7 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan

Makanan khas Kalimantan Timur – Liburan ke KalTim (Kalimantan Timur) belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas dari provinsi yang ber ibu kota Samarinda tersebut. Setelah berjalan-jalan sebentar di tepi Sungai Mahakam yang anggun dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Timur, yuk kita jelajahi wisata kulinernya.

Seperti halnya provinsi lainnya, Kalimantan Timur juga mempunyai kuliner khas dan menjadi andalan dengan rasanya yang boleh diadu dengan hidangan khas daerah lainnya yang ada di Indonesia. Nah, berikut adalah daftar makanan khas dari Kalimantan Timur yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke sana.

Nasi Kuning Samarinda – Makanan Khas Kalimantan Timur

makanan khas kalimantan timur
ebidsalam.com

Nasi kuning? Siapa yang tidak suka. Hidangan makanan yang satu ini mungkin sudah sangat umum ditemukan hampir seluruh daerah di Indonesia. Namun Nasi Kuning Samarinda ini berbeda dari yang lain. Mempunyai cita rasa yang khas serta lauk yang sedikit berbeda dari nasi kuning pada umumnya.

Nasi kuning Samarinda merupakan nasi yang berwarna kuning (kuning dengan kunyit) yang disajikan dengan ikan gabus (ikan haruan), bawang goreng, telur bumbu bali, dan serundeng. Jika kamu sedang di Samarinda, kamu bisa menyantap hidangan menu nasi kuning ini pada pagi atau malam hari.

Baca Juga : 7 Oleh-Oleh, Jajanan dan Makanan Khas Karawang Paling Top Markotop

Makanan Khas Kalimantan TImur  – Ayam Cincane Yang Nikmat

makanan ayam cincane
wp.com

Di Kalimantan Timur, dulunya makanan ini adalah menu makanan yang hanya disajikan pada saat acara-acara tertentu saja, seperti pernikahan atau acara kelahiran. Namun, saat ini menu ayam cincane sudah dapat ditemukan di warung-warung dan rumah makan yang berada di Kalimantan Timur.

Bahan dasar ayam cincane yaitu ayam kampung. Ditambah dengan santan dan rempah-rempah lain, seperti lengkuas, jahe, serta kemiri, jelas sangat terasa sekali ketika kamu melahap ayam cincane yang diolah dengan cara dibakar ini. Ayam cincane akan terasa sangat nikmat jika disantap bersama sepiring nasi putih yang hangat serta sambal tomat yang pedas manis. Emm….

Makanan Khas Kalimantan – Nasi Bokepor Yang Khas

makanan nasi bokepor
cpcdn.com

Nasi bekepor merupakan nasi putih yang dicampur dengan lauk dan bumbu khas seperti ikan asin, rempah-rempah, serta minyak sayur. Nasi bekepor ini biasa disajikan dengan sayur gangan asam kukar, yaitu sejenis hidangan sayur asem yang diolah bersama ubi manis dan kepala ikan.

Selain itu, kamu juga dapat memilih menu lauk Daging Masak Bumi Hangus yaitu hidangan sejenis daging yang dimasak dengan kecap untuk dinikmati bersama dengan nasi bekepor. Hehe, nama makanan di KalTim memang unik-unik ya, walaupun begitu dalam soal rasa sudah jangan ditanya lagi deh.

Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur – Bingka

oleh-oleh makanan bingka
resepmasakankuliners.blogspot.com

Bingka merupakan satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Balikpapan, Kalimantan Timur. Makanan yang menggunakan bahan dasar kentang ini biarpun tidak tahan lama, akan tetapi bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang tidak kalah mengesankan. Perpaduan padan kentang, telor, mentega, susu,gula, dan santan akan menciptakan sebuah citarasa yang gurih, manis dan lezat.

Sekarang ini bingka sudah banyak memiliki berbagai farian bingka, seperti bingka kentang kombinasi pisang, gula merah, keju, bahkan bingka dari labu merahpun juga ada. Kamu bisa membeli bingka khas kentang ini di Stal Kuda atau di dekat pelabuhan Semayang. Kedua tempat ini menurut warga Balikpapan merupakan pembuat bingka paling enak.

Pepes kepiting Nikmat ala Makanan Khas Kalimantan Timur

makanan pepes kepiting
doyankuliner.com

Ketika mendengar makanan pepes, pasti yang kita tahu adalah pepes ikan, tahu dan udang. Namun, di Kalimantan Timur ada menu hidangan pepes tapi bukan pepes yang sudah kita tahu. Apa itu? Yaitu pepes kepiting.

Pepes kepiting ini menggunakan bahan dasar kepiting soka yang dimasak dengan bumbu lainnya seperti cabe rawit, cabe merah, serai, daun kemangi, serta rempah-rempah lainnya. Lalu kepiting soka dan bumbu tadi ditumis dan dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, pepes kepiting dikukus dan dibakar di atas bara api hingga matang.

Baca Juga : 10 Makanan Khas Toraja Yang Paling Terkenal Dengan [Kelezatannya]

Makanan Khas Kalimantan Timur – Sate Payau Lezat dan Langka

makanan khas sate payau
travellers.web.id

Ada sebuah hidangan khas yang cukup terkenal di Kalimantan Timur, yaitu Sate Payau. Sate payau merupakan sate yang terbuat dari daging rusa. Namun sayangnya, makanan khas yang satu ini sudah mulai langka, sebab rusa adalah salah satu hewan satwa yang dilindungi.

Akan tetapi, makanan khas yang satu masih bisa kamu jumpai di acara adat atau di berbagai acara festival yang digelar di KalTim. Sate payau mempunyai tekstur daging yang lembut dan empuk, kalau dibandingkan dengan daging sapi. Selain disajikan sebagai sate, daging rusa juga dimasak dengan bumbu pedas atau dipepes.

Leave a Comment