Bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Gerak Lokomotor Melompat?

Bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Gerak Lokomotor Melompat
Cara Melakukan Gerakan Lokomotor –

  1. 1. Berjalan
  2. Berjalan sendiri ialah merupakan pergerakan tubuh untuk memindahkan tubuh dari tempat yang satu menuju tempat yang lainya dengan cara melakukan langkah kaki secara bergantian dengan bertumpu pada salah satu kaki yang di belakang.
  3. Arah gerakan berjalan ini bisa kedepan, kebelakang, ke kanan, atau ke kiri.
  4. 2. Berlari
  5. Berlari adalah gerakan yang dilakukan seperti berjalan namun dengan tempo yang dipercepat dengan posisi badan sedikit melayang di udara.
  6. 3. Melompat
  7. Dilakukan dengan menolakkan badan keatas dan kemudian mendarat menggunakan salah satu kaki saja.
  8. Gerakan ini memerlukan kekuatan, keseimbangan tubuh, dan juga tubuh.
  9. 4. Berjingkat
  10. Berjingkat merupakan gerakan memindahkan tubuh dengan memakai satu kaki untuk menumpu dan bergerak, sementara kaki yang ditekuk di lutut.
  11. 5. Merayap
  12. Gerakan merayap dilakukan dengan posisi badan tengkurap di atas tanah atau di lantai dengan posisi kepala sedikit diangkat, kemudian tangan digerakan maju secara bersama atau bergantian sambil menarik badan maju atau mundur sesuai keinginan.
  13. 6. Meloncat

Sedikit berbeda dengan melompat, gerak meloncat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan mendarat menggunakan dua kaki. Kekuatan kaki sangat di andalkan untuk melakukan gerakan yang satu ini. Keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi dari tubuh sangat harus diperhatikan.7.

  • 8. Memanjat
  • Memanjat merupakan gerak locomotor yang dilakukan untuk memindahkan seluruh tubuh menuju keatas dengan bertumpuan pada sebuah benda.
  • Cara melakukan geraknya adalah dengan mencengkramkan dengan kedua tangan atau secara bergantian kemudian menarik tubuh keatas dengan dibantu pijakan kaki, agar dapat meraih puncak dari benda tersebut.
  • 9. Rolling

Gerakan rolling adalah gerak berguling baik ke depan atau ke belakang. Gerak rolling kedepan dilakukan dengan bertumpuan pada kedua telapak tangan.

  1. 10. Slidding
  2. Slidding yaitu gerakan melompat ke samping kanan atau kiri dengan satu kaki selalu berada di depan, dari posisi kedua kaki terbuka lebar.
  3. Ketika melayang, kaki yang di belakang akan mendarat pada bekas kaki yang di depan.
  4. Saat melaksanakan gerakan ini, berat badan akan berpindah-pindah dari kaki yang di depan ke kaki yang di belakang.
  5. 11. Leaping

Leaping bisa diartikan menjadi gerakan split di udara dengan memanjangkan satu langkah guna memindahkan serta mencapai perpindahan yang bisa dibilang jauh. Kemudian gerakan ini biasanya berpadukan dengan berlari.

  • 12. Skipping
  • Skipping dapat diartikan sebagai gerakan yang berasal dari campuran antara gerakan berjalan dan berjingkat secara berurutan atau bergantian.
  • Setelah berjalan satu langkah lalu dilanjut dengan berjingkat, seperti itu seterusnya dengan bergantian kaki kanan dan kaki kiri.

: Gerakan Lokomotor: Pengertian

Apa yang dilakukan sebelum melakukan gerak dasar lokomotor?

Semester 1 Gerakan lokomotor adalah gerakan memindahkan badan dari satu titik ke titik yang lain menggunakan anggota badan. Dalam materi kali ini ada 3 aktivitas gerak yang dipelajari, yaitu: 1. Berjalan 2. Berlari 3. Melompat Selamat Beraktivitas, tetap sehat yaa

Mengapa Lari disebut juga dengan gerak lokomotor?

