30 Permainan Masa Kecil Ini, Akan Membuatmu Bernostalgia

Permainan Masa Kecil – Anak jaman sekarang, boleh saja lebih modern daripada kita yang lahir tahun 90-an. Secara saat ini adalah jaman, dimana semua teknologi sedang berkembang. Sampai permainan saja sudah instan, tidak ribet, tidak basah-basahan, tidak panas-panasan, mungkin bisa dibilang jaman sekarang lebih bersih dan lebih modern.

Tapi dibalik itu semua, generasi saat ini, atau yang lahir sekitar tahun 2000-an, tidak akan pernah merasakan bagaimana rasa kesederhanaan, bisa dibuat menjadi sangat menyenangkan.

Boleh saja kalian katakan, anak jaman sekarang itu lebih gaya dengan permainannya, main di gadget, baju selalu rapih dan bersih, namun mereka tidak akan merasakan rasa kekompakan kita pada saat bermain waktu kecil dulu. Yups mereka yang bermain dengan gadget, main dan ngobrolnya di gadget, kadang bermain sendiri dikamar. Ada juga yang terus bermain di dalam rumahnya.

Untuk itu Mari kita kenang kembali, kita kasih tau betapa menyenangkannya  30 permainan ini, yang akan membuatmu ingin kembali kemasa kecil.

20 Permainan Jadul Yang Akan Membuatmu Kangen Akan Masa Kecil Dulu

1. Main Senapan Bambu

Mainan Bambu
Mainan Bambu [email protected]

Permainan yang satu ini mrupakan permainan yang sangat fenomenal. Karena yang lahir di atas tahun 2000-an tidak akan pernah merasakan bagaimana sakitnya di tembak dengan senapan. Haha, yang pasti bukan senapan beneran ya, dan pelurunya kertas yang sedikit dibasahi dengan air.

Hanya bermodalkan sebuah bambu kecil dengan panjang sekitar 30 cm, kemudian membuat pelatuk/pendorong yang akan menembakkan kertas yang dibasahi. Cukup sederhana kan ?

Dengan suara khasnya yang begitu keras, membuatnya terasa seperti sedang berperang dijaman Belanda. Lumayan sakit sih, tapi tergantikan dengan asyiknya bermain permainan ini. Kadang-kadang dilombakan juga, dengan menguji siapa yang bisa tepat sasaran dalam menembaknya.

2. Main Ular Naga / Ular Sawah

Main ular naga permainan masa kecil
Main ular naga [email protected]

Permainan yang tak kalah seru ini dilakukan sekitar 10 orang orang. Paling rame dimainkan pada sore hari, dengan dua orang yang menjadi gerbang naganya yang saling berpegangan tangan. Ciee pegangan tangan (kalau sekarang mungkin, kalau main permainan ini, bakalan baper, lihat aja tuh saling pegang tangan gitu, karena kami dulu belum tau dan mengenal yang namanya cinta-cintaan, jadi ya biasa-biasa aja seru. Haha).

Kemudian yang delapan orang berbaris memasuki gerbang naga tadi sambil bernyanyi, sampai salah satu pemain akan ditangkap oleh gerbang naga, dan kemudian memilih salah satu gerbang, untuk menjadi anggotanya.

3. Main Petak Umpet

Main petak umpet permainan masa kecil
Main petak umpet [email protected]

Permainan yang jadul ini memang sangat menyenangkan. Satu orang yang menjadi penjaga, menutup matanya atau menghadap ke tembok. Menunggu teman yang lain untuk bersembunyi sambil berhitung sampai sepuluh. Setelah selesai menghitung, baru si penjaga ini mencari kawannya yang bersembunyi.

4. Main Kelereng / Gundu

Main kelereng permainan masa kecil
Main kelereng [email protected]triptrus.com

Permainan ini, merupakan permainan yang membutuhkan skill dalam mencentang kelereng. Karena kalau kamu tidak memiliki skillnya, kamu bakalan rugi, karena kamu gak bakalan dapat kelerengnya.

