Permainan Anak Paud / TK Yang Edukatif, Kreatif Paling Seru dan Rame

Permainan Anak Paud & TK – Bagi orang tua, melihat anaknya tumbuh dan berkembang merupakan suatu cita-cita. Apalagi melihat sang buah hati tertawa riang dan gembira. Untuk sang buah hati, tentu sangat baik jika sang anak menemukan dunianya agar membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Diantaranya memberikan jenis permainan untuk anak-anak di usia dini yang edukatif dan kreatif di dalam rumah dan di luar rumah khususnya taman kanak-kanak / TK / PAUD. Baik bagi para guru ataupun para orang tua bisa menerapkan permainan edukatif, kreatif dan juga seru untuk anak-anak.

Macam-Macam dan Jenis Permainan Anak PAUD / TK Yang Kreatif dan Edukatif

Dalam permainannya dibagi menjadi dua bagian. Yakni permainan di dalam ruangan dan permainan di luar ruangan ada juga beberapa permainan tanpa alat. Tujuannya adalah agar anak-anak tidak merasa bosan saat mereka berada di taman kanak-kanak dan membuatnya lebih betah ketika belajar dan bermain.

A. Permainan di Dalam Ruangan / Ruang Kelas

1. Permainan Anak Paud / TK – Tepuk Bersama

Tepuk tangan paud yang mengasikkan
Sumber : 1.bp.blogspot.com

Permainan yang sering digunakan para guru di dalam kelas ini, merupakan permainan yang edukatif dan paling simpel. Dimana dalam permainan ini, dapat melatih kekompakan serta kerja sama dan meningkatkan koordinasi tangan anak.

2. Permainan Anak PAUD / TK – Menyusun Balok atau Menyusun Puzzle

Bermain puzze bersama anak paud
Sumber : tzuchischool.com

Permainan edukatif ini juga dapat memacu daya saing dan berfikir anak dengan cepat. Permainan ini bisa dilakukan oleh masing-masing anak dan bisa juga dilakukan dengan berkelompok.

3. Permainan Anak PAUD / TK – Mencari Teman

bermain mencari teman anak-anak paud
Sumber : 4.bp.blogspot.com

Permainan mencari teman bertujuan mengajak anak untuk banyak bergerak dan berlari. Karena dalam permainannya anak-anak akan bermain dengan cara mencari pasangan yang disebutkan oleh gurunya.

Permainan ini juga dapat meningkatkan interaksi antar teman saat mencari pasangannya, juga dapat meningkatkan komunikasi terhadap anak, sehingga kemampuan anak dalam berkomunikasi juga dapat terlatih.

4. Permainan Anak PAUD / TK – Mewarnai

bermain mewarnai bersama anak paud
Sumber : 3.bp.blogspot.com

Dalam permainan ini, anak-anak bisa diberikan gambar pemandangan, hewan ataupun yang lainnya. permainan edukatif ini bertujuan melatih anak-anak untuk kreatif dan mempunyai daya pikir yang tinggi dan imajinasi yang luas dalam mengekspresikan kemampauan sang anak.

5. Permainan Anak PAUD / TK – Mencari Pasangannya

bermain mencari pasangan bersama anak paud
Sumber : tkislamdarunnajah10.files.wordpress.com

Dalam permainan ini para guru bisa menyiapkan sepasang jepitan jemuran, sepasang kaos kaki, sepasang sendok makan, sepasang sendok makan dan sendok teh. Kemudian masukan semua benda tersebut ke dalam kotak yang besar lalu suruh anak-anak untuk mencari pasangannya. Setalah itu hitung ada berapa pasang.

6. Permainan Anak PAUD / TK – Bola-Bola Kayu

Bermain bola-bola kayu anak TK / PAUD
Sumber : g03.s.alicdn.com

Permainan ini, anak-anak tidak akan merasa bosan bermain bola-bola kayu yang warna warni dengan diameter 5 cm yang berlubang tengahnya dan harus disusun secara vertikal pada lima tonggak yang mempunyai tinggi berbeda, sehingga mirip tusuk sate.

Sambil memasukan bola-bola ke tonggak, anak-anak akan berhitung. “Satu, dua, tiga dst”. Akan tetapi mainan ini buatan pabrik. Mainan ini bisa dibeli di toko-toko mainan. Dengan bermain dengan alat peraga, dapat meningkatkan konsentrasi dan mempertajam anak, sehingga nantinya, anak akan pandai menghitung benda apa saja dari 1 sampai 10.

B. Permainan di Luar Ruangan / Luar Kelas

1. Permainan Anak PAUD / TK – Sepak Bola

Bermain bola sepak anak-anak TK
Sumber : 1.bp.blogspot.com

Permainan ini seperti permainan sepak bola biasa, akan tetapi untuk anak-anak tidak terlalu ketat dan keras. Tujuan dari permainan ini supaya otot-otot badab anak dapat terlatih, sehingga anak memiliki sistem perototan yang terbentuk secara baik dan sehat.

2. Permainan Anak PAUD / TK – Lempar Tangkap Bola

Anak TK bermain lempar tangkap bola
Sumber : i.ytimg.com

Seperti permainan sepak bola, permainan ini juga bertujuan melatih motorik kasar anak. Karena ketika bermain permainan ini, anak akan melompat dan menangkap bola. Alat bantu yang bisa digunakan juga sangat sederhana yaitu sebuah bola dan ruangan yang cukup atau di luar ruangan.

3. Permainan Anak PAUD / TK – Tom & Jerry

bermain bersama anak PAUD tom and jerry
Sumber : amiratnawatiutami.files.wordpress.com

Permainan ini juga sangat mengasikan dan seru bagi anak-anak. Dalam permainannya, ada yang menjadi si Tom dan ada yang menjadi si Jerry. Tom harus bisa menangkap Jerry yang dihalangi oleh pagar-pagar yang terbuat dari gandengan tangan anak-anak yang lain.

Jika si Jerry berhasil ditangkap, maka Jerry akan menjadi Tom dan teman yang lain jadi si Jerry. Saat bermain, buatlah pagar yang tidak terlalu besar supaya permainan lebih seru.

4. Permainan Anak PAUD / TK – Menyusun dan Membangun Menara

Bermain membangun menara bersama anak PAUD
Sumber : tkislamdarunnajah10.files.wordpress.com

Alat yang bisa digunakan yaitu sebuah balok-balok kecil. Kemudian setiap anak diharuskan membangun menara tersebut. Permainan bisa melatih anak dalam kesabaran dan ketelitian. Cara bermainnya, berilah masing-masing anak 5 sampai 10 balok, kemudian setiap anak harus membuat balok-balok tersebut tersusu rapi.

5. Permainan Anak PAUD / TK – Menjala Ikan-ikan

Bermain jala ikan anak PAUD
Sumber : www.bundakonicare.com

Cara bermainnya yaitu 2-3 anak disuruh untuk bergandengan tangan berperan sebagai jala ikan . sementara sisanya berperan sebagai ikan yang bebas berlarian di lapangan (di luar ruangan). Jika ada tanda (hitungan atau peluit dan bisa juga tepukan tangan) dari guru, maka anak-anak yang berperan sebagai jala harus berusaha menangkap ikan ( anak yang berlarian dalam ruangan).

Dengan cara mengurungnya di dalam lingkaran tangan. Dan anak yang berperan sebagai ikan, berusaha berlari menghindar jangan sampai tertangkap jala. Sehingga semakin lama jala tersebut akan lebar, dan ikan yang ditangkap semakin sedikit.

Permainan ini juga bisa dirubah dengan cara beberapa kelompok anak 2-3 pasang sebagai jala. Kemudian kelompok jala ini saling bersaing untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya.

6. Permainan Anak PAUD / TK – Hijau Hitam

bermain bersama anak paud
Sumber : 4.bp.blogspot.com

Untuk bermain permainan ini, siapkan lapangan segiempat. Garis batas bisa dibuat dengan menggunakan kapur ataupun tali. Kemudian bagi lapangan menjadi dua. Pada masing-masing bagian, siapkan garis bebas dekat sisi terluar dari lapangan.

Cara bermainnya; bagi anak menjadi dua regu. Misalkan regu hijau dan regu hitam. Kemudian bariskan kedua regu tersebut di tengah lapangan. Masing-masing anak saling berhadapan satu sama lain.

Tugas dari setiap regu yaitu memperhatikan/mendengarkan nama baris yang disebutkan guru. Jika guru menyebut. Hiii…jau, berarti regu hijau harus segera berlari meninggalkan tempatnya untuk menuju garis bebas.

Sedangkan baris regu hitam berusaha menangkap pasangan dari baris hijau sebelum melewati garis bebas. Kemudian begitu pula sebaliknya untuk regu baris hitam. Pemenangnya yaitu regu yang anggotanya berjumlah paling sedikit yang tertangkap.

Demikian beberapa jenis permainan anak PAUD yang edukatif dan kreatif. Semoga artikel dapat menjadi inspirasi bagi para guru dan orang dalam menjadikan anak-anak yang sehat dan berkembang dengan baik. Jika bermanfaat, jangan lupa like dan share ya. Terimakasih.

Leave a Comment