Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pegangan Forehand Pada Permainan Bulutangkis?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pegangan Forehand Pada Permainan Bulutangkis
KOMPAS.com – Raket menjadi peralatan utama bagi seorang pemain dalam permainan bulu tangkis yang digunakan untuk memukul shuttlecock (kok). Pemain memegang sebuah raket pada bagian gagang, sementara permukaan oval serta memiliki jaring menjadi tempat persentuhan raket dengan kok.

Adapun seorang pemain menggunakan raket untuk mengarahkan kok melintasi net menuju wilayah permainan lawan untuk meraih poin. Salah satu cara memegang raket bagi seorang pemain bulu tangkis adalah teknik forehand, atau juga disebut sebagai English grip. Istilah lain untuk menyebut teknik forehand adalah cara pegangan raket jabat tangan, karena kemiripan peletakan bagian tangan saat memegang raket.

Posisi telapak tangan pada saat memegang raket cara forehand adalah pada ujung pegangan tangan sementara kelima jari menggenggam dengan posisi tertentu. Baca juga: Asal-usul Bulu Tangkis Cara memegang raket dengan teknik forehand merupakan modal dasar bagi seorang pebulu tangkis, karena banyak dipakai dalam berbagai jenis pukulan saat bermain.

  • Langkah memegang raket dengan menggunakan teknik forehand bermula dengan meletakkan telapak tangan pada bagian ujung pegangan raket.
  • Emudian letakkan jari tengah, jari manis, dan kelingking pada gagang raket seperti sedang menjabat tangan dengan orang lain.
  • Lalu posisi jari telunjuk berada menjauh dari ketiga jari lain yang sudah diletakkan, dengan posisi ibu jari berada di antaranya.

Saat menggenggam maka letak jari telunjuk dan ibu jari membentuk “V”, sebagai pertanda bahwa teknik memegang raket cara forehand sudah dilakukan dengan benar. Keunggulan cara memegang raket dengan teknik forehand adalah memberikan keleluasaan pada pergelangan tangan.

Baca juga: Peraturan Bulu Tangkis Nomor Ganda Adanya keleluasaan pergelangan tangan membuat seorang pemain dalam olahraga bulu tangkis bisa melepaskan pukulan secara optimal. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana posisi tangan forehand?

KOMPAS.com – Pukulan forehand dapat menghasilkan laju shuttlecock atau kok yang bergerak menyilang. Lantas bagaimana cara melakukan pukulan forehand menyilang dalam permainan bulu tangkis ? Dikutip dari laman resmi PB Djarum, teknik pukulan forehand merupakan salah satu dasar permainan bulu tangkis,

Pengertian pukulan forehand adalah pukulan yang diayun dari belakang badan dengan arah raket dan telapak tangan menghadap shuttlecock atau kok. Dengan kata lain, jenis pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan forehand. Baca juga: Gerak Spesifik Servis Panjang Forehand dalam Bulu Tangkis Pukulan forehand biasanya dilakukan dekat dengan garis belakang untuk mengarahkan bola ke titik terjauh garis permainan lawan.

Selain itu, pukulan forehand juga dapat dilakukan di dekat net. Posisi telapak tangan pada saat memegang raket cara forehand adalah pada ujung pegangan tangan sementara kelima jari menggenggam dengan posisi tertentu. Adapun, posisi raket yang benar pada akhir gerakan pukulan forehand pada permainan bulutangkis adalah menyilang di depan sebelah kiri badan. Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pegangan Forehand Pada Permainan Bulutangkis Dok. PP PBSI Pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung saat beraksi melawan Sim Yu Jin (Korea Selatan) dalam final Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022) pagi WIB. Baca juga: Posisi Awal dalam Servis Forehand Bulu Tangkis Berikut adalah cara melakukan pukulan forehand menyilang lapangan dalam permainan bulu tangkis, seperti dilansir dari kanal YouTube PB KUSUMA TANGKAS.1,

Sikap berdiri yang benar untuk melakukan pukulan forehand pada permainan bulutangkis adalah kedua kaki dibuka selebar bahu menghadap net dan kedua lutut direndahkan.2, Peganglah raket menggunakan teknik pegangan English grip yakni tidak usah digenggam erat. Ibu jari tidak usah menempel kepada jari telunjuk atau jari yang lain.

Baca juga: Keuntungan Pukulan Forehand dalam Bulu Tangkis 3, Pastikanlah posisi raket terletak di antara leher dan pinggang. Dalam melakukan pukulan forehand netting silang, kepala raket tidak boleh tegak lurus dengan lantai, tetapi harus miring sekitar 45 derajat.4,

  • Jangan melakukan gerakan melingkar saat melakukan pukulan! 5,
  • Gerakan dasar pukulan forehand silang adalah menusuk terlebih dahulu, kemudian pukullah shuttlecock seperti gerakan menarik raket ke dalam agar shuttlecock bergerak menyilang.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
You might be interested:  Bagaimana Melakukan Gerak Lemparan Bola Atas Dalam Rounders?

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Langkah memegang raket dengan menggunakan teknik forehand grip diawali dengan?

Teknik Forehand Grip –

Nama lain dari pegangan raket jabat tangan dalam permainan bulu tangkis adalah forehand grip, Hal ini karena cara memegangnya mirip orang berjabat tangan. Tak heran jika disebut dengan istilah shakehand grip. Forehand grip juga akrab dikenal dengan istilah english grip.

  • Cara forehand grip ini merupakan modal dasar bagi seorang pebulu tangkis yang digunakan dalam kebanyakan jenis pukulan.
  • Langkah memegang raket dengan menggunakan teknik forehand diawali dengan meletakkan jari tengah, manis, dan kelingking pada gagang raket layaknya sedang berjabat tangan.
  • Selanjutnya jari telunjuk diletakkan sedikit menjauh dari ketiga jari tadi, kemudian posisi ibu jari dalam menggenggam raket berada di antaranya.

Dengan begitu posisi ibu jari dan teluinjuk akan membentuk “V”, sebagai pertanda bahwa teknik memegang raket forehand grip telah dilakukan secara benar. Baca juga: Jenis Teknik Servis Bulu Tangkis, Backhand hingga Flick Gaya memegang raket dengan teknik forehand grip ini memberikan keleluasaan bagi pergelangan tangan, sehingga seorang pemain bisa melepaskan pukulan dengan optimal.

  • Apa itu pegangan forehand dalam permainan bulutangkis?

    KOMPAS.com – Forehand dan backhand merupakan dua jenis pukulan dalam bulu tangkis, Keduanya berbeda kendati masih sama-sama memegang raket. Pemain menggunakan berbagai jenis pukulan berbeda tergantung tujuannya seperti menyerang untuk memperoleh poin atau mempertahankan wilayah permainan.

    Terkait teknik pukulan dalam bulu tangkis, kita sering mendengar adanya istilah forehand maupun backhand. Apa sebenarnya perbedaan dari istilah forehand dan backhand dalam bulu tangkis? Berikut adalah penjelasan singkatnya. Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada posisi tangan terhadap arah pukulan ketika memukul shuttlecock (kok).

    Baca juga: Cara dan Gaya Memegang Raket dalam Bulu Tangkis Lebih jelasnya lagi, perbedaan forehand dan backhand bisa dilihat dalam cara memegang raket. Posisi ibu jari dalam forehand terletak di antara telunjuk dan tiga jari lainnya. Sementara posisi ibu jari dalam cara memegang raket backhand, terletak mengikuti arah raket atau 90 derajat berbeda dengan arah telunjuk.

    • Bisa dilihat gambar dari artikel ini, Jonatan Christie memegang raket dengan cara backhand).
    • Pada keterampilan gerak dasar bulutangkis, cara memegang raket dengan posisi berjabat tangan disebut forehand.
    • Teknik pukulan forehand adalah teknik pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan dengan telapak tangan yang memegang raket menghadap ke arah net.

    Misalnya kok datang ke arah kanan dari pemain yang memegang raket dengan tangan kanan. Sementara ketika melakukan teknik pukulan backhand seorang pemain memukul kok dengan posisi tangan membelakangi arah pukulan. Baca juga: Jenis Teknik Servis Bulu Tangkis, Backhand hingga Flick Contohnya ketika memukul kok dari sebelah kiri saat memegang raket dengan tangan kanan menggunakan teknik pukulan lob atau overhead clear.