Dimulai dengan menggambar gambar kubus di tanah, anggota yang mau bermain diwajibkan memasang kelereng sebagai tanda keikutsertaan bermain. Masing-masing anggota ikut, melempar dari jarak sekitar 2-3 meter. Pemain yang mengenai semua kelereng, maka itulah yang mendapat semua kelerengnya.

5. Main Layang-Layang (Layangan)

main layangan permainan masa kecil
Main Layangan [email protected]

Permainan seru lainnya yaitu main layangan. Paling seru dimainkan saat sore hari karena matahari yang sudah mulai terbenam, yang akan mempermudah kita untuk melihat layangannya.

Bermain layangan juga harus mempunyai skill lho, karena apa, karena pada saat menerbangkan akan layangan lawan yang akan memutuskan tali dari tangan kita. Kalau kamu tidak mempunyai skill, putuslah layangan milikmu.

Serunya bermain layangan itu adalah ketika kamu punya layangan atau tidak ya sama-sama senang. Karena pada saat yang punya layangan putus layangannya, sementara yang tidak punya layangan mengejar layangan yang putus.

Walaupun jauh sekalipun. Kayaknya bermain layangan itu mengajarkan kita sesuatu ya. Daripada mengejar yang tidak pasti, mending membuat dan mempersiapkan buat yang pasti aja. (mengerti kan, kata-katanya ?). Hahaha.

6. Main Lompat Tali

permainan masa kecil lompat tali bersama teman
Main lompat tali [email protected]

Permainan seru ini, hanya membutuhkan sebuah karet yang banyak, yang kemudian disatukan sehingga membuat anyaman seperti sebuah tali yang panjang. Kita hanya perlu melewati anyaman tersebut yang dipegang oleh dua orang dengan ketinggian dari mulai lutut sampai kepala.

Apabila ada yang tidak bisa melewati, atau anyaman karet tersebut nyangkut di kaki, maka harus gantian dengan yang memegang karet. Begitu sederhananya permainan, tetapi dengan keseruan yang amat sangat seru. Kalau anak sekarang mungkin juga bisa bermain, tapi mainnya di gadget.

7. Main Gasing / Main Panggal

main gasing permainan masa kecil yang rame
Main Gasing [email protected]

Permainan yang sederhana ini, memang sangat menyenangkan. Hanya dengan sebuah gasing dari kayu dan sebuah anyaman tali dari kain ataupun beli, kami bisa dengan mudah mendapatkan keseruan dengan teman-teman yang luar biasa.

8. Tapak Gunung / Engklek

main engklek merupakan permainan masa kecil
Main engklek [email protected]

Permainan paling sederhana ini adalah engklek namanya, kita hanya perlu menggambarkan sebuah gambar kubus-kubus beesar di tanah atau di jalan menggunakan kapur.

Permainan yang simpel, masing-masing pemain membawa dan melemparnya ke gambar kubus besar tadi, dan melompati satu-persatu dengan satu kaki saja dengan tanpa melewati garis.

9. Main Egrang

main egrang permainan masa kecil dan tradisional
Main egrang [email protected]

Permainan yang satu ini memang terlihat mudah apabila kita hanya melihat saja, coba deh kamu coba (bagi yang belum bisa), dijamin gak bakal lima detikpun kamu berada diatasnya. Mungkin sekarang permainan ini masih ada karena sering dilombakan juga.

10. Main Dorong Ban

Main dorong ban permainan masa kecil yang seru dan menyenangkan
Main dorong ban [email protected]

Permainan yang paling sederhana yang hanya menggunakan sebuah ban bekas yang bisa digelindingkan ini, begitu sangat menyenangkan ketika kecil dulu. Ingin rasanya kembali, hanya dengan melihat gambarnya saja, teringat keseruan dan kesederhanaan.

