Tips Mudik Lebaran dan Liburan di Kampung Halaman

Tips Mudik Lebaran – Lebaran sebentar lagi, yang berarti waktu untuk mudik ke kampung halaman sudah semakin dekat. Kegiatan mudik ini merupakan agenda tahunan, terutama bagi para perantau yang mengadu nasib di kota-kota besar, seperti Jakarta. Bagi mereka yang tidak dapat pulang setiap waktu, mudik merupakan sebuah momen penting yang sangat ditunggu-tunggu.

Saat ini, mudik lebaran dengan liburan bersama keluarga memang menjadi tren favorit. Kapan lagi bisa berwisata bersama-sama seluruh anggota keluarga di tempat-tempat yang tidak biasa dikunjungi? Bukan hanya tiket kereta atau tiket pesawat saja yang habis menjelang lebaran, kamar hotel di berbagai daerah juga ikut penuh dipesan oleh berbagai keluarga yang akan berlibur.

Sama seperti memesan tiket transportasi untuk mudik, booking hotel juga seharusnya dilakukan jauh-jauh hari. Salah satu website terpercaya yang dapat digunakan untuk memesan hotel adalah Traveloka.com. Selain menyediakan berbagai pilihan hotel yang nyaman, Traveloka juga memberikan promo dan penawaran yang sangat menarik setiap harinya.

Sebelum mudik lebaran dan dilanjutkan dengan liburan di kampung halaman, sebaiknya baca terlebih dahulu beberapa tips mudik lebaran dan liburan berikut ini.

Atur Jadwal Mudik dengan Baik

tips mudik lebaran dan liburan
pixabay.com

Jika mudik tahun ini juga akan dibarengi dengan kegiatan liburan, jadwal pulang ke kampung dan kembali ke kota harus diperhatikan dengan baik. Pilih tanggal pulang yang tidak terlalu dekat dengan hari raya. Selain agar dapat menikmati suasana ramadan di kampung, liburan yang diambil juga bisa dilakukan lebih lama.

Perjalanan liburan biasanya dilakukan sehabis hari raya. Setelah liburan, tentunya kita perlu waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Oleh karena itu, pilihan tanggal keberangkatan ke kota juga jangan terlalu dekat dengan selesainya liburan. Paling tidak, kita membutuhkan beberapa hari tambahan untuk dapat menyegarkan kembali badan yang letih dan lelah sehabis berlibur.

Pilih Transportasi yang Sesuai

transportasi mudik lebaran
pexels.com

Lebaran merupakan momen langka yang dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi keluarga. Banyak anggota keluarga yang tinggal jauh, bisa ditemui pada saat hari lebaran saja. Maka dari itu, jangan sampai ada anggota keluarga yang merasa tidak nyaman pada saat melakukan liburan bersama.

Demi kenyamanan semuanya, pilih transportasi yang sesuai dan nyaman bagi anggota keluarga besar yang ikut serta berlibur. Transportasi yang sering dipilih biasanya berupa kendaraan pribadi. Hal ini dilakukan karena menggunakan kendaraan pribadi dinilai lebih praktis dan hemat dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Tentukan Destinasi Liburan

tips memilih tempat liburan
jumbotravels.com

Destinasi liburan juga perlu ditentukan sejak awal, kalau bisa sebelum melakukan perjalanan mudik. Pada saat libur lebaran, berbagai tempat wisata pastinya sangat padat pengunjung. Akan lebih ramai lagi jika lokasi tujuan wisata yang akan dituju merupakan tempat-tempat wisata favorit atau tempat wisata yang masih tergolong baru.

Selagi masih berada di kampung halaman, sebaiknya pilihlah destinasi liburan lokal yang ada di sekitar kampung. Selain menghemat waktu dan biaya, kita juga bisa lebih mengenal lingkungan sekitar. Waktu lebaran adalah waktu bersama dengan keluarga, maka liburan yang dilakukan juga harus membuat seluruh anggota keluarga merasa bahagia.

Percuma melakukan liburan lebaran jika ada salah satu anggota keluarga yang tidak dapat bersenang-senang karena berada di tempat wisata yang ramai, padat, dan tidak menyenangkan.

Cari Akomodasi yang Tepat

tips akomodasi yang tepat
anakbonda.com

Masalah akomodasi juga jangan sampai luput dari perhatian. Meskipun destinasi wisata terbilang dekat, tidak ada salahnya untuk menginap di sana bersama-sama anggota keluarga yang lain di hotel atau penginapan yang ada di dekat lokasi wisata. Setelah menentukan tempat tujuan liburan, segera booking hotel pilihan sebelum kehabisan.

Karena banyaknya orang yang akan menginap, pastikan juga hotel tersebut menyediakan kamar yang cukup luas atau kasur tambahan di setiap kamarnya. Manfaatkan juga diskon dan promo setiap hari yang ditawarkan dari berbagai aplikasi dan website layanan hotel, seperti Traveloka.

Jangan Lupa untuk Beristirahat

pulang mudik liburan
pexels.com

Puas berjalan-jalan bersama keluarga besar, kini saatnya untuk beristirahat sebelum kembali lagi ke rutinitas seperti biasanya. Sambil memulihkan tenaga, jangan lupa juga untuk menyiapkan barang-barang yang akan dibawa kembali ke kota.

Manfaatkan hari-hari terakhir liburan untuk kembali bersilaturahmi dan berpamitan kepada anggota keluarga yang lain. Tidak ketinggalan, siapkan juga oleh-oleh khas kampung halaman untuk dibagikan ke rekan dan tetangga di kota.

Libur lebaran memang selalu dinantikan setiap tahunnya. Selain sebagai ajang silaturahmi, liburan lebaran memang sering dimanfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk berekreasi bersama keluarga. Selamat mudik dan berlibur!

Leave a Comment