10 Jenis Ikan Hias Laut Ini Akan Mempercantik Rumahmu

Ikan Hias Laut – Sangat menyenangkan rasanya jika kita memelihara ikan hias di dalam rumah kita. Apalagi di dalam aquarium yang besar, dengan segala aksesoris lautnya yang lengkap dan menawan di dalam aquarium, yang akan membuat rumahmu seperti sedang snorkeling di lautan.

Kalau dibandingkan dengan jenis ikan air tawar, jenis ikan air asin atau laut ini lebih agresif, variatif, bentuk dan warnanya. Namun, dibalik indahnya pesona ikan laut ini, terdapat sebuah pengorbanan yang harus kamu lakukan. Karena memelihara ikan laut ini tidaklah mudah. Butuh perawatan lebih daripada ikan air tawar. Apalagi jika kita masih pemula.

Karena perawatan ikan laut ini sedikit manja, kamu harus mengganti airnya dengan air asin karena ikan laut tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan air tawa. Selaint itu kamu juga harus rutin membersihkan aquariumnya agar tetap bersih.

Jenis Ikan Hias

Terdapat banyak sekali jenis ikan hias yang dapat kamu pelihara. Ada jenis ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Keduanya mempunyai pesona yang sangat unik dan indah untuk dipelihara. Kamu bisa memeliharanya di kolam ataupun di aquarium. Tetapi akan lebih bagus jika kamu memeliharanya di aquarium, karena kita bisa langsung melihat bentuk dan warna ikannya secara langsung dan jelas. Berikut adalah beberapa jenis ikan hias laut yang bisa kamu perlihara.

Ikan Hias Laut Yang Bisa Kamu Pilih Sebagai Penghias Rumahmu

Ikan Badut / Clownfish

ikan badut, jenis ikan hias laut yang mempesona
ikan badut via @www.intisari-online.com

Ketika kamu melihat ikan ini, pasti kalian akan langsung menyebutnya Nemo. Yups, karena sudah tidak asing lagi denga ikan yang satu ini. Ikan badut ini terkenal dengan filmnya yaitu “Finding Nemo” yang sering kita lihat di tv. Nama ilmiah ikan badut atau Clownfish ini adalah Amphiprioninae.

Entah kenapa ikan ini disebut ikan badut ya. Saya sendiri tahu nama ini adalah ikan badut, dari serial filmnya. Atau mungkin dilihat dari warnanya kali ya, seperti kostum badut. Hehe.

Karena ikan ini paling senang bersembunyi diantara terumbu karang. Bagi kamu yang ingin memelihara ikan ini, agar menyediakan karang di aquariumnya. Agar ikan tersebut betah, dan bisa menghibur kamu. Hehe.

Ikan Botana / Blue Tang

ikan hias laut botani biru yang mempesona
ikan botani biru via @archive.kaskus.co.id

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan ikan Botani ini. Ikan yang terkenal bersama ikan badut ini, sama-sama tampil di film “Finding Nemo”. Ikan ini berperan sebagai “Dory”, dan tahun ini ternyata sudah ada filmnya yang baru yaitu “Finding Dory”. Nama ilmiah ikan Botana ini adalah Paracanthurus hepatus. 

Ada banyak jenis dari ikan Botana ini, diantaranya; botana biru, botana kasur, ataupun botana kacamata. Untuk yang di filmnya yaitu jenis botana biru.

Ikan Angelfish

ikan hias laut angelfish
ikan angelfish via @beritasabang.wordpress.com

Ikan Angelfish ini memiliki nama ilmiah yaitu Pomancanthidae. Ikan ini berbentuk pipih dan lebar, yang merupakan keunikan dan karekterristiknya. Hampir semua jenisnya memiliki ciri dan karakter khusus, yaitu dengan motif garis-garis.

Ikan Blue Devil

ikan hias laut blue devil yang sangat indah
ikan blue devil via @yarraandbay.vic.gov.au

Dilihat dari tubuhnya, ikan ini tidak seseram namanya kok. Merupakan ikan hias yang memiliki nama ilmiah Paraplesiops bleekeri. Ikan yang satu ini mempunyai tubuh yang estetis. Tubuhnya yang berukuran mungil ini, tidak perlu sebuah aquarium yang besar.

