Indahnya Taman Laut Bunaken | Tempat Wisata Snorkling dan Diving Terbaik

Taman nasional laut bunaken – Para traveler segera merapat! Kali ini kita akan membahas seputar destinasi wisata yang ada di Indonesia nih. Lebih tepatnya destinasi wisata di Kota Manado yaitu laut bunaken. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas makanan khas dari Kota Manado, supaya lengkap kita bahas tempat wisatanya.

Bunaken yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara ini merupakan tempat wisata yang sudah terkenal dengan tempat divingnya lho. Bahkan termasuk ke dalam sepuluh besar tempat diving terbaik di Indonesia. Wow.  Namun jangan terlalu terkesan dulu karena masih banyak lagi tempat-tempat menarik dan wow di pulau bunaken. Oke kalau begitu kita langsung saja.

Sejarah Taman Laut Bunaken

taman laut bunaken
hotelterbaiksulawesi.com

Sebelum kita membahas tempat-tempat terbaik di pulai bunaken, alangkah baiknya kita ketahui sejarah dari pulau bunaken tersebut. Bunaken yang sekarang terkenal dengan keindahan alam taman lautnya, ternyata wisata ini ditemukan pada tahun 1975 yang kemudian dijadikan sebagai tempat wisata andalan Sulawesi Utara.

Tetapi sejak tahun 1400 pulau bunaken ini sudah dihuni oleh penduduk imigran dair kerajaan Bowontehu (Manado Tua) serta wilayah-wilayah lainnya seperti pulau Siladen, Naen, Mantehage, Gangga, Talise, pulau Bangka dan wilayah dari pesisir utara semenanjung Minahasa.

Kemudian pada tahun 1850 an , penduduk yang menempati Tanjung Parigi berpindah ke arah Tenggara yang berada di tepi pantai tepat berhadapan dengan Kota Manado. Lalu masyarakat mendirikan sebuah negeri kecil yang diberi nama “Wunakeng” yang mana merupakan singkatan dari nama “Kinawungakeng”, yang berarti tempat tinggal.

Setelah beberapa lama seiring dengan perkembangan pulau tersebut, kata “Wunakeng’ diganti menjadi Bunaken yaitu singkatan dari kata “Pamunangken” yang berarti tempat mendarat dari sebuah perahu. Hingga saat ini nama bunaken tersebut bertahan.

Pada awal mulanya, Taman Laut Nasional Bunaken ditemukan oleh sekelompok para penyelam dari Kota Manado yang akan mencoba kegiatan ekspedisi penyelaman yaitu pada tahun 1975. Namun para nelayan memperingatkan kepada para penyelam tersebut agar tidak kesana. Kata mereka di tempat tersebut, banyak terdapat roh jahat.

Seakan penasaran dengan tempat tersebut, akhirnya para penyelam tersebut bersikukuh untuk menyelami bawah laut pulau bunaken. Alhasil setelah mereka sampai di tempat penyelaman, dan mulai menyusuri bawah laut bunaken, ketika menyusuri bahwa laut, mereka menemukan tumbuhan laut di dinding karang yang masih murni serta ikan-ikan yang langka.

Terkagum-kagum melihat keindahan bawah laut yang masih murni, kemudian semenjak itulah Bunaken menjadi tempat wisata paling mempesona di Sulawesi Utara. Serta menjadi salah satu Taman Nasional di Indonesia pada tahun 1991 dan menjadi salah satu warisan dunia setelah di daftarkan ke UNIESCO pada tahun 2005.

Tempat Snorkling dan Diving Terbaik di Taman Laut Bunaken

wisata tempat indah diving di bunaken
nyobain.com

Setelah mengetahui sejarah dari pulau Bunaken, tentunya tidak hanya satu tempat dong yang menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan bawah lautnya? Yap, ada beberapa tempat yang menjadi tempat favorit untuk bersnorkling atau diving untuk menikmati pesona keindahan laut Bunaken secara jelas dan utuh.

Bagi kamu para travelers yang ingin melakukan snorkling di sini, tidak perlu membawa peralatan untuk menyelam. Karena sudah banyak penyedian alat-alat selam disekitar tempat tersebut untuk di sewakan kepada para pengunjung. Harga sewa peralatan untuk satu harinya yaitu sekitar 100 ribu.

Tentunya harga tersebut akan tergantikan dengan pesona bawah laut yang sangat indah memukau yang sayang untuk kamu lewatkan. Terdapat beberapa jenis terumbu karang yang sangat menakjubkan dengan warna dan bentuk yang sangat indah memanjakan mata. Berikut tempat penyelaman terbaik yang bisa kamu coba.

