Bagaimana Cara Melakukan Start Dengan Gerakan Tungkai?

Bagaimana Cara Melakukan Start Dengan Gerakan Tungkai
Jelaskan cara melakukan kombinasi jalan cepat ! Jawaban: Cara melakukan kombinasi jalan cepat :

ayunan dan gerakan tungkai di depan : persiapan yang dilakukan yaitu berdiri dengan kondisi kedua kaki dibuka, kedua lengan bersiap untuk memulai start dengan kondisi tertekuk di samping badan, pandangan fokus ke depan. Memulai jalan cepat yaitu ayunan lengan dan tungkai di tempat, ayunan lengan yang wajar dari muka ke belakang dan sikut ditekuk kurang dari 90°gerak berjalan pada garis lurus tanpa ayunan pada lengan : persiapannya yaitu berdiri pada garis lurus dengan jarak 8 – 10 m, kedua lengan tertekuk di sebelah atas samping badan. Pelaksanaan jalan cepat dilakukan dengan cara berjalan pada garis lurus, kedua lengan tidak ikut bergerak sampai jarak 9 – 10 m, dilakukan baik secara individu maupun kelompok.

Bagaimana cara melakukan gerakan tungkai?

tuliskan langkah langkah melakukan gerak tungkai renang gaya dada!​ Jawaban: Saat tubuh sejajar dengan permukaan air, kedua tungkai cukup lebar.2. Tariklah kedua tungkai bagian bawah ke atas secara maksimal.3. Doronglah air dengan kedua tungkai secara serentak, sehingga tungkai membentuk setengah lingkaran dengan diakhiri oleh suatu lecutan pergelangan kaki. Penjelasan:

@oliviagrezensiapakid,kotor sekali omongannya

: tuliskan langkah langkah melakukan gerak tungkai renang gaya dada!​

Bagaimana cara melakukan gerakan tungkai dalam jalan cepat?

rincian gerakan tungkai saat jalan cepat – Brainly.co.id Gerakan tungkai saat jalan cepat adalah tidak diangkat terlalu tinggi dan dalam melakukan jalan cepat kaki depan harus menyentuh tanah sebelum tumit diangkat.

Bagaimana gerakan tungkai kaki pada saat renang?

KOMPAS.com – Renang gaya dada atau breaststroke adalah salah satu jenis dalam olahraga renang, Renang gaya dada bisa bilang salah satu jenis gaya yang unik lantaran mirip dengan cara katak berenang saat di air. Renang gaya dada merupakan teknik berenang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air lalu dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan. kemdikbud Ilustrasi renang gaya dada Sebutkan gerakan tungkai kaki pada renang gaya dada. Gerakan tungkai ketika menendang diawali dengan menekuk kedua lutut sehingga mengarah ke samping. Kemudian, rentangkan kedua kaki sampai berpisah seakan membentuk huruf V, lantas rapatkan kembali ke posisi semula.

Dari posisi kedua kaki lurus kebelakang kemudian kedua kaki dibengkokkan pada panggul dan lutut dengan kedua tumit berdekatan. Sementara kedua tumit bergerak mendekati pantat, ujung kaki dibengkokkan ke arah samping. Tumit dan lutut direnggangkan perlahan-lahan. Setelah bengkok pada panggul dan lutut mencapai maksimum barulah gerakan tendangan dimulai. Pertama-tama dorongan tungkai ke belakang dimaksudkan hanya untuk menempatkan ujung ke posisi yang paling efektif untuk mendorong air ke belakang. Dorongan ke belakang dilakukan oleh kedua telapak kaki. Kaki didorong keluar dan ke belakang pada saat lutut diluruskan. Gerakan ini harus diluruskan. Gerakan ini harus dilakukan dengan cepat dan kuat. Dorongan ke belakang dilakukan oleh telapak kaki. Pada saat telapak kaki mendorong kuat gerakan renang gaya dada posisi telapak kaki sebaiknya dibengkokkan ke samping. Kaki didorong keluar ke belakang pada saat lutut diluruskan. Lalu Gerakan berakhir dengan kedua tungkai diluruskan ke belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melakukan gerakan tungkai dalam renang gaya bebas?

Gerakan tungkai pada teknik renang gaya bebas hampir sama dengan gerakan melangkahkan kedua kaki ketika berjalan sehingga memberi- kan gerak maju ke depan, demikian juga gerakan tungkai ini bisa dilakukan di air secara bergantian dengan posisi telungkup.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tungkai?

