Mau Mading Yang Keren? Coba dengan 4 Cara Membuat Mading ini!

Cara membuat mading – Halo guys, kalo lagi bahas mading itu, jadi inget lagi saat masa-masa sekolah. Dimana ketika berjalan masuk sekolah, terlihat sebuah lemari yang isinya sebuah gambar, artikel hiburan dan tulisan-tulisan informasi yang ditempel pada sebuah gabus. Terlihat sangat menarik dan membuat orang ingin membacanya.

Yah, itu adalah mading. Karena mading itu bukan sebagai bacaan belaka, tetapi juga sebagai bahan informasi, komunikasi di lingkungan sekolah seperti kepala sekolah dengan guru, ataupun guru dengan siswa. Banyak sekali manfaat dengan adanya mading.

Dalam artikel kali ini, akan saya berikan beberapa cara membuat mading yang benar, bagus, dan tentunya disukai banyak orang. Seperti apakan langkah-langkah pembuatannya, mari simak penjelasannya berikut ini:

1. Menentukan Tema Mading

membuat mading dengan menentukan tema
Mading sekolah dengan tema sumpah pemuda

Tema yaitu pokok pembahasan atau hal pertama dan yang paling utama yang harus kamu pikirkan saat kamu ingin membuat mading. Dalam menentukan tema, tema yang dipilih haruslah tema yang menarik dan membuat orang ingin membacanya.

Selain itu, kamu juga dapat memilih tema sesuai dengan waktu, misalkan sebentar lagi akan datang bulan ramadan, maka buatlah artikel-artikel yang membahas tema tentang ramadan. Atau mungkin seperti tema sejarah, seperti hari pahlawan, 17 Agustus, hari sumpah pemuda, ataupun sesuatu yang sedang booming dan banyak dibicarakan di media sosial dan yang lainnya. Pokoknya pilihlah tema yang sekiranya dapat menarik minat pembaca.

2. Merancang Sketsa Mading

Cara menentukan Sketsa Mading
[email protected]

Jika kamu sudah mendapatkan tema yang menarik dan dapat menarik minat pembaca, cara membuat mading selanjutnya yaitu merancang mading semenarik mungkin, keluarkan kreativitas kalian. Kita dapat memulainya dengan cara membuat sketsa dan rancangan tata letak untuk semua isi yang ada dalam mading nantinya.

Setelah itu, buat daftar rubrik apa saja yang akan kamu tempelkan di mading, dan disinilah kreatifitas kamu sangat dibutuhkan, karena cara membuat mading salah satunya yakni dengan ke kreatifan. Dalam mading yang baik dan tentunya menarik, kamu bisa memuat isi atau rubrik berikut ini.

Logo di dalam mading, salah satu cara membuat mading yaitu menggunakan logo, biasanya menggunakan logo-logo suatu organisasi sekolah, seperti logo sekolah, OSIS, PMR, Rohis dan lain-lain.

b. Judul

Untuk judul mading, bisa dibuat dengan memakai nama sekolah (Misalkan: “Mading SMK Biru”) atau menggunakan nama yang lain yang bisa menggambarkan isi dari mading secara umum, dan juga bisa menggunakan singkatan-singkatan unik yang bisa menarik perhatian pembaca [contoh: “MANIK” (Mading Unik)].

c. Edisi

Edisi yang dimaksud disini yaitu tema, misalkan hari ini bertepatan dengan hari pahlawan atau hari guru, maka tema atau edisi yang digunakan yaitu “Hari Pahlawan” dan “Hari Guru” atau jika isi mading bersifat umum tanpa tema khusus, kamu juga bisa membuat edisi berdasarkan bulan atau tanggal terbit. Contoh mading edisi: Desember.

d. Salam Redaksi

Yaitu berupa sambutan/sapaan dari penyusun kepada pembaca. Contohnya “Whatsup, Guys ! Tema Mading kita kali ini Hari Pahlawan lho. Ada artikel, komik, cerpen, puisi.., pokoknya banyak ! AYO buktikan semangatmu dengan membaca !”.

e. Susunan Redaksi

Salah satu cara membuat mading, yaitu dengan memberikan susunan redaksi yang berisikan nama-nama penyusun mading.

f. Artikel

Artikel yang akan dibuat dan ditempelkan di mading, hendaknya harus sesuai dengan tema yang akan dibahas.

g. Opini

Opini berisi pendapat orang-orang dilingkungan sekolah tentang tema yang diambil dan ditempelkan di mading. Misalkan kamu akan mengambil tema Hari Sumpah Pemuda, lalu kita bisa mewawancarai semua masyarakat sekolah, mengenai pendapat mereka tentang hari sumpah pemuda.

