Bagaimana Cara Melakukan Gerak Dasar Lempar?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Dasar Lempar
2. Melempar bola mendatar – Lemparan bola mendatar yaitu lemparan bola yang arahnya horizontal atau mendatar setinggi dada. Berikut cara melakukannya: Baca juga: Nama-nama Posisi dan Tugas Pemain dalam Rounders

Posisi badan berdiri tegak, salah satu kaki melangkah ke depan. Kemudian, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang melalui samping badan. Badan sedikit diputar dan lutut kaki belakang sedikit ditekuk. Posisi badan condong ke belakang dan ayunkan tangan ke depan melalui samping badan secara mendatar.

Apa itu gerak dasar lempar?

Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa gerak dasar melempar merupakan salah satu gerak dasar manipulatif untuk menjauhkan obyek dari tubuh dengan menggunakan dua tangan, serta memiliki arah sasaran lurus ke depan, ke atas, dan ke bawah.

Bagaimana sikap awal melakukan gerakan lempar?

Salah satu teknik paling penting yang ada pada permainan bola basket adalah teknik menembak bola. Untuk melakukan gerakan melempar bola ke arah keranjang, sikap awal yang digunakan adalah memegang bola menggunakan kedua lengan dengan jari-jari renggang dan menekuk kedua lutut.

Gerakan melempar termasuk dalam gerak dasar apa?

KOMPAS.com – Bola basket adalah jenis permainan bola besar yang di dalamnya terdapat berbagai macam gerakan. Berikut adalah contoh gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bola basket, Dikutip dari Bobo.Grid.id, gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat.

Dalam gerak lokomotor, bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Contoh gerak lokomotor adalah berlari, melompat, dan memanjat. Sementara itu, gerak non-lokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat. Artinya, bagian tubuh tertentu melakukan gerakan tetapi posisi tubuh tetap berada di tempatnya.

Contoh gerak non-lokomotor adalah memutar, menggeleng, membungkuk, dan mengayun. Adapun, gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek atau benda. Gerak manipulatif juga bisa melibatkan suatu alat. Contoh gerak manipulatif dalam olahraga adalah menangkap, melempar, memukul, dan memantulkan bola.

You might be interested:  Anggota Bpupki Yang Menyampaikan Rancangan Dasar Negara?

Bagaimana cara melakukan teknik dasar melempar bola dengan dua tangan didepan dada?

Jawaban: Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan. Konsentrasikan diri pada latihan. Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola dari bawah?

Cara melakukan lemparan bawah, yaitu: – Posisi badan sedikit membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk. – Ayunan tangan dilakukan dari samping atas ke depan bawah. – Gerakan melempar bola bawah ini disertai dengan lecutan tangan.

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola besar brainly?

Jelaskan cara melempar bola besar​

  • Jawaban:
  • Macam Lemparan dan Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket
  • 1. Chest pass

Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada (chest pass). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

  1. Sikap permulaan :
  2. Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menghadap sasaran.
  3. Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  4. Konsentrasikan diri pada latihan.

Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku. Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan, kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir. Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.2. Over head pass Melempar bola basket dengan dua tangan dari atas kepala (over head pass). Lemparan dua tangan dari atas kepala sering disebut dengan over head pass.

You might be interested:  Rancangan Karya Sederhana Yang Memanfaatkan Prinsip Elektromagnetik?

Tujuannya adalah menghindari jangkauan tangan lawan.

  • Cara melempar bola basket dengan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut:
  • Sikap permulaan:
  • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan
  • Gerakan:
  • Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.
  • Sikap akhir:
  • Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya
  • 3. Bounce pass

Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah bound pass. Tujuannya untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan.

  1. Cara melakukan lemparan pantulan adalah:
  2. Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.
  3. 4. Baseball pass

Operan panjang dalam permainan bola basket disebut baseball pass. Cara melempar bola basket dengan teknik baseball pass adalah dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan. Operan jarak jauh yang dilakukan biasanya lebih dari setengah panjang lapangan.

  • Penjelasan:
  • Maaf kalau salah
  • Jika benar tolong jadikan jawaban terbaik yaa

: Jelaskan cara melempar bola besar​

Apa saja macam macam gerak dasar?

Gerak dasar manusia secara umum terdiri atas tiga macam gerak, yaitu lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Menurut Aip Syarifudin dan Muhadi pada dasanya gerak dasar manusia adalah jalan, lari, lompat dan lempar.

You might be interested:  Tahapan Dalam Membuat Rancangan Patung Yang Benar Adalah?

Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan lempar?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Discus throw Atletik
Robert Harting
Rekor putra
Dunia Jürgen Schult ( GDR ) 74.08 m (243 ft 0​ 1 ⁄ 2 in) (1986)
Olimpiade Virgilijus Alekna ( LTU ) 69.89 m (229 ft 3 in) (2004)
Rekor putri
Dunia Gabriele Reinsch ( GDR ) 76.80 m (251 ft 11 in) (1988)
Olimpiade Martina Hellmann ( GDR ) 72.30 m (237 ft 2 in) (1988)

Lempar cakram ( bahasa Inggris : discus throw ) adalah salah satu cabang olahraga atletik kayu yang berbentuk piring bersabuk besi, atau bahan lain yang bundar pipih yang dilemparkan. Gaya dalam melakukan lempar cakram adalah gaya samping dan gaya belakang.

Lempar yaitu olahraga dengan dengan cara melempar seperti lempar lembing, peluru, martil, dan cakram. Cakram merupakan benda yang berbentuk piring yang memiliki bingkai yang terbuat dari sabuk besi. Olahrga ini mempergunakan tubuh yang sangat kompleks dengan menerapkan beberapa prinsip gaya sentrifugal yang di kembangkan sejak fase persiapan, yaitu ayunan mendarat, loncat putar ke arah posisis dan lemparan.

Gerak teknik lempar cakram harus dilakukan secara berurutan dengan membutuhkan kemampuan teknik yang baik berdasarkan beberapa fase dalam mempelajari gerak teknik lempar cakram yaitu fase ayunan, fase memutar yang membutuhkan percepatan pada saat melakukan putaran, fase percepatan, fase power position, fase pelepasan cakram dan tahapan akhir follow trought.

Apakah melempar termasuk gerak dasar?

Melempar bola dalam permainan kasti termasuk variasi gerak dasar manipulatif. Gerakan ini untuk mengumpan kepada pemain pemukul, mengoper kepada teman satu kelompok, atau mematikan kelompok pemukul.