Tungkai manusia – Diagram tulang pada tungkai manusia Dalam ilmu anatomi manusia, definisi tungkai dan kaki dibedakan. Tungkai merupakan bagian ekstremitas (anggota gerak) bawah dari pangkal paha hingga pergelangan kaki, sedangkan kaki adalah bagian dari pergelangan kaki hingga ujung jari kaki.

Tungkai dibedakan menjadi tungkai atas dan tungkai bawah. Tungkai atas merupakan bagian paha yang terdiri dari tulang paha (femur). Tungkai bawah adalah bagian di antara lutut dan pergelangan kaki yang memiliki tulang kering (tibia) dan tulang betis ( fibula ). Tungkai bawah bagian belakang di mana terdapat tulang betis disebut betis,

Lutut adalah bagian pertemuan tungkai atas dan bawah yang memiliki tulang tersendiri, yaitu tulang tempurung lutut (patela). Tungkai manusia utamanya berfungsi sebagai penyokong batang tubuh agar manusia dapat berdiri, berjalan, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

You might be interested:  Media Yang Tepat Untuk Membuat Rancangan Karya Adalah?

Apa yang dimaksudkan dengan tungkai?

Tungkai adalah anggota tubuh bagian bawah (lower body) yang tersusun oleh tulang paha atau tungkai atas, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pangkal kaki, tulang tapak Page 7 kaki, dan tulang jari-jari kaki.

Apa saja manfaat melakukan gerakan tungkai?

Page 127 – Asyiknya Berolahraga 5 Page 127 – Asyiknya Berolahraga 5 P.127 116 Asyiknya Berolahraga V Gambar tehnik gerakan tungkai di kolam renang Sumber: dokumentasi pribadi 2.2. Bentuk-bentuk latihan gerakan tungkai Latihan gerakan tungkai dapat kamu lakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah : • latihan gerak tungkai sambil duduk, • latihan gerak tungkai sambil merentangkan kedua lengan ke samping tubuh, • latihan gerakan tungkai sambil memegang pinggir kolam, • latihan gerakan tungkai menggunakan papan luncur.

  1. Gambar gerakan tungkai dalam berbagai cara Sumber: dokumentasi pribadi 2.3.
  2. Manfaat gerakan tungkai Gerakan tungkai dalam berenang bermanfaat untuk : • mendukung gerakan tubuh ke depan, • mendorong tubuh untuk melaju, • menjaga keseimbangan.3.
  3. Gerakan lengan Gerakan lengan gaya punggung merupakan gerakan yang paling rileks dari semua gerakan lengan dalam renang.

Jadi kamu harus melakukan gerakan ini dengan rileks. Gerakan lengan dilakukan dengan cara menggerakkan lengan dari depan ke belakang secara perlahan dalam jarak yang panjang. Ayo kita berlatih gerakan lengan dengan berbagai bentuk gerakan lengan.

Page 127 – Asyiknya Berolahraga 5

Bagaimanakah sikap tungkai kaki yang tepat pada saat melaksanakan jalan cepat adalah?

Atletik: Begini Posisi Kaki yang Benar Saat Jalan Cepat – Bola Liputan6.com Pejalan cepat Jepang, Satoshi Maruo, saat menyelesaikan lomba nomor jalan cepat 50 kilometer cabang atletik Asian Games XVIII di Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2018). Dirinya finish posisi keempat.

(Bola.com/Vitalis Yogi Trisna) Liputan6.com, Jakarta – dianggap sebagai cabang olahraga tertua hingga dijuluki sebagai “Mother of Sports”. Cabang olahraga ini terdiri dari jalan, lari, lompat dan lempar. Aktivitas fisik yang dilakukan pada atletik merupakan gerakan bawaan yang sudah ada ketika manusia hidup di dunia.

Pasalnya, segala kegiatan manusia akan dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat hingga melempar. Maka tak heran jika cabang olahraga satu ini dikatakan sebagai pelopor cabang olahraga terkenal lainnya, seperti, basket, voli dan lain-lainnya.

Olahraga satu ini memiliki banyak nomor cabang atletik diantaranya, jalan cepat, lari jarak pendek, lompat jauh dan tolak peluru. Apakah kamu tahu diantara keempat nomor cabang atletik ada kegiatan yang sering kamu terapkan? Ya, jalan cepat menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh manusia. Kegiatan ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidupmu.

umumnya diadakan di stadion atau lintasan lari. Jarak umum jalan cepat berkisar dari 3.000 meter hingga 100 kilometer. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Adapun gerakan yang dilakukan dalam nomor cabang atletik jalan cepat, yakni start, gerak tungkai, tumpuan kaki, ayunan lengan, gerak pinggul dan memasuki garis finis.

Tahukah kamu ada ketentuan dalam menumpu kaki pada jalan cepat? Saat melakukan jalan cepat kamu perlu menerapkan posisi kaki yang benar. Salah satunya adalah saat kaki menumpu pada jalan cepat dilakukan dengan cara tumit mendarat terlebih dahulu. Simak penjelasan lengkap prinsip dasar yang dibutuhkan pada nomor cabang atletik jalan cepat di halaman selanjutnya.

Sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri kembali menorehkan prestasi dengan meraih medali perak nomor 100 meter pada Kejuaraan Atletik Asia 2019. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, pelaksanaan perlombaan jalan cepat diawali dengan adanya pemberangkatan (start) dan diakhiri dengan melewati garis finish.

  • Prinsip Dasar Jalan Cepat
  • Langkah
  • Gerak langkah kaki dilakukan dengan cara mengangkat paha kaki yang diayunkan ke arah depan, dengan posisi lutut terlipat dan tungkai badan bergantung ke depan.
  • Ayunan dari paha ke depan tungkai bawah akan ikut terayun ke depan, sehingga lutut menjadi lurus dan menampakkan tumit terlebih dahulu untuk menyentuh tanah.
  • Posisi Badan Dengan Ayunan dari Lengan
  • Prinsip dasar selanjutnya dalam jalan cepat adalah posisi badan yang condong ke depan dengan ayunan lengan.

Dimana, bagian siku dilipat hingga lebih kurang dari 90 derajat, barulah pejalan mulai mengayunkan lengan. Pejalan perlu memperhatikan gerakan lengan agar seirama dengan langkah kaki. Finish Dalam nomor cabang atletik jalan cepat, tak ada teknik khusus untuk finish ini.

Umumnya, pejalan akan terus berjalan hingga melewati garis finish. Memasuki hari keempat Peparnas XVI Papua 2021, rekor nasional kembali dicatatkan lewat Rifki Ahmad Soleh yang berhasil meraih medali emas dalam cabor para atletik putra nomor 1.500 meter (T46). (Humas NPC Indonesia) Induk organisasi atletik di Indonesia merupakan organisasi yang berperan penting dalam mengembangkan olahraga atletik di Indonesia.

Induk organisasi atletik di Indonesia adalah PASI singkatan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) didirikan pada 3 September 1958 di Jakarta. Awal keberadaan organisasi atletik di Indonesia didirikan pada Zaman Belanda dengan nama Nederlands Indisehe Unie (NIAU).

  1. Nama NIAU dalam Bahasa Indonesia, memiliki arti Perserikatan Atletik Hindia Belanda yang dibentuk pada tahun 1917.
  2. Pada tanggal 3 September 1950, tokoh-tokoh atletik dari perhimpunan atletik beberapa daerah berkumpul di Semarang untuk membentuk induk organisasi atletik sebagai wadah untuk menaungi para atlet di seluruh penjuru negeri.
  3. Berangkat dari sanalah, lahir induk organisasi atletik Indonesia yaitu Persatuan Atletik Seluruh Indonesia yang disingkat PASI.
  4. Tujuan PASI sebagai induk organisasi atletik di Indonesia adalah untuk menaungi dan meningkatkan prestasi para atlet atletik yang ada di Indonesia.
  5. Induk organisasi inilah yang memiliki peranan terbesar dalam berbagai macam prestasi yang telah diraih oleh atlet atletik Indonesia di ajang nasional maupun internasional.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Sikap Headstand?

Para pelari beradu cepat saat tampil pada Kejurnas Atletik 2019 nomor 4×100 meter estafet senior putra di Stadion Pakansari, Bogor pada Rabu (8/8/2019). Kejurnas Atletik berlangsung dari 3 hingga 7 Agustus. (Bola.com/Peksi Cahyo) Atletik berasal dari Bahasa Yunani, yakni “Athlon atau athlum” yang memiliki arti pertandingan, perlombaan, pergulatan atau perjuangan.

  1. Sedangkan, orang yang melakukan kegiatan tersebut dinamakan “athlete” atau atlet.
  2. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII Edisi Revisi, bangsa Yunani lah yang menjadi pelopor dalam menyelenggarakan perlombaan atletik.
  3. Hal ini terbukti melalui karya pujangga Yunani Purba Bernama homerus.

Kala itu, cabang olahraga atletik dikenal dengan nama pentathlon atau panca lomba dan decathlon atau dasa lomba. Adapun nomor cabang lari atletik yang sudah dimulai sejak tahun 490 SM, yaitu Marathon. Nama kegiatan ini ternyata berawal dari sebuah kota kecil bernama Marathon yang berjarak 40 km dari Athena.

  • Sejak itu, cabang olahraga marathon ini menjadi olahraga yang dinantikan sekaligus menjadi puncak penutupan seluruh rangkaian olahraga.
  • Lambat laun, olimpiade nomor atletik menjadi tambang medali yang selalu diperebutkan dan terbentuklah organisasi olahraga atletik internasional.
  • Pada tanggal 17 Juli 1912 saat Olimpiade ke-5 di Stockhom, Swedia, induk organisasi internasional atletik dibentuk dengan nama International Amateur Athletic Federation (IAAF).

Infografis Indonesia Berkibar di 25 Cabang Olahraga Asian Games 2018. (Liputan6.com/Triyasni) : Atletik: Begini Posisi Kaki yang Benar Saat Jalan Cepat – Bola Liputan6.com

Gerakan langkah menggeser dengan prinsip satu tungkai menggunakan tungkai yang lain disebut?

Gerakan berpindahnya salah satu kaki belakang ke depan kaki satunya dengan berbagai variasi disebut dengan gerakan langkah dasar. Terdapat beberapa macam gerakan langkah berirama antara lain: A. Walking step. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara:

  1. Awalin dengan gerakan melagkahkan satu kaki ke kaki lain dengan meluruskan ujung jari kaki dan kaki sedikit diputar keluar
  2. Ayunkan kedua lengan dengan leluasa dan bebas berlawanan dengan gerakan kaki
  3. Badan usahakan tetap tegak dan pandangan harus lurus setinggi mata
  4. Latihan gerakan walking step dapat dilakukan pada arah yang berbeda

B. Running step. Cara melakukan running step sama seperti gerakan waling step. Namun, gerakan running step dilakukan lebih cepat dengan kedua kaki terlepas dari lantai. Running step dilakukan dengan langkah lebar dan lutut ditekuk ke belakang yang dikombinasikan dengan berbagai gerakan lengan.C.

  • Kelas: 10
  • Mapel: Penjaskes
  • Kategori: Aktivitas ritmik
  • Kata Kunci: Senam irama, gerakan langkah dasar
  • Kode: 10.22.5

Bahan belajar penjaskes sub bab senam ritmik:

  1. komponen senam irama: brainly.co.id/tugas/16968569
  2. ayunan dua lengan silang depan di depan dada: brainly.co.id/tugas/16968401
  3. langkah rapat dalam senam: brainly.co.id/tugas/16968397
  4. Gerakan langkah silang: brainly.co.id/tugas/16968249
  5. pengertian senam: brainly.co.id/tugas/16968247

Bagaimana sikap awal melakukan gerakan tungkai berpegangan dengan teman?

Bagaimana sikap awal melakukan gerakan tungkai berpegangan teman?jawab:,,​

  • Jawaban:
  • •Lutut: Pertama-tama ditarik kebawah, lalu pada saat didorong di atas lutut satu dengan yang lain terpisah selebar bahu.
  • •Waktu lutut sudah ditarik kebawah usahakan kaki bawah pindah garis vertikal yang lewat lutut.
  • •Telapak kaki mengadaptasikan pada permukaan udara dan sejajar dengan permukaan udara tersebut.
  • Semoga bermanfaat ya (ʘᴗʘ✿)

Jawaban:

  1. Lutut: Pertama-tama ditarik kebawah, lalu pada saat didorong di atas lutut satu dengan yang lain terpisah selebar bahu.
  2. Waktu lutut sudah ditarik kebawah usahakan kaki bawah pindah garis vertikal yang lewat lutut.
  3. Telapak kaki mengadaptasikan pada permukaan udara dan sejajar dengan permukaan udara tersebut.

: Bagaimana sikap awal melakukan gerakan tungkai berpegangan teman?jawab:,,​

Langkah pertama dalam gerakan tungkai renang gaya bebas di mulai dari?

