4 Senjata Tradisional Papua & Papua Barat | Senjata Dari Alam Yang Unik

Senjata Tradisional Papua – Papua yang sekarang menjadi Provinsi Papua barat ini terdapat berbagai suku di bumi Papua tersebut. Secara turun-temurun, setiap suku mendiami daerah tertentu dan ada juga yang berpindah-pindah. Mereka mempunyai beragam tradisi yang khas dalam kelangsungan hidup mereka.

Seperti suku dari Papua dan Papua Barat yang berburu binatang untuk dijadikan sebagai sumber makanan mereka. Semua peralatan yang tersedia di alam atau hutan, mereka jadikan sebagai senjata tradisional baik untuk berburu binatang ataupun untuk mempertahankan diri dari serangan suku yang lain.

Untuk itu, dalam artikel kita akan membahas senjata khas Papua dan Papua Barat yang mana sebagian besar suku yang ada di Papua hidup dengan cara berburu, meramu dan berpindah-pindah. Oleh sebab itu mereka membuat sejumlah peralatan seperti tombak, panah, parang dan pisau untuk keperluan berburu.

1. Senjata Tradisional Papua & Papua Barat – Busur dan Panah

Busur Panah Khas Papua
Sumber : pixabay.com

Mungkin sebagian dari kita sudah tahu tentang senjata tradisional ini. Busur dan panah memang merupakan senjata utama khas suku-suku yang terdapat di Papua. Senjata digunakan oleh suku-suku di Papua untuk berburu dan berperang.

Busur terbuat dari bahan bambu dan kayu, sedangkan tali busurnya terbuat dari rotan dan untuk anak panahnya terbuat dari tulang kangguru atau kayu. Butuh keahlian khusus dan latihan untuk bisa menggunakan senjata tradisional ini. Karena dibutuhkan konsentrasi penuh agar tembakan anak panah tepat sasaran.

2. Senjata Tradisional Papua  & Papua Barat – Tombak

Tombak khas Papua
Sumber : www.cv.vic.gov.au

Senjata tradisional selanjutnya yaitu tombak. Tombak yang merupakan senjata tradisional dari Papua dan Papua Barat juga digunakan untuk berburu. Tombak dari suku di Papua ini terbuat dari bahan alam seperti kayu dan batu.

Tombak ini ada dua variasi. Diantaranya ada tombak yang memiliki 1mata tombak saja dan ada juga yang memiliki 2 mata tombak.

3. Senjata Tradisional Papua & Papua Barat – Pisau Belati

Pisau Belati khas papua
Sumber : www.papuaerfgoed.org

Selain busur, panah dan tombak, suku di Papua juga mempunyai senjata tradisional lainnya yaitu pisau belati. Uniknya, pisau belati ini terbuat dari tulang burung kasuari dan bisa terbuat dari bambu. Pisau belati ini terbuat dari tulang kaki burung kasuari atau dari bambu yang ujungnya dibentuk runcing, dan gagangnya dihiasi dengan bulu kasuari.

4. Senjata Tradisional Papua & Papua Barat– Kapak Batu

Kapak batu dari Papua
Sumber : www.gapuranews.com

Karena suku di Papua memanfaatkan peralatan dari alam, senjata tradisional selanjutnya juga terbuat dari alam, yaitu kapak batu. Kapak batu ini terbuat dari batu alam yang telah dihaluskan dan dibentuk mata kampak, lalu diberi anyaman dari serat anggrek hutan dan kayu hutan. Kapak ini berfungsi sebagai alat pemotong dan memenggal.

Jadi demikianlah pembahasan singkat terkait senjata tradisional Papua dan Papua Barat dan menambah pengetahuan. Jangan lupa like dan share ya. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment