Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Menahan Bola Dalam Sepak Bola?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Menahan Bola Dalam Sepak Bola
Stopping dengan Kaki – Teknik menahan bola dengan kaki paling umum digunakan dalam sepak bola. Bola-bola bawah dengan akurasi tinggi menggunakan teknik ini. Bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, bagian luar, telapak kaki dan punggung kaki. Baca juga: Operan untuk Melakukan Tembakan dalam Sepak Bola

Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam:

  1. Diawali dengan sikap menghadap arah datangnnya bola dan pusatkan pandangan ke arah gerakan bola.
  2. Putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci.
  3. Julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola.
  4. Tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola saat bola mengenai kaki bagian dalam, hingga gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan.

Menghentikan bola dengan kaki bagian luar

  1. Berdiri menghadap arah gerakan bola
  2. Letakkan kaki tumpu di samping bola.
  3. Sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.
  4. Pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci.
  5. Pandangan terpusat pada bola.
  6. Tarik kaki yang akan digunakan menendang ke belakang, saat bola menyentuh kaki bagian luar
  7. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.

Baca juga: Posisi Badan Bagian Atas Saat Menghentikan Bola dengan Dada pada Permainan Sepak Bola

Menghentikan bola denga kaki bagian punggung

  1. Pemain bergerak ke arah bola
  2. Tepat dibawah bola yang sedang melambung, angkatlah kaki ke depan atas yang digerakkan untuk menghentikan bola dengan punggung kaki
  3. Tahanlah bola dengan menggunakan punggung kaki dengan sedikit sentuhan atau tarikan
  4. Bola dijatuhkan diantara kedua kaki.

Bagaimana cara melakukan teknik menahan bola dalam permainan sepak bola?

Cara Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola

gambar Teknik menahan bola,

Banyak literatur yang menyatakan awal mula tempat penemuan dari olahraga sepak bola, beberapa negara diketahui dan dipercaya sebagai awal penemuan olahraga ini seperti China, Jepang, dan Italia. sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.

  • Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari.
  • Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.
  • Olahraga sepak bola dahulu dan sekarang pasti sangat mempunyai perbedaan yang nyata, hingga saat ini banyak sekali peraturan-peraturan dalam olahraga sepak bola yang diperbaharui dan ditambah sehingga lebih enak dinonton oleh orang.

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim tersebut dperkuat oleh sebelas orang pemain, itulah mengapa tim yang bermain biasa juga disebut dengan keseblasan. Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini: Pada prinsipnya, cara memainkan olahraga ini cukup sederhana yaitu dimana masing-masing pemain pada sebuah tim berusaha untuk measukkan bola ke gawang tim lawan.

Memainkannya juga tidak boleh menggunakan tangan, sebaab jika bola terkena tangan maka wasit akan memberikan hukuman. Walaupun sangat mudah, akan tetapi tanpa menguasai beberapa teknik akan sangat sulit untuk memainkan pertandingan sepak bola. Setiap pemain dituntut untuk menguasai beberapa teknik dasar dalam olahraga ini, salah satu teknik dasar yang wajib untuk dikuasai oleh setiap pemain sepak bola yaitu teknik menahan bola.

Pada umumnya teknik menahan bola dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik menahan bola dengan kaki bagian dalam dan teknik menahan bola dengan kaki bagian luar. Berikut ini cara melakukan tekni menahan bola dalam permainan sepak bola.1. Teknik Menahan Bola dengan Kaki bagian Dalam

You might be interested:  Bagaimana Cara Menerapkan Rancangan Produksi Massal?

Posisi awal: diawali dengan posisi menghadap arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah gerakan bola, putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci. Gerakan: julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola mengenai kaki bagian dalam, tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola. Akhir gerakan: gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan, pandangan ke depan.

2. Teknik Menahan Bola dengan Kaki bagian Luar

Posisi awal, diawali dengan posisi berdiri menghadap arah gerak dasar bola, letakkan kaki tumpu di samping bola, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci, pandangan terpusat pada bola. Gerakan, julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola menyentuh kaki bagian luar, tarik kaki yang akan digunakan menghentikan bola ke belakang, perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola. Akhir gerakan, bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan menahan bola dijadikan tumpuan berat badan, pandangan ke depan, bola tertahan di depan badan.