1. Bunaken Timor

Salah satu tempat yang menarik pertama yang harus kamu coab untuk bersnorkling adalah Bunaken Timor. Namun, perlu kamu ketahui di tempat ini mempunyai arus yang begitu kuat. Akan pemandangan yang akan kamu lihat sudah pasti sangat mempesona. Ketika menyelusuri bawah lautnya, kamu akan disapa oleh ikan-ikan cantik yang hidup di kawasan tersebut.

Tak kalah dengan terumbu karangnya yang indah, serta ikan-ikan seperti pari elang, penyu, dan ikan besar lainnya kesana-kemari. Seakan dihipnotis dengan juntaian rumput laut serta gua-gua kecil yang indah menghiasi dinding-dindingnya.

2. Mandolin

Mandolin adalah sebuah taman laut yang memiliki dinding-dinding dan puncak karang yang indah dan dihuni dengan ikan-ikan yang bergerombolan seperti surgeonfish, unicornfish, dan bannerfish. Selain itu ikan-ikan disini sangatlah jinak dan mudah untuk didekati.

3. Puncak Barakuda

taman laut barakuda
steppingfootid.files.wordpress.com

Puncak barakuda merupakan tempat snorkling yang tidak kalah menariknya. Namun tempat ini adalah tempat snorkling paling jauh dan berada di barat laut Bunaken.  Yang menarik dari tempat ini, jika kamu ke tempat ini, kamu akan menemukan segerombolan barakuda berukuran besar yang berenang di antara ikan tuna dan jack. Oleh sebab itulah, tempat ini di sebut puncak barakuda.

4. Muka Gereja

Muka gereja yaitu salah satu tempat terbaik untuk bersnorkling. Tempatnya yang sangat indah, juga terdapat ribuan ikan-ikan kesana-kemari di perairan dangkal dan palung-palung yang terbentang menuju dinding-dinding laut.

5. Reruntuhan Kapal di Kota Manado

Salah satu tempat terbaik untuk bersnorkling selanjutnya yaitu reruntuhan kapa di Manado, sebuah kapal yang berukuran 60 m ini berada di bawah laut bunaken denga kedalaman 78 kaki atau sekitar 23 m di bawah laut. Menurut sejarahnya, kapal tersebut adalah kapal para pedagan dari Jerman yang tenggelam pada tahun 1942 di Pantai Molas.

Ketika ke tempat ini, kamu akan melihat kapal yang terbelah pada bagian tengahnya, sehingga para penyelam akan dapat melihat ruangan kemudi dan pegangan kargonya.

6. Siladen

wisata siladen pulau bunaken
diveindonesia.net

Seperti tempat snorkling yang lain, siladen memiliki dinding-dinding karang yang halus dan membentuk sebuah pemandangan yang sangat indah, ditambah ketika arus datang akan terlihat hidup. Dengan lokasi laut yang dangkal, akan memperlihatkan keindahan tersendiri dengan ikan-ikannya dan schooling snappers.

7. Tanjung kopi

taman tanjung kopi
janjilaut.com

Tanjung kopi yang merupakan tempat indah untuk para penyelam adalah tempat yang tidak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Pulau Bunaken. Menariknya, ada sebuah tembok kecil tempat para ikan barakuda dan ikan sweatlip. Akan tetapi jarak pandang air yang begitu dangkal membuatnya tidak begitu menarik.

Tapi yang lebih dari tempat tanjung kopi adalah para penyelam bisa menikmati beragam jenis ikan. Seperti jenis ikan Nudi branch dan ikan Api Gobi..

8. Tembok Lekuan (I, II, III)

Tembok lekuan adalah sebuah tembok yang berukuran panjang di Bunaken. Tempat ini terbagi menjadi III tempat lokasi yakni Lekuan I, II dan Lekuan III. Ketiga lekuan tersebut mempunyai sebuah taman laut terbaik dari tempat-tempat yang lain di Bunaken.

Tembok lekuan ini mempunyai dinding-dinding yang curam dan celah-celah dinding yang begitu dalam. Tapi tidak hanya itu saja, disini kamu akan menemukan kipas angin laut serta spons raksasa. Di tempat ini juga dihuni oleh beberapa ikan seperti ikan Kakak Tua Besar serta penyu-penyu.

Nah, jadi ke delapan tempat tersebut bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba bersnorkling/diving di Pulau Bunaken yang mempunyai keindahan alam yang begitu luar biasa. Tapi tidak hanya pemandangan laut saja yang bisa kamu nikmati. Bunaken juga mempunyai keelokan pulau-pulaunya.

Sebut saja pulau Bunaken, Mantehage, Siladen dan pulau Nain. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmatik budaya dari suku Bajo yang tinggal di pulau tersebut.

 

Taman Laut Bunaken

Leave a Comment