11. Naik Pohon

main panjat pohon permainan masa kecil paling bahagia
Main panjat pohon [email protected]

Begitu terasa waktu-waktu indah mas kecil dulu, yang mana rasa akan malu dengan orang seakan sirna. Coba lihat saja anak kecil ketika melakukan sesuatu, mereka tidak melihat atau memperhatikan terlebih dahulu. Mereka hanya melakukan sesuatu yang mereka suka, dan masa bodo dengan orang lain yang melihatnya.

Naik Pohon adalah salah satu permainan paling menyenangkan juga. Naik pohon ini hanya ketika kami semua bosan melakukan yang lain. Dengan naik pohon yang ada buahnya, kemudian tidur-tiduran di batang pohonnya, terasa seru dan menyenangkan.

12. Mandi Parit / Guyang

mandi parit menyenangkan permainan masa kecil
Mandi parit [email protected]

Permainan ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan. Karena kita mandi dan berenang di parit atau kolam yang sangat kotor, seperti pembuangan sampah gitu dan di sawah. Tetapi ya, yang sudah saya bilang. Ketika masa kecil dulu, masa bodo dengan apapun itu resikonya, yang penting kami senang dan seru bersama.

13. Main Yoyo

main yoyo permainan masa kecil dulu
Main yoyo [email protected]

Tak kalah menarik dan menyenangkan, permainan ini termasuk permainan musiman. Karena hanya beberapa hari saja permainan tersebut rame dimainkan. Hanya ikut-ikutan saja, agar tidak penasaran.

14. Main Ular Tangga

main ular tangga permainan masa kecil
Main ular tangga [email protected]

Main ular tangga juga sangat seru lho, mungkin sekarang mainan ini sudah tidak ada yang jual lagi (jarang). Karena jaman yang sudah maju akan teknologi, permainan ular tangga ini sudah bisa dimainkan di smartphone. Walau demikian, kamu yang bermain di smartphone, tidak akan merasakan seru bareng teman.

15. Main Meriam Bambu

meriam bambu permainan masa kecil
Main meriam Bambu [email protected]

Ini salah satu permainan yang kreatif dan sederhana. Karena untuk mendapatakan kesenangan tidaklah sulit, cukup dengan yang sederhana dan seadanya, keseruan dan kebahagaian akan terasa. Seperti permainan ini, ngapain beli petasan mahal-mahal hanya untuk mendapat keseruan suaranya. Dengan sebuah bambu yang besar sekitar 1-3 meter bisa membuat suara keras seperti petasan. Mainan ini sering dimainkan saat bulan ramadan.

16. Main Galah

main paling seru permainan masa kecil
Main galah [email protected]

Untuk bermain permainan kamu harus punya skill berlari yang kenceng, karena kalau kamu lambat, kasihan kelompok yang harus gantian jaga. Haha.

17. Main Tiup Balon

Main Tiup Balon seru permainan masa kecil
Main Tiup Balon [email protected].com

Masih ingat dengan mainan yang satu ini. Mainan yang entah berbahan apa, tetapi bisa menjadi sebuah balon gelembung yang ditiup dengan sebatang pipa kecil, dan setelah balonnya besar ditimpakan ke muka (kaya masker gitu).

18. Main Ketapel

Main Ketapel sangat seru permainan masa kecil ini
Main Ketapel [email protected]

Mungkin semua tidak asing lagi dengan permainan ini. Permainan yang alatnya terbuat dari batang kayu berbentuk huruf “Y” dengan  dipasang sebuah tali dari karet ini, kerap dimainkan untuk menembak burung ataupun menjahili teman dengan sebuah peluru dari batu krikil.

19. Main Congklak

Main Congklak permainan masa kecil untuk belajar dagang
Main Congklak [email protected]

Walaupun mainan ini hanya anak perempuan saja yang mainnya, tetapi bisa mengingatkan kembali akan keseruan masa kecil bermain congklak ini.

20. Main Bola Bekel

Main Bola Bekel seru permainan masa kecil
Main Bola Bekel [email protected]

Permainan dengan menggunakan sebuah yang lentur dan agresif, akan mengingatkan kita ke masa kecil kita, karena sekarang mungkin sudah jarang dan bahkan hampir punah untuk dimainkan.