Penting untuk diketahui, agar dapat menguasai teknik tersebut sebaiknya melakukan latihan secara teratur dengan bantuan teman. Lakukanlah latihan dengan cara saling berhadapan dengan jarak sekitar tiga meter kemudian lakukan gerakan saling menendang bola dan menahan bola, lakukan latihan tersebut secara rutin hingga kaki terbiasa dalam menahan bola.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara menahan bola dalam permainan sepak bola, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga sepak bola. Dan yang lebih penting ialah setelah membaca penjelasan ini langsung dipraktekkan gerakannya, sebab yang ada dalam ini hanya sekedar teori saja dan prakteknya lebih penting.

: Cara Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Apa tujuan melakukan gerakan tanpa bola?

Gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola dilakukan jika – Dalam permainan sepak bola, menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik menggiring bola adalah gerakan membawa bola ke segala arah dengan cara menendang bola secara lembut dan terus-menerus.

  1. Teknik menggiring bola dapat digunakan untuk melindungi bola dari lawan, membawa bola mendekat ke gawang lawan, dan mengatur tempo permainan.
  2. Gerakan menggiring bola adalah gerakan membawa bola ke segala arah, dan dapat dilakukan jika belum mempunyai kesempatan mengoper bola.
  3. Baca juga nih : Simak dan Jelaskan 5 Tujuan Permainan Sepak Bola Jelaskan dan Amati 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli Ayo Coba Berikut ini adalah gerakan menghentikan bola dalam permainan sepak bola kecuali A.

Menghentikan bola dengan telapak kaki B. Menghentikan bola dengan dada C. Menghentikan bola dengan paha D. Menghentikan bola dengan tumit Demikian pembahasan pada artikel Kenali 5 Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola, semoga bermanfaat. Salam, penulis

You might be interested:  Alat Mewarnai Yang Digunakan Dalam Rancangan Karya Adalah?

Bagaimana cara bermain sepak bola dengan baik dan terampil?

Ilustrasi Menahan Bola. (Foto: https://pixabay.com) Teknik dasar sepak bola terdiri atas bermacam-macam gerakan. Skill atau keterampilan seseorang dalam memainkan bola sangat dibutuhkan dalam suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk bermain sepak bola dengan baik dan terampil, seseorang dituntut untuk menguasai teknik dasar sepak bola.

  1. Tanpa penguasaan teknik yang baik, pemain sepak bola tidak mungkin dapat mengontrol atau menguasai permainan bola dengan baik pula.
  2. Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik juga, pemain tidak dapat bekerja sama dengan pemain lainnya.
  3. Teknik-teknik dasar permainan sepak bola yang perlu dikuasai oleh pemain sepak bola, yaitu teknik dasar menendang bola, teknik dasar menahan atau memberhentikan bola, teknik dasar menggiring bola, teknik dasar menyundul bola, dan teknik dasar melempar bola.

Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai gerakan menahan bola, Ilustrasi Menahan Bola. (Foto: https://pixabay.com) Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/MA Kelas X yang ditulis oleh Damar Pamungkas & Bambang Kusnanto (2021: 7), ada dua cara dalam menerima bola, yaitu dengan menghentikan bola saja ( stopping ) dan menghentikan bola untuk dimainkan atau diumpankan kepada teman ( controlling ).

  • Berikut 4 gerakan menahan bola yang dapat dilakukan dalam permainan sepak bola: 1.
  • Gerakan menahan bola dengan kaki bagian dalam Gerakan awal menahan bola dengan kaki bagian awal dapat diawali dengan sikap menghadap arah datangnya bola dan pusatkan pandang ke arah gerakan bola, kemudian memutar pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola ke arah luar dan dikunci.2.

Gerakan menahan bola dengan kaki bagian luar Gerakan awal menahan bola dengan kaki bagian luar adalah dengan berdiri menghadap arah gerakan bola, meletakkan kaki tumpu di samping bola, sikap kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola diputar ke dalam dan dikunci pandangan pada bola.3.