Gerak lokomotor adalah ( gerakan berpindah tempat) di mana bagian tubuh tertentu bergerak dan berpindah tempat, misalnya jalan, lari, dan loncat.

Bagaimana cara melakukan latihan kombinasi gerak berjalan berlari dan melompat?

Jelaskan cara melakukan kombinasi jalan, lari, dan lompat ​

  • Jawaban:
  • Kombinasi Gerak Jalan,Lari,dan Melompat.
  • Gerak Berjalan

Gerak berjalan merupakan salah satu gerakan yang baik untuk melakukan pemanasan,khususnya otot-otot kaki sebagai tumpuan badan. Langkah kaki di ayun dengan teratur dapat mempermudah pada gerak berikutnya,yaitu berlari. Dalam kombinasi gerak ini sebaiknya ada jarak antara gerak berjalan.

  1. Gerak berjalan sebagai persiapan dapat dilakukan dengan cara:
  2. Sikap awal dasar berdiri tegak dan pandangan ke depan
  3. Kedua tangan dikepalkan disamping badan
  4. Berjalanlah seperti biasa dengan lengan di ayun di samping
  5. Setelah mendekati batas untuk berlari maka gerakan langkah dipercepat.

Loncat adalah gerakan berpindahnya badan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Gerakan ini diawali dengan tolakan kaki ke lantai sehingga mendorong tubuh terangkat ke atas di akhiri dengan mendarat dengan kedua kaki.

  • Dalam gerakan kombinasi gerak jalan, lari, dan lompat ini gerakan meloncat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Ketika habis batas lari, kemudian kedua kaki ditolakkan ke lantai.
  • Ketika badan terdorong di udara atau sedang melayang posisi kaki sedikit ditarik dengan menekuk lutut.
  • Sebelum mendarat kembalikan posisi kaki, mendarat dengan kedua kaki.
  • Kombinasi Gerak Memutar, Menekuk Lutut, Mengayun, dan Meliukkan Badan
  • 1. Lompat Memutar Badan

Gerakan melompat berputar gerak dasarnya sama dengan melompat biasa. Tetapi bedanya posisi tubuh saja yang berbalik pada waktu jatuh kembali ke tanah. Hal itu disebabkan karena ketika berada di udara terdapat gerakan memutar badan. Supaya kamu dapat memahami gerakan tersebut, pelajarilah gerakan sebagai berikut:

  1. Badan berdiri tegak,
  2. Kepalkan kedua tangan dan simpan di pinggang
  3. Setelah terdengar aba-aba tolakkan kaki hingga badan terangkat ke atas
  4. Ketika badan mulai terangkat, putarlah badan ke kiri atau ke kanan
  5. Pendaratan bertumpu pada kek dua kaki
  6. Lakukan dengan hati-hati.
  7. Penjelasan:

: Jelaskan cara melakukan kombinasi jalan, lari, dan lompat ​

Apakah melompat adalah gerakan lokomotor?

TRIBUNNEWS.COM – Simak contoh gerak lokomotor dalam olahraga sepak bola, bola basket, dan bola voli. Gerak manusia terdiri dari tiga macam yakni, gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif, Gerak lokomotor merupakan gerakan yang berpindah tempat. Bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Gerak Lokomotor Melompat Contoh gerak lokomotor, berlari Baca juga: Pria Tunawicara Ditemukan Babak Belur, Warga Sempat Dengar Orang Berlari-lari Dini Hari Dikutip dari bobo.grid.id, beberapa olahraga yang membutuhkan gerak lokomotor sebagai berikut. Sepak Bola Gerak lokomotor lari sangat dibutuhkan dalam bermain sepak bola seperti saat mengejar lawan.