Latih kakimu berenang gaya bebas dengan cara ini | merdeka.com Merdeka.com – Di Indonesia ini, mau musim panas ataupun musim hujan, pasti tetap banyak orang yang berenang. Berenang memang merupakan salah satu olahraga sekaligus hobi yang bikin kamu makin sehat.

Dengan berenang, tubuhmu akan makin sehat. Nah, kali ini yuk kita bahas tentang gaya bebas dalam berenang, salah satunya adalah variasi keterampilan gerak tungkai renang gaya bebas.1. Latihan gerakan tungkai sambil berpegangan di pinggir kolam renang Di kolam renang biasanya ada pegangan di sekelilingnya.

Pegan salah satunya, lalu,, dan kedua lurus. Sumber gerakan kaki dilakukan dari pangkal paha, hingga lutut kaki nggak ditekuk, tapi hanya tertekuk saat bergerak.2. Gerakan tungkai berpasangan Untuk melakukan gerakan ini, pastikan ada teman yang membantumu untuk memegangi kedua lenganmu.

Lengan, badan, dan kaki lurus, sehingga saat menggerakannya kaki maju ke depan sedangkan yang memegang lengan bergerak mundur.3. Latihan gerakan tungkai menggunakan pelampung Untuk latihan ini, kedua lengan berpegangan pada papan pelampung di depan. Lengan, badan, dan kedua kaki lurus, hingga saat menggerakkan kaki, badan maju ke depan.4.

Latihan gerakan tungkai sambil meluncur Kedua lengan lurus di samping telinga dan ujung–ujung jarinya dirapatkan pada bagian ibu jari, hingga badan dapat meluncur ke depan. Kalau kamu belum pernah berenang sebelumnya, mungkin kamu akan merasa takut. Padahal sebenarnya berenang adalah keterampilan yang penting banget untuk dikuasai.

Bagaimana langkah awal melakukan koordinasi gerakan tungkai dan lengan?

Bagaimana langkah pertama dalam melakukan koordinasi gerakan tungkai lengan dan nafas

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting?

Jawaban: Berikut langkah-langkah melakukan gerak koordinasi tangan dan kaki serta bernapas: 1 ) Dorong tubuh hingga meluncur di dalam air.

Dorong tubuh hingga meluncur di dalam air.2)Tekuk lutut serta dorong tumit ke arah panggul. Dorong tubuh hingga meluncur di dalam air.2)Tekuk lutut serta dorong tumit ke arah panggul.3)Gerakkan kedua tangan dan kaki secara bersamaan. Dorong tubuh hingga meluncur di dalam air.2)Tekuk lutut serta dorong tumit ke arah panggul.3)Gerakkan kedua tangan dan kaki secara bersamaan.4)Ulangi latihan gerak koordinasi ini secara rutin.

Bagaimana gerakan tungkai pada renang gaya dada?

Gerakan tungkai renang gaya dada adalah membentangkan tungkai kebelakang sama dengan gerakan kaki katak pada saat berenang, yang membedakannya adalah pada kaki katak yang digunakan untuk mendorong air kebelakang hanya menggunakan telapak kaki sedangkan pada renang gaya dada selain telapak kaki juga kaki bagian atas.

Bagaimana gerakan tungkai dan kaki pada renang gaya punggung?

2. Gerakan tungkai pada renang gaya punggung sama dengan gerakan tungkai pada renang gaya bebas, yaitu tungkai bergerak naik turun pada bidang horizontal, yang membedakan adalah pada gaya punggung gerakan tungkai dilakukan dalam posisi terlentang sedangkan padarenang gaya crawl gerakannya dilakukan pada posisi

Bagaimana cara melakukan latihan gerakan tungkai dengan posisi duduk di pinggir kolam?

Penjelasan: – Berenang merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh orang-orang. Selain sebagai sarana hiburan, berenang juga dapat meningkatkan stamina serta memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, kita perlu belajar mengenai latihan berenang yang baik dan benar. Berikut beberapa latihan gerakan kaki saat berenang :

Latihan posisi duduk di tempat yang dangkal. Latihan ini dapat dilakukan dengan menggerakkan posisi kaki dari posisi duduk untuk menendang dan menekan permukaan air.Latihan tungkai juga dapat dilakukan bersama dengan teman. Caranya adalah dengan menggerakkan kaki dalam posisi badan dan yang telentang dan kepala dipegang oleh teman atau pasanagn latihan. Gerakan kaki ialah menendang dan menekan permukaan air hingga menempuh jarah 7 sampai 10 meter.Latihan gerakan tungkai meluncur sambil badan telentang. Gerakan ini dapat dilakukan dengan menggerakkan kaki menendang dan menekan permukaan air dengan kedua tangan yang lurus ke belakang.