Gerakan menahan bola menggunakan dada Ketika bola datang melambung ke arah kamu, renggut/tarik badan ke belakang (mengeper) saat bola akan mengenai dada. Usahakan gerakan jangan melawan terhadap datangnya bola untuk menghasilkan kontrol bola dengan dada yang sempurna.4. Gerakan menahan bola dengan paha Ketika bola datang menggelinding, tempatkan kaki tumpu di depan, kemudian gerakan kaki untuk menghentikan/mengontrol bola.

Tahan bola dengan samping-depang kaki tumpu. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)

Bagaimana posisi awal sepak bola?

Cara Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola | Edukasi Center

gambar Teknik menahan bola,

Banyak literatur yang menyatakan awal mula tempat penemuan dari olahraga sepak bola, beberapa negara diketahui dan dipercaya sebagai awal penemuan olahraga ini seperti China, Jepang, dan Italia. sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.

Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16. Olahraga sepak bola dahulu dan sekarang pasti sangat mempunyai perbedaan yang nyata, hingga saat ini banyak sekali peraturan-peraturan dalam olahraga sepak bola yang diperbaharui dan ditambah sehingga lebih enak dinonton oleh orang.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Rangkaian Gerak Lokomotor Tumpuan Dan Putaran?

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim tersebut dperkuat oleh sebelas orang pemain, itulah mengapa tim yang bermain biasa juga disebut dengan keseblasan. Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini: Pada prinsipnya, cara memainkan olahraga ini cukup sederhana yaitu dimana masing-masing pemain pada sebuah tim berusaha untuk measukkan bola ke gawang tim lawan.

  • Memainkannya juga tidak boleh menggunakan tangan, sebaab jika bola terkena tangan maka wasit akan memberikan hukuman.
  • Walaupun sangat mudah, akan tetapi tanpa menguasai beberapa teknik akan sangat sulit untuk memainkan pertandingan sepak bola.
  • Setiap pemain dituntut untuk menguasai beberapa teknik dasar dalam olahraga ini, salah satu teknik dasar yang wajib untuk dikuasai oleh setiap pemain sepak bola yaitu teknik menahan bola.

Pada umumnya teknik menahan bola dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik menahan bola dengan kaki bagian dalam dan teknik menahan bola dengan kaki bagian luar. Berikut ini cara melakukan tekni menahan bola dalam permainan sepak bola.1. Teknik Menahan Bola dengan Kaki bagian Dalam

Posisi awal: diawali dengan posisi menghadap arah datangnya bola, pusatkan pandangan ke arah gerakan bola, putar pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah luar dan dikunci. Gerakan: julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola mengenai kaki bagian dalam, tarik kembali ke belakang mengikuti arah gerakan bola. Akhir gerakan: gerak bola tertahan dan berhenti di depan badan, pandangan ke depan.

2. Teknik Menahan Bola dengan Kaki bagian Luar

Posisi awal, diawali dengan posisi berdiri menghadap arah gerak dasar bola, letakkan kaki tumpu di samping bola, posisi kedua lengan di samping badan agak terentang, pergelangan kaki yang akan digunakan menghentikan diputar ke dalam dan dikunci, pandangan terpusat pada bola. Gerakan, julurkan kaki yang akan digunakan menahan bola ke arah datangnya bola, saat bola menyentuh kaki bagian luar, tarik kaki yang akan digunakan menghentikan bola ke belakang, perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola. Akhir gerakan, bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang tidak digunakan menahan bola dijadikan tumpuan berat badan, pandangan ke depan, bola tertahan di depan badan.

Penting untuk diketahui, agar dapat menguasai teknik tersebut sebaiknya melakukan latihan secara teratur dengan bantuan teman. Lakukanlah latihan dengan cara saling berhadapan dengan jarak sekitar tiga meter kemudian lakukan gerakan saling menendang bola dan menahan bola, lakukan latihan tersebut secara rutin hingga kaki terbiasa dalam menahan bola.

  1. Itulah penjelasan singkat mengenai cara menahan bola dalam permainan sepak bola, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga sepak bola.
  2. Dan yang lebih penting ialah setelah membaca penjelasan ini langsung dipraktekkan gerakannya, sebab yang ada dalam ini hanya sekedar teori saja dan prakteknya lebih penting.

: Cara Menahan Bola Dalam Permainan Sepak Bola | Edukasi Center