Dalam melakukan langkah awalan untuk melakukan smash, salah satu kaki berada di belakang kaki yang lain sesuai dengan kaki dominan seorang pemain.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Membuat Rancangan Iklan Semenarik Mungkin?

Tolakan (tumpuan)

Lanjutan dari langkah awalan dalam tahapan gerakan pukulan smash menempatkan kedua telapak kaki hampir sejajar untuk bersiap meloncat secara vertikal. Pada saat melakukan awalan beberapa langkah untuk melakukan smash langkah kaki terakhir adalah memberi dorongan lompatan setinggi mungkin.

Memukul bola

Ketika melakukan gerakan smash, pastikan posisi bola berada dalam jangkauan optimal dari lengan serta berada di atas net. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin dengan wilayah perkenaan bola berada di telapak tangan dengan permukaan tengah bola bagian atas.

Mendarat

Rangkaian gerakan smash berakhir ketika pemain mendaratkan kedua kakinya di permukaan lapangan, dengan jari-jari kaki dan sikap badan condong ke depan. Adapun, tempat mendaratnya kedua kaki sebisa mungkin harus sama dengan titik melakukan tolakan untuk meloncat saat melakukan pukulan smash,

Bagi seorang pemula, empat tahapan di atas tak selamanya berakhir dengan sempurna atau sesuai harapan. Seperti dijelaskan sebelumnya, smash dalam bola voli harus menukik, tajam dan terarah. Namun, ada beberapa pemain yang ketika melakukan smash, bolanya sering keluar lapangan. Lalu, muncul pertanyaan apa yang salah dari gerakan smash pemain tersebut? Jawabannya adalah perkenaan bola dengan telapak tangan tidak tepat atau kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan atau foles saat memukul bola.

Baca juga: Jenis-jenis Smash dalam Bola Voli Istilah foles adalah lecutan/pukulan pada bola untuk bisa menghasilkan pukulan bola yang melengkung atau parabola, sehingga kemungkinan besar bola bisa masuk ke lapangan. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Apa itu gerakan smash pada permainan bola voli?

Teknik Dasar Smash – Smash adalah gerakan memukul bola yang dilakukan di atas net dengan kuat dan keras hingga bola jatuh menukik di lapangan lawan, dan sulit untuk dikembalikan atau diterima.

Langkah awalan teknik smash pada permainan bola voli dimulai saat?

Pembahasan – Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga bola besar yang dimainkan secara beregu. Dalam permainan bola voli, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain. Salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli adalah teknik smash.

  1. Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri di belakang net beberapa langkah.
  2. Ketika bola dilambungkan, lakukan gerakan melangkah menuju arah bola dengan langkah lebar.
  3. Ketika mendekati bola, lakukan tolakan dengan sekuat tenaga menggunakan kedua kaki.
  4. Ketika melompat, ayunkan tangan pemukul ke belakang kepala dan busungkan badan ke depan.
  5. Ketika pada titik tertinggi dan bola sudah dalam jangkauan, ayunkan tangan pada bola dengan sekuat tenaga dengan perkenaan bola pada bagian belakang atas bola.
  6. Ketika memukul bola, lentingkan badan ke belakang.
  7. Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki secara bersamaan, kedua lutut sedikit ditekuk, dan posisi badan mengeper.
You might be interested:  Sebutkan Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Rancangan Miniatur Jembatan?

Bagaimana cara mempelajari gerak dasar smash?

20. Jelaskan gerak dasar yang terdapat pada gerakan smash!Jawab​ Jawaban: Pembahasan. Teknik smash merupakan salah satu teknik yang dasar dalam permainan bola voli. Teknik smash adalah gerakan memukul bola di atas net dengan sekuat tenaga di ikuti dengan gerakan melompat dengan harapan bola tidak dapat dihalau dan diterima oleh lawan dan menghasilkan poin. maaf kalau salah’)

terima kasih ini sangat membantu

: 20. Jelaskan gerak dasar yang terdapat pada gerakan smash!Jawab​

Jumlah langkah yang baik dan ideal dalam melakukan gerakan awalan smash?

Jumlah langkah yang baik & ideal dalam melakukan gerakan awalan smash yaitu.3 langkahc.4

Jawaban: c.4 langkah Penjelasan:

1. Teknik awal pada smash bola voli.2. Teknik tolakan.3. Teknik pukulan smash bola voli.4. Teknik landing atau mendarat pada permainan bola voli. semoga membantu : Jumlah langkah yang baik & ideal dalam melakukan gerakan awalan smash yaitu.3 langkahc.4

Bagaimana cara melakukan latihan smash dengan melewati net atau jaringan dalam permainan bola voli?

Bagaimana cara melakukan latihan smash dengan melewati net atau jaring dalam permainan bola voli Latihan Smash dengan melewati Net. – Yang pertama bola diumpan oleh teman dengan teknik passing atas di depan net. Pemain yang akan memukul, mengambil ancang-ancang lalu melakukan smash sampai melewati net atau jaring. – Latihan ini dilakukan secara bergantian dan berulang – ulang, usahakan pukulan atau smashnya keras dan bola tidak keluar dari lapangan.

Teknik smash biasanya menggunakan langkah 5?

Teknik smash biasanya menggunakan langkah 3-5 dengan irama Teknik smash biasanya menggunakan langkah 3-5 dengan irama pelan. Smash adalah pukulan penyerangan terhadap tim lawan dalam upaya mencapai kemenangan. Smash dilakukan dengan lompatan dan jangkauan yang tinggi. Penjelasan Tahapan melakukan smash dalam permainan bola voli yaitu :

Langkah awalanTolakan untuk melompatMemukul bola saat melayang di udaraMendarat kembali setelah memukul bola

Pelajari lebih lanjut materi tentang teknik dasar smash dalam permainan bola voli pada #BelajarBersamaBrainly : Teknik smash biasanya menggunakan langkah 3-5 dengan irama

Bagaimana tahap persiapan passing atas?

Langkah melakukan passing atas – Seorang pemain memiliki tiga tahapan atau gerakan ketika melakukan teknik passing atas dalam permainan bola voli kepada rekan setimnya. Tahapan dalam melakukan teknik passing atas dalam permainan bola voli dibagi menjadi persiapan, persentuhan atau perkenaan, dan sikap akhir.

Persiapan dalam melakukan teknik passing atas adalah dengan mengambil sikap normal, mengambil tumpuan kaki selebar bahu, kemudian tangan siap di depan dada. Baca juga: Jenis Servis dalam Bola Voli Kemudian perkenaan atau persentuhan bola dengan jari terjadi, dengan posisi jari-jari tangan ditegangkan sedikit.

Ya, perkenaan bola dengan tangan saat passing atas adalah jari-jari kedua tangan tanpa memegang atau menghentikan pergerakan bola. Pada waktu bola datang, bola didorong dengan jari-jari tangan dan perkenaannya melalui ruas pertama dan kedua dari jari-jari telunjuk sampai kelingking, sedangkan ibu jari hanya pada ruas pertama saja.

  • Dilanjutkan dengan sikap akhir passing atas, yakni lengan bergerak lurus sebagai suatu gerakan lanjutan serta menjaga keseimbangan badan serta pandangan mata terarah pada bola.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  • Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Perawatan Pada Cedera Luka Lecet Jelaskan?

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara untuk melakukan pukulan smash dalam permainan bulu tangkis?

Smash adalah pukulan overhead yang di arahkan ke daerah lawan secara menukik dan dilakukan dengan kekuatan penuh. Jenis pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang, karena bertujuan untuk mematikan lawan. Jenis pukulan ini memiliki karakteristik keras serta laju shuttlecock berjalan cepat.

Jenis pukulan ini membutuhkan kekuatan pada otot tungkai, bahu, lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan. Untuk melancarkan Smash, dapat di lakukan dengan cara stagnan (diam/berdiri) atau dapat juga sambil melakukan lompatan seperti yang dilakukan Lim Swie King atau Hariyanto Arbi. Langkah melakukan smash: – Perhatikan posisi footwork pada saat akan melakukan smash.

– Tangan, tubuh harus dalam keadaan rileks – Mulailah dengan lengan yang tidak memegang raket menunjuk ke arah shuttlecock sementara lengan yang memegang raket di angkat, dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan tegak sehingga raket berada di atas dan menunjuk keatas – Putar bahu pada tangan yang memegang raket ke arah depan dan ke bawah – Usahakan sebisa mungkin (jika tidak melakukan smash lompat) pada saat bahu berputar, secara bersamaan ayunkan kaki yang searah dengan raket.

Bagaimana Analisis gerak saat melakukan smash?

Detil jawaban –

  • Kelas: 9 SMP
  • Mapel: Penjaskes
  • Bab: Bab 13 – Permainan Bulu Tangkis

Kode: 9.22.13 Kata Kunci: teknik pukulan smash, permainan bulu tangkis.

  • maksudnya gimana? “posisi tangan yang tidak memegang raket” ga ngertiii

: jelaskan cara melakukan variasi gerak pukulan smes dalam permaianan bulu tangkisTolong ya besok mau

Berikut yang bukan termasuk langkah langkah dalam melakukan smash adalah?

Berikut ini yang tidak termasuk dalam Tahapan melakukan smash adalah.A. Langkah awalanB. Langkah – Brainly.co.id Smash merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Dari soal di atas, yang bukan merupakan tahapan melakukan smash adalah (C) berlari menghampiri net.

Langkah tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah?

Apa yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah, Jawaban: Smash merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Dari soal di atas, yang bukan merupakan tahapan melakukan smash adalah berlari menghampiri net. : Apa yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah,