giritirta kahuripan objek wisata di purwakarta

Inilah 13 Objek Wisata di Purwakarta Paling Favorit Dan Wajib Kamu Kunjungi

Objek Wisata di Purwakarta – Kamu seorang traveler ? Ataukah seorang pecinta alam ? Siapapun kamu yang suka traveling, pecinta alam, tadabur alam ataupun hanya sekedar jalan-jalan pasti mengidamkan sebuah tempat atau sebuah objek wisata dengan pemandangan dan tempat yang wah dan murah meriah.

Kali ini saya akan merekomendasikan sebuah objek wisata tepatnya di Purwakarta. Sebelum itu saya memperkenalkan sekilas kota yang terletak di Jawa Barat itu. Ibu kota Kabupaten Purwakarta terletak di Purwakarta dan berjarak ±80 km sebelah timur Jakarta berbatasan dengan Karawang, Subang, Bandung Barat dan Cianjur.

13 Objek Wisata Di Purwakarta Yang Paling Istimewa Yang Harus Kamu Kunjungi

Kota Purwakarta terkenal akan tempat wisatanya, untuk itu disini akan saya berikan kepada kamu-kamu yang suka jalan-jalan. Tempat bagus gak? Oh jelas dong, selain tempatnya yang bagus, tempat wisata di Purwakarta ini terbilang sangat murah dan terjangkau bagi siapapun. Ada sekitar 13 tempat objek wisata yang terdapat di Kota Purwakarta yang istimewa ini. Berikut penjelasannya.


1. Objek Wisata Jatiluhur


objek wisata di purwakarta
lipsus.kompas.com

Jatiluhur yang merupakan muara sungai Citarum memiliki luas 8,3 ribu hektar dan dibangun sekitar tahun 1957 berfungsi sebagai irigasi, pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Tidak hanya itu waduk jatiluhur juga menawarkan objek wisata dan berbagai sarana rekreasi yang lumayan waw lho.

Letaknya yang hanya 9 km dari kota Purwakarta, terdapat banyak wahana yang bisa kita nikmati seperti; perahu layar, dayung, ski air dan selancar angin, ditambah dengan suasana sejuk dekelilingi bukit-bukit dan pohon rindang nan hijau. Pas bagi kamu yang ingin mengusir kepenatan ataupun jalan-jalan bersama keluarga.

Selain itu waduk jatiluhur juga berfungsi sebagai tempat budidaya ikan dan air baku minum.


2. Objek Wisata Purwakarta – Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud


wisata air mancur
www.purwakartakab.go.id

Taman ini merupakan ikonik kota Purwakarta karena termasuk salah satu objek wisata di Purwakarta paling keren dengan segala fasilitasnya. Karena selain taman, terdapat danau kecil yang berada di tengah taman tersebut. Danau kecil ini memiliki luas sekitar 4 ha saja dan terdapat juga air mancur.

Lalu apa yang menarik dari taman Sribaduga ini ? tenang, yang menarik dari taman ini adalah air mancurnya. Karena air mancur di taman Sribaduga ini dilengkapi dengan unsur light effect dan api di atas air, dengan segala variasi gerakan yang sangat keren dan eksotis sesuai ritme irama musik. Wih

Kerenkan ? saking kerennya, air mancur ini disebut-sebut bisa menyaingi air mancur yang ada di Singapura yaitu air mancur Wing of Time di Singapura. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya ya. kamu bisa berkunjung pada hari sabtu malam jam 20.00-22.00 Wib untuk menyaksikannya.

Kurang lebih seperti itulah penampilan Air mancur paling keren se-Asia Tenggara.


3. Objek Wisata Alam Purwakarta – Air Terjun Curug Cipurut


wisata alam
disiniaja.net

Objek wisata di Purwakarta selanjutnya adalah air terjun/curug Cipurut. Lokasinya berada di kaki gunung Burangrang, berjarak 30 km dari pusat kota Purwakarta. Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin tadabur alam, kamping, ataupun berfoto-foto. Karena tempatnya yang masih asri dengan pohon-pohon menjulang tinggi.

Curug Cipurut ini terdapat tiga tingkatan air terjun, dimana tingkat paling tinggi berukuran sekitar 25 meter. Ketika kamu ke sini, jangan hanya berfoto-foto saja coba rasakan segarnya air pegunungan yang masih asli ini. Bagi kamu yang mau kamping, terdapat lokasi yang disediakan disana, dan jangan takut kelaparan, karena warga di sana akan ada yang berdagang menemani kamu.

Akses menuju tempat ini tidak terlalu sulit bisa juga dengan berjalan kaki. Akan tetapi harus tetap berhati-hati karena apabila sedang cuaca hujan medan perjalanannya sangat licin. Walaupun demikian, setelah sampai di air terjun, rasa lelah akan tergantikan dengan indahnya pemandangan alam.


4. Objek Wisata Purwakarta – Situ Wanayasa


wisata purwakarta
www.yukpiknik.com

Situ Wanayasa ini berdekatan dengan curug Cipurut, pas banget apabila kamu sudah puas menikmati air terjun Cipurut, kamu bisa langsung ke situ Wanayasa. Terdapat pula jajanan khas yang bisa dinikmati.

Di situ Wanayasa ini terdapat danau dengan luas sekitar 7 ha, dengan pulau kecil di tengahnya. Bagi kamu yang ingin berakhir pekan bersama keluarga bisa menjadi tujuan yang pas. Pemandangan sekitar yang sangat indah, terdapat aneka permainan yang bisa kamu nikmati seperti; kapal bebek kayuh untuk berkeliling menikmati indahnya pulau kecil dan situ Wanayasa.


5. Objek Wisata Jatiluhur Water World


jatiluhur water world objek wisata di purwakarta
Objek wisata di purwakarta

Objek wisata selanjutnya adalah Jatiluhur Water World. Objek wisata air paling digemari keluarga dan anak-anak kecil ini bisa menjadi tempat liburan kamu selanjutnya bersama keluarga tercinta. Lokasinya masih sekitar waduk Jatiluhur.

Meniliki berbagai wahana berseluncur (waterslide) yang asyik untuk bermain sepuasnya bersama buah hati. Terdapat pula fasilitas bagi anak-anak, yaitu taman bermain yang bisa membuat sang buah hati, tidak ingin pulang karena asyiknya bermain.

Lokasinya dapat kamu tempuh melalui jalan Tol Purbalenyi, keluar di Gerbang Tol Jatiluhur atau arah; 120 km dari Jakarta; 70 km dari kota Bandung.


6. Objek Wisata Kolam Renang Giri Tirta Kahuripan


giritirta kahuripan objek wisata di purwakarta
andromedocahyo.blogspot.com

Objek wisata Giri Tirta ini tidak hanya kolam renang saja, terdapat tempat penginapan seperti vila dengan udara yang sejuk dan pemandangan pegunungan yang sangat asri lho. Objek wisata Giri Tirta paling seru untuk liburan rame-rame, bersama teman, ataupun keluarga.

Terdapat fasilitas-fasilitas yang akan membuat kamu betah dan nyaman seperti; lapangan futsal outdoor, ATV, wahana sepeda air, restoran dan Skypool (kolam renang di atas perbukitan) yang paling banyak dikagumi pengunjung karena seolah-olah kita sedang berenang di langit dan menikmati pemandangan yang sangat indah di bawahnya.

Jadi jangan sampai kamu lewatkan objek wisata ini, segera kunjungi. Lokasinya di desa Taringgul Tonggol, kecamatan Wayanasa, Purwakarta.


7. Objek Wisata Purwakarta Gunung Lembu


gunung lembu purwakarta
liburmulu.com

Kamu ingin mendaki gunung ? atau memotret sunrise ? tetapi ingin mendaki dengan medan perjalan mudah. Gunung Lembu lah jawabannya, karena gunung ini memiliki ketinggian rata-rata 700-1000 mdpl dan memiliki tingkat kesulitan paling mudah di daki tanpa harus mempunyai keahlian khusus.

Kamu juga bisa menikmati hamparan luas waduk Jatiluhur dengan pemandangan hampir 180 derajat dari atas gunung Lembu ini, dan pesona sunrise-nya yang akan membuat kamu takjub pokoknya.

Jadi, siap berjibaku dengan tanjakan di Gunung Lembu ? Gunung Lembu ini bisa kamu kunjungi melalui desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, Purwakarta.


8. Tempat Wisata Goa Jepang Dan Belanda


goa jepang purwakarta
tempatwisataseru.com

Objek wisata di Purwakarta selanjutnya adalah tempat wisata sejarah di Purwakarta yaitu Goa Jepang dan Belanda. Goa ini dibangun pada 1942 oleh rakyat pribumi dengan cara Romusha (kerja paksa). Goa ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan mesiu dan senjata dan alat komunikasi radio tentara Jepang.

Sementara goa Belanda letaknya 800 meter dari goa Jepang. Konon goa ini dibangun lebih awal dari goa Jepang yaitu tahun 1941. Fungsinya sebagai pusat stasiun radio militer Hindia Belanda saat perang kemerdekaan. Bagi yang suka sejarah bisa mengunjungi tempat ini di desa Pusakamulya Kiarapedes, Purwakarta.


9. Tempat Wisata Purwakarta Alam Sumber Air Panas Ciracas


ciracas di purwakarta
panglimatipurwakarta.wordpress.com

Salah satu objek wisata di Purwakarta yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah sumber air panas Ciracas. Selain sebagai tempat wisata, sumber air panas ini dan mengobati beberapa penyakit seperti; penyakit kulit, pegal-pegal, rematik, gatal-gatal dan lain sebagainya.

Sumber air panas ini berjarak 8 km dari situ Wanayasa dan berlokasi di kaki bukit. Di tempat ini terdapat 12 titik sumber mata air panas.


10. Tempat Wisata Purwakarta Desa Sajuta Batu


wisata sajuta batu
desawisatasajutabatu.blogspot.com

Tempat wisata yang berlokasi di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru ini bisa menjadi tempat yang tidak akan terlupakan lho. Cocok bagi kamu yang ingin menjelajah alam perbukitan dan sawah-sawah yang hijau. Terdapat banyak fasilitas yang tersedia seperti; memancing, panjat tebing gunung Parang, olahraga offroad dan perkemahan yang menarik.


11. Objek Wisata Waduk Cirata


wisata waduk
akamali.blogspot.com

Di Purwakarta terdapat dua sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Yang pertama waduk Jatiluhur dan yang kedua adalah waduk Cirata. Keduanya mempunyai fungsi yang sama. Sebagai pembangkit listrik dan bisa sebagai tempat wisata.

Jadi apabila di waduk Jatiluhur ramai pengunjung, waduk Cirata bisa menjadi alternatif, sebagai tempat wisata. Waduk Cirata ini berlokasi di desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta.


12. Tempat Wisata Purwakarta Sentra Pembuatan Keramik Plered Oleh-Oleh Purwakarta


objek sejarah keramik
tempatwisataseru.com

Setelah kamu menikmati tempat-tempat wisata yang ada di Purwakarta, jangan lupa mampir dan membeli oleh-oleh asal Plered ini. Disini kamu bisa melihat kerajinan atau hasil karya berupa keramik, seperti; terakota, porselain ataupun gerabah.

Lokasi Sentra keramik ini berada di desa Anjun, kecamatan Plered. Sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta. Jadi jangan lupa untuk berkunjung dan membeli ya, karena di Sentra keramik ini sudah mengekspor ke luar negeri lho.


13. Tempat Wisata Purwakarta Kuliner Sate Maranggi Asli Purwakarta


sate maranggi purwakarta
spekology.com

Kuliner sate maranggi khas Purwakarta ini jangan sampai kamu lewatkan dan wajib dicoba. Selain rasanya yang khas dan berbeda dengan sate-sate lain, bisa menjadi tempat pelabuhan terakhir anda ketika akan meninggalkan kota Purwakarta. Terdapat banyak penjual sate maranggi, namun yang paling terkenal ada di Cibungur. Tempat tersebut selalu ramai pengunjung bahkan banyak juga pengunjung dari luar yang ingin merasakan sate maranggi khas Purwakarta tersebut.

Bagaimana, wisata di Purwakarta lengkapkan ? Dari mulai wisata air, taman, wisata alam, sejarah, oleh-oleh dan kuliner. Itulah 13 tempat objek wisata di Purwakarta yang paling populer dan paling istimewa. Bagi kamu yang mau menambahkan tempat wisata lainnya di Purwakarta bisa di tulis di kolom komentar. Ada juga grosir tas branded murah.

Dan bagi kamu yang sudah berkunjung ke tempat wisata di Purwakarta, bisa berbagi dan memberikan informasi terbaru seputar tempat wisata tersebut agar memudahkan yang lainnya ketika ingin berkunjung ke 13 tempat wisata tersebut.

1 thought on “Inilah 13 Objek Wisata di Purwakarta Paling Favorit Dan Wajib Kamu Kunjungi

Leave a Comment