masakan ayam Toraja yang khas

10 Makanan Khas Toraja Yang Paling Terkenal Dengan [Kelezatannya]

Makanan khas toraja – Walaupun masakan toraja tidak sepopuler dengan makanan khas di daerah-daerah lain seperti Masakan Padang. Akan tetapi makanan di tana Toraja juga tidak kalah enaknya. Masingi-masing  daerah pasti mempunyai makanan unggul yang paling enak. Begitu pula dengan Toraja. Berikut adalah beberapa makanan khas tana Toraja yang populer :

1.    Pantollo Lendong (Belut)

Makanan Pantollo Toraja
Pantollo Lendong (Belut) [email protected]

Pantollo Ledong yaitu makanan yang terbuat dari bahan dasar belut. Kemudian diolah dan dimasak seperti halnya rawon dan dicampur dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas Toraja. Makanan ini biasanya dihidangkan dalam acara khusus seperti acara-acara adat masyarakat Toraja.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Manado Ternikmat dan Paling Digemari [Wajib Coba]

2.    Pantollo’  Bale (ikan)

masakan ikan toraja
Pantollo’ Bale [email protected]

Untuk pantollo bale (ikan) yaitu makanan Khas Toraja yang berbahan dasar ikan mas, atau juga biasa menggunakan ikan lele ataupun ikan lainnya. berbeda dengan pantollo lendong, pantollo ikan tidak memakai kuah, tapi hanya digoreng dan dipanggang lalu diberi bumbu rempah-rempah yang khas dari tana Toraja.

3.    Pa’ Piong Manuk (ayam) / Dangkot

masakan ayam Toraja yang khas
Pa’ Piong Manuk [email protected]

Makanan khas toraja selanjutnya yaitu Pa’ Piong Manuk. Manuk yang berarti ayam ini merupakan makanan dengan berbahan dasar dari daging ayam. Cara pembuatannya sendiri yaitu daging ayam yang dicampur dengan daun mayana dan bumbu, rempah-rempah. Lalu ditambahkan cabe rawit atau lombok katokkon. Makanan ini sangat pedas tapi dengan rasa yang begitu lezat.

4.    Pokon

Makanan ini sejenis panganan yang khas dari Toraja. Makanan yang berbahan dasar santan kelapa, kemudian beras yang dicampur dengan santan lalu dibungkus dan direbus hingga matang. Makanan ini biasa disajikan saat acara syukuran.

5.    Kririk

Mirip dengan makanan Pokon, yang membedakannya yaitu daun yang dipakai untuk membungkusnya yaitu daun aren yang masih muda. Makanan kririk juga biasa disuguhkan dalam upacara pengucapan syukur selesai panen.

6.    Deppa Tori

Deppa Tori kue kue Toraja
Deppa Tori [email protected]

Deppa dalam bahasa Indonesia yaitu kue. Untuk makanan deppa ini adalah makanan oleh-oleh khas Toraja. Makanan yang berbahan dasar tepung beras, banyak dijual di tempat-tempat wisata dan terminal bus.

7.    Tu’tuk utan

Tu’tuk utan toraja yang khas
Tu’tuk utan [email protected]

Tu’tuk dalam bahasa Indonesia yaitu tumbuk, sedangkan utan yaitu sayur. Cara pembuatannya yaitu dengan cara daun singkong (utan) yang ditumbuk halus kemudian dimasak dengan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditambahkan parutan kelapa dan cabe rawit atau

8. Palopo

Makanan Palopo
Palopo [email protected]

palopo merupakan makanan khas toraja yang bahan dasarnya yaitu tepung sagu yang disiram dengan air panas. lalu dibentuk bulat-bulat dan dimasukan ke dalam kuah ikan atau daging, dan sayuran.

Baca Juga : Beneran !! 13 Makanan Khas Tasikmalaya Ini Paling Enak, Oleh-Oleh, dan Kulinernya Paling Hits

9. Pangrarang (Sate)

sate khas toraja
Pangrarang (Sate) [email protected]

Makanan yaitu makanan sate khas toraja. Bedanya dengan sate hanya pada bumbunya. Di Toraja makanan ini hanya diberi sedikit garam saja kemudian dibakar di atas bara. Setelah matang, sate dimakan dengan cabe ulek diberikan sedikit perasan jeruk nipis.

10. Kapurung

Kapurung Asli Toraja
Kapurung [email protected]

Makanan kapurung merupakan makanan khas Toraja yang sangat terkenal. Makanan yang berbahan dasar sayuran, ikan dan sagu ini sangat nikmat dan juga bergizi. Sayuran yang terdapat dalam kapurung ini beragam dan bergizi, diantaranya ada sayur bayam, kacang panjang, kangkung, ontong jantung pisang dan labu merah yang masih muda.

Selain sayuran, bahan lain yang terdapat dalam makanan ini yaitu ikan bandeng, ikan teri goreng, kemudian ditambah dengan sagu yang dimasak lezat.

Jadi itulah beberapa makanan khas Toraja yang sangat populer di tana Toraja. Mungkin masih banyak makanan khas lainnya. kamu bisa menambahkannya di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

3 thoughts on “10 Makanan Khas Toraja Yang Paling Terkenal Dengan [Kelezatannya]

  1. kapurung kayak bugis mas? ada juga ya di Toraja. Itu yang tu’tuk utan mesti ditumbuk ya. Hmm, siang2 gini memicu banget nih

  2. Waduuhh.. Palopo bukan makanan yaa.. Itu nama tempat, palopo itu salah satu kota di sulawesi selatan, sebenarnya itu kapurung dan kapurung makanan khas dari palopo

    • terimakasih atas masukannya 😀
      nanti saya update lagi, mungkin ada informasi lain yang kurang, jangan segan untuk kirimkan di kolom komentar yaa.

Leave a Comment