Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual di Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Cara membuat daftar isi otomatis – Ketika kamu akan membuat buku, makalah, skripsi, daftar isi adalah satu diantara komponen penting yang perlu ada.Untuk itu bagi kamu yang sedang disibukkan dengan tugas sekolah ataupun kuliah tapi bingung bagaimana cara buat daftar isi yang baik dan benar, berikut dalam artikel ini saya akan mengkupas tuntas tips dan trik dalam membuatnya.

Dalam pembuatannya, cara membuat daftar isi di Microsoft Word ada dua cara. Yaitu membuatnya secara otomatis dan secara manual. Tapi disini saya akan menggunakan cara otomatis karena kasus sekarang ini orang-orang membuat daftar isi dengan cara manual (karena belum tahu membuat secara otomatis ) dan itu malah membuang-buang waktu.

Jika kamu menginginkan cara yang dibuat langsung dari microsoftnya, kamu bisa mengunjunginya disini, tapi dalam pembahasan menurut saya kurang begitu mengerti, jadi saya mencoba untuk membuat cara dengan versi sendiri supaya lebih mudah.

Oke langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Secara garis besar, ada dua langkah dalam pembuatannya. Langkah yang pertama yaitu menentukan judul dan subjudul mana yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Dan langkah yang kedua yaitu perintahkan Word untuk buat daftar isi berdasarkan judul dan subjudul tersebut.

#1 Menentukan Judul dan Subjudul

Dalam membuat daftar isi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu yaitu menentukan judul dan subjudulnya. Caranya, blok teks yang akan dijadikan judul lalu terapkan style Heading 1.
Cara paling gampang membuat judul dengan style Heading 1 yaitu sebagai berikut:

Pada Microsof Word 2007, 2010, 2013 dan 2016: blok teks lalu klik Heading 1 pada grup style di tab Home.

judul daftar isi

Terapkan Heading 1 untuk judul utama pada setiap bab. Untuk subjudulnya gunakan Heading 2, Heading 3 dan seterusnya. Jika kamu ingin mengganti warna, jenis atau ukuran dari berbagai Heading tersebut kamu bisa mengubahkan dengan cara mengklik menu “Modify” di setiap heading tersebut.

#2 Membuat Daftar isi

Setelah kamu tentukan judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi, langkah selanjutnya yaitu kita akan membuat daftar isi tersebut.

Berikut beberapa cara membuat daftar isi di Microsoft 2007, 2010, 2013 dan 2016.

*note: disini saya menggunakan word 2007 ya, jika kamu mempraktekkannya di word 2003 tidak bisa dengan cara ini.

Kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

tampilan daftar isi

 

  1. Buka tab References lalu klik “Table Of Content
  2. Setelah muncul, pilih opsi pertama dan kedua dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut bakal membuat daftar isi secara otomatis berdasrkan pada judul dan subjudul yang sudah kamu buat sebelumnya.
  3. Selain dua opsi tersebut, kamu juga bisa memilih opsi “Manual Table of Content” di bawahnya untuk membuat daftar isi secara manual sesuai keinginan kamu.
    Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kini sebuah daftar isi sudah muncul di didokumen kamu. Daftar isi tersebut akan menampilkan judul dan subjudul yang telah kamu tentukan sebelumnya.

#3 Mengkustomisasi Tampilan Daftar Isi

Tentunya tidak semua orang suka dengan pengaturan default nya Microsoft Word, bukan?. Nah jika demikian, cara selanjutnya dalam membuat daftar isi yaitu kita akan merubah tampilan judul, subjudul, jenis font, ukuran, jarak dan headingnya.

Selain memodifikasi hal-hal di atas semisal judul dan subjudul, kamu juga bisa mengkustomisasi tampilan daftar isinya sendiri.

Caranya yaitu (untuk Word 2007):

Klik daftar isi lalu buka tab References >> Table of Content >> Insert Table of Content.
Setelah itu akan muncul jendel pengaturannya seperti pada gambar di bawah ini.

contoh edit daftar isi

 

Kamu dapat merubah dari beberapa elemen daftar isi tersebut. Yaitu merubah tingkatan judul. Karena secara default nya, word akan menampilkan tiga tingkatan judul beserta subjudul di daftar isi. Kamu juga dapat menambah dan mengurangi sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Untuk mengkustomisasi tampilan daftar isi, klik tab format, lalu pilih format yang kamu inginkan, seperti format daftar isi classic, simple, formal, dan lainnya.

#4 Update Daftar Isi

Bagaimana sob? Sampai disini sudah bisa kan membuat daftar isi yang baik dan benar? Iya harus dong, toh juga gampang kan buatnya. Hehe. Ada lagi nih tips dalam membuat daftar yang baik benar, yaitu mengupdate daftar isi.

cara update daftar isi

Daftar isi tidak akan mengupdate otomatis saat kamu menambahkan judul dan subjudul baru. Untuk itu, kamu harus mengupdate-nya secara manual dengan cara meletakkan cursor di daftar isi lalu tekan F9. Atau kamu juga bisa mengupdate-nya dengan membuka tab References >> Update Table. Dan pastikan selalu memilih “Update entire table”.

****

Sekian dulu pembahasan mengenai cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. Next time artikel akan di update lagi untuk membuat daftar isi secara manual. Terimakasih telah berkunjung 😀

Leave a Comment