    Pengertian serupa juga bisa diterapkan untuk membedakan jenis pukulan mula (service) dalam bulu tangkis atau servis baik forehand maupun backhand. Servis forehand sendiri memiliki dua macam pukulan yakni tinggi atau rendah, yang mengacu pada sasaran titik jatuhnya kok pada wilayah permainan lawan. Untuk servis forehand rendah mengarah pada garis depan bidang permainan lawan dekat net, sedangkan servis forehand tinggi membuat bola melambung hingga menuju garis belakang wilayah lawan.

    Di sisi lain, dalam melakukan servis backhand posisi telapak tangan membelakangi net, saat seorang pemain melepaskan pukulan. Baca juga: Macam-macam Pukulan Bulu Tangkis dan Keunggulannya Teknik pukulan servis ini membutuhkan penguasaan dalam mengendalikan kekuatan saat memukul kok dengan bertumpu pada gerakan pergelangan tangan.

    Ekuatan pukulan tersebut memengaruhi akurasi dari servis menuju sasaran dalam bidang permainan lawan. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

    Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

    Bagaimana cara memegang raket dengan teknik back hand?

    Teknik Backhand Grip –

    Cara memegang raket backhand segala kekuatan dipusatkan pada ibu jari, yang ujungnya menekan pada permukaan lebih lebar di gagang raket. Keempat jari lain (telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) terletak pada posisi sejajar, sementara usahakan gagang raket tidak menyentuh telapak tangan. Posisi ibu jari tidak seperti pada forehand grip, melainkan agak dekat dengan daun raket. Posisi ini memungkinkan pergelangan tangan untuk bergerak secara natural ketika seorang pemain melakukan teknik pukulan backhand.

    Perhatikan gambar berikut: Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pegangan Forehand Pada Permainan Bulutangkis Kemendikbud Cara memegang raket forehand grip dan backhand grip.

    Gimana gerakan forehand?

    Pukulan forehand adalah pukulan yang di ayun dari belakang badan kita dengan arah depan raket dan telapak tangan kita menghadap shuttlecock.

    Bagaimana cara memegang raket dengan teknik forehand brainly?

    Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga menggunakan raket yang dimainkan secara tunggal (dua orang) maupun berpasangan (ganda) yang saling berlawanan. Cara memegang raket pada permainan bulu tangkis untuk pukulan forehand and backhand antara lain sebagai berikut: Pukulan forehand:

    Pegang raket membentuk V seperti sedang berjabat tangan,Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, jari telunjuk sedikit terpisah dari ketiga jari tersebut.Ibu jari terletak tepat diantara jari telunjuk dan ketiga jari tersebut.

    Pukulan backhand:

    Pegang raket seperti pada forehand.Putar raket berlawanan dengan arah jarum jam.Tempatkan ibu jari pada bevel bagian belakang untuk pengungkitan dan menghasilkan kekuatan yang lebih besar.Pegangan pada raket harus diletakkan secara longgar pada jari-jari.

    Pembahasan: Olahraga merupakan salah satu langkah untuk pola hidup yang sehat. Dengan berolahraga tubuh kita akan terasa sehat dan segar. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan yaitu bulu tangkis. Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga menggunakan raket yang dimainkan secara tunggal (dua orang) maupun berpasangan (ganda) yang saling berlawanan.

    Pegang raket membentuk V seperti sedang berjabat tangan,Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, jari telunjuk sedikit terpisah dari ketiga jari tersebut.Ibu jari terletak tepat diantara jari telunjuk dan ketiga jari tersebut.

    Pukulan backhand:

    Pegang raket seperti pada forehand.Putar raket berlawanan dengan arah jarum jam.Tempatkan ibu jari pada bevel bagian belakang untuk pengungkitan dan menghasilkan kekuatan yang lebih besar.Pegangan pada raket harus diletakkan secara longgar pada jari-jari.