Karena dari semua jenisnya, rata-rata ikan ini berukuran kecil dan ramping. Dengan warna yang variatif yaitu biru dan bintik-bintik putih di bagian tubuhnya. Seperti halnya ikan badut yang suka terumbu karang, ikan ini juga suka, karena habitat aslinya lebih senang dengan terumbu karang.

Ikan Watchman Gobies

ikan watchman gobies
ikan watchman gobies via @www.satwapedia.com

Ikan ini merupakan salah satu ikan yang agresif, bagi kamu seorang pemula dalam memelihara ikan hias, lebih baik diisi dengan ikan ini. Karena ikan Watchman Gobies ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan perenang yang handal.

Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu Cryptocentrus. Ikan ini mempunyai beberapa pola, namun yang terkenal adalah Bluespotted, dan Pink Spotted Watchman Goby. Makanan favoritnya biasanya adalah udang-udang kecil.

Ikan Yellow Tang

ikan hias laut yellow tang pesona baru aquarium
ikan yellow tang via @carabudidayaikann.blogspot.co.id

Ikan ini merupakan jenis ikan dari keluarga Tang, kalau yang di atas adalah jenis Blue Tang, sedangkan yang ini adalah Yellow Tang. Karena terlihat dari namanya yang serba kuning. Akan terlihat indah jika memelihara ikan hias ini di dalam ruangan.

Nama ilmiahnya Yellow Tang ini adalah Zebrasoma Flavenscens, dan merupakan ikan yang paling aktif dan agresif di keluarganya.

Ikan Neon Tera

ikan hias neon tetra ikan yang dapat menerangi aquariummu
ikan neon tetra via @carabudidayaikann.blogspot.co.id

Ikan Neon Tera ini mempunyai nama ilmiah yaitu Paracheirodon Innesi, wilayah tempat tinggal habitatnya di daerah Kolombia dan Peru. Ikan memiliki gaya yang khas yaitu dengan warnanya yang keemasan ditambah dengan garis tipis yang berwarna biru, yang mirip lampu neon yang berada dibagian tubuh belakangnya dekat mata.

Ikan Lionfish

ikan hias lionfish yang berduri tapi manis
ikan lionfish via @www.kompasiana.com

Ikan Lionfish ini merupakan ikan hias yang memiliki nama ilmiah Pterois dan termasuk ke dalam keluarga Scorpaenidae. Ikan ini sangat unik dengan ornamen-ornamen tubuhnya yang berbentuk seperti duri. Tetapi akan terlihat bagus dan unik apabila menghiasi aquarium kamu dengan ikan yang satu ini.

Perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin mengisi daftar koleksi ikan hias untuk aquarium milikmu dengan ikan Lionfish ini. Karena dari segi makanannya, makanan ikan Lionfish ini cukup berbeda dengan ikan yang lain.

Ikan Dottyback

ikan hias dottyback, ikan mungil penghias rumahmu
ikan dottyback via @www.suggest-keywords.com

Ikan yang merupakan ikan yang hidup di daerah tropis ini memiliki nama ilmiah yaitu Pseudo Chromidae. Ikan Dottyback ini hidup di daerah tropis Indo-Pasifik yang sangat terkenal dengan terumbu karang melimpah. Cocok buat diisi di aquarium kamu, karena hidupnya yang disekitar laut Indonesia.

Ikan Butterfly

ikan hias laut butterfly yang mempesona
ikan butterfly via @life-sea.blogspot.com

Bentuknya yang hampir menyerupai kupu-kupu dengan corak yang bergaris, membuatnya dinamakan sebagai Butterfly Fish. Memiliki nama ilmiah Chaetodontidae, yang habitatnya di Samudera Pasifik.

Sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menambah koleksi ikan hiasnya, karena ikan Butterfly Fish ini mudah dipelihara, dan akan menambah pesona ruanganmu dengan adanya ikan ini.

Itulah sedikit informasi tentang 10 ikan hias laut yang dapat kamu jadikan koleksi ikan hiasmu. Yang dapat menambah keindahan dan pesona ruangan rumahmu. Mudah-mudahan dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi kamu pecinta ikan hias dan bagi kamu juga yang baru merintis di dunia ikan hias. Terimakasih

Leave a Comment