4 Senjata Tradisional Riau Yang Masih Eksis

Senjata Tradisional Riau – Provinsi Riau yang mempunyai beragam budaya dan adat istiadat yang sudah berkembang dari keberadaannya masyarakat Melayu, salah satunya juga memiliki senjata tradisional yang khas dan perlu dilestarikan.

Riau yang merupakan provinsi penghasilkan kekayaan alam terbanyak di Indonesia dari mulai minyak bumi, gas alam, kelapa sawit, karet, hingga perkebunan, juga pernah kehilangan 2.45 juta hektar hutan pada tahun 2009, yang menyebabkan deforestasi hutan.

Nah, jangan sampai terulang kembali hilangnya kekayaan alam di Riau yaitu salah satunya dengan melestarikan senjata tradisional khas Riau. Berikut 4 senjata tradisionalnya:

1. Senjata Tradisional Riau – Keris

Senjata Khas Riau
Sumber :
kotamanusia.files.wordpress.com

Keris yaitu senjata tradisional yang telah dipakai sejak berabad-abad lalu. Tidak hanya di Riau saja, keris juga pada umumnya digunakan oleh bangsawan-bangsawan di Asia Tenggara. Keris yang merupakan alat pertahanan diri jarak dekat ini juga menjadi sebuah simbol kehormatan.

Sejak masa kerajaan, keris memang memmpunyai kedudukan sebagai simbol kehormatan. Sebagai bentuk perlindungan juga sebagai kebanggaan. Sampai sekarang, dalam adat dan budaya Melayu Riau, selalu mengikursertakan keris dalam busana mereka sebagai pelengkap turun-temurun.

Jika pakaian keris yang terdapat di pulau Jawa yaitu dengan menyimpan keris yang diselipkan di bagian pinggang belakang, maka di Riau dan masyarakat Melayu umumnya menyimpan keris dalam busana mereka yaitu di depan.

2. Senjata Tradisional Riau – Beladau

Baladau khas Riau
Sumber : 2.bp.blogspot.com

Beladau atau pisau belati merupakan salah satu senjata tradisional Riau yang telah dipergunakan oleh masyarakat Melayu dan Indonesia pada umumnya. Beladau sendiri awal dikenal di daerah Sumateradan Kepualauan Riau hingga Mentawai.

Balada ini adalah senjata tradisional sejenis senjata tikam dan senjata sayat yang mempunyai panjang sekitar 24 cm.

3. Senjata Tradisional Riau – Kelewang

Kelewang senjata asli Riau
Sumber :
www.tradisikita.my.id

Senjata tradisional khas Riau selanjutnya yaitu kelewang. Kelewang yaitu senjata sejenis golok yang sejak jaman dahulu sudah digunakan oleh para prajurit. Namun untuk sekarang, masyarakat Riau menggunakan senjata ini untuk keperluan pertanian.

4.    Senjata Tradisional Riau – Pedang Jenawi

Pedang tradisional Riau
Sumber :
4.bp.blogspot.com

Ternyata pada jaman dulu masyarakat Riau menggunakan senjata pedang untuk berperang. Pedang Jenawi yang merupakan senjata tradisional berupa pedang ini digunakan oleh para pahlawan dan palima perang jaman dulu. Panjang pedang ini sekitar 1 meter.

5.    Senjata Tradisional Riau – Badik Tumbuk Lada

Badik tumbuk lada senjata dari Riau
Sumber :
4.bp.blogspot.com

Badik tumbuk lada merupakan salah satu senjata tradisional dari Riau yang harus dilestarikan.

Demikian penjelasan singkat terkati senjata tradisional yang mudah-mudahan pengetahuan kita semua dan dapat melestarikannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share. Terimakasih.

Leave a Comment