h. Berita Utama

Berita utama yaitu berisikan berita yang sedang hangat-hangatnya atau lagi booming disekitar lingkungan sekolah. Misalnya ada seorang guru bule dari Amerika untuk mengajar di sekolah tersebut.

i. Materi Tambahan

Cara Menambahkan materi mading

Jika kamu sudah melakukan tahap-tahap yang diatas tetapi mading masing kosong, kamu bisa menambahkan beberapa materi tambahan yang menarik agar lebih menarik lagi. Seperti;

  • Humor (cerita atau pantun lucu)
  • Komik Singkat Menarik
  • Tips & Trik Mernarik
  • Cerpen
  • Info Unik.
  • Puisi & Pantun
  • Karikatur
  • Teknologi

j. Pojok Mading

Dalam pojok mading, berisi tanggapan atau komentar oleh penyusun mengenai isi mading yang telah dibuat dan ditempelkan.

k. Hiasan Mading

Untuk membuat isi mading agar menjadi lebih menarik, kita dapat menambahkan beberapa hiasan. Hiasan dapat terbuat dari biji-bijian, kertas koran, renda, kancing, pita, kain perca, kain flanel, dan lain-lain. Kamu bisa lihat secara lengkap pembahasannya di artikel contoh Hiasan Mading dari kertas origami.

3. Proses Pembuatan Mading

Proses Cara Pembuatan Mading
[email protected]

Setelah sketsa selesai dibuat dan dirancang, sekarang saatnya mulai proses pembuatannya. Proses ini meliputi pembuatan rubrik dan desain mading. Rubrik yang akan dibuat, haruslah lebih menarik, sehingga bisa mengundang banyak pembaca, dan tentunya rubik harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

Selain rubrik, hal lain yang harus diperhatikan yaitu desain. Desain juga sangat berperan penting dalam menarik perhatian orang untuk membaca mading. Kalau desain atau tampilan madingnya saja tidak menarik, siapa yang mau melihat apa dibaca.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Mading:

1. Triplek / Gabus (sebagai alas mading)

2. Lem kertas / lem gabus

3. Gunting / kater

4. Kertas karton / lipat /  manila

5. Hiasan seperti biji-bijian, kertas krep, dedaunan, rumbai, dll (sesuai selera kalian)

Cara Membuat Mading:

1. Persiapkan alas mading (gabus atau triplek ) berukuran 100 cm X 50 cm (sesuai selera kalian)

2. Lapisi alas dengan kertas manila/karton, apabila gabus sudah mempunyai warna, maka tidak apa-apa jika tidak ditambahkan kertas.

3. Pasang judul mading dengan huruf gabus bisa juga dengan kertas berwarna yang dipotong membentuk rangkaian kata.

4. Mulai tempelkan isi mading, dari potongan majalah, koran, ataupun hasil print gambar sendiri dari internet berupa gambar, foto, berita, tutorial, dan yang lainnya menggunakan lem. Isi artikel harus menarik supaya menarik pembaca.

5. Jika isi mading sudah ditempel, saatnya dihias dengan biji-bijian ataupun dengan hiasan lain memakai lem dan gunting (bahan sesuai selera kalian). Namun usahakan bentuk atau juga material dekorasinya berhubungan dengan tema yang diangkat, misalkan mading dengan tema lingkungan dengan dekorasi biji-bijian dan dedaunan.

6. Jika kalian ingin madingnya awet, kalian bisa melapisi mading dengan plastik bening. Dengan begitu, mading bisa awet dan aman dari tangan-tangan nakal yang suka merusak dekorasi mading ataupun mencoret-coret konten mading.

4. Publikasi Mading (Penerbitan)

Membuat mading lalu publikasi
[email protected]

Setelah madingnya jadi, langkah yang terakhir yaitu penerbitan mading! Jangan lupa kasih tahu teman-teman atau seluruh siswa (kalau bisa) di sekolah jika madingnya sudah jadi. Beritahukan kepada mereka karya kalian.

Beberapa contoh mading yang bisa menjadi referensi buat kamu. Iya buat kamu.. 😀

membuat mading kreen
[email protected]
mading uni dan keren
[email protected]
cara mading kreatif
[email protected]

Selengkapnya bisa kamu lihat di artikel selanjutnya mengenai kumpulan contoh-contoh mading yang lengkap untuk referensi kamu sekalian dalam membuat mading.

Seperti itulah langkah-langkah dan cara membuat mading yang baik dan benar, yang bisa kalian coba, entah itu sebagai tugas, ekstra kulikuler ataupun apa aja deh terserah kalian. Yang penting berikan ke kreatifitas kalian dengan membuat mading semenarik mungkin. Supaya banyak yang minat membaca. Semangat!

Jangan lupa share dan komen ya, terimakasih. 😀

 

1 thought on “Mau Mading Yang Keren? Coba dengan 4 Cara Membuat Mading ini!

Leave a Comment