Bagaimana Cara Melakukan Lompat Peti Dengan Kaki Lurus?

Bagaimana Cara Melakukan Lompat Peti Dengan Kaki Lurus
Cara Melakukan Lompat Kangkang – Baca juga: 2 Cara Melakukan Lompat Kangkang

  1. Posisi badan sebelum melakukan awalan lompat kangkang adalah berdiri tegak menghadap peti lompat.
  2. Pandangan selalu fokus kepada peti lompat.
  3. Lakukan awalan dengan lari secepat mungkin dan posisi badan condong ke depan.
  4. Perhitungkan langkah dari titik awalan berlari hingga peti lompat, untuk bersiap melakukan lompatan.
  5. Saat melompat, luruskan kedua tangan dan sentuh peti lompat. Pastikan pegangannya kuat serta arahkan seluruh jari menghadap ke depan.
  6. Tumpuan saat melakukan gerakan melompat peti adalah kedua tangan dan posisi kaki melayang di udara.
  7. Tetap arahkan fokus pandangan ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan.
  8. Lakukan pendaratan dengan posisi lutut tertekuk serta kedua tangan lurus ke atas.

Baca juga: Kombinasi Gerakan dalam Senam Ketangkasan Lompat Kangkang

Bagaimana cara melakukan lompat kangkang?

Sebelum kita mempelajari teknik dasar cara melakukan lompat kangkang, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu dari penjelasan lompat kangkang. Lompat kangkang adalah suatu gerakan melakukan lompatan dengan harus melewati di atas peti dengan posisi kaki terbuka lebar ke kanan dan ke kiri. Bagaimana Cara Melakukan Lompat Peti Dengan Kaki Lurus

Bagaimana cara melakukan lompatan?

4 Langkah ini harus kamu lakukan dalam senam peti lompat | merdeka.com Merdeka.com – Pernahkah kamu mendengar tentang senam? Senam adalah sebuah rangkaian dari latihan jasmani yang tersusun dari beberapa jenis dan dilakukan dalam waktu tertentu juga dengan maksud tertentu.

Ada beberapa teknik senam alat yang bisa dilakukan, salah satunya adalah loncat kangkang di atas peti lompat. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Yuk kita simak bersama. Latihan senam yang satu ini membutuhkan keberanian dan perhitungan yang teliti untuk bisa mencapai ketinggian tolakan di titik tumpu.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Kombinasi Gerak Dasar?

Hal ini ditujukan supaya bisa melewati peti lompat yang sudah disediakan tanpa cedera. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam latihan senam ini, yaitu awalan tolakan dua kaki, cara mengambil awalan, cara melewati peti dan sikap mendarat yang baik saat melakukan latihan senam yang satu ini.

  • Lakukan lompatan dengan peti lompat yang rendah. Setelah itu, tingkatkan ke peti yang lebih tinggi.
  • Dari sikap berdiri, posisikan dua tanganmu di peti lompatan lalu tolakkan kedua kakimu selebar dan setinggi mungkin. Lakukan hal ini secara berulang-ulang.

Setelah itu adalah cara mengambil awalan, yaitu:

  1. Berdirilah tegak dengan tangan menempel di lalu larilah mengambil awalan.
  2. Lakukan perhitungan dari langkah awal sampai langkah tumpu supaya bisa meloncat tinggi.
  3. Ayunkan lenganmu untuk persiapan melewati peti.

Selanjutnya adalah cara melewati peti, kamu cukup melakukan keseimbangan yang baik supaya pendaratannya juga bagus. Untuk mendaratnya, lakukan dengan dua kaki yang menapak bersama-sama. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa saja yang harus kamu lakukan dalam latihan senam peti lompat ini kan? : 4 Langkah ini harus kamu lakukan dalam senam peti lompat | merdeka.com

Bagaimana cara menolak peti loncat?

Kedua kaki menolak pada papan tolakan dengan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan ke bawah dan ke depan, badab lurus dan tungkai dibuka.3. Pada saat kedua tangan menyentuh peti loncat, segera tolakan kedua tangan dengan sekuat-kuatnya.

Bagaimana cara melakukan gerakan melompat peti?

Cara Melakukan Lompat Kangkang – Langkah-langkah melakukan lompat kangkang, sebagaimana dikutip dari KOMPAS.com Skola,

Posisi badan sebelum melakukan awalan lompat kangkang adalah berdiri tegak menghadap peti lompat. Pandangan selalu fokus kepada peti lompat. Awalan lompat kangkang dengan tumpuan pangkal peti lompat dilakukan dengan cara lari secepat mungkin dan posisi badan condong ke depan. Perhitungkan langkah dari titik awalan berlari hingga peti lompat, untuk bersiap melakukan lompatan. Saat melompat, luruskan kedua tangan dan sentuh peti lompat. Pastikan pegangannya kuat serta arahkan seluruh jari menghadap ke depan. Tumpuan saat melakukan gerakan melompat peti adalah kedua tangan dan posisi kaki melayang di udara. Tetap arahkan fokus pandangan ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan. Pendaratan saat melakukan gerakan lompat kangkang melewati peti lompat adalah dengan posisi lutut tertekuk serta kedua tangan lurus ke atas.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Latihan Koordinasi Gerak Renang Gaya Dada?

Baca juga: Cara Melakukan Gerakan Meroda