Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Weaving Senam Aerobik?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Weaving Senam Aerobik
Bagaimanakah cara melakukan weaving ​ Berikut cara melakukan weaving :

Berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan lutut dalam posisi tidak terkunci.Tekuk kedua siku di depan tubuh dengan telapak tangan mengepal dan pandangan ke depan.Tekuk kedua lutut sedikit. Ayunkan tubuh bagian atas ke samping kanan dan kiri, rendahkan posisi tubuh, tangan tetap berada di depan dada dengan posisi tangan mengikuti gerakan tubuh.Lakukan gerakan sebanyak 2 × 8 hitungan.

Semoga Membantu ^ ^ Jawaban: a.Berdiri tegak, kedua kaki dibuka melewati lebar bahu. Putar kedua tangan melewati kepala.b.Ayunkan kedua tangan ke arah samping hingga pada posisi tangan kiri dengan telapak tangan terbuka, membentuk sudut 45 derajat dan tangan kanan di depan dada. Tekuk lutut kanan dan berat badan bertumpu pada kaki kanan : Bagaimanakah cara melakukan weaving ​

Bagaimana cara melakukan senam aerobik?

KOMPAS.com – Olahraga senam aerobik menjadi salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukan oleh banyak orang di segala usia. Dalam buku Senam (1992) oleh Sukiyo, ciri-ciri senam yang harus ada pada satu gerakannya, yaitu:

  1. Gerakan selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja
  2. Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya sikap tubuh, memperbaiki gerak, dan lain sebagainya.
  3. Gerakan-gerakannya harus tersusun dan sistematik, dilakukan secara teratur dan berulang-ulang.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, aerobik masuk dalam kategori senam irama atau senam ritmik. Senam aerobik adalah olahraga yang dilakukan secara terus-menerus di mana kebutuhan oksigem masih dapat dipenuhi dengan kecepatan menempuh waktu. Baca juga: Senam Aerobik: Pengertian, Sejarah dan Jenisnya Tahap-tahap melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut:

  1. Pemanasan selama 10 menit
  2. Latihan inti selama 15-20 menit
  3. Pendinginan atau pelemasan selama 5 menit

Salah satu gerak langkah dalam senam aerobik adalah v-step atau easy walk Yang dimaksud dengan v-step atau easy walk itu adalah?

Jawaban yang benar adalah V-steap adalah Gerakan membetuk segitiga atau langkah segi tiga, ke depan atau ke belakang dengan tetap menjaga arah lutut ke depan. Pembahasan V-step atau easy walk atau salah satu gerakan dasar pada senam aerobik.Gerakan V-step atau easy walk adalah Gerakan membetuk segitiga atau langkah segi tiga, ke depan atau ke belakang dengan tetap menjaga arah lutut ke depan.

Gambar di bawah ini merupakan salah satu gerak langkah dalam senam aerobik yang biasa disebut dengan?

Perhatikan gambar! gambar di atas merupakan salah satu gerak langkah dalam senam aerobik yang biasa Jawaban: V Step adalah gerakan kaki melangkah ke depan secara melebar menngikuti bentuk V, lalu kembali ke posisi semula, dimulai dengan kaki kanan. : Perhatikan gambar! gambar di atas merupakan salah satu gerak langkah dalam senam aerobik yang biasa

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Menolak Peluru?

Ada berapa langkah dasar dalam senam aerobik?

teknik dasar senam aerobik​ saya bantu jawab ya 1. Pelurusan Persendian Tubuh Pelurusan Persendian Tubuh disebut juga body allignment ; Adalah kemampuan menjaga bentuk dan posisi tubuh dan anggotanya secara benar, yaitu pada satu garis lurus (tulang belakang tubuh) pada saat bergerak di permukaan lantai, meloncat ke udara atau lepas dari lantai dan kembali mendarat, maupun ketika bergerak di lantai.

  • Gerakan tersebut dapat berupa gerak langkah dasar dengan ayunan lengan, maupun gerakan lainnya.2.
  • Langkah dasar Langkah dasar / basic steps ; Ada 7 langkah dasar dalam senam aerobik, ke tujuh langkah itu dikenal dengan seven basic steps.
  • Pengembangan dari tujuh langkah dasar ini bisa saja dilakukan, sehingga dapat memperbanyak variasi gerak menjadi lebih luas seluas gerak dalam hidup sehari-hari.

Seven basic steps dalam senam aerobik adalah;

1. march,2. jogging,3. skip,4. knee lift,5. kick,6. jumping jack,

7. dan lunge. Gerak dan ayunan lengan pada senam aerobik identik dengan melakukan berbagai gerakan yang dapat dilakukan oleh lengan dan tangan dalam aktivitas sehari-hari. Pembeda dari teknik gerak tersebut adalah bahwa gerak pada senam aerobik dilakukan dengan memaksimalkan fungsi gerak lengan dan tangan untuk mencapai tujuan-tujuan peningkatan dan pengembangan kebugaran.

Berbagai gerak tersebut, secara mekanik dilakukan berdasarkan prinsip mekanika gerak tubuh manusia, berupa gerak abduksi, adduksi, pronasi, rotasi, fleksi, ekstensi, dan lain-lain. Jenis dan tipe pergerakan senam aerobik dipelajari secara lebih teknis dan terperinci dalam kinesiologi dan biomekanika.

Teknik-teknik berupa arm curl, butterfly, chest press, arm extension, arm pumping, pull up/down, rowing, punching, dan lainnya tidak terlepas dari berbagai keterangan yang telah disampaikan sebelumnya. Jenis-jenis latihan berbeban dengan memaksimalkan peralatan yang ada dapat pula digunakan sebagai gerak dan ayunan lengan dalam senam aerobik dengan tujuan meningkatkan intensitas latihan.3.

  • Musikalitas Adalah kemampuan seseorang untuk bergerak ritmis sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring.
  • Pergerakan sesuai dengan aksen musik, tepat dengan ketukan pada musik, sesuai dengan tema musik yang digunakan, serta kemampuan menjiwai ide pada musik itu.
  • Musikalitas pelaku pada senam aerobik dilakukan dengan terlebih dahulu melalui tahap pengenalan terhadap ketukan (beat), sehingga pergerakan yang dilakukan tetap dalam irama yang diinginkan.

Permulaan lagu yang berarti sebagai tanda dimulainya gerakan, dipelajari kemudian. Pada tahap ini, pelaku senam aerobik mengenal sekuens yang biasanya terdiri dari delapan ketukan (birama 4/4) ditandai dengan perubahan warna musik dengan suara instrumen yang menonjol (misalnya, suara drum yang beruntun, terompet, dan alat musik lainnya).

  • Mengenali berbagai tipe musik dan lagu merupakan cara untuk mengasah musikalitas seseorang.
  • Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan menghayati lagu sebagai ekspresi yang diejawantahkan melalui gerakan yang dinamis, semangat, dan gembira.
  • Musik pengiring adalah nyawa dari proses pelatihan senam, untuk itu diperlukan kejelian dalam memilih musik/lagu sebagai pengiring.
You might be interested:  Rancangan Penelitian Yang Bersifat Prospektif Yaitu?

: teknik dasar senam aerobik​

Bagaimana cara melakukan gerakan single step?

Macam-Macam Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik – Ragam Bola.com Ilustrasi senam, olahraga. (photo created by senivpetro on freepik.com) Bola.com, Jakarta – adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang dipilih dengan durasi waktu tertentu.

  1. Senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh.
  2. Senam aerobik merupakan satu di antara olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan.
  3. Tak hanya membuat badan bugar, senam aerobik mampu membuat semangat dan membuat hati riang melalui variasi gerakannya tersebut.

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler. Secara umum, merupakan olahraga yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan.

  1. Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran.
  2. Senam aerobik bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.
  3. Hal-hal di atas yang membuat senam aerobik banyak digemari dari berbagai kalangan.
  4. Bagi kamu yang ingin menekuni senam aerobik, perlu mengetahui macam-macam gerakan dasarnya.

Secara umum, gerak dasar senam aerobik hanya meliputi gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan tangan. Berikut ini rangkuman tentang macam-macam gerakan dasar dalam yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Senin (18/10/2021).

  • Gerakan marching ini dilakukan hanya dengan low impact,
  • Jogging
  • Gerakan jogging ditandai dengan menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah bokong, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah.

Gunakan persendian engkel dan lutut yang menjadi tumpuan sebagai peredam gerakan. Gerakan jogging ini dilakukan hanya dengan high impact, Ilustrasi senam, olahraga. (Photo created by yanalya on freepik.com) Knee Up Gerakan mengangkat lutut minimal setinggi pinggang, tungkai atas sejajar dengan lantai tungkai bawah tegak lurus. Kaki bisa dilakukan dalam keadaan flek atau tertekuk.

  1. Gerakan ini bisa dilakukan baik low maupun high impact,
  2. Single Step
  3. Teknik gerak kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan kedua lutut menghadap ke depan.
  4. Double Step
  5. Gerakan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutut kaki tumpu agak ditekuk.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Passing Atas?

Ilustrasi senam | Freepik

  • Leg Curl
  • Gerakan menekuk kaki ke arah bokong.
  • Toe Touch
  • Gerakan menyentuhkan bola kaki ke depan, kanan atau kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.
  • V-Step (easy walk)
  • Gerakan membetuk segitiga atau langkah segi tiga, ke depan atau ke belakang dengan tetap menjaga arah lutut ke depan.
  • Squat
  • Gerakan membuka kaki selebar satu setengah lebar bahu, kemudian menekuk kedua lutut ( half squat atau full squat ) dengan posisi ujung lutut tidak melebihi ujung jari kaki.

Ilustrasi olahraga, senam. (Photo created by senivpetro on freepik)

  1. Bicep Curl
  2. Gerakan menekuk (flexi) persendian siku tangan dan meluruskanya kembali (extensi), gerakan ini berfungsi untuk melatih otot lengan depan (bisep).
  3. Chest Press
  4. Gerakan mendorong lengan ke depan dada, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada (pectoral).
  5. Cross Arms
  6. Gerakan lengan menyilang di depan dada dan membuka lengan ke bawah.
  7. Butterfly/Open the Window
  8. Gerakan membuka dan menutup lengan bawah di depan wajah, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada.
  9. Tricep extension
  10. Gerakam meluruskan lengan, gerakan ini bertujuan untuk melatih otot lengan belakang (tricep).
  11. Pumping
  12. Gerakan mendorong kedua lengan ke bawah seperti memompa (berlawanan dengan gerakan up right row).
  13. Sumber: Kemdikbud

: Macam-Macam Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik – Ragam Bola.com

Jelaskan langkah langkah melakukan walking step?

Walking step. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara:

  1. Awalin dengan gerakan melagkahkan satu kaki ke kaki lain dengan meluruskan ujung jari kaki dan kaki sedikit diputar keluar
  2. Ayunkan kedua lengan dengan leluasa dan bebas berlawanan dengan gerakan kaki
  3. Badan usahakan tetap tegak dan pandangan harus lurus setinggi mata
  4. Latihan gerakan walking step dapat dilakukan pada arah yang berbeda

Walking step adalah salah satu bentuk dari garakan dasar langkah. Gerakan lainnya adalah runing step, slide, dan gallop.

  • Kelas: 10
  • Mapel: Penjaskes
  • Kategori: Aktivitas ritmik
  • Kata Kunci: Senam, pengertian senam
  • Kode: 10.22.5

Bahan belajar penjaskes sub bab senam ritmik:

  1. komponen senam irama: brainly.co.id/tugas/16968569
  2. ayunan dua lengan silang depan di depan dada: brainly.co.id/tugas/16968401
  3. Gerakan lompatan tour jete: brainly.co.id/tugas/16968730
  4. Gerakan langkah silang: brainly.co.id/tugas/16968249
  5. gerakan langkah dasar: brainly.co.id/tugas/16968574

Bagaimana cara melakukan gerak langkah ke samping?

Gerak Langkah Samping (Zijpass) – Zijpas dalam senam irama disebut juga gerak langkah menyamping. Caranya adalah dengan melangkahkan kaki kiri dengan mengangkatnya menuju samping kiri, lalu putar badan 180 derajat ke kiri serta langkahkan kaki kanan hingga menghadap arah sebaliknya.

Tuliskan secara singkat apa itu senam aerobik?

KOMPAS.com – Senam aerobik merupakan salah satu kategori senam irama yaitu senam yang dilakukan dengan iringan musik. Jenis senam ini merupakan pengembangan dari senam akrobatik. Dalam mempelajari senam aerobik, pesenam harus menekankan frekuensi latihan agar cepat paham.