Senjata Tradisional Maluku Yang Penuh Makna

Senjata Tradisional Maluku – Kembali lagi di disiniaja.net. Dalam artikel ini kita akan membahas lagi mengenai senjata tradisional. Tepatnya senjata tradisional dari Provinsi Maluku. Ada yang tahu apa saja nama senjata tersebut? Mungkin ada yang sudah tahu dan mungkin banyak yang belum tahu. Hehe, biasanya sih lebih banyak yang nggak tahunya.

Tapi tenang aja gak usah khawatir, stres apalagi galau. Kita akan bahas secara singkat, padat dan jelas pokonya. Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Senjata Tradisional Maluku – Parang Salawaku

Parang Salawaku Maluku
Sumber : zipoer7.files.wordpress.com

Parang salawaku merupakan satu pasang senjata tradisional dari Maluku yang terdiri dari Parang (pisau panjang) dan Salawaku (perisai) yang pada saat jaman dulu merupakan senjata yang dipakai para pahlawan Indonesia untuk berperang melawan penjajah.

Senjata tradisional ini, juga merupakan lambang pemerintah kota Ambon. Parang dan salawaku bagi masyarakat Maluku yaitu simbol kemerdekaan rakyat Maluku. Jika kamu hendak berkunjung ke Maluku, kamu dapat melihat senjata tradisional Maluku ini dalam tarian Cakelele.

Tarian khas Maluku
Sumber : kidnesia.com

Cekelele merupakan tarian khas Maluku yang menyimbolkan kekuatan kaum pria Maluku. Pada saat tarian cakelele, parang yang dipegang ditangan kanan penari melambangkan sebuah keberanian. Sedangkan salawaku yang dipegang di tangan kiri yaitu melambangkan perjuangan untuk mendapatkan keadilan.

2. Senjata Tradisional Maluku – Kalawai

Kalawai khas Maluku
Disiniaja.Net

Bagi masyarakat Maluku pasti sudah tidak asing lagi dengan senjata tradisional ini, yaitu kalawai. Bagi kita yang belum tahu, bisa menjadi pengetahuan bagi kita tentunya. Kata kalawai sendiri berasal dari kata bahasa asli daerah Maluku, terkhusus daerah Maluku Tengah ( Ambon, Haruku, Pulau Seram, Nusalaut, Buru dll ).

Kata kalawai yaitu berasal dari dua kata, yakni ‘kala’ dan ‘wai’. ‘Kala’ mempunyai arti tikam dan ‘wai’ mempunyai arti air. Jadi secara harfiah kata ‘kalawai’ berarti menikam air. Kalawai merupakan senjata tradisional khas daerah Maluku.

Bentuk kalawai ini yaitu mirip seperti tombak akan tetapi bentuk dari kalawai sendiri biasanya sebuah pegangan yang terbuat dari kayu ataupun buluh yang sedikit lebih panjang dari tombak. Ujung buluhnya diberi besi tajam dan lebih dari satu karena akan diikat melingkari buluh tersebut.

Perbedaan yang paling terlihat dari kalawai dan tombak yaitu pada ujung atau matanya. Jika tombak yang umumnya bermata 1, maka kalawai bermata 3 yang mirip dengan Trisula. Dalam fungsinya, kalawai mempunyai fungsi yang berbeda dengan tombak.

Jika tombak merupakan senjata untuk berburu di hutan, kalawai berfungsi  menangkap ikan dilautan ataupun di sungai oleh para nelayan di dalam air. Bisa untuk menangkap ikan, teripang, gurita, morea dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan singkat tentang senjata tradisioal Maluku, mudah-mudahan bisa menambah wawasan bagi pembaca. Supaya bermanfaat jangan lupa like dan share ke temain yang lainnya ya. Terimakasih.

Leave a Comment