    Pelajari lebih lanjut

    Materi tentang pengertian netting dalam bulu tangkis brainly.co.id/tugas/5340877 Materi tentang pengertian rally point dalam bulu tangkis brainly.co.id/tugas/1204758 Materi tentang sejarah bulu tangkis brainly.co.id/tugas/6796828

    Detail jawaban Kelas: 7 Mapel: Penjaskes Bab: Aktivitas Kebugaran Jasmani Kode: 7.22.5 #TingkatkanPrestasimu #SPJ3

    Bagaimana cara melakukan pukulan servis forehand tinggi dalam bulu tangkis?

    Servis Panjang Forehand adalah – Jenis pukulan forehand tinggi umumnya digunakan dalam permainan tunggal, di mana kok harus dipukul menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. Cara melakukan servis forehand tinggi adalah sebagai berikut:

    Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki terjadi kontak dengan lantai. Perhatikan gerakan ayunan raket, seperti ke belakang dan ke depan. Setelah melakukan pukulan, maka harus dilakukan dengan sempurna. Kemudian, diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang harus berlangsung secara berkala. Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, kamu bisa menguasai teknik servis forehand tinggi dengan sebaik-baiknya.

    Servis Backhand (Sumber: Flickr) Jenis servis ini berfokus pada arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Lalu, kok sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net). Maka dari itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda. Cara melakukan servis backhand adalah sebagai berikut:

    Sikap berdiri, kemudian kaki kanan di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan sehingga sikap seperti ini titik berat berada di antara kedua kaki. Sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi. Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Kemudian, dengan irama gerak kontinu dan harmonis. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan. Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan. Lalu, hingga dapat menguasai gerakan serta keterampilan servis ini secara utuh dan baik/sempurna.

    Demikian servis forehand dalam permainan bulu tangkis yang dapat kamu kuasai dengan mudah. Selamat bermain!

    Bagaimana cara melakukan forehand dan backhand pada permainan bulutangkis?

    jelaskan cara melakukan teknik dasar pukulan forehand dan backhand(push dan drive) Pukulan forehand : sikap permulaan dalam melakukan pukulan forehand dengan posisi badan agak condong ke meja dan kaki kiri berada di depan.pukulan backhand : pada waktu memuku bola posisi telapak tangan yang memegang bet/raket mengahadap ke belakang atau pisisi punggung tangan yang memegang bet/raket menghadap ke depan.

    10010100110011001010100101001010101001010101100101001101010111q000010101010010qoq010010101001100101010101010iqhqql01010101hqnck101001019292920191010011010100101011

    : jelaskan cara melakukan teknik dasar pukulan forehand dan backhand(push dan drive)

    Bagaimana cara melakukan pukulan smash forehand?

    Backhand smash – Baca juga: 5 Jenis Peringkat dalam Dunia Bulu Tangkis Berikut adalah cara melakukan teknik backhand smash :

    Saat menerapkan teknik ini gunakan jenis pegangan backhand, Teknik pukulan ini tergolong lebih sulit karena dilakukan dengan sedikit membelakangi net atau permainan lawan. Pindahkan berat badan ke kaki yang sama dengan posisi tangan sewaktu memegang raket. Misalnya jika memegang raket dengan tangan kanan maka pindahkah berat badan ke kaki kanan dan begitu pula sebaliknya. Sama seperti teknik forehand smash, kok harus dipukul saat dalam posisi setinggi mungkin dengan mengandalkan kekuatan pergelangan tangan guna memberi tenaga lebih saat memukul.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

    Apakah yang dimaksud dengan pukulan forehand dan backhand?

    Jawaban yang benar adalah forehand adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan mengayunkan raket dari samping badan ke depan atas. Sedangkan backhand adalah gerakan memukul bola dengan mengayunkan raket dari depan dada kearah luar. Yuk simak pembahasan berikut.

    Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga yang menggunakan alat yang berbentuk bulat dengan memiliki rongga-rongga di bagian pemukulnya dan memiliki gagang. Alat ini dikenal dengan nama raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang saling berlawanan. Didalam olahraga bulu tangkis terdapat teknik forehand dan backhand.

    forehand adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan mengayunkan raket dari samping badan ke depan atas. Sedangkan backhand adalah gerakan memukul bola dengan mengayunkan raket dari depan dada kearah luar. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah seperti pembahasan di atas.