Bagaimana Melakukan Variasi Gerak Spesifik Passing Atas Bola Voli?

Bagaimana Melakukan Variasi Gerak Spesifik Passing Atas Bola Voli
Page 3 –

  • Variasi dalam pembelajaran adalah melakukan satu gerak spesifik dengan berbagai cara, contoh :melakukan gerak spesifik passing atas di tempat, sambil bergerak maju mundur, dan bergerak menyamping, baik secara individu maupun berkelompok.
  • Berikut beberapa cara bentuk latihan passing atas
  • 1. Mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan dahi atas
  • Tahapan pelaksanaan:

a. Persiapan: berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu atau posisi melangkah salah satu kaki di depan, kedua tangan memegang bola di depan, kedua lutut dan pinggul direndahkan.b. Pelaksanaan: dorong bola dengan kedua tangan ke depan atas bersamaan kedua tumit, lutut dan pinggul naik.

setelah bola memantul dari lantai tangkap kembali bola dan lakukan pengulangan gerakan dari pertama. Tahap pertama lakukan di tempat, tahap ke dua berjalan maju, mundur, dan tahap tiga menyamping.2. Passing atas bola dipantul ke lantai terlebih dahulu a. Persiapan: berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu atau posisi melangkah salah satu kaki di depan, kedua tangan memegang bola di depan, kedua lutut dan pinggul direndahkan.b.

Pelaksanaan: pantulkan bola ke lantai di depan badan, setelah bola memantul ke atas rendahkan kedua lutut hingga posisi dahi di bawah bola. Saat bola sudah terpegang kedua tangan dorong bola dengan kedua tangan ke atas bersamaan kedua tumit, lutut, dan pinggul naik.

Bagaimana cara melakukan teknik passing atas dalam bola voli?

Cara melakukan teknik dasar passing atas dalam bola voli: – Ambil sikap siap yang biasa dilakukan dalam olahraga bola voli, yaitu kedua kaki dibuka hingga selebar bahu, kedua lutu kaki agak ditekuk dan badan merendah atau agak dibungkukkan ke depan. Berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.

  1. Saat bola datang, secepat mungkin tempatkan badan di bawah bola, dengan tangan diangkat, dan lengan agak ditekuk, serta telapak tangan terbuka lebar dengan jari-jari renggang dan membentuk seperti mangkok.
  2. Edua ibu jari dan telunjuk yang berdekatan akan membentuk seperti setengah lingkaran ataupun segitiga.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Kayang Sendiri?

Saat bola sudah tepat berada di atas dari badan, dengan kedua tangan ditekuk pada bagian siku ataupun pergelangan tangan. Posisi tangan harus sedikit berada diatas dahi. Perkenaan bola yang baik yaitu tepat mengenai jari-jari tangan. Saat bola menyentuh jari, jari-jari harus sedikit ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik, dan kemudian didorong dengan menggerakkan pergelangan tangan yang selanjutnya diikuti dengan gerakan meluruskan siku.

Apa yang dimaksud dengan gerak spesifik dalam permainan bola voli?

KOMPAS.com – Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari enam orang. Dalam permainan bola voli memerlukan kerjasama antar pemain dalam satu tim dan ketrampilan yang harus dimiliki pemain. Pada permainan bola voli memiliki gerak spesifik yang diartikan teknik dasar atau cara permain.

Dikutip dari buku Jago Bola Voli (2020) karya Ikbal Tawakal, teknik dasar merupakan suatu gerak dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain bola voli, baik dalam gerakan kaki atau gerakan tubuhnya. Baca juga: Bola Voli: Pengertian, Sejarah dan Manfaatnya Dalam permainan voli memiliki empat gerak spesifik, yakni servis, passing, smash, dan blocking,

Berikut penjelasannya:

Apa saja variasi dan kombinasi gerakan passing dan servis bola voli?