21. Main Gelembung Sabun

Main Gelembung Sabun permainan masa kecil yang paling disenangi anak-anak
Main Gelembung Sabun [email protected]

Saat masa kecil dulu, tertarik ingin memainkannya karena wadah dan warnanya yang beranekaragam, membuat jiwa kekanak-kanakan kita ingin membeli mainan ini.

22. Main Jadi Drakula

Main Jadi Drakula permainan masa kecil yang paling rame
Main Jadi Drakula [email protected]

Walaupun tidak beneran jadi drakula, setidak kita yang lahir tahun 90-an pernah merasakan bagaimana rasanya memakai mainan gigi palsu drakula ini.

23. Main Balapan Kuda

Main Balapan Kuda permainan masa kecil paling seru
Main Balapan Kuda [email protected]

Main balapan kuda, tapi kudanya kadang-kadang lari ditempat. Gimana tuh, haha. Permainan yang sangat mengingatkan kembali indahnya masa kecil ini. Hanya dengan sebuah mainan dengan kuda dengan penumpangnya yang terbuat dari plastik, dengan bantuan oksigen yang ditiupkan dengan sebuah alat dan pipa kecil.

24. Main Lilin Yang Bisa Dibentuk

Main Lilin Yang Bisa Dibentuk adalah permainan masa kecil
Main Lilin Yang Bisa Dibentuk [email protected]

Pernah bermain permainan ini ? Mainan yang gak enak ini dipegang ini karena seperti terbuat dari minyak ini, merupakan mainan yang akan membuat kita teringat kembali akan masa kecil dulu.

25. Main Tamiya

Main Tamiya merupakan permainan masa kecil yang paling digemari anak-anak dan kalangan dewasa
Main Tamiya [email protected]

Kamu penggemar mobil tamiya pasti merasakan bagaimana keseruan merakit sendiri dan balapan dengan tamiya lain dengan jalan khusus tamiya, yang akan membuatmu kangen lagi.

26. Main Sulap Uang Koin

Main Sulap Uang Koin permainan masa kecil
Main Sulap Uang Koin [email protected]

Dari kecil sudah bisa sulap lho. Dengan permainan ini, kamu bisa mendadak jadi pesulap yang bisa menghilangkan uang koin temanmu.

27. Main Truk Dari Kayu

Main Truck Dari Kayu salah satu permainan masa kecil
Main Truck Dari Kayu [email protected]

Sebuah mobil truk dari kayu ini pernah menjadi masa terindah ketika masa kecil dulu. Dimana mobil truk yang agak gede ini bisa kita naikin, kemudian didorong dari belakang teman kita, dan seterusnya sambil bergantian.

28. Main Lele Darat Bukan Buaya Darat

Main Lele Darat permainan masa kecil
Main Lele Darat [email protected]

Permainan yang sedikit aneh juga, tetapi bisa membuat teman anda kaget, tentu akan mengingatkan kita bagaimana keseruan bermain mainan ini.

29. Main Pedang, Biar Kayak Pendekar Wiro Sableng

Main Pedang permainan masa kecil
Main Pedang [email protected]

Karena ingin terlihat seperti pendekar wiro sableng, dulu kita bisa bermain mainan ini, lengkap dengan sarung tangannya.

30. Main Pistol Ala Koboy

Main Pistol permainan masa kecil
Main Pistol [email protected]

Kayaknya keren tuh, punya pistol kayak koboy. Permainan yang dengan pistol palsu yang tidak bisa ditembakan namun bisa mengeluarkan suara tembakan yang keras. Melengkapi indahnya akan permainan masa kecil dulu.

Itulah 30 permainan masa kecil yang membahagiakan, yang akan membuatmu bernostalgia. Karena setiap manusia ada masanya menjadi anak kecil. Kita yang telah beranjak dewasa, merindukan kepolosan dan keceriaan yang belum tentu bakal kita dapatkan.

Leave a Comment