Beneran !! 13 Makanan Khas Tasikmalaya Ini Paling Enak, Oleh-Oleh, dan Kulinernya Paling Hits

Makanan Khas Tasikmalaya – Halo para kuliner’s kembali lagi kita akan membahas mengenai makanan khas yang paling khas di sebuah daerah. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas apa aja sih makanan enak dan khas di suatu daerah yang berada di Jawa Barat. Tepatnya daerah Tasikmalaya.

Mungkin bagi kamu yang asli dari Jawa Barat (sunda) bakal tidak asing lagi dengan beberapa masakan Jawa Barat yang sudah banyak banyak dijual di beberapa daerah seperti Tasikmalaya ini. Langsung saja kita simak beberapa makanan khas dan oleh-oleh dari Tasikmalaya ini.

1. Makanan Khas Tasikmalaya – Nasi Cikur


makanan khas nasi cikur
Sumber : www.halhalal.com

Jika kamu pernah ke Tasik, ada sebuah warung sederhana di pertigaan jalan Panyerutan, jalan Tentara pelajar, yang menjual makanan yang khas Tasik yaitu nasi cikur. Warung tersebut mungkin satu-satunya warung yang menjual makanan khas tersebut.

Walaupun nasi cikur ini dijual di warung yang sederhana, tapi soal rasa jangan ditanyakan lagi, ngeunah pokona mah euy (begitu kata orang Tasik). Selain rasanya yang patut diacungi jempol juga dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Walaupun begitu makanan khas ini bisa membuat perut kita kenyang dan senang tentunya.


2. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Kelontong


Tentunya sangat disayangkan dong jika kita pergi ke suatu daerah tanpa membeli salah satu oleh-oleh khasnya? Nah bagi kamu yang hendak berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini yaitu kelontong.

Makanan ringan khas Tasikmalaya ini terbuat dari bahan berasa ketan yang kemudian di proses hingga menjadi makanan camilan yang enak dan gurih.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Manado Ternikmat dan Paling Digemari [Wajib Coba]


3. Kuliner Khas Tasikmalaya – Tutug Oncom


makanan tasikmalaya tutug oncom
Sumber : azgi.blogspot.co.id

Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini merupakan makanan asli suku sunda. Tutug oncom atau biasa disingkat T.O itu adalah makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang diaduk bersama tambahan oncom goreng ataupun oncom bakar.

Dalam bahasa sunda kata “tutug” berarti “menumbuk”, makanan tutug oncom sendiri merupakan dari proses aduk dan tumbuk nasi dengan ocom. Tutug oncom juga tersedia dalam bentuk kemasan sebagai oleh-oleh yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan tanpa bahan pengawet.


4. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Rengginang


rengginang oleh-oleh khas paling enak
Sumber : resepterupdate.com

Bagi masyarakat sunda rengginan memang sudah tidak asing lagi. Rengginang yang merupakan makanan ringan ini biasanya di simpan di dalam kotak kaleng bekas kue yang selalu hadir di hari-hari besar seperti lebaran ataupun hari-hari lainnya.

Jika kamu hendak bertamu saat hari lebaran ke Jawa Barat, jangan kaget jika melihat kaleng yang bergambar kue-kue enak tapi pasti pas dibuka isinya rengginang. Sudah menjadi kebiasaan unik saat lebaran. Hehe


5. Makanan Khas Tasikmalaya – Bubur Ayam H Zaenal


Bubur ayam khas H. Zaenal
Sumber :
sonnyworld.files.wordpress.com

Untuk kamu yang sedang sakit atau yang tidak suka dan anti dengan nasi, kamu bisa mencoba bubur khas Tasik H Zaenal. Walaupun bubur ayam sudah banyak yang menjualnya di berbagai daerah di Indonesia.Tetapi kamu harus coba bubur ini.

Selain rasanya yang lezat dan gurih, bubur ayam H. Zaenal selalu ramai dikunjungi pembeli baik itu dari Tasikmalaya ataupun para pengunjung dari daerah lain yang ingin mencobanya. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang masih terjaga dari waktu ke waktu, kamu bisa mengunjunginya juga di jalan Kalektoran, Tasikmalaya.


6.  Oleh-Oleh dan Makanan Khas Tasikmalaya – Sale Pisang


makanan ringan sale pisang gurih
Sumber :
resepdanmasakan.com

Sama seperti sale-sale yang biasa kita temui di daerah-daerah lain. Sale pisang khas Tasikmalaya juga kudu kamu coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh. Sale yang terbuat dari pisang yang di proses dengan cara di sisir tipis dan dijemur di bawah sinar matahari bisa langsung dimakan ataupun digoreng terlebih dahulu dengan tepung.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan


7.  Makanan Khas Tasikmalaya – Soto Ayam Pataruman


makanan soto lezat yang sangat khas
Sumber : static01.nyt.com

Jika kamu suka makanan kuah, di Tasikmalaya terdapat makanan khas yaitu soto ayam pataruman yang selalu menjadi menu favorit dan banyak diminati. Salah satu penjual soto khas Tasikmalaya yaitu Ibu Rina ini sudah menjual sejak tahun 60an dan bertahan hingga sekarang.

Menurut Ibu Rina, tidak ada yang spesial dalam soto ayam ini. Tetapi yang membuat soto ayam pataruman ini laku dan menjadi menu favorit adalah dengan berusaha menjaga dan mempertahankan citarasa  yang khas pada soto tersebut.

Tertarik ingin mencobanya? Kamu hanya perlu datang ke jalan Pataruman no. 23, Tasikmalaya.


8. Kuliner Tasikmalaya – Mie Bakso Laksana


Mie bakso lezat khas Tasikmalaya
Sumber : www.gohitz.com

Baso memang makanan favorit semua. Di semua pasti ada dan banyak yang menjual baso. Tak terkecuali dengan Tasikmalaya. Dari sekian banyaknya penjual baso, ada yang bakso yang dirasa sangat enak dari bakso yang lain yaitu bakso laksana.

Kamu bisa mendapatkan mie bakso laksana di jalan Pemuda no. 5, Tasikmalaya. Mie bakso ini dirasa mempunya rasa yang spesial.


9. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Kripik Sukun


Kripik renyah dan gurih Tasikmalaya
Sumber : www.tokomesin.com

Berbeda dengan kripik lainnya yang biasa kita temui seperti kripik singkong dan yang lainnya, di Tasikmalaya ada kripik sukun yang terbuat dari buah sukun yang sudah matang. Buah sukun yang sudah matang tersebut di potong-potong menjadi bagian-bagian kecil, kemudian di goreng dan dikasih bumbu.

Cara membuatnya sangat mudah bukan? Tapi ada yang lebih mudah lagi daripada harus membuat. Yaitu membeli langsung ke Tasikmalaya. Xixixi, sekalian wisata kuliner.


10. Kuliner Tasikmalaya – Kupat Tahu


Kupat tahu khas tasikmalaya yang enak
Sumber : rinaldimunir.files.wordpress.com

Kupat tahu yang biasa banyak kita temui di penjual kaki lima ini juga merupakan makanan khas yang harus dicoba saat berkunjung ke Tasik.  Rasanya yang khas juga menjadi alasan untuk kamu wajib mencobanya. Makanan khas ini bisa kamu temukan di jalan Raya Mangunreja, Singaparna.


11. Oleh-Oleh dan Makanan Khas Tasikmalaya – Martabak Ramayana


Martabak khas yang enak dan legit
Sumber : beritasatu.com

Makanan dan oleh khas selanjutnya yaitu martabak ramayana. Pecinta makanan manis mana nih? Tidak lengkap kalo belum merasakan manisnya martabak ramayana khas Tasikmalaya ini. Hehe

Bagi yang suka manis bisa membawa oleh-oleh khas Tasikmalaya ini yang berlokasi di jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya.


12.  Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Payung Geulis


Oleh-oleh payung geulis tasikmalaya
Sumber :
photobucket.com

Kalau pribahasa bilang “sedia payung sebelum hujan”, kalau di Tasik “beli payung sebelum pulang”. Payung geulis atau dalam bahasa Indonesianya payung cantik ini adalah oleh-oleh yang jangan sampai kamu lewatkan ketika berkunjung ke Tasik.

Payun geulis ini merupakan ikon kota Tasikmalaya yang harganya relatif murah dan terjangkau. Mulai dari Rp 20.000 hingga 50.000 tergantung ukuran.


13. Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya – Kelom Geulis


kelom geulis oleh-oleh khas
Sumber :
www.kelomgeulis.com

Selain payung geulis, salah satu ikon Tasik lainnya yaitu kelom geulis. Ketika berkunjung ke Tasik, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas ini. Kelom geulis ini dibuat secara manual oleh para pengrajin.

Kelom yang diberi hiasan akan terlihat menarik dan cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh spesial untuk isteri, anak ataupun orang tua.

Itulah beberapa ulasan mengenai oleh-oleh, kuliner dan makanan khas Tasikmalaya yang wajib kamu beli saat berkunjung ke Tasik. Selain daripada itu ada beberapa yang tidak saya bahas seperti wajit, opak, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya 😀

2 thoughts on “Beneran !! 13 Makanan Khas Tasikmalaya Ini Paling Enak, Oleh-Oleh, dan Kulinernya Paling Hits

  1. Aku belum pernah denger tutug oncom dan nasi cikur. Sepertinya dua tadi yang asli Tasikmalaya ya? Lainnya kayaknya bisa ditemukan di tempat lain.

Leave a Comment