Bagaimana Cara Melakukan Gerak Guling Depan Pada Latihan Senam Lantai?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Guling Depan Pada Latihan Senam Lantai
1. Guling Depan – Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan guling depan atau forward roll, Ada dua cara untuk melakukan guling depan yaitu dengan awalan berdiri dan awalan jongkok. Cara melakukan guling depan awalan berdiri:

  1. Sikap awal berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Arahkanlah pandangan lurus ke depan melihat matras
  3. Ulurkanlah kedua tangan lurus memegang matras sambil membungkukkan badan
  4. Posisikanlah kepala masuk di antara dua tangan. Usahakan dagu menyentuh dada, agar bagian tengkuk menyentuh matras dengan baik
  5. Bahu disentuhkan ke matras dan mulailah berguling
  6. Setelah melakukan guling depan, posisi tubuh kembali berdiri tegak.

Cara melakukan guling depan awalan jongkok:

  1. Sikap awal jongkok dengan kedua kaki dalam posisi rapat dan lutut disentuhkan ke dada dengan posisi tangan berada di depan ujung kaki
  2. Kedua tangan dalam posisi bengkok. Posisikanlah dagu menyentuh dada dan pundak di matras
  3. Mulailah berguling lalu posisi tubuh sesudah berguling adalah jongkok
  4. Posisi tubuh saat sikap akhir dalam gerakan guling depan adalah jongkok dengan kepala menunduk, dan kedua tangan lurus ke depan.

Baca juga: Anggota Tubuh yang Menjadi Tumpuan Gerak Guling Depan

Bagaimana cara melakukan Gerakan guling depan dalam senam lantai?

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan (Forward Roll) Dalam Senam Lantai

Gerakan guling depan,

Mengguling (rolling) diartikan sebagai bergerak sepanjang daerah tumpuan dengan cara memutarkan badan terus-menerus. Gerakan menggulingkan badan ini termasuk gerak lokomotor. Gerak lokomotor yaitu gerakan dengan maksud memindahkan posisi seluruh tubuh ke tempat lain, baik ke depan, ke belakang, ke samping, ke atas, atau ke bawah.

Namun, gerak mengayunkan kedua lengan termasuk gerak nonlokomotor. Gerak nonlokomotor yaitu gerakan dengan maksud menggerakkan bagian tubuh tanpa harus memindahkan seluruh tubuh/tetap di tempat (Sayuti Sahara, 2002: 1.30 dan 1.31). Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

You might be interested:  Rtrw Merupakan Rancangan Yang Disusun Pada Level?

Berikut ini langkah-langkah melakukan gerak mengguling.

Diawali dari sikap berdiri tegak, kemudian jongkok dengan kedua kaki rapat dan kedua telapak tangan diletakkan pada matras. Pinggul diangkat ke atas, masukkan kepala di antara lengan hingga pundak menempel pada matras. Badan digulingkan ke depan hingga bagian badan dari tengkuk, punggung, dan panggul bagian belakang menyentuh matras. Peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok, kedua lengan lurus ke depan. Gerakan akhir adalah kembali ke sikap duduk atau ke sikap berdiri.

Cara melakukan gerakan Berguling ke Depan ( Forward Roll) adalah:

Mula-mula sikap jongkok, kedua kaki rapat lalu letakkan lutut di dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm. Bengkokkan kedua tangan lalu letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala hingga dagu sampai ke dada. Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Sumber pustaka :

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010, Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010,

: Cara Melakukan Gerakan Guling Depan (Forward Roll) Dalam Senam Lantai

Bagaimana cara melakukan guling depan dengan awalan berdiri?

Cara melakukan guling depan –

Guling depan awalan berdiri

Melansir dari KOMPAS.com Skola, berikut adalah cara melakukan guling depan dengan awalan berdiri:

  1. Tubuh dalam posisi berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan. Kemudian, arahkan pandangan lurus ke depan melihat matras.
  2. Langkah berikutnya, ulurkan kedua tangan lurus memegang matras sambil membungkukkan badan.
  3. Posisi kepala masuk di antara dua tangan. Usahakan dagu menyentuh dada, agar bagian tengkuk menyentuh matras dengan baik.
  4. Bahu disentuhkan ke matras dan mulailah berguling.
  5. Setelah melakukan guling depan, posisi tubuh kembali berdiri tegak.
You might be interested:  Bagaimana Prosedur Pelompat Dalam Melakukan Gerak Lompat Kangkang Melewati Teman?

Guling depan awalan jongkok

Baca juga: Mengapa Atletik Disebut Mother of Sport? Setelah awalan berdiri, berikutnya cara melakukan guling depan dengan awalan jongkok. Adapun guling depan dengan awalan berdiri dan jongkok tidak memiliki perbedaan teknik. Hanya saja perbedaan guling depan awalan berdiri dan guling depan awalan jongkok, terletak pada posisi awalan dan akhir.

  1. Tubuh dalam posisi jongkok dan kedua kaki dalam posisi rapat. Kemudian lutut disentuhkan ke dada dengan posisi tangan berada di depan ujung kaki.
  2. Berikutnya kedua tangan dalam posisi bengkok. Lalu posisikan dagu menyentuh dada dan pundak di matras.
  3. Langkah terakhir, mulailah berguling. Posisi tubuh sesudah berguling adalah jongkok.

(Sumber: KOMPAS.com Skola | Penulis: Vanya Karunia Mulia Putri | Editor: Ari Welianto) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa itu gerak dasar senam lantai?

tirto.id – Gerakan berguling ke depan ( roll depan) dan berguling ke belakang ( roll belakang) adalah gerak dasar dalam senam lantai. Apa pengertian guling depan, guling belakang, dan bagaimana cara melakukannya? Senam lantai adalah salah satu rumpun senam yang kerap dipertandingkan dalam ajang olahraga.

Untuk menjadi pemenang, para pesenam lantai berkompetisi dengan menampilkan kombinasi keindahan gerak, kerumitan gerak, keseimbangan, kekuatan, kelenturan tubuh. Selain dikenal sebagai olahraga kompetisi, senam lantai juga dianggap sebagai olahraga yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Menurut buku Ekstrim, tapi Bermanfaat (2018), melatih gerakan senam lantai dapat meningkatkan daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, dan keseimbangan tubuh seseorang.

Selain itu, latihan senam lantai dapat pula meningkatkan kekuatan mental dan kepercayaan diri. Manfaat senam lantai dapat dikaitkan dengan sejarah perkembangannya. Pada tahun 2.700 SM, para biara Cina kuno sudah melakukan gerak dasar senam lantai untuk tujuan pengobatan.

Hal serupa juga ditemukan pada masyarakat India yang mengombinasikan gerak dasar senam lantai dengan teknik olah napas. Gerakan berguling atau roll adalah salah satu gerak dasar senam lantai. Jenis berguling sendiri ada dua, yakni guling depan dan guling belakang. Untuk melakukan gerakan berguling, seseorang harus mengikuti tahapan yang benar.

Tujuannya untuk menghasilkan gerakan yang bagus serta mengurangi risiko cedera.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Perawatan Pada Cedera Luka Lecet Jelaskan?

Apakah semua orang dapat melakukan Gerakan guling ke depan?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Guling Depan Pada Latihan Senam Lantai Cara melakukan gerakan guling depan. (Foto: Reuters) CARA melakukan gerakan guling depan di senam lantai menarik untuk dibicarakan. Sebab, gerakan ini menjadi penting dalam olahraga senam lantai. Sebagaimana diketahui, senam lantai memiliki berbagai macam gerakan dasar, seperti meroda, roll depan, roll belakang, dan lain sebagainya. Bagaimana Cara Melakukan Gerak Guling Depan Pada Latihan Senam Lantai Kenapa disebut gerakan guling ke depan? Sebab, para atlet harus menggulingkan tubuhnya ke arah depan kala melakukan gerakan ini dalam olahraga senam lantai. Meskipun terlihat sederhana, namun tidak semua orang dapat melakukan gerakan guling ke depan. Keselitan yang kerap dihadapi saat hendak melakukan gerakan guling ke depan antara lain karena otot yang lemah saat menopang tubuh, kurangnya konsentrasi, bahkan sampai kurangnya rasa percaya diri.

  1. Saat kurang konsentrasi dan lemahnya otot yang menopang, gulingan tubuh menjadi tidak stabil dan jatuh ke samping.
  2. Bagi Anda yang hendak mempraktikkan gerakan guling depan, hendaknya melakukan pemanasan terlebih dahulu.
  3. Tujuannya supaya tubuh lebih lentur dan otot sudah siap melakukan gerakan guling depan.

Selain pemanasan, Anda juga harus paham teknik dasar cara melakukan gerakan guling depan. Lewat teori tersebut, nantinya akan ada gambaran sehingga dapat terhindar dari cedera otot. Cara Melakukan Gerakan Guling Depan Pertama, posisikan badan Anda seperti berjongkok sambil menumpukan kedua tangan selebar bahu di atas matras.

  1. Edua, kaki diluruskan diikuti menekuk siku.
  2. Etiga, lipat kepala sampai dagu menyentuh dada.
  3. Eempat, lakukan guling depan dengan bagian tengkuk yang mendarat pertama kali, lalu lipat dengan rapat kedua kaki pada dada.
  4. Elima, lepaskan tumpuan kedua tangan dari atas matras.
  5. Eenam, pegang kedua mata kaki serta posisikan badan seperti semula.

Terakhir, guling ke depan diakhiri dengan posisi badan jongkok serta kedua tangan di depan.