alat musik tradisional sunda angklung

5 Alat Musik Tradisional Sunda Yang Masih Eksis Hingga Sekarang, Salah Satunya Sudah Mendunia

Alat Musik Tradisional Sunda – Sunda merupakan salah satu suku besar di Indonesia yang sangat kreatif. Banyak musisi-musisi besar yang terlahir dari tanah sunda, dan banyak juga lagu pop sunda yang ikut memberikan bukti kepopularitasannya dalam kesenian sunda.

Contohnya Doel Sumbang dan musisi sunda lainnya, yang meraih kesuksesan dalam lagu pop sunda tepatnya pada tahun 1980 sampai 1990. Karena memang suku sunda ini selalu kaya akan kreasinya yang tinggi, termasuk dalam keseniannya.

Banyak alat musik tradisional asal sunda yang masih eksis dimainkan diberbagai tempat, Seperti di kota Bandung yang seakan tidak termakan oleh kemajuan zaman dengan banyaknya alat musik modern, tetapi di Bandung masih banyak yang menggunakan alat musik tradisional khas sunda ini masih dimainkan dalam pertunjukan sekalipun.

5 Alat Musik Tradisional Sunda Yang Masih Eksis Dimainkan Saat Ini

1. Karinding

karinding alat musik tradisional sunda
[email protected]

Salah satu alat musik tradisional sunda ini terbuat dari bambu. Karinding banyak dikenal di berbagai daerah Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, Cianjur, dan Citamiang. Di daerah tersebut, alat musik tradisional karingding ini dibuat dari pelepah pohon aren(kawung).

Sedangkan di daerah lainnya seperti Limbangan dan Cililin, karinding dibuat dari bambu. Alat musik karinding ini juga sangat unik, selain dari asal daerah pembuatannya, pemakaian karinding juga dapat mempengaruhi bahan pembuat karinding itu sendiri.

Untuk karinding yang dibuat dari bambu, digunakan oleh perempuan. Bentuknyapun sedikit lebih kecil dan memanjang. Sedang untuk karinding yang dibuat dari pelepah pohon aren digunakan oleh pria. Dari bentuknya, sedikit lebih pendek agar mudah disimpan pada tempat bako/tembakau.

Cara memainkannya yaitu dengan cara ditempatkan di mulut kemudian digetarkan dengan jari. Karinding juga biasa dimainkan secara bersama-sama, selain rame juga akan membuat kemistri tersendiri bagi pemainnya supaya lebih seragam.

2. Kecapi

kecapi alat musik tradisional sunda
[email protected]

Kecapi merupakan alat musik tradisional sunda yang dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi juga merupakan alat musik utama dalam tembang atau mamaos cianjuran.

Menurut fungsinya dalam mengiringi iringan musik, kecapi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kecapi indung ( induk ) dan kecapi rincik ( anak ). Kecapi memiliki suara dengan sensasi damai yang mendayu-dayu.

3. Angklung

alat musik tradisional sunda angklung
[email protected]

Angklung yang merupakan alat musik tradisional sunda, juga sudah mendunia. Karena saat ini, banyak wisatawan luar negeri yang juga mempelajari salah satu alat musik tradisional sunda, yaitu angklung, bahkan hingga dipelajari di negaranya. Tentu kita sebagai next generation muda dan mudi, harus melestarikan kebudayaan Indonesia ini. Angklung sendiri terbuat dari bambu, dan dibunyikan dengan cara di ayunkan atau digoyangkan ke samping.

Benturan antar pipa inilah yang menghasilkan bunyi dengan nada-nada tertentu yang disesuaikan dengan besaran ukurannya, juga biasa dimainkan secara kelompok dan membentuk sebuah alunan lagu yang indah dan menenangkan.

4. Suling

suling alat musik tradisional sunda
[email protected]

Alat musik tradisional Jawa Barat suku sunda lainnya adalah suling. Alat musik yang digunakan dengan cara ditiup ini, terbuat dari bambu atau kayu yang dilubangi. Ada suling yang 4 lubang dan 6 lubang, biasanya suling yang 4 lubang suaranya lebih berdengung dibanding dengan suling yang 6 lubang.

Cara menggunakannyapun kalau dilihat memang seperti agak mudah. Kita hanya perlu meniupnya dan menutup lubangnya dengan jari untuk megeluarkan nada-nada yang berbeda.

5. Degung

degung
[email protected]

Alat musik tradisional sunda yang terakhir yang masih ada dan masih eksis hingga sekarang yaitu degung. Suku Jawa menyebutnya gamelan. Tetapi nada dan cara dalam memainkan alat musik ini berbeda dengan gamelan. Satu perangkat degung terdiri dari bermacam-macam instrumen seperti saro, gong, jenglong, demung, kandang dan suling.

Itulah lima alat musik tradisional sunda yang masih eksis dimainkan saat ini. Sebenarnya alat musik tradisional sunda ini masih banyak, namun hanya 5 alat musik yang sudah dibahas di atas yang masih eksis meramaikan musik klasik Indonesia.

Walaupun sudah banyak alat musik modern, tetapi masih banyak warga yang masih peduli dengan alat musik tradisional. Karena tidak dapat menyamai suara dan aura seni yang dihasilkan oleh alat musik tradisional ini. Hatur nuhun untuk semua warga Bandung ataupun warga dulur yang lainnya yang masih melestarikan alat musik tradisional sunda.

Leave a Comment