Selain itu, berlari untuk menggiring bola, melakukan tendangan sudut dan penalti dengan mengambil jarak sebelum menendang. Gerak lokomotor lainnya seperti melompat untuk menyundul bola dan menangkap bola sebagai penjaga gawang. Bola Basket Pemain basket melakukan gerak lokomotor seperti berjalan dan berlari dengan memantulkan bola ke lantai dengan tujuan menggiring bola untuk melewati lawan.

Beda dengan sepak bola, pemain basket menggiring bola menggunakan tangan. Bola Voli Dalam permainan bola voli ini, pemain melakaukan gerak lokomotor dengan melompat untuk melakukan umpan kepada teman agar memberi kesempatan untuk smash. Pemain bola voli juga melakukan lari dan berjalan untuk bisa menerima bola dari lawan.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melempar Roket Atau Turbo Yang Benar?

Melompat apakah termasuk gerak lokomotor?

Pengertian Gerak Lokomotor – Dalam buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 1 PJOK yang diterbitkan Bmedia, gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat yang melibatkan bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar, pertumbuhan otot, daya tahan, dan stamina.

Bagaimana langkah awal dalam melakukan gerakan melompat ke samping?

bagaimana cara melakukan gerakan melompat ke samping kanan dan kiri​ Jawaban: Sikap siap berdiri tegak. Sikap siap berdiri tegak.Melompat ke samping kanan. Sikap siap berdiri tegak.Melompat ke samping kanan.Kaki kiri diangkat sejajar. Sikap siap berdiri tegak.Melompat ke samping kanan.Kaki kiri diangkat sejajar.Ayunkan tangan kiri lurus ke samping kiri dan tangan kanan lurus di depan dada. Penjelasan: a.Gerakan melompat ke samping kanan 1.Sikap siap berdiri tegak.2.Melompat ke samping kanan.3.Kaki kiri diangkat sejajar.4.Ayunkan tangan kiri lurus ke samping kiri dan tangan kanan lurus di depan dada.5.Lakukan berulang-ulang dan hati-hati.a.Gerakan melompat ke samping kiri 1.Sikap siap berdiri tegak.2.Melompat ke samping kiri.3.Kaki kanan diangkat sejajar.4.Ayunkan tangan kanan lurus ke samping kanan dan tangan kiri lurus di depan dada.5.Lakukan berulang-ulang dan hati-hati.

Melompat dan berguling termasuk gerakan apa?

Halo Park J, kakak bantu jawab. Jawabannya adalah gerak lokomotor. Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut. Gerak lokomotor adalah salah satu jenis gerak dasar yang digunakan manusia untuk melakukan aktivitas, gerak dari keseluruhan anggota tubuh dan melalui jarak atau ruang tertentu atau bisa disebut juga dengan gerakan berpindah tempat.

Gerakan lari jalan dan lompat termasuk gerakan apa?

Garuda – Garba Rujukan Digital Salah satu tujuan pelaksanaan pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar siswa. Gerak dasar jalan, lari dan lompat merupakan gerak dasar lokomotor yang perlu dikembangkan di sekolah dasar (SD) disamping gerak dasar lainnya.

Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar non-lokomotor dan gerak dasar manipulatif, gerak dasar lokomotor yang merupakan pokok bahasan yang diajarkan disekolah dasar (SD). Gerak dasar mempunyai peran penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani, terutama cabang olahraga yang menuntut perpindahan tempat atau titik berat badan seperti lari cepat, lompat jauh, lompat tinggi dan cabang olahraga lainnya.

Kemampuan gerak dasar dapat diterapkan dalam aneka permainan, olahraga, dan aktivitas jasmani yang dilakukan sehari-hari. Permainan tradisional merupakan salah satu jenis permainan yang dapat memberikan manfaat untuk perkembangan pertumbuhan anak. Permainan tradisional mempunyai hubungan yang erat dengan perkembangan intelektual, sosial, serta karakter anak.

Termasuk gerakan apa gerakan melompat itu?

Contoh Permainan Lokomotor – Melakukan gerak lokomotor juga akan membantu membuat teman-teman menyadari tentang tubuh. Selain itu gerak ini juga akan membantu melatih kelincahan serta ketangkasan dalam bergerak. Gerak lokomotor ini juga merupakan gerakan dasar yang dapat dilakukan oleh manusia.

Melatih gerakan lokomotor ini juga dapat membantu melatih kekuatan serta keseimbangan tubuh. Gerakan ini juga akan menjadi gerakan dasar dalam beragam jenis olahraga. Karenanya, gerakan ini pun akan menyehatkan tubuh. Berikut dibawah ini beragam jenis gerak lokomotor yang dapat sering kamu lakukan. Gerakan lokomotor sebagai sebuah gerakan yang melibatkan tubuh pada manusia.

Gerakan lokomotor juga biasanya sering diterapkan oleh para olahragawan seperti olahragawan sepak bola, basketball, voli, berlari dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya gerakan lokomotor juga memiliki ciri berpindah-pindah tempat. Misalnya saja pindah dari tempat satu ke tempat lain.

Sementara ketika bermain sepak bola tanpa kita sadari, kita sudah melakukan sebagian dari gerak lokomotor. Gerak dasar fundamental menurut Harrow (1972) adalah sebuah pola gerak yang inheren yang membentuk dasar-dasar untuk keterampilan gerak yang kompleks meliputi gerak non lokomotor, gerak lokomotor; dan gerak manipulatif.

Permainan softball sendiri memiliki rangkaian gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor sebagai gerakan berpindah tempat. Dalam gerak lokomotor, bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Contoh gerak lokomotor diantaranya berlari, melompat, dan memanjat.

  1. Sementara pada gerakan non-lokomotor diantaranya gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat.
  2. Setelah Melakukan Pukulan dalam Softball Artinya, bagian tubuh tertentu melakukan gerakan dengan posisi tubuh berada di tempatnya.
  3. Contoh gerak non-lokomotor sendiri adalah menggeleng, membungkuk, memutar, dan mengayun.

Terdapat gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek atau gerak yang melibatkan suatu alat. Beberapa contoh dalam gerak manipulatif adalah memukul, menangkap, melempar, dan memantulkan bola. Dalam permainan softball sendiri terdapat kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif.

  • Cak Engkleng atau Engklek
  • Gobak Sodor
  • Patil Lele
  • Egrang Yeye atau Lompat Karet
  • Bola Bekel Rangku Alu atau Tari Tongkat

Manfaat Gerakan Lokomotor sendiri mengembangkan sebuah kesadaran yang berkaitan dengan sebuah keberadaan tubuh dalam ruang. Para ahli biasanya menyebutnya sebagai kesadaran persepsi motorik yang terdiri dari: Kesadaran tubuh sendiri, Kesadaran akan suatu hubungan ruang (spasial), Kesadaran konsep arah dan Kesadaran visual dan pendengaran dari Sejak usia dini, kesadaran ini juga akan terlihat pada seorang anak-anak ketika meniru gerakan gurunya atau meniru anak-anak yang lainnya.

Beda Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor adalah pada aktivitas sehari-hari. Dua gerak dasar tersebut kemudian muncul secara alami. Tetapi sebagai sarana latihan kelincahan, gerakan ini kemudian diajarkan sejak dini pada anak-anak. Para pendidik kemudian menyadari pentingnya mengasah gerak lokomotor maupun non lokomotor.

Sehingga dua hal ini kemudian banyak dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan olahraga pada jenjang sekolah dasar. Sementara Gerakan non lokomotor dapat diketahui dari awal gerakan. Gerakan non lokomotor sebagai gerak dasar yang kemduian dapat dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat.

  1. Eterampilan gerakan ini juga dilakukan dengan menggerakan anggota badan yang melibatkan otot dan sendi dalam keadaan badan menetap atau statis.
  2. Gerak non lokomotor juga dibagi menjadi empat jenis.
  3. Diantaranya memuntir tubuh, menekuk tubuh, gerakan memutar tubuh, dan gerakan merubah posisi anggota tubuh.
You might be interested:  Proses Menggambar Yang Paling Awal Sebagai Membuat Rancangan Adalah?

Jika Gerakan lokomotor digambarkan dengan berlari, berjingkat, merayap, dan berjalan. Sementara Gerakan non lokomotor adalah memuntir tubuh, menekuk dan mengubah posisi tubuh atau gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak disertai membuat tubuh berpindah menyeluruh ke tempat lain.

Gerakan melompat disebut juga gerakan apa?

Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 4 SD/MI: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Gerakan Melompat dan Meloncat Dalam, siswa kelas 4 SD/MI diharapkan untuk memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi dasar seperti gerakan melompat dan,

adalah gerakan memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk menolak dan dua kaki untuk mendarat. Untuk melompat dengan baik, kedua lengan harus membantu dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan dengan dorongan dari kaki untuk mengangkat berat tubuh.

Mendarat dengan bagian jari-jari kaki dan lutut ditekuk. Lompatan biasanya dilakukan dengan dua arah; pertama, menaikkan tubuh secara vertikal (lurus ke atas) untuk mencapai ketinggian, atau kedua, menaikkan tubuh dengan momentum horisontal untuk memperoleh jangkauan jarak yang jauh.

Meskipun sifatnya tidak sealamiah berjalan dan berlari, semua anak normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka.Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinsi dasar seperti gerakan melompat dan antara lain sebagai berikut: Aktivitas pembelajaran melompat ke depan dengan tolakan salah satu kaki

Bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Gerak Lokomotor Melompat Melompat ke depan dengan tolakan salah satu kaki

Mengapa melompat meloncat dan berguling disebut gerak lokomotor?

Bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Gerak Lokomotor Melompat Unsplash Berlari merupakan salah satu contoh gerak lokomotor Bobo.id – Setiap hari, bahkan hampir setiap saat, tubuh kita akan bergerak. Bahkan saat sedang tidur juga ada yang menggerakkan tubuh, misalnya untuk berguling dari satu titik ke titik lainnya.

  • Nah, gerakan tubuh yang kita lakukan ini ternyata terdiri dari berbagai macam atau jenis.
  • Salah satu gerakan tubuh yang dilakukan sehari-hari adalah gerakan lokomotor.
  • Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan gerakan lokomotor? Cari tahu juga berbagai gerakan lokomotor yang kita lakukan sehari-hari, yuk! Baca Juga: Bukannya Membuat Berenergi, 5 Makanan Ini Justru Bisa Membuat Tubuh Lelah, Salah Satunya Daging Merah Apa Itu Gerak Lokomotor? Ada berbagai gerakan yang kita lakukan setiap hari, seperti berjalan, mengambil barang, dan berbagai gerakan lainnya.

Selain itu, gerakan yang dilakukan juga melibatkan anggota tubuh yang berbeda. Salah satu gerakan yang dilakukan sehari-hari adalah gerakan lokomotor. Gerak lokomotor adalah gerakan yang terjadi saat bagian tubuh tertentu manusia bergerak dan berpindah tempat.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan Mulai Sekarang, Ini Dampak Buruknya Ini artinya, ketika tubuh melakukan gerak lokomotor, maka tubuh akan berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Ketika seseorang sudah bisa melakukan gerak lokomotor, maka artinya ia sudah melalui tingkat perkembangan tertentu.

Gerak lokomotor ini bukan hanya dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, tapi juga pada beberapa olahraga. Maka dalam olahraga, gerak lokomotor yang dilakukan seseorang juga dipengaruhi oleh latihan akan olahraga itu sendiri. Gerakan Lokomotor yang Dilakukan Sehari-hari Setelah mengetahui mengenai definisi atau arti gerak lokomotor, apakah teman-teman bisa menyebutkan berbagai gerak lokomotor yang kita lakukan sehari-hari? Ternyata ada berbagai gerak lokomotor yang dilakukan oleh manusia setiap harinya, lo.1.

  • Berjalan Untuk mencapai satu titik atau satu tempat, cara yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan.
  • Misalnya ketika teman-teman ingin ke kamar mandi, maka akan berjalan dari titik semula saat duduk, menuju kamar mandi.
  • Nah, gerakan berjalan yang menyebabkan kita berpindah tempat inilah yang membuat berjalan disebut sebagai gerakan lokomotor.

Baca Juga: Simak Penjelasan tentang Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor di Video Ini 2. Berlari Selain berjalan, kita juga bisa berpindah tempat dengan cara berlari. Biasanya berlari akan dilakukan kalau seseorang sedang terburu-buru. Berlari termasuk sebagai gerakan lokomotor karena gerakan ini adalah bentuk memindahkan tubuh dengan cara pergantian langkah namun tubuh melayang di udara.3.

Meloncat Ketika sedang senang atau terkejut, seseorang mungkin akan secara otomatis meloncat. Apakah teman-teman juga melakukan hal yang sama saat merasa senang maupun ketika terkejut? Gerakan meloncat dilakukan dengan menggunakan satu kaki sebagai tumpuan tolakan gaya dan memberikan kekuatan untuk bergerak.

Ketika meloncat, gerakan perpindahan yang terjadi adalah tubuh kita berpindah dari titik di bawah jadi ke atas. Karena perpindahannya inilah, maka meloncat disebut sebagai gerak lokomotor. Baca Juga: Pernah Mengantuk Setelah Makan? Ternyata Kombinasi Makanan Tertentu Bisa Menjadi Penyebabnya 4.

  1. Melompat Selain meloncat, ada gerakan melompat.
  2. Apakah teman-teman ada yang menganggap kalau melompat merupakan kegiatan yang sama dengan meloncat? Melompat dan meloncat merupakan kegiatan yang berbeda, teman-teman.
  3. Saat melompat, tubuh akan bergerak mengarah ke depan seperti melangkah, namun dengan gerakan yang cepat.

Hal ini disebabkan karena kaki melakukan titik tolakan dari kaki, dengan cara menghentakkan salah satu kakinya sebagai tumpuan. Gerakan melompat yang menghasilkan perpindahan dari satu titik ke titik lainnya inilah yang menyebabkan melompat menjadi salah satu gerak lokomotor yang kita lakukan sehari-hari. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Termasuk ke dalam jenis gerak apakah menarik dan mendorong?

Pengertian dan Contoh Gerak Non-lokomotor – Pengertian gerak non-lokomotor adalah kebalikan dari lokomotor. Artinya, jika sebelumnya merupakan gerakan berpindah tempat, gerak non-lokomotor adalah tetap di tempat yang sama. Baca juga: Manfaat Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor Gerak non-lokomotor adalah gerakan dari sebagian anggota tubuh tertentu saja yang digerakkan.

Membungkuk Menunduk Menoleh Melakukan split Berjinjit

Mengapa keterampilan lokomotor sangat penting?

Pengertian Gerak Lokomotor, Ketahui Manfaat dan Contoh-contohnya – Ragam Bola.com Ilustrasi lari. : Pixabay Bola.com, Jakarta – Di dalam ilmu olahraga, ada dua jenis gerak, yaitu dan gerak non-lokomotor. Namun, tak banyak yang tahu tentang kedua jenis gerak tersebut.

  1. Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain.
  2. Eterampilan lokomotor didefinisikan sebagai keterampilan berpindahnya individu dari satu tempat ke tempat yang lain.
  3. Jadi, dalam, seseorang harus memindahkan tubuh dari posisi A ke B dan ketika berpindah, tubuh akan terangkat untuk pindah ke posisi kedua.
You might be interested:  Menyebutkan Para Tokoh Yang Mengusulkan Rancangan Dasar Negara Indonesia Merdeka?

Gerakan tersebut biasanya diajarkan pada anak anak usia dini, yakni saat latihan keterampilan gerak. Sebagian besar anak-anak akan belajar berjalan pada usia sekitar 1 tahun, dan berlari saat berusia sekitar 2 tahun. Keterampilan gerak lokomotor bisa berkembang dari hasil tingkat kematangan perkembangan tertentu.

  • Namun, latihan secara rutin dan pengalaman juga memiliki peran penting untuk mencapai kecakapan lokomotor seseorang.
  • Untuk memahami lebih dalam tentang gerak lokomotor, kamu bisa mencari tahu jenis, manfaat hingga contoh-contohnya.
  • Berikut ini rangkuman mengenai jenis, manfaat hingga contoh-contoh, seperti dilansir dari laman Materiipa, Rabu (18/11/2020).

Ilustrasi lari virtual. (dok. pexels/Andrea Piacquadio) Gerak lokomotor memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Kesadaran tubuh sendiri.
  • Kesadaran konsep arah.
  • Melatih kelincahan dan ketangkasan.
  • Sebagai gerakan dasar yang biasa dilakukan manusia.
  • Melatih keterampilan dan keberanian dalam melakukan suatu gerakan.
  • Melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.
  • Mengembangkan kemampuan mengenali ruang.
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

Ilustrasi lari. Sumber foto: unsplash.com/Nicolas Hoizey.

  • 1. Berjalan
  • Berjalan merupakan gerakan tubuh untuk memindahkan tubuh dari tempat yang satu menuju tempat yang lainya dengan cara melakukan langkah kaki secara bergantian.
  • 2. Berlari
  • Berlari adalah gerakan yang dilakukan seperti berjalan, namun dengan tempo yang dipercepat.
  • 3. Melompat
  • Melompat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan kemudian mendarat menggunakan satu kaki.
  • Gerakan ini memerlukan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, serta koordinasi tubuh.
  • 4. Berjingkat
  • Berjingkat merupakan gerakan memindahkan tubuh dengan memakai satu kaki untuk menumpu dan bergerak, sementara kaki yang ditekuk di lutut.
  • 5. Merayap
  • Gerakan merayap dilakukan dengan posisi badan tengkurap di lantai dengan posisi kepala sedikit diangkat, kemudian tangan digerakan maju secara bersama.
  • 6. Meloncat
  • Berbeda dengan melompat, gerak meloncat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan mendarat menggunakan dua kaki.
  • Keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi dari tubuh sangat harus diperhatikan.
  • 7. Menderap

Gerakan menderap sering juga disebut dengan mencongklang. Menderap adalah aktivitas gerak jalan yang dipadukan dengan lompatan, baik ke depan atau ke belakang, dan dilakukan dengan menggunakan kedua kaki.

  1. 8. Memanjat
  2. Memanjat merupakan gerakan yang dilakukan untuk memindahkan seluruh tubuh menuju ke atas dengan bertumpu pada benda.
  3. Cara melakukan geraknya adalah dengan mencengkramkan dengan kedua tangan kemudian menarik tubuh ke atas dengan dibantu pijakan kaki.
  4. 9. Rolling

Gerakan rolling adalah gerak berguling baik ke depan atau ke belakang. Gerak rolling ke depan dilakukan dengan bertumpuan pada kedua telapak tangan.

  • 10. Skipping
  • Skipping dapat diartikan sebagai gerakan yang berasal dari campuran antara gerakan berjalan dan berjingkat secara berurutan atau bergantian.
  • Setelah berjalan satu langkah lalu dilanjut dengan berjingkat, seperti itu seterusnya dengan bergantian kaki kanan dan kiri.
  • Sumber: Materiipa

Berita video spotlight tentang 5 Klub Liga Inggris dengan Pengeluaran Tertinggi, Manchester United dan Chelsea jadi yang Terboros : Pengertian Gerak Lokomotor, Ketahui Manfaat dan Contoh-contohnya – Ragam Bola.com

Kapan kita melakukan gerak lokomotor?

Contoh Permainan Lokomotor – Melakukan gerak lokomotor juga akan membantu membuat teman-teman menyadari tentang tubuh. Selain itu gerak ini juga akan membantu melatih kelincahan serta ketangkasan dalam bergerak. Gerak lokomotor ini juga merupakan gerakan dasar yang dapat dilakukan oleh manusia.

Melatih gerakan lokomotor ini juga dapat membantu melatih kekuatan serta keseimbangan tubuh. Gerakan ini juga akan menjadi gerakan dasar dalam beragam jenis olahraga. Karenanya, gerakan ini pun akan menyehatkan tubuh. Berikut dibawah ini beragam jenis gerak lokomotor yang dapat sering kamu lakukan. Gerakan lokomotor sebagai sebuah gerakan yang melibatkan tubuh pada manusia.

Gerakan lokomotor juga biasanya sering diterapkan oleh para olahragawan seperti olahragawan sepak bola, basketball, voli, berlari dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya gerakan lokomotor juga memiliki ciri berpindah-pindah tempat. Misalnya saja pindah dari tempat satu ke tempat lain.

Sementara ketika bermain sepak bola tanpa kita sadari, kita sudah melakukan sebagian dari gerak lokomotor. Gerak dasar fundamental menurut Harrow (1972) adalah sebuah pola gerak yang inheren yang membentuk dasar-dasar untuk keterampilan gerak yang kompleks meliputi gerak non lokomotor, gerak lokomotor; dan gerak manipulatif.

Permainan softball sendiri memiliki rangkaian gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor sebagai gerakan berpindah tempat. Dalam gerak lokomotor, bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Contoh gerak lokomotor di antaranya berlari, melompat, dan memanjat.

Sementara itu, pada gerakan non-lokomotor di antaranya gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat. Setelah melakukan pukulan dalam softball, artinya bagian tubuh tertentu melakukan gerakan dengan posisi tubuh berada di tempatnya. Contoh gerak non-lokomotor sendiri adalah menggeleng, membungkuk, memutar, dan mengayun.

Terdapat gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek atau gerak yang melibatkan suatu alat. Beberapa contoh dalam gerak manipulatif adalah memukul, menangkap, melempar, dan memantulkan bola. Dalam permainan softball sendiri terdapat kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif.

Cak Engkleng atau Engklek. Gobak Sodor. Patil Lele. Egrang Yeye atau Lompat Karet. Bola Bekel Rangku Alu atau Tari Tongkat.

Manfaat gerakan lokomotor sendiri adalah mengembangkan sebuah kesadaran yang berkaitan dengan sebuah keberadaan tubuh dalam ruang. Para ahli biasanya menyebutnya sebagai kesadaran persepsi motorik yang terdiri dari: Kesadaran tubuh sendiri, Kesadaran akan suatu hubungan ruang (spasial), Kesadaran konsep arah dan Kesadaran visual dan pendengaran dari Sejak usia dini, kesadaran ini juga akan terlihat pada seorang anak-anak ketika meniru gerakan gurunya atau meniru anak-anak yang lainnya.

Beda gerakan lokomotor dan non-lokomotor adalah pada aktivitas sehari-hari. Dua gerak dasar tersebut kemudian muncul secara alami. Namun, sebagai sarana latihan kelincahan, gerakan ini kemudian diajarkan sejak dini pada anak-anak. Para pendidik kemudian menyadari pentingnya mengasah gerak lokomotor maupun non lokomotor, sehingga dua hal ini kemudian banyak dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan olahraga pada jenjang sekolah dasar.

Sementara Gerakan non lokomotor dapat diketahui dari awal gerakan. Gerakan non lokomotor sebagai gerak dasar yang kemduian dapat dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat. Keterampilan gerakan ini juga dilakukan dengan menggerakan anggota badan yang melibatkan otot dan sendi dalam keadaan badan menetap atau statis. Bagaimana Langkah-Langkah Melakukan Gerak Lokomotor Melompat