Apa fungsi tungkai?

Sebagai anggota gerak bawah, panjang tungkai berfungsi sebagai penopang gerak anggota tubuh bagian atas, serta penentu gerakan baik dalam berjalan, berlari, melompat maupun menendang.

Pada kolam yang seperti apa latihan gerakan lengan renang gaya dada dapat dilakukan?

| Juni 13, 2022 | Pelajaran | Jelaskan bagaimana posisi tubuh dan gerak lengan dalam renang gaya dada yang baik dan benar? Sebelum mempelajari kedua teknik renang gaya dada ini, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu gerakan meluncur dan cara melakukan gerakan kaki pada renang gaya dada agar lebih mudah dalam mempelajari salah satu jenis gaya renang ini.

  1. Salah satu keberhasilan dalam mempraktikkan renang gaya dada adalah dengan memahami seluruh teknik dasarnya.
  2. Bagaimana posisi tubuh dan gerakan kaki yang benar dapat kalian ketahui setelah membaca pembahasan berikut ini.
  3. Posisi Tubuh dalam Renang Gaya Dada Dalam renang gaya dada, posisi tubuh juga berperan penting.

Posisi tubuh yang benar memudahkan tubuh mengapung. Amatilah posisi tubuh seperti gambar berikut! Papan pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk belajar mengapung. Bagaimana cara melakukan gerak mengapung? Awalnya, ambil posisi telungkup menghadap permukaan air. Posisi tubuh mengapung. Kedua lengan diluruskan ke depan, telapak tangan dijulurkan ke depan.

  • Emudian, kedua tungkai diluruskan ke belakang.
  • Pertahankan posisi badan tetap seimbang dan di permukaan air.
  • Gerakan Lengan dalam Renang Gaya Dada yang Benar Gerakan lengan dalam renang gaya dada berperan sebagai tenaga pendorong.
  • Latihan gerakan lengan dapat dilakukan di kolam dangkal.
  • Agar kamu lebih mahir, praktikkan langkah-langkah berikut.1.

Luruskan kedua tangan dan julurkan ke atas kepala dengan posisi jari-jari merapat. Agar kamu lebih paham, amatilah gambar berikut. Apa yang dapat kamu simpulkan dari Gambar diatas? Praktikkan gerakan seperti gambar tersebut bersama temanmu. Bagaimana caranya?

  1. Buka tangan ke samping dengan posisi telapak tangan menghadap ke luar.
  2. Tekuk sikut dan tarik tangan ke samping selebar bahu atau setengah lingkaran (kira-kira 90°) sambil mendorong air.
  3. Ayunkan tangan dengan kuat saat mendorong air.

2. Tekuk tangan ke bawah dada, posisi telapak tangan berhadapan kedalam.3. Julurkan tangan ke atas kepala dengan posisi ibu jari di atas seperti posisi semula. Amatilah gerakan lengan seperti gambar berikut. Nah itulah penjelasan singkat padat dan jelas mengenai Posisi Tubuh dan Gerak Lengan dalam Renang Gaya Dada. Pelajari juga teknik renang gaya dada lainnya berikut ini :

  • Teknik Gerakan Meluncur Renang Gaya Dada
  • Cara Melakukan Gerakan Kaki Renang Gaya Dada
  • Teknik Pernapasan dalam Renang Gaya Dada

Mengapa renang gaya dada disebut juga dengan gaya katak?

“Gaya dada disebut dengan gaya katak. Ini termasuk salah satu gerakan renang yang mudah dilakukan dan cocok dipraktikkan oleh pemula. Salah satu tekniknya adalah gerakan kaki yang seperti katak.” Halodoc, Jakarta – Renang termasuk ke dalam cabang olahraga akuatik. Olahraga ini dilakukan dengan menggerakkan anggota tubuh, termasuk tangan dan kaki agar tubuh bisa mengapung di permukaan air. Berenang gaya dada disebut juga dengan gaya katak. Sebab, gerakan ini dilakukan menghadap permukaan air dengan gerakan kaki dan tangan yang menyerupai katak sedang berenang.