Variasi dan Kombinasi Gerakan Passing dan Servis Bola Voli Pola latihan permainan bola voli dapat dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai keterampilan dalam permainan voli, diantaranya adalah: passing atas dan passing bawah, passing atas dan passing bawah serta servis, dan passing bawah dan smash.1.

Dilakukan berpasangan/berkelompok. Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 3 m. Bola dilambung oleh teman dari depan. Lakukan berulang-ulang dan bergantian. Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian, sportivitas, dan kompetitif.

You might be interested:  Bagaimana Gerakan Melayang Pada Saat Melakukan Lompatan?

b. Passing atas dan bawah menggunakan dua bola voli dapat dilakukan sebagai berikut: 2. Pembelajaran Variasi dan kombinasi gerak dasar servis atas bola voli dengan konsisten dan tepat dalam berbagai situasi a. Memukul bola ke lantai dengan menggunakan satu tangan Pelaksanaannya dapat dilakukan sebagai berikut:

Latihan ini dilakukan berpasangan atau kelompok, formasi berbanjar. Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 3 m. Bola dipegang dengan satu tangan di depan badan dan lambungkan ke atas. Pukul bola ke lantai (depan) menggunakan satu tangan diawali dengan melentingkan pinggang ke belakang, yang telah melakukan pukulan bergerak pindah tempat. Lakukan berulang-ulang dan bergantian. Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian, sportivitas, dan kompetitif.

b. Servis ke arah teman, dan diterima dengan menggunakan passing bawah Pelaksanaannya dapat dilakukan sebagai berikut:

Latihan ini dilakukan berpasangan atau kelompok. Sama dengan model I, namun bola dipukul ke lantai yang sebelumnya dilambung ke atas oleh tangan yang satunya.

c. Servis atas ke arah sasaran pada lapangan melalui atas net Pelaksanaannya dapat dilakukan sebagai berikut:

Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 3 m. Lakukan latihan memukul bola seperti pada latihan-latihan. sebelumnya, yang telah melakukan pukulan bergerak pindah tempat. Lakukan latihan dengan jarak yang bertambah jauh, dari jarak 6 m dan secara bertahap jarak memukul ditambah menjadi 7 m, 8 m, dan 9 m disesuaikan dengan tingkat kemampuan kamu. Lakukan berulangulang dan bergantian. Dilakukan untuk menanamkan nilainilai kerjasama, keberanian, sportivitas, dan kompetitif. (Referensi: Buku Penjasorkes)

: Variasi dan Kombinasi Gerakan Passing dan Servis Bola Voli

Apa itu passing atas dalam permainan voli?

Cara Melakukan Passing Atas dalam Bola Voli – Passing atas adalah teknik mendasar dalam permainan voli. Lawannya adalah passing bawah. Kedua jenis passing ini berfungsi sama, yaitu untuk mengumpan bola ke teman seregu. Operan passing atas bertujuan untuk menyusun serangan, terutama persiapan untuk melakukan pukulan serangan atau smash.

You might be interested:  Bagaimana Cara Meluncur Saat Melakukan Renang Gaya Dada?

Atlet berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut direndahkan sampai berat tubuh atlet bertumpu pada ujung kaki depan. Angkat tangan ke atas. Posisikan lengan di depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari direnggangkan. Bentuk jari-jemari seperti mangkuk di atas wajah atlet. Arahkan pandangan ke bola.

2. Gerak Pelaksanaan Passing Atas

Ketika datang bola, dorongkan kedua lengan ke arah bola. Pada saat bersamaan, kedua lutut dan panggul naik. Tumit terangkat. Posisikan arah bola di depan atas wajah agar operan passing akurat. Bola pada passing atas mengenai jari-jemari tangan.

3. Gerak Passing Atas Akhir

Usai melakukan passing atas, posisi tumit terangkat dari lantai. Pinggul dan lutut naik sedikit. Posisi kedua tangan lurus. Pandangan kedua mata